Categories
Uncategorized

Mari Mengenal Anggota Sistem Tata Surya Kita

Mengenal anggota sistem tata surya. Bumi merupakan salah satu anggota sistem tata surya (sistem matahari). Ada delapan planet yang kita kenai, berurutan dari yang terdekat ke matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Satumus, Uranus, dan Neptunus. Jarak antara matahari dengan bumi adalah 149.600.000 km atau selanjutnya dinamakan satu satuan astronomi (astronimic unit). Berikut ini selengkapnya anggota-anggota sistem tata surya kita:
anggota sistem tata surya
anggota sistem tata surya

a. Matahari
Dalam tata surya, matahari merupakan penggerak anggota-anggotanya. Karena gravitasinya, semua planet beredar mengelilingi matahari. Arah rotasi matahari sesuai dengan arah rotasi sebagian besar planet dan satelit, yaitu arah negatif.
b. Planet
Berdasarkan bumi sebagai pembatas, terdapat planet inferior yaitu planet-planet yang orbitnya terletak di dalam orbit bumi dan mengitari matahari (contohnya planet Merkurius dan Venus), sedangkan planet superior yaitu planet-planet yang orbitnya terletak di luar orbit bumi dan mengitari matahari (contohnya planet Mars, Jupiter, Satumus, Uranus, Neptunus). Berdasarkan ukuran dan komposisi penyusunnya, terdapat planet terrestrial, yaitu planet yang komposisi penyusunnya mirip dengan bumi (contohnya planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars) dan planet jovian, yaitu planet yang ukurannya besar dan penyusunnya mirip dengan Jupiter (contohnya planet Yupiter, Satumus, Uranus, dan Neptunus).
c. Satelit Pengikut Planet 
Satelit merupakan anggota tata surya yang lebih kecil daripada planet. Satelit merupakan pengiring dari planet karena satelit selalu berputar mengelilingi planet. Satelit dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Bulan adala salah satu contoh satelit alami yang mengelilingi bumi.
d. Komet 
Komet sering disebut bintang berekor, karena pada saat bergerak bagian belakangnya menyerupai ekor yang bercahaya. Komet mempunyai bentuk peredaran yang berbeda dengan planet-planet lain pada umumnya. Bentuk peredarannya lebih ellips. Komet terdiri dari kepala dan ekor. Kepala komet terdiri atas bagian inti dan lapisan luamya yang terdiri dari kabut dan gas membeku disebut koma.
e. Asteroid
Asteroid adalah benda kecil menyerupai planet dan beredar mengelilingi matahari, sedangkan lintasan edarnya di antara planet Mars dan Yupiter. Asteroid terbesar berdiameter 750 km adalah asteroid Ceres. Asteroid yang mengorbit di sekitar Yupiter adalah asteroid Troya, sedangkan yang bergerak mendekati matahari adalah Icarus dan Apollo. Asteroid paling banyak tersusun atas bahan silikat, besi, dan magnesium.
f. Meteoroid, Meteor, dan Meteorit
Meteoroid adalah benda-benda langit kecil yang mengelilingi matahari dan terdapat di ruang antarplanet. Meteor adalah gerakan meteorid pijar di atmosfer bumi dan tidak mernpunyai lintasan tetap, cepat, dan tak beraturan. Meteorit adalah meteoroid yang sampai di permukaan bumi.
Sekian materi tentang Anggota Sistem Tata Surya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *