7 Cara Menanam Tomat (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

7 Cara Menanam Tomat (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

7 Cara Menanam Tomat (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar) –

Cara menanam tomat – Cara menanam tomat menggunakan biji cukup mudah. Anda juga bisa menggunakan pot atau polybag sebagai media tanam, jadi Anda tidak membutuhkan tanah dalam jumlah besar. Karena Anda bisa menggunakan beranda untuk menanam tanaman. Waktu dari menabur hingga panen hanya membutuhkan sekitar 3 bulan.

Seperti kita ketahui, tomat adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sayuran ini dapat diproses dalam berbagai bentuk masakan, dari minuman hingga jus hingga bahan pelengkap lainnya. Jika dilihat dari jenisnya, tomat terdiri dari beberapa jenis, termasuk tomat buah, tomat sayur, tomat ceri dan banyak lagi.

Cara menanam tomat dalam pot atau polybag untuk buah-buahan yang padat

Jika Anda ingin menanam tomat dengan pot atau kantong plastik, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, termasuk:

1. Siapkan pot atau polybag

Siapkan pot atau polybag

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah pelat multimedia atau polybag plastik, jika perlu. Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan penopang yang terlalu kecil, sehingga tomat dapat tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah yang padat.

2. Siapkan media penabur

Siapkan media penabur

Sebelum menabur tomat, perlu disiapkan media seperti tanah, batu bara dan kompos. Dari ketiga bahan penabur, bahan harus memiliki rasio 2: 1: 1.

Tanah penyemaian ini dapat disiapkan beberapa hari sebelum proses penyemaian, bertujuan untuk mengintegrasikan kandungan mineral kompos dengan tanah. Uji setiap media benih yang disiapkan harus memiliki pH 5,5-7 dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi, untuk mendukung pertumbuhan tanaman tomat.

3. Pilih biji tomat teratas

Pilih biji tomat teratas

Untuk mendapatkan tanaman tomat yang sehat dan padat, maka Anda perlu memilih biji tomat unggul. Sebelumnya Anda perlu menentukan jenis tomat yang akan ditanam. Jadi, Anda dapat membeli biji tomat sesuai keinginan dan dapat ditanam langsung dengan bantuan yang sudah disiapkan.

4. Cara yang tepat untuk menabur benih tomat

Cara yang tepat untuk menabur tomat

Setelah membeli biji tomat, cara selanjutnya menanam tomat adalah dengan menanam biji tomat di media dalam bentuk bedengan. Cobalah menempatkan tempat untuk menabur tomat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau hujan. Kemudian sirami tanah untuk bibit dengan air yang cukup, tetapi kondisi tanah tetap lembab.

Dengan cara ini, biji tomat akan segera tumbuh. Pada umur bibit sekitar 14 hari, pupuk tambahan harus diberikan untuk merangsang pertumbuhan bibit maksimum. Anda dapat menggunakan pupuk atau kompos buatan pabrik. Pada usia 1 bulan, biji tomat dapat ditanam di tempat yang terpisah.

5. Proses penanaman tomat dalam pot atau polybag

Proses penanaman tomat dalam pot atau polybag

Setelah menyiapkan pot atau polibag, Anda bisa langsung menanam tomat. Cobalah untuk mengekstrak bibit tomat dari tanah untuk bibit, berhati-hatilah agar tidak merusak atau merusak akar. Jika perlu, Anda bisa menyiraminya terlebih dahulu agar tanaman tomat dapat dengan mudah diberantas.

Namun, jika Anda menggunakan kantong plastik sebagai penopang benih, sobek plastiknya dan pindahkan ke pot yang lebih besar atau kantong plastik. Jadi tanah yang digunakan untuk pembibitan juga dapat digunakan kembali untuk menanam tomat dalam pot atau polybag selama proses transfer.

6. Proses perawatan tomat

Proses merawat tomat

Setelah tanaman tomat dipindahkan ke tanah yang lebih besar, perawatan rutin diperlukan untuk tumbuh secara optimal dan menghasilkan tomat yang sehat dan kental. Penting juga untuk menyirami tomat secara teratur agar kelembaban tanah tetap terjaga.

Jika tanaman tomat semakin besar, Anda bisa menyiramnya 2 kali sehari, di pagi dan sore hari. Kami merekomendasikan menambahkan bambu atau tongkat sebagai kapas. Sehingga tanaman tomat bisa tumbuh lurus dan kuat. Usahakan selalu memotong kecambah yang hanya tumbuh, ini akan merangsang pembuahan tomat lebih cepat.

Untuk mendukung pertumbuhan tanaman tomat agar lebih optimal, perlu menyediakan nutrisi tambahan seperti kompos atau pupuk yang diproduksi oleh pabrik. Pupuk dapat diberikan setelah seminggu proses pemindahan dari tanah bibit ke pot atau polybag. Ukuran pupuk cukup untuk satu outlet untuk setiap pot atau polybag.

Jika tanaman tomat yang Anda tanam terkena penyakit atau ditutupi dengan jamur, Anda harus segera mencabut dan membuang tanaman tersebut agar tidak menginfeksi tanaman tomat lainnya. Tetapi jika ini sangat mendesak, solusi terbaik adalah menyediakan pestisida alami untuk tanaman yang memiliki penyakit.

7. Masa panen

Masa panen

Panen adalah proses yang ditunggu-tunggu setelah proses panjang dari menabur menjadi merawat tanaman tomat yang berbuah. Tomat adalah jenis sayuran yang memiliki panen sangat cepat. Karena dalam waktu kurang dari 100 hari, tomat dapat menghasilkan buah yang siap panen.

Karakteristik tomat siap panen adalah dari kuning hingga kuningan hingga merah. Hanya saja proses panen tomat tidak bisa dilakukan sekaligus, karena produksi tomat tidak terjadi secara bersamaan.

Dari beberapa langkah bagaimana menanam tomat dalam pot atau polybag di atas, semoga mereka bisa menambah wawasan Anda. Jadi ketika Anda ingin menanam tomat, Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup dan Anda dapat menanam tanaman secara maksimal.

7 cara menanam tomat (lengkap dengan deskripsi gambar)

Demikianlah info mengenai 7 Cara Menanam Tomat (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar). Semoga info ini dapat memperluas pengetahuan berfikir kamu tentang 7 Cara Menanam Tomat (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar).

Leave a Reply