Categories
Uncategorized

Mengenal Day Trading Sebagai Tradisi Baru di Dunia Investasi

Mengenal Day Trading – Internet Broker dan remote trading telah melahirkan “Tradisi” baru dalam investasi saham. Internet Broker adalah perusahaan pialang yang melayani nasabahnya (investor) secara online. Sementara itu remote trading memungkinkan perusahaan pialang melakukan order dari mana saja. Kedua “fasilitas” ini memungkinkan investor melakukan transaksi secara maksimal, baik dari segi frekuensi maupun nilai investasi, dengan model transaksi day trading.
Day trading sebagai transaksi saham yang dilakukan dalam ” satu hari bursa” secara online. Satu hari bursa itu sesungguhnya tidak benar-benar 24 jam. Jarang investor day trading menahan sahamnya mendekati 24 jam. Bahkan banyak yang baru beberapa menit membeli kemudian menjualnya lagi. Dan dalam satu hari bursa bisa melakukan tiga hingga empat kali transaksi.
Day trader tidak melakukan transaksi saham atas dasar analisis fundamental, melainkan hanya berdasar informasi, atau malah rumor. Karena itu day trader selalu memburu rumor sebelum day trader lain mendapatkannya. Trik yang dilakukan adalah membeli saham secepat mungkin kemudian segera menjualnya beberapa jam atau menit kemudian jika sudah terdapat keuntungan. Memang keuntungan yang didapat sering tipis, tapi mereka melakukan transaksi dengan frekuensi tinggi sehingga total keuntungan yang didapat juga bisa besar jumlahnya. Day trading ini bisa terjadi karena internet Broker memberikan fasilitas kepada investornya melakukan transaksi secara real time. Jelaslah, tersedianya internet broker dan sistem remote trading, telah memungkinkan investor melakukan transaksi secara harian dengan nyaman dan menguntungkan. 
Nampaknya, day trading ini akan menjadi tren transaksi di bursa dimasa-masa mendatang, karena sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi serta kebutuhan investor. Secara nyata juga dapat dirasakan keunggulan day trading ini dibanding transaksi dengan cara tradisional, diantaranya, yang pertama adalah dengan day trading investor dapat merealisasikan transaksi secara real time. dan bisa dilakukan dimana saja. Keuntungan kedua, investor memungkinkan mengambil keputusan dengan cepat, sehingga keuntungan atau kerugian bisa direalisasikan dengan cepat. Ketiga, investor tidak perlu repot menelpon perusahaan pialang, yang kadang-kadang bikin frustrasi, karena selalu sibuk- apalagi transaksi lagi ramai. Keempat, menurunkan biaya akibat hilangnya biaya telepon, transpor dan fee transaksi yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *