4 Cara Menanam Pisang (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

4 Cara Menanam Pisang (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar)

4 Cara Menanam Pisang (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar) –

Cara menanam pisang – Buah ini sangat kaya manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Pisang seperti nutrisi yang bisa memberi makan tubuh. Banyak orang menyajikan pisang sebagai makanan penutup. Tampaknya tidak perlu khawatir untuk membelinya di pasar, karena menanam pisang mudah diikuti.

Diketahui bahwa beberapa orang Indonesia suka menanam pisang di halaman belakang rumah mereka. Jika dilihat dari ilmu pertanian, budidaya pisang tidak sekuat itu. Memang, budidaya pisang bisa dilakukan secara masif.

Cara menanam pisang

Berikut adalah ulasan yang perlu Anda rujuk jika Anda ingin belajar bagaimana menanam pisang yang baik dan benar. Itu bisa diikuti langkah demi langkah sehingga pisang mengambil dengan cepat dan berkualitas.

1. Pembibitan tunas pisang

Pembibitan Rebung Pisang

Sebelum Anda mulai menanam pisang, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bijinya. Lebih disukai untuk menanam pisang menggunakan tauge. Anda dapat mengambil kecambah dari pisang setinggi 1 – 1,5 meter dengan lebar umbi antara 15-20 cm.

Untuk hasil terbaik, anakan harus diambil dari pisang sehat. Ada dua bibit pisang yang merupakan anakan tua dan anakan muda. Penggunaan bibit matang lebih baik karena lebih matang. Itu bisa dilihat dari potensi minat dan dari stok makanan di batang.

Sementara itu, penggunaan anak-anak anjing dalam bentuk dayn dan tombak juga bagus. Jangan memilih gambar yang telah diperlebar. Anda bisa mendapatkan biji pisang dengan membelinya atau mengambilnya langsung dari pohon pisang. Buat jarak antara benih yang akan ditanam sehingga tidak terlalu sempit 2 x 2 meter.

Kecambah pisang dapat diambil dari pohon induk yang memiliki 7 hingga 9 tunas. Anda dapat menghindari hama pisang sejak awal pemilihan benih. Mulailah dengan memotong rebung pisang dan membersihkan tanah dari rebung. Selanjutnya, simpan benih di tempat teduh selama 1-2 hari, sehingga potongan-potongan di umbi pisang mengering.

Buang daun lebar yang ditemukan pada batang tanaman. Selanjutnya, rendam benih umbi terbatas pada batang leher menggunakan insektisida 0,5-1% selama 10 menit. Benih yang direndam kemudian dikeringkan kembali. Jika tidak ada insektisida, Anda bisa mencelupkan umbi pisang menggunakan air mengalir bersih selama 48 jam.

2. Menanam media

Media berkembang

Tanaman pisang dapat tumbuh subur dan menghasilkan banyak buah jika Anda menggunakan banyak tanah pot dan Anda telah diberi pupuk. Selain itu, tanah dengan kandungan kapur yang tinggi juga baik untuk pisang. Sebab, dalam proses penanaman pisang, ia akan menyerap banyak nutrisi dari tanah. Saat menanam pisang juga membutuhkan air tetapi jangan menyentuh tanaman.

Pisang perlu disiram setiap hari untuk pertumbuhan yang optimal. Hindari menanam pisang di tanah yang tererosi karena tidak akan mendapatkan hasil terbaik. Biasanya orang menanam pisang di tanah yang mudah diserap dari air. Ingat bahwa pohon pisang sulit tumbuh jika ditanam di tanah dengan kadar garam 0,07%.

Penting untuk memperhatikan cara menabur yang akan digunakan untuk pengelolaan pohon pisang yang benar. Terutama ketika membuka tanah yang digunakan untuk disemai. Perhatikan kondisi iklim di mana Anda menanam pisang. Jadi aman saat proses budidaya dilakukan, pisang bisa terbebas dari pengganggu hama.

Jangan lupa untuk melelehkan tanah untuk bertukar udara dan menetralkan semua racun di tanah. Menyediakan tempat untuk membuat saluran irigasi sehingga mereka dapat mengontrol penyiraman tanaman ini tidak berlebihan. Pertumbuhan pisang bagus jika berada di tanah miring.

3. Proses penanaman pisang

Proses penanaman pisang

Dalam pertumbuhan kacang polong dalam 3 bulan pertama, ia memperlebar jarak antar tanaman. Model tumpangsari pohon pisang tumpangsari dapat digunakan. Kemudian buat lubang perkebunan dengan ukuran lubang 50 x 50 x 50 cm di tanah tipe berat.

Pisahkan tanah gembur dengan mengebor lubang dalam hingga 30 x 30 x 30 cm dengan kerapatan antar tanaman hingga 3 x 3 meter. Jika Anda mulai menanam pisang sebelum musim hujan, lubang yang telah dibuat dan belum ditanam dapat dipupuk secara organik hingga 15-20 kg.

4. Pemeliharaan pohon pisang

Pemeliharaan pohon pisang

Sedangkan untuk pemeliharaan tanaman pisang tidak begitu sulit, oleh karena itu hasil maksimal harus dipotong. Dalam sekelompok pisang, potong 3-4 batang. Jika pisang telah menghasilkan buah selama bertahun-tahun, kelompok tersebut harus diganti dengan tanaman baru pada tahun kelima.

Tahap pemeliharaan juga termasuk gulma yang secara teratur dilakukan untuk menghindari gulma dan hama tanaman. Proses penyiangan yang baik juga disertai dengan peremajaan dan penimbunan.

Saat penyiangan harus dilakukan dengan hati-hati karena memiliki akar pendek yang berjarak 15 cm dari permukaan tanah. Membersihkan daun yang mengering akan terus membersihkan tanaman yang disebut proses perbanyakan. Untuk menyirami tanaman ini, mereka dapat dilakukan secara langsung atau dengan memasok air di parit dekat tanaman pisang.

Ini adalah cara yang tepat untuk menanam pisang. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah parit untuk irigasi yang lebih optimal.

4 cara menanam pisang (lengkap dengan deskripsi gambar)

Demikianlah info mengenai 4 Cara Menanam Pisang (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar). Semoga informasi ini bisa memperluas wawasan berfikir kamu tentang 4 Cara Menanam Pisang (Lengkap beserta deskripsi dengan gambar).

Leave a Reply