Categories
Uncategorized

Dampak Negatif Minuman Keras

Dampak Negatif Minuman Keras | Minuman keras dapat mengganggu kesehatan anda. Minuman keras memiliki kandungan alkohol. Alkohol (etanol) bisa menimbulkan adanya ketagihan atau kecanduan bagi para peminumnya. Alkohol juga dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Beberapa bahaya alkohol diantaranya sebagai berikut ini.

Dampak Negatif Minuman Keras

– Alkohol dapat mengganggu sistem saraf. Orang yang banyak meminum alkohol akan mengalami mabuk sehingga tidak peka akan kondisi sekitarnya. Ia akan berkata diluar dari kesadaran sehingga tidak bisa diajak untuk berkomunikasi.
– Dalam dosis yang tinggi, alkohol dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga bisa menyebabkan pernapasan langsung berhenti, kerusakan pada otak dan bahkan kematian.
– Alkohol bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Hal itu disebabkan karena lemak banyak tertimbun dalam pembuluh darah arteri sehingga bisa menghambat aliran darah dan kerja jantung meningkat.
– Alkohol dapat memengaruhi kinerja saraf yang bekerja mengendalikan aliran darah sehingga dapat menimbulkan warna kemerahan di kulit. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah di kulit. Pelebaran itu menyebabkan terjadinya darah yang hangat akan mengalir ke kulit sehingga tubuh akan merasa hangat. Akan tetapi pelebaran pada pembuluh darah bisa menyebabkan hipotermia, yaitu terjadinya penurunan suhu tubuh yang cepat disebabkan udara yang dingin. Hipotermia juga bisa terjadi pada para pendaki, perenang di air yang dingin dan orang tua yang kurang olahraga.
– Alkohol dapat menyebabkan sel-sel hati akan bekerja lebih keras karena harus segera menghilangkan racun yang ada di dalam alkohol. Akibatnya, fungsi hati akan bekerja tidak optimal ketika melawan racun.
– Alkohol mengganggu kemampuan ginjal dalam menyerap cairan. Akibatnya, tubuh akan menjadi kekurangan cairan (dehidrasi). Kekurangan cairan terjadi dalam jumlah yang banyak sehingga dapat menyebabkan kematian.
– Para pecandu alkohol dan rokok kemungkinan besar akan terkena kanker lidah dan kanker kerongkongan. ‘
– Alkohol bisa menghambat perkembangan saraf pada bayi dalam kandungan. AKibatnya, bayi yang dilahirkan dari ibu pemabuk kemungkinan besar mengalami cacat mental.
– Alkohol juga dapat menyebabkan terjadi iritasi pada usus sehingga tidak mampu lagi menyerap sari makanan secara baik. Akibatnya badan akan menjadi kurus.
– Alkohol bisa menghambat kerja alat-alat di tubuh dan sistem saraf pusat.
Alkohol dapat merugikan orang lain. Orang yang kecanduan alkohol sering melakukan tindakan kriminal, misalnya mencuri, merampok dan bahkan membunuh.
Orang yang dalam keadaan mabuk memiliki respon yang rendah sehingga koordinasi alat indra dan fungsi alat tubuh terganggu. Jika mengendarai kendaraan, sering mengalami kecelakaan. Hal itum disebabkan orang mabuk tidak sadar kalau ia mengemudi terlalu kencang atau melalui jalur yang salah.
Mengingat dampak yang ditimbulkan minuman keras, kamu jangan sekali-kali mencoba meminum minuman keras.
Dampak Negatif Minuman Keras
Demikianlah informasi tentang Dampak Negatif Minuman Keras | Semoga artikel tentang Dampak Negatif Minuman Keras dapat menambah wawasan tentang Dampak Negatif Minuman Keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *