8 Cara Menanam Mawar (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

8 Cara Menanam Mawar (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

8 Cara Menanam Mawar (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi) –

Cara menanam mawar – Mawar atau Mawar sangat populer di masyarakat. Ini adalah salah satu tanaman hias yang eksotis. Ada lebih dari 100 spesies mawar yang ditanam, mulai dari mawar berbunga kecil hingga besar. Anda bisa menanam tanaman ini lebih efektif, suka menanam mawar seperti pada ulasan berikut.

Cara menanam mawar

1. Ikuti tips untuk menanam mawar

Ikuti tips untuk menanam mawar

Sebelum menanam ada baiknya mengetahui tips menanam mawar yang baik dan benar. Anda dapat mulai menanam mawar di halaman rumah Anda. Cara menanam mawar dimulai dengan memilih biji mawar berdasarkan lokasi yang digunakan untuk penanaman.

Lihat juga iklim selama penanaman karena tidak semua jenis mawar dapat tumbuh di semua kondisi iklim. Anda dapat langsung meminta penjual biji mawar yang hanya bisa ditanam pada ketinggian khusus dan menjadi subur.

2. Siapkan media penabur

Siapkan media penabur

Siapkan tanah sayuran yang baik, idealnya mawar akan tumbuh di tanah lempung berpasir dengan kandungan litani 20-30% dan keasaman tanah (pH) 5,5 – 7,0. Kriteria untuk menabur tanah harus longgar, subur, bahan organik, drainase dan aerasi. Jika Anda berencana menanam bunga mawar di pot, letakkan di bawah sinar matahari langsung.

3. Persiapan biji mawar

Persiapan biji mawar

Siapkan juga biji mawar, agar praktis Anda bisa membeli langsung dari penjual bunga. Kriteria benih terbaik adalah sehat, baik dan tidak sakit. Cara menanam mawar juga bisa menggunakan stek. Stek adalah benihnya sendiri yang membuatnya mudah. Pertama, pilih batang mawar yang cukup tua. Ambil pisau dan potonglah panjangnya sekitar 10 cm.

4. Siapkan Media Semai

Siapkan Semai Media

Selanjutnya, siapkan pot tanah yang merupakan campuran tanah dan pupuk kandang. Rasio yang digunakan untuk pencampuran yang efektif adalah 2: 1. Kemudian dinginkan media penaburan dengan aerasi selama 15 hari. Masukkan dukungan untuk bibit di polybag bibit. Ingatlah bahwa penggunaan pupuk kandang paling efektif ketika sudah melalui proses fermentasi atau sudah matang.

Masukkan dengan hati-hati stek mawar ke dalam polybag. Jangan lupa untuk menggali lubang sedalam 3 sampai 4 cm. Masukkan stek dengan hati-hati agar kulit tidak rusak. Selanjutnya, letakkan di tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Sebab, sebagian besar stek irigasi sulit tumbuh dan membusuk.

5. Persiapan toples

Persiapan toples

Pilihan pot untuk menanam mawar dapat dibuat dari pot plastik, pot terakota dan pot beton. Pilih pot yang memungkinkan sistem drainase yang baik. Ukuran pot tidak memiliki pengaturan khusus, sehingga Anda dapat memilih berdasarkan selera Anda.

Tapi hindari menggunakan panci kecil seperti itu. Sedangkan untuk minimum, tetapi jangan menggunakan pot yang terlalu kecil, pilih pot dengan diameter setidaknya 25 cm. Juga hindari menggunakan vas yang terlalu besar, sehingga Anda tidak akan kesulitan memindahkan mawar nanti.

6. Fase penanaman mawar

Tahap penanaman mawar

Ingatlah untuk mengisi bagian bawah pot dengan kerikil atau cabang yang patah. Tujuannya agar air mengalir dengan mudah dan tanah yang tumbuh tidak menjadi berlumpur atau basah. Kemudian, ditaburi oleh setengah dari media penabur diisi dengan pot.

Anda dapat dengan hati-hati membuka polybag pembibitan agar tanah tidak pecah. Tempatkan benih tepat di tengah pot dan tambahkan cara menabur lainnya untuk mengisi pot. Usahakan untuk tidak menutupi alas penyangga batang yang ditanam. Perlahan lakukan gerakan di atas tanah penyemaian. Agar biji mawar lurus dan tidak runtuh saat disiram.

Pada akhir fase tanam, sirami tanaman dan pot tersebut di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan pot seperti ini selama seminggu. Selanjutnya, mulailah secara bertahap menempatkan pot berisi mawar di bawah sinar matahari.

7. Lakukan perawatan dan perawatan bunga mawar

Merawat dan merawat mawar

Perawatan dan pemeliharaan mawar di vas tidak begitu sulit, kita hanya perlu menyiangi dan menyiramnya. Anda bisa menyiram mawar dengan air jika perlu. Irigasi dilakukan 1 hingga 2 kali sehari.

Mengatur volume air yang ditaburi zat yang tumbuh. Hindari menyiram tanaman Anda secara berlebihan karena kelembapan dapat membuat mawar membusuk sampai mati. Penyiangan bisa dilakukan jika perlu, agar mawar tidak tersentuh oleh gulma.

8. Tahapan pemupukan mawar pot

Tahapan pemupukan bunga mawar pot

Sama seperti tanaman pada umumnya, sehingga berbunga dapat memberikan nutrisi dengan pemupukan. Kami merekomendasikan penggunaan pupuk organik karena baik untuk pertumbuhan mawar.

Anda dapat menambahkan segenggam pupuk ke tepi pot agar Anda tidak tertabrak batang mawar. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ampas teh atau air cuci beras karena fungsinya mirip dengan puput biologis. Untuk beras, air cuci bisa ditaburkan di daun mawar.

Serta menanam mawar yang baik dan efektif. Ternyata proses menabur tidak sulit dan membutuhkan kesabaran. Semoga beruntung

8 cara menanam mawar (lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Demikianlah info mengenai 8 Cara Menanam Mawar (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi). Semoga informasi ini mampu memberikan pengetahuan berfikir anda tentang 8 Cara Menanam Mawar (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi).

Leave a Reply