3+ Cara Menanam Kaktus (Lengkap dengan deskripsi dan gambar)

3+ Cara Menanam Kaktus (Lengkap dengan deskripsi dan gambar)

3+ Cara Menanam Kaktus (Lengkap dengan deskripsi dan gambar) –

Cara menanam kaktus – Tanaman kaktus bisa menjadi pilihan untuk menghias rumah atau meja Anda. Kaktus diklasifikasikan sebagai tanaman hias yang tidak membutuhkan area penaburan besar dan merawat tanaman kaktus tidak terlalu sulit. Meskipun Anda dapat membeli tanaman kaktus, tidak ada salahnya mencoba menanam kaktus di rumah. Anda dapat mempelajari cara menumbuhkan kaktus sebagai berikut:

Cara menanam kaktus di rumah

Cara menanam kaktus di rumah

Menanam kaktus tidak membutuhkan keterampilan khusus. Jika Anda memiliki banyak barang yang tidak digunakan di rumah Anda, Anda dapat menggunakannya sebagai wadah untuk penanaman. Anda bisa berkreasi membuat tanaman kecil ini menjadi lebih unik dan tentunya bisa dijadikan hiasan di rumah Anda. Sebelum Anda mulai, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan

  1. Tanaman kaktus: pilih jenis tanaman kaktus yang Anda sukai, seperti: Astrophytum, Ariocarpus, Echinofossulocactus, Gymnicalycium, Parodia. Pilih tanaman kaktus yang masih hidup dan tentu saja dalam kondisi sehat.
  2. Menanam tanah: pada tanaman kaktus, tanah tanam yang diperlukan adalah tanah kering dan tidak menahan air. Jangan gunakan tanah liat atau tanah merah karena kemampuan menahan air yang tinggi. Anda dapat menggunakan pasir (putih atau hitam), arang sayuran dan kompos.
  3. Menanam wadah: pilih pot dengan ukuran 5-10 cm. Pilih pot yang tingginya setengah dari tanaman kaktus yang dipilih. Jika Anda ingin menggunakan mangkuk, pilih mangkuk dengan kedalaman sekitar 25,4 cm. Pastikan bahwa wadah penaburan yang digunakan memiliki lubang drainase yang baik.
  4. Batu-batu kecil / kerikil yang digunakan sebagai saringan sehingga tidak ada pasir yang keluar dalam pot atau wadah tanaman lainnya. Anda juga dapat menggunakan batu kecil sebagai hiasan di pot tanaman kaktus Anda.
  5. Air yang cukup: siapkan air panas yang cukup
  6. Sarung tangan: Saat Anda belajar menanam kaktus, yang terbaik adalah menggunakan sarung tangan agar jari Anda terhindar dari duri kaktus.

Setelah semua alat dan bahan siap, Anda dapat segera mulai menanam kaktus dengan langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama adalah menempatkan kerikil 1/3 dari pot / wadah penabur lainnya. Selanjutnya, campur tanah penaburan (pasir, batu bara dan kompos) dengan rasio 1: 1: 1. Tidak perlu mengisi wadah tanam / pot dengan cara tanam. Sisakan ruang di bagian atas pot untuk menanam tanaman kaktus.
  2. Ambil kaktus yang Anda pilih untuk sarung tangan kebun. Kemudian tempatkan kaktus dalam pot perlahan dan pastikan kaktus tertanam cukup dalam sehingga kaktus dapat berdiri tegak.
  3. Setelah tanaman kaktus ditanam, berikan sisa media tanam ke bagian bawah pot dan ketuk dengan lembut agar tanah tidak keluar dari pot dengan mudah.
  4. Batu-batu kecil yang telah tersedia dapat ditempatkan di bagian atas tanah penyemaian di sekitar bagian bawah tanaman kaktus.
  5. Taburkan air hangat di bagian bawah tanah agar tanaman kaktus tidak terlihat kering selama beberapa hari. Penting untuk tidak menyirami tanaman kaktus, karena kaktus tidak membutuhkan banyak air.
  6. Setelah menyelesaikan penanaman kaktus, perawatan harus dilakukan untuk menempatkan kaktus di daerah di mana ada banyak sinar matahari, seperti di dekat jendela.

Cara menanam kaktus dengan biji

Cara menanam kaktus dengan biji membutuhkan waktu lebih lama. Namun, jika Anda ingin mencoba langkah-langkah berikut, Anda dapat mengikuti:

1. Siapkan biji kaktus

Siapkan biji kaktus

Biji kaktus dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan membeli langsung dari toko tanaman atau dengan mengumpulkan langsung dari kaktus yang ada. Jika Anda membeli biji kaktus langsung di toko, akan lebih mudah dan siap untuk digunakan segera.

Jika Anda ingin menggunakan biji kaktus langsung dari polong, Anda harus mengumpulkannya sebelum mengering atau agak basah. Buah yang sudah matang biasanya dapat ditarik secara acak. Anda dapat menghapus biji kaktus dengan mengekstraksinya dari polong.

2. Menanam benih kaktus

Tanam biji kaktus

Benih kaktus yang Anda dapatkan ditanam dalam wadah bersih yang telah diisi dengan tanah yang memiliki daya serap tinggi. Benih kaktus tidak perlu dikubur di tanah, Anda memiliki cukup untuk menyebar di permukaan tanah. Biji kaktus memiliki sedikit cadangan energi, jadi jika kaktus tertanam terlalu dalam, biji kaktus akan menghabiskan energi sebelum mencapai permukaan tanah.

3. Sinar matahari yang cukup

Sinar matahari cukup

Tutup wadah tanaman dengan plastik bening dan letakkan di tempat di mana ada cukup sinar matahari, seperti jendela rumah. Jangan memberi paparan sinar matahari yang intens, hanya beberapa jam sehari. Plastik transparan digunakan untuk menjaga kelembaban di kaktus mulai tumbuh. Proses perkecambahan kaktus dapat memakan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Kiat menanam kaktus dengan biji

Kiat menanam kaktus dengan biji

  1. Ketika duri mulai muncul, buka tutup plastik bening sehingga kaktus bisa bernafas
  2. Jika kaktus sudah matang, Anda harus pindah ke wadah yang lebih besar
  3. Setelah dipindahkan ke pot, tempatkan kaktus di tempat teduh sampai akarnya kencang dalam wadah baru
  4. Berikan air ke kaktus dewasa dan jangan terlalu sering membilas air. Yang terbaik adalah menunggu sampai tanah di pot benar-benar kering.

Beberapa cara menumbuhkan Cacti yang bisa Anda terapkan di rumah. Anda dapat memilih metode sederhana atau sedikit rumit menggunakan biji. Meskipun mengobati kaktus tidak sulit, menanam kaktus tidak boleh sembarangan. Sebelum menanam kaktus, Anda harus memperhatikan langkah-langkah yang tepat untuk menanam kaktus.

3+ cara menumbuhkan kaktus (lengkap dengan deskripsi dan gambar)

Demikianlah info mengenai 3+ Cara Menanam Kaktus (Lengkap dengan deskripsi dan gambar). Semoga info ini bisa meningkatkan wawasan berfikir kita tentang 3+ Cara Menanam Kaktus (Lengkap dengan deskripsi dan gambar).

Leave a Reply