6 Tanaman Anggur (Jenis-jenis dan manfaat)

6 Tanaman Anggur (Jenis-jenis dan manfaat)

6 Tanaman Anggur (Jenis-jenis dan manfaat) –

Tanaman Anggur – Anggur adalah tanaman rambat yang menghasilkan buah dengan rasa sedikit manis dan asam dengan konsistensi buah renyah saat digigit. Hampir tidak ada orang yang tidak menyukai buah ini. Namun untuk menikmati anggur, Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena harga buah anggur lebih mahal daripada buah-buahan lokal lainnya.

Tidak hanya buahnya yang enak rasanya, tanaman ini juga merupakan dekorasi pagar yang indah. Selanjutnya, anggur bisa ditanam dengan bahan baku yang menjanjikan. Sebagai bahan dalam produksi makanan, obat-obatan dan banyak manfaat anggur lainnya yang harus Anda ketahui. Ingin tahu lebih banyak tentang anggur, mari kita simak artikel berikut.

Asal usul tanaman anggur

Asal usul tanaman anggur

Menurut hasil penelitian para ilmuwan anggur dari Rusia tepat di Armenia dekat Laut Kaspi. Awalnya dikenal sebagai tanaman liar anggur yang tumbuh di pegunungan Kaukasus dan kemudian menyebar ke berbagai tempat di benua Asia, Mesir dan Yunani. Jadi dari Yunani menyebar luas di benua Eropa, Asia, Amerika, Afrika dan Australia.

Buah anggur dikenal sebagai tanaman yang dapat dieksploitasi pada abad kedua Masehi. Anggur digunakan oleh orang Yunani untuk menghasilkan anggur pada waktu itu, meskipun belum ada yang menanam tanaman ini. Jenis anggur yang digunakan sebagai bahan baku anggur pada saat itu adalah jenis Vitis vinivefera.

Grapevine Vitis vinivefera itu dengan cepat menyebar ke daerah lain seperti Mediterania ke wilayah Afrika Utara hingga orang-orang pada saat itu mulai mengenal buah anggur sebagai buah segar yang bisa dinikmati. Jadi budidaya tanaman ini pada awalnya dikembangkan oleh orang Mesir kuno, sekitar 4000 SM. dan teknologi pembuatan anggur sekitar 2500 SM.

Selain itu, teknologi pembuatan anggur ini menyebar dengan cepat ke negara-negara lain seperti Jerman, Spanyol dan Prancis. Penyebaran tanaman ini cukup cepat karena adanya intervensi Columbus yang membawanya ke seluruh dunia. Hanya di Indonesia tanaman anggur mulai dikenal sekitar tahun 1700. Tanaman ini diperkenalkan oleh pemerintah Hidia-Belanda ke masyarakat Indonesia.

Klasifikasi anggur

Klasifikasi anggur

Pastinya menanam anggur di kerajaan Plantae dengan tanaman vaskular subkingdomnya (Tracheobionta). Tanaman ini juga termasuk dalam divisi benih (Spermatophyta) dan tanaman berbunga (Magnoliphyta). Benih anggur adalah benih terbuka, yang berarti bahwa tanaman ini termasuk dalam kelas Magnoliopsida.

Urutan anggur milik ordo Ramnales dengan keluarga Vitaceae dan genusnya Vitis L. Tanaman anggur yang paling dikenal adalah Vitis Vinifera L., Jenis anggur ini adalah anggur pertama yang dikenal untuk produksi anggur oleh orang Yunani kuno. Bukan hanya tipenya Vitis Vinifera L. jelas anggur memiliki banyak jenis lainnya.

Morfologi anggur

1. Morfologi anggur

Morfologi anggur

Secara umum, warna anggur yang kita kenal adalah merah dan ungu, tetapi beberapa berwarna hijau dan ungu kehitaman. Bentuk paling umum adalah bulat tetapi ada juga yang oval. Warna pulp hampir transparan dan di tengah buah ada biji kecil.

Pohon anggur memiliki dua jenis bunga yang berbeda atau kita sering akrab dengan istilah dua menikah. Jenis bunga ini juga dikenal sebagai bunga yang sempurna. Bunga jantan dan betina pada tanaman ini dipisahkan pada batang yang berbeda. Karena itu, untuk penyerbukan, perlu bantuan hewan di sekitarnya.

2. Morfologi anggur

Morfologi anggur

Bunga tanaman ini mulai dari yang akan muncul di cabang ketika tanaman sudah cukup dewasa. Bunga ini ditata seperti buket bunga yang padat. Di setiap cabang pokok anggur, satu hingga dua atau bahkan lebih bunga dapat ditemukan.

Warna anggur biasanya merah muda sampai agak kekuningan. Penyerbukan bunga-bunga ini dibantu oleh hewan-hewan di sekitarnya. Setelah penyerbukan, putik anggur mulai tumbuh dan akan berkembang menjadi buah berdasarkan warna varietas.

3. Morfologi daun anggur

Morfologi daun anggur

Daun anggur berbentuk hati yang ujungnya memiliki lekukan dan kurva, istilah daun dengan lekukan seperti ini adalah enamel. Tulang-tulang daun habis dengan ujung runcing, bulat ke oval. Warna daunnya hijau dengan panjang sekitar 10-14 cm dan lebar 8-14 cm.

Secara umum, anggur memiliki daun tunggal yang jarang atau jaraknya jauh dan intermiten. Biasanya daun anggur tua memiliki warna hijau lebih gelap atau lebih gelap dari daun muda. Daun yang lebih tua juga memiliki permukaan yang lebih kasar dan lebih berbulu.

4. Morfologi batang anggur

Morfologi batang anggur

Batang tanaman ini memiliki bentuk yang luas, warnanya biasanya hijau dan akan berubah menjadi coklat saat tua. Ukuran batang berdiameter sekitar 2 sampai 5 cm. Tanaman semak yang hidup tersebar dan melilit benda atau tanaman lain di sekitarnya memiliki panjang batang sekitar 8 meter.

Permukaan batang anggur halus dan ada tiga jenis percabangan: percabangan primer, sekunder dan tersier. Munculnya bunga terjadi di cabang tersier. Buku atau ruas pada batang adalah tempat bertunas dan tunas dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman ini.

Karena anggur adalah tanaman merambat yang hidup pada tanaman atau benda di sekitarnya menggunakan sulur. Penanam anggur biasanya memberikan penyangga kayu atau garpu sehingga arah rambatan tanaman anggur lebih terarah dan juga bersih dan agar anggur tidak berserakan di tanah.

5. Morfologi akar anggur

Morfologi dari akar anggur

Sistem akar tanaman ini adalah akar tunggang yang memiliki kemampuan untuk menembus tanah ke dalam mencapai 30 hingga 60 cm atau lebih. Selain anggur ini, anggur juga meluas ke permukaan tanah dan tahan terhadap kekeringan. Kedua akar ini berfungsi sebagai penyerap air dan nutrisi dari tanah.

Tanah yang cocok untuk tanaman ini adalah tanah gembur karena akarnya dapat tumbuh lebih cepat. Perkembangan akar ini ditandai dengan munculnya akar cabang, sehingga lebih banyak di musim hujan pertumbuhan akar cabang lebih cepat. Ini membuatnya mudah untuk mereproduksi anggur melalui cangkokan atau stek.

Istilah untuk budidaya anggur

Istilah untuk budidaya anggur

Anggur adalah tanaman yang tidak mudah ditanam seperti kelapa. Jika Anda ingin menanam anggur, pastikan lokasi tersebut memenuhi persyaratan pertumbuhan seperti iklim, jenis tanah, dan ketinggian yang sesuai sehingga anggur yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah.

1. Iklim

 iklim

Daerah dataran rendah di dekat pantai dan memiliki musim kemarau panjang sekitar 4 hingga 7 bulan adalah tempat yang baik untuk menanam anggur. Curah hujan yang terus menerus dapat merusak pembungaan tanaman ini adalah yang terbaik, dengan curah hujan rata-rata 800 mm per tahun. Daerah berangin yang kuat juga tidak baik untuk tanaman ini.

Pertumbuhan vegetatif dan pembuahan tanaman ini paling baik jika Anda menerima banyak sinar matahari dan udara kering. Kondisi untuk suhu rata-rata di malam hari harus mencapai minimum 23 derajat Celcius dan pada siang hari maksimum 31 derajat Celcius dengan kelembaban udara yang lebih tepat dari 75% hingga 80%.

2. Jenis tanah

Jenis tanah

Tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika tanah yang digunakan mengandung pasir, tanah liat, gembur dan subur yang mengandung humus dan nutrisi. Tanah dengan keasaman 7 atau netral sangat cocok sebagai tempat untuk kultur anggur ini.

3. Ketinggian tempat

Posisikan tinggi

Di daerah datar dengan ketinggian 5-1000 meter di atas permukaan laut, anggur bisa tumbuh dengan baik. Perkembangan dan pertumbuhan tanaman ini juga dipengaruhi oleh perbedaan ketinggian. Ada jenis anggur yang bagus jika ditanam ada 1-300, ada juga yang ditanam dengan baik di ketinggian 1-800 meter di atas permukaan laut.

Jenis tanaman anggur

1. Anggur Yupiter

Anggur Yupiter

Anggur ini berbentuk oval dengan kulit merah agak keunguan saat matang. Bubur anggur tebal ini juga memiliki rasa manis dan renyah saat digigit. Anggur ini adalah buah tanpa biji. Anggur Jupiter terkenal sebagai anggur meja dengan produktivitas buah yang tinggi. Buah siap dipanen 105 hari setelah pemangkasan.

2. Anggur ninel

Anggur baru

Anggur ini memiliki kulit yang sangat tipis tetapi setelah panen ia memiliki umur simpan yang sangat panjang dan umur simpan yang panjang. Tanda buahnya cukup besar karena bisa mencapai 1 hingga 3 ons. Anggur ini adalah salah satu spesies yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

3. Anggur Harold

Anggur harold

Bentuk buah agak agak lonjong dengan ujung agak runcing. Setelah matang, buahnya akan berubah menjadi hijau kekuningan. Bubur anggur ini terasa padat dan berair dan memiliki rasa asam dan manis yang segar saat dimakan dan memiliki aroma yang baik. Jenis anggur ini memiliki buah yang cukup cepat, berbuah sekitar usia 1 atau 2 tahun.

4. Anggur Black Panther

Anggur Black Panther

Anggur ini memiliki warna hitam setelah pematangan sesuai dengan namanya Black Panther. Buahnya berbentuk lonjong dengan rasa yang sangat manis dan kulit buah yang tebal. Tingkat adaptasi tanaman ini cukup tinggi. Ketika berusia 1-2 tahun anggur ini siap berbuah. Fase pematangan buah agak pendek, yaitu sekitar 100 hari.

5. Anggur Akademik Avidzba

Anggur akademik Avidzba

Anggur ini terkenal dengan buahnya yang berbentuk oval dengan ujung buah yang sedikit tajam, benar-benar unik tidak seperti bentuk anggur pada umumnya yang bulat atau oval. Warna buah akan berubah menjadi hitam saat matang. Konsistensi buah agak kering dengan pulp padat dan manis. Buah ini mengandung biji.

Anggur ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik bahkan di iklim yang sangat panas. Buah yang diproduksi di masing-masing tandannya tidak mengejutkan jika anggur ini selama berbuah tampak sangat padat. Jenis anggur ini juga dikenal sebagai salah satu anggur meja.

6. Anggur Julian

Anggur Julian

Anggur dengan bentuk bulat agak oval berasal dari negara Ukraina. Warna buah saat matang, yaitu merah muda agak kekuningan. Buaya itu renyah, tebal, padat, dan manis serta mengandung biji. Tingkat adaptasi buah anggur juga cukup baik tetapi buahnya mudah pecah saat hujan. Anggur ini akan berbuah setelah 1 atau 2 tahun.

7. Anggur Victor

Anggur Victor

Warna buahnya adalah ungu keunguan, kuning keunguan dan sedikit keunguan saat matang, sangat indah untuk mata. Buahnya lonjong dan ujung buahnya sedikit runcing. Tekstur ampas buah padat dan daging keras tapi masih lunak dan berair. Rasa anggur Victor manis dan sedikit asam.

8. Transfigurasi anggur

Transfigurasi anggur

Anggur ini terkenal dengan buahnya yang memiliki buah papiler berbentuk oval dengan buah besar. Konsistensi pulpnya renyah dengan daging padat dan berair, berbiji dan memiliki rasa manis. Adaptasi tanaman ini sangat tinggi karena mampu tumbuh dengan baik di daerah datar dengan iklim panas.

9. Anggur asli

Anggur asli

Bentuk anggur ini berbentuk lonjong dengan ujung agak meruncing. Saat matang, warna buah berubah menjadi merah terang. Anggur ini adalah salah satu anggur dengan buah-buahan berkulit tipis. Tekstur ampas buah renyah dengan ampas buah yang padat dan rasanya manis. Resistensi buah rata-rata dan setiap merek mampu menghasilkan 5 hingga 7 ons.

10. Anggur Nizina

Anggur Nizina

Anggur Nizina berbentuk bulat, tebal, berwarna merah kemerahan saat matang. Daging buah anggur tebal, manis, berair dan mudah dimakan bahkan jika kulitnya tebal. Ketika dia berusia 2 hingga 3 tahun, Nizina bisa berbuah. Saat buah berhenti antara 125 dan 130 hari. Setiap geladak menghasilkan 7 hingga 5 ons.

11. Romeo Wine

Romeo Wine

Negara asal anggur jenis ini adalah Rusia. Bentuk buahnya bulat oval dan merah saat matang. Buahnya cukup besar dan ampasnya padat dengan rasa manis yang pas. Adaptasi anggur ini juga sangat baik dan mudah ditanggung. Setiap dek tunggal menghasilkan hingga 8 ons. Fase pematangan buah adalah sekitar 120-130 hari.

Keuntungan buah anggur

Keuntungan buah anggur

Anggur memiliki sejuta manfaat dari daun, dari buah hingga biji. Daun anggur dapat digunakan sebagai obat herbal karena mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi dengan penggunaan daun anggur: sakit kepala, luka, masalah mulut, diare, radang kulit dan buang air kecil secara teratur.

Anggur tidak kalah bergizi dari daunnya. Mengkonsumsi anggur dengan benar dapat mencegah kanker. Makan anggur juga dapat menjaga kesehatan jantung, melawan penuaan dini, menjaga kesehatan otak, mencegah alergi dan radang, mengontrol gula darah.

Biji anggur kaya akan antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan, seperti mengatasi tekanan darah tinggi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, merangsang fungsi otak, mencegah kanker, melindungi paru-paru dan ; antinfiammazione. Selain untuk kesehatan, juga bermanfaat untuk kecantikan, seperti melawan penuaan dini, jerawat dan menghaluskan kulit.

Jenis-jenis anggur yang telah dibahas pada bagian sebelumnya sebenarnya banyak yang lain, mereka hanya beberapa, mungkin untuk mengeksplorasi lebih lanjut. Manfaat buah anggur juga banyak, terutama buahnya. Tetapi untuk mendapatkan manfaat dari tanman ini, gunakan karena itu tidak boleh terlalu berlebihan. Saya harap artikel ini akan membantu.

6 anggur (jenis dan manfaat)

Demikianlah info tentang 6 Tanaman Anggur (Jenis-jenis dan manfaat). Semoga info ini mampu meningkatkan wawasan berfikir anda tentang 6 Tanaman Anggur (Jenis-jenis dan manfaat).

Leave a Reply