5 Tanaman Gantung (Ciri-ciri dan jenis)

5 Tanaman Gantung (Ciri-ciri dan jenis)

5 Tanaman Gantung (Ciri-ciri dan jenis) –

Menggantung tanaman – Memiliki tanaman yang ditangguhkan di rumah akan membuat rumah Anda sangat indah. Bagaimana tidak? tanaman diposisikan di atas mereka untuk menggantung untuk menghiasi bagian depan atau belakang rumah.

Jika Anda ingin menanam tanaman gantung, masih ada banyak hal yang bisa menjadi tanda tanya Anda. Tidak perlu khawatir, karena kita akan sepenuhnya dikupas dalam artikel berikut.

Karakteristik tanaman yang ditangguhkan

Karakteristik tanaman yang ditangguhkan

Setiap tanaman memiliki karakteristik dan karakteristiknya sendiri. Dalam hal ini juga berlaku untuk tanaman gantung. Ada beberapa fitur yang membuatnya unik, termasuk:

  1. Secara umum, tanaman yang digantung ditandai oleh pertumbuhan melalui perbanyakan. Meskipun tumbuh dengan cara menyebar, tanaman ini tidak tumbuh terlalu tebal.
  2. Karakteristik lain yang jelas dari tanaman ini adalah pertumbuhannya yang akan jatuh. Biasanya pot bunga akan tertutup karena tanaman ini.
  3. Tanaman gantung umumnya memiliki jangka waktu pertumbuhan yang lambat. Ini memberi pemilik keuntungan sehingga ia tidak perlu memotongnya terlalu sering.
  4. Biasanya, tanaman gantung tidak memerlukan paparan sinar matahari langsung dan tidak terlalu intens. Jika diperkirakan, hanya sekitar 65% dari sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman digantung.
  5. Tanaman gantung umumnya memiliki morfologi daun yang kecil, sehingga sangat cocok untuk pot penampungan.

15+ jenis tanaman gantung untuk rumah Anda

Ada banyak tanaman yang bisa ditanam dengan pot gantung untuk rumah Anda. Beberapa jenis alias, misalnya, meliputi:

1. Geri Dyschidia

Dischidia of Geri

Tanaman gantung pertama adalah Dischidia Geri, yang memiliki daun hijau segar berbentuk hati. Tumbuhan ini tumbuh dengan cara digantung sehingga menyerupai air terjun yang jatuh di bawah pot. Dengan model pertumbuhan ini, Dischidia Geri sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias tersuspensi.

Sistem ini dalam hal perawatannya cukup sederhana. Selain itu, tanaman ini juga mudah beradaptasi. Anda bisa meletakkan tanaman ini di berbagai sudut rumah Anda, terutama di jendela rumah.

2. Tradescantia

 Tradescantia

Tradescantia memiliki warna daun yang sangat unik, yang datang dalam bentuk garis-garis dengan banyak variasi warna. Warna-warna ini termasuk hijau, ungu, putih, perak dan sebagainya. Jenis tanaman hias gantung ini sangat tepat jika Anda menaruhnya di rumah. Ini karena Tradescantia tidak membutuhkan banyak cahaya.

Tanaman hias bersuspensi ini tergolong tanaman yang sangat mudah dalam perawatan, hal ini karena tanaman ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Satu hal yang harus Anda perhatikan dari tanaman ini adalah akarnya.

3. Sedum Morganianum

Sedum Morganianum

Jika Anda melihatnya secara singkat, Anda akan menganggap bahwa Sedum Morganianum memiliki bentuk seperti kaktus. Kenapa begitu? Ini karena daunnya menggandakan batang dan menjadi tempat untuk menghemat air. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari agar bisa optimal dalam pertumbuhannya.

Jika Anda menanam tanaman hias gantung ini, jangan menyiramnya terlalu sering. Penyiraman yang terlalu sering akan cepat membuat tanaman ini mati. Tanaman ini, yang memiliki nama lain, Grape Cactus, memiliki warna hijau netral, yang menjadikannya pelengkap bunga gantung berwarna-warni Anda.

4. Dyschidia Nummularia Variegeta

Dischidia Nummularia Variegeta

Tanaman hijau yang daunnya mirip dengan telinga ini sangat indah dan juga menarik. Ukurannya yang kecil membuatnya sangat kecil dan terlihat lucu. Tanaman ini dapat ditempatkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Pertumbuhan komuter membuat tanaman ini dipilih dengan sangat baik sebagai tanaman hias gantung.

Harga tanaman hias ini terjangkau, lho! Anda tidak perlu mengeringkan saku untuk mendapatkan bunga yang indah ini. Anda dapat membelinya di toko bunga terdekat atau membelinya secara online.

5. Charlie merangkak

Charlie merangkak

Charlie hias yang merayap datang dari negara Amerika Selatan. Karakteristik utama tanaman ini adalah sangat cepat dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Daun tanaman ini berbentuk mint yang menyebar.

Ya, tanaman ini tidak hanya cocok untuk digantung dengan digantung saja. Selain untuk menggantung, tanaman ini bisa digunakan untuk merangkak pagar dan dinding di rumah Anda.

6. Anggrek

 anggrek

Dapat dikatakan, bunga anggrek adalah bunga legendaris yang digunakan untuk sebagian besar orang yang menggantung tanaman hias. Anggrek memiliki berbagai jenis dan ada banyak kolektor yang menanamnya. Warna dan mekar yang indah bisa menjadikannya daya tarik tersendiri.

Meskipun anggrek memiliki spesifikasi khusus untuk merawatnya, seperti tidak terlalu sering terkena sinar matahari, tidak disiram terlalu sering dan harus memperhatikan pupuk, tetapi tanaman ini cocok untuk ditanam. Anda dapat menggantung tanaman cantik ini di berbagai sudut rumah Anda untuk mempercantik bagian rumah favorit Anda.

7. Hati Sirih Blaster

Sirih Blaster Hati

Sirih Blaster Heart atau biasa juga disebut Dutch Betel, adalah tanaman hias yang ditangguhkan yang tidak kalah populer dengan jenis tanaman lainnya. Spesies tanaman daun sirih memiliki bentuk daun seperti namanya, yaitu berbentuk hati. Dengan daunnya yang kecil hijau dan putih, tanaman ini adalah salah satu wanita pertama yang menyukai tanaman gantung.

Meskipun tanaman ini bukan tanaman yang menghasilkan bunga, penampilannya yang unik dan indah membuatnya tidak kalah menarik dari tanaman gantung lainnya. Jenis tanaman ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menunjukkan tanaman hias minimalis.

8. Tanaman air mata untuk anak-anak

Tanaman air mata untuk anak-anak

Tanaman yang memiliki makna seperti tanaman bayi yang menangis benar-benar unik. Disebut demikian karena bentuk daun dalam bentuk butiran kecil nampak rapuh seperti air mata. Warnanya hijau segar yang akan sangat bagus jika Anda menaruhnya di rumah.

Tanaman tangisan bayi ini sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang memungkinkannya terkena banyak sinar matahari. Dengan sedikit intensitas cahaya, Baby Tears Plant dapat berkembang dan juga indah. Anda bisa meletakkannya di berbagai sudut ruangan di rumah Anda.

9. Geranium

Bunga geranium

Siapa yang tidak kenal bunga cantik ini? Bunga yang dapat Anda temukan di mana saja di negara ini memiliki bunga yang sangat indah dalam berbagai warna. Warna geranium termasuk merah muda, ungu, biru, putih dan bahkan merah.

Geranium dapat tumbuh hingga 1,2 meter, yang menggantung mereka ketika ditanam dengan cara digantung. Bunga cantik ini memiliki nama lain, Bill Cranes.

10. Bulan yang cerah

Bulan yang cerah

Bunga yang terlihat seperti sekelompok bunga mini yang dikelompokkan memiliki mahkota bunga yang indah. Daula hijau muda segar yang sangat cocok dipadukan dengan warna bunga yang indah. Tanaman ini juga menjadi favorit kebanyakan orang. Ini karena bentuknya yang sangat mempesona.

11. Petunia Red Picotee

Picotee Petunia merah

Bunga yang sangat indah dengan kelopak besar seperti bunga kertas. Warnanya sangat jelas dan terlihat dari jauh kelopaknya tampak tipis. Di tengah-tengah bunga, ada jahitan halus yang membuat motif bunga ini sangat indah.

12. Anggur Black Eyed Susan (Thunbergia Alata)

Susan Vine Black-eyed (Thunbergia Alata)

Tanaman gantung ini memiliki proporsi daun dan bunga yang seimbang. Bunganya sangat indah dengan pusat hitam yang mengingatkan pada mata (mata hitam). Warna kelopak bunga termasuk bunga merah dan bahkan kekuningan.

Black Eyed Susan Vine sangat cocok untuk ditanam di pot gantung Anda. Ketika Anda menaruhnya di rumah Anda, rumah Anda akan didekorasi seperti taman bunga yang manis. Mendapatkan bunga ini memiliki harga yang cukup bagus, tetapi itu sebanding dengan bunga-bunga indah yang akan Anda dapatkan.

13. Cherry Tomat

Tomat ceri

Panen berikutnya bukan kategori normal tanaman hias, karena ada juga buah yang diproduksi. Tanaman ini umumnya pendek dengan tomat ceri yang tumbuh seperti ceri. Anda bisa menjadikannya tanaman yang digantung di pot di langit-langit rumah Anda.

Tanaman yang memiliki nama latin Solanium Lycopersicum Var ini sangat unik dan juga indah. Anda akan merasa puas ketika melihat tanaman ini menghasilkan buah yang cukup. Meskipun Anda dapat menikmati hasilnya, rumah Anda akan menjadi lebih indah dengan tomat ceri ini. Hal lain yang membuatnya unggul adalah jenis tanaman ini mudah tumbuh.

14. Lili Paris

Lili Paris

Bunga bakung dari Paris atau nama lain yaitu Spider Plant juga cocok untuk Anda pilih sebagai tanaman gantung di rumah. Tanaman Latin ini disebut Chlorophytum Comosum tumbuh dengan menyebar dan jatuh. Daunnya memiliki gaya khas yang membuat siapa saja yang terlihat bahagia.

15. Verbana

 Verbana

Tanaman hias ini memiliki beragam warna dalam pot. Tentu saja, warna-warna yang dihasilkan akan memukau mata Anda. Tanaman yang memiliki nama Latin yang sama dengan nama aslinya juga cocok untuk ditanam di pot gantung.

Jika Anda ingin mempertahankan sistem ini, Anda harus menginstalnya di teras rumah Anda. Kenapa begitu? Karena tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Meski begitu, upaya yang akan Anda lakukan untuk menyembuhkan tanaman ini akan sebanding dengan keindahan bunga ketika mereka mekar nanti.

16. Pansi

 pansy

Apakah Anda ingin bunga ditangguhkan segera tetapi Anda tidak bisa menunggu proses pertumbuhan? jangan khawatir karena bunga ini adalah jenis tanaman yang mampu berkembang biak dengan cepat. Ada berbagai warna bunga yang terjadi pada tanaman, mulai dari kuning, ungu, putih, kuning dan sebagainya.

Pansy memiliki nama latin Viola Tricolor Var. Hortensis, yang menjadi favorit banyak pecinta tanaman hias gantung. Jika Anda memiliki bunga-bunga ini di rumah Anda, Anda yakin bahwa Anda tidak akan bosan melihat bunga yang tumbuh cepat ini.

17. Lobelia

 Lobelia

Selain Pansi, Lobelia juga memiliki fitur khusus yang mampu tumbuh dengan cepat. Bunga lobelia tumbuh sangat lebat dan akan sangat cocok jika ditanam menggantung. Ini karena ketika ditempatkan di pot gantung, Lobelia akan tumbuh di sekitar pot sehingga tidak ada bagian pot yang terlihat.

Bunga ini menjadi favorit karena selain kecil, padat dan juga memiliki penampilan bunga yang indah, bunga ini juga cukup terjangkau dari segi harga. Konon, Lobelia adalah pilihan terbaik untuk menggantung tanaman hias di rumah.

18. Puncak gunung

Puncak gunung

Paku atau tanaman gunung dengan nama Latin Nephrolopis Exaltata juga disebut pakis Boston. Tanaman pakis Boston ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam dengan cara digantung, lho! Tanaman ini memiliki warna hijau segar dan tegas yang tumbuh hingga ke dasar pot.

Anda mungkin senang karena menanam Gunung Paku relatif mudah dan tidak perlu terlalu rumit aturan untuk menanamnya. Anda dapat menempatkan tanaman ini di berbagai tempat yang Anda pikir tepat di rumah Anda.

19. Dianthus

 Dianthus

Jenis bunga terakhir yang cocok untuk tanaman gantung adalah Dianthus. Bunganya sangat indah dan sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembatas, tanah hias dan sebagainya. Selain manfaat ini, Dianthus juga sangat cocok untuk ditanam dengan pot gantung yang kemudian diletakkan di berbagai sudut rumah untuk mempercantik rumah Anda.

Setidaknya ada lebih dari 250 varietas Dianthus ini untuk dipilih. Bunga ini akan mekar sempurna di musim panas. Warna dan bentuk kelopak bunga benar-benar unik, yang membuatnya sulit bagi orang untuk pergi ketika mereka telah memutuskan untuk menanam bunga ini.

Manfaat tanaman gantung perlu Anda ketahui

Memiliki tanaman gantung pasti ada di sana karena manfaat yang akan Anda dapatkan. Jadi apa keuntungan dari tanaman yang ditangguhkan ini? manfaatnya dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Hiasi rumah Anda

Hiasi rumah Anda

Tanaman gantung yang ada akan menghiasi rumah Anda dengan sempurna. Desain rumah Anda tidak cukup untuk hidup tanpa kehadiran berbagai tanaman. Dengan tanaman gantung ini, rumah Anda seperti singgasana yang indah dengan dekorasi bunga.

Bunga gantung umumnya memiliki bentuk dan warna yang indah. Ada berbagai warna seperti pink, merah, putih, ungu, kuning dan sebagainya. Kombinasi banyak warna pada bunga akan membuat rumah Anda sangat indah dan feminin.

2. Dapat membuat pendingin udara

Itu bisa membuat udara lebih segar

Anda semua tahu bahwa tanaman selalu memiliki fungsi ini. Ia mampu menyaring polusi udara yang bisa membuat kita terengah-engah. Selain itu, tanaman di siang hari menghasilkan oksigen dan juga menyerap karbon dioksida sebagai bahan bakar untuk memasak makanan. Dengan cara ini, udara kotor akan secara otomatis diserap dan diganti dengan oksigen yang menyegarkan.

Meskipun biasanya tidak ada banyak tanaman gantung, alangkah baiknya untuk tidak meremehkan ini. Sejumlah pabrik yang ada sudah cukup untuk mengurangi risiko buruk yang disebabkan oleh udara kotor. Anda dapat menghindari potensi sesak napas, batuk dan radang tenggorokan karena polusi udara.

3. Atasi stres dan depresi

Atasi stres dan depresi

Menyaksikan tanaman menggantung di rumah akan menenangkan pikiran. Menghirup dan merawat bunga yang harum bisa menjadi antistress yang kuat. Ada juga penelitian yang mengklaim bahwa bermain dengan daun tanaman hanya selama dua menit dapat mengurangi tingkat stres.

Tidak hanya stres, stres berkepanjangan atau depresi juga bisa disembuhkan dengan melihat tanaman cantik ini. Dengan melihat dan menyentuhnya secara teratur, ia akan dapat memberikan motivasi dan harapan kepada orang-orang yang depresi yang sering kehilangan gairah hidup.

4. Mereka membuat Anda tidur lebih nyenyak

Itu membuat Anda tidur lebih nyenyak

Benar-benar? Apakah tanaman tidak menyerap oksigen di malam hari? Untuk beberapa tanaman, faktanya masih melakukan fotosintesis pada malam hari sehingga masih menyerap Co2 dan mengubahnya menjadi O2. Selain itu, ada banyak tanaman gantung yang mampu memberikan aroma halus sehingga Anda bisa menciptakan aroma terapi saat tidur.

Dengan kondisi kamar yang nyaman dan ditemani oleh bunga harum yang lembut, Anda akan memastikan tidur yang lebih nyenyak. Merasa tenang dan hangat Anda juga bisa mendapatkannya dengan melihat bunga yang tergantung, terutama jika Anda meletakkan tanaman gantung ini di dekat kamar Anda.

5. Membunuh bakteri

Bunuh bakteri

Tahukah Anda bahwa tanaman gantung juga dapat membunuh bakteri? Jika sudah begini, fungsinya akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Tanaman gantung yang dapat membunuh bakteri adalah spesies kayu putih karena merupakan jenis tanaman dengan antiseptik alami.

Ketika Anda terserang flu, yang disebabkan oleh bakteri, cobalah mencium aroma tanaman Anda. Tidak diragukan lagi, pengaruh Anda akan segera berkurang. Tidak hanya flu, sakit kepala bisa diatasi dengan menghirup kayu putih ini.

Tempat untuk menggantung tanaman

Benar, tanaman ini hang tinggi. Jadi, di bagian mana dari rumah harus diletakkan tanaman yang ditangguhkan ini? Ada beberapa tips di mana menempatkan tanaman ini, yang meliputi yang berikut:

1. Di teras rumah

Di teras rumah

Tempat ini adalah tempat paling umum untuk menggantung tanaman. Biasanya, tanaman digantung di kayu yang ditemukan di atap. Tampak luar, bagian depan rumah akan terlihat lebih indah dan terlihat segar dengan tanaman menggantung. Yang perlu Anda ingat, Anda harus meletakkan tanaman ini di tempat teduh, ya!

2. Di ruang tamu

Di ruang tamu

Tempat selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan tanaman hias gantung ini adalah di ruang tamu. Anda bisa meletakkannya di dekat jendela sehingga bisa dengan mudah mendapatkan sumber cahaya matahari di pagi hari. Selain itu, meletakkannya di jendela akan membuat jendela Anda menjadi bingkai tanaman hias yang indah.

3. Di dalam ruangan

Di dalam kamar

Apakah Anda ingin meletakkannya di kamar? Tentu Anda bisa! Sama seperti di ruang tamu, akan lebih tepat jika Anda meletakkannya di dekat jendela kamar Anda. Di pagi hari, Anda dapat membuka jendela kamar Anda sehingga tanaman gantung dapat berfotosintesis dengan sempurna.

4. Di dapur

Di dapur

Menempatkannya di dapur juga bisa menjadi ide yang bagus. Dengan menaruhnya di dapur, dapur Anda akan terlihat lebih segar dan dapat membuat Anda bersemangat memasak. Letakkan di tempat yang aman dan agak jauh dari kompor, takut Anda akan membenturkan kepala saat memasak, hihihi.

5. Di belakang rumah

Di belakang rumah

Bagi Anda yang memiliki halaman, Anda juga bisa melengkapinya dengan menggantung tanaman hias. Ini selanjutnya akan menghidupkan halaman yang biasanya digunakan orang untuk bersantai.

Jika dilihat, nyatanya hampir semua bagian rumah cocok untuk menanam tanaman hias gantung. Anda juga dapat memilih tempat yang Anda inginkan, jika diinginkan. Bahkan jika Anda ingin meletakkannya di rumah yang tidak memungkinkannya terkena cahaya, itu tidak masalah, selama Anda ingin membawanya dengan hati-hati ke sumber cahaya Anda di rumah pada siang hari.

Tips menanam tanaman hias gantung

Ada beberapa tips atau trik bagi Anda yang berniat memiliki tanaman hias di rumah. Dengan mengikuti tips ini, Anda tentu diharapkan dapat mencegah kesalahan atau kemungkinan kebocoran yang bisa ditimbulkan. Beberapa tips atau trik termasuk:

1. Kenali jenis-jenis tanaman yang akan ditanam

Identifikasi jenis tanaman yang akan ditanam

Anda perlu memahami bagaimana karakter dan jenis tanaman hias gantung Anda. Meskipun pada kenyataannya semua tanaman dapat dibuat dalam mode "tersuspensi", tetapi setiap tanaman memiliki karakteristik dan karakteristiknya sendiri yang harus sesuai dengan konsep tanaman tersuspensi.

Lebih baik jika Anda memilih tanaman yang akarnya tidak seluas semak. Ini karena jenis akar seperti itu dapat merusak bejana gantung. Jelas Anda tidak ingin hal buruk ini terjadi.

Untuk membuat tanaman gantung Anda optimal, kami sarankan menanam tanaman yang dapat tumbuh sepanjang tahun, subur, mudah beradaptasi. Contoh tanaman ini adalah bunga lili Paris dan fuchsia.

2. Tentukan wadah yang sesuai untuk jenis tanaman

Tentukan wadah yang sesuai untuk jenis implan

Pot atau wadah adalah sesuatu yang tidak boleh Anda anggap remeh ketika Anda berkomitmen untuk membuat tanaman gantung di rumah. Jika Anda mengabaikannya, itu akan berdampak pada keindahan bunga dan fisiknya.

Pot yang bisa Anda gunakan untuk menggantung tanaman hias adalah pot yang terbuat dari plastik, kain, tanah liat. Untuk pot plastik bagi Anda yang ingin simpel dan praktis. Untuk wadah yang mampu mempertahankan kelembaban, Anda dapat memilih pot tanah liat.

3. Perhatikan tali yang ditangguhkan

Perhatikan tali gantung

Tanaman Anda nantinya akan digantung di atap rumah Anda, jadi Anda tidak akan kehilangan tali untuk menggantungnya. Anda harus memperhatikan hal ini karena jika Anda memilih tali yang salah, pot Anda bisa jatuh dan putus karena tali tidak dapat menahan.

Anda harus memilih tali yang kuat dan dapat menahan beban pada tanaman hias gantung Anda. Anda harus menghindari membuat tali atau kawat gantung sendiri, karena dalam hal estetika kurang dan dalam hal keselamatan tidak mungkin untuk memastikan keamanannya. Alih-alih mengambil risiko, Anda harus membelinya.

4. Lakukan perawatan rutin

Lakukan perawatan rutin

Seperti menanam tanaman biasa, bahkan tanaman gantung tidak boleh luput dari perhatian. Anda harus rajin merawat dan memperhatikan kondisi tanaman Anda. Dengan cara ini, tanaman Anda akan lebih tahan dan tentunya tidak akan mudah terserang penyakit tanaman.

Anda harus menyirami tanaman Anda sekali sehari. Anda juga harus menggunakan sprayer dan menyemprotkannya pada daun agar bunga dan daun tetap indah dan segar. Jangan lupa juga menyediakan pupuk agar kita bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

Diskusi kami selesai kali ini tentang tanaman gantung yang perlu Anda ketahui dengan baik. Sekarang, Anda mengerti, tidak, tanaman hias mana yang Anda inginkan dan cocok untuk Anda. Apa pun pilihan Anda, itu adalah pilihan yang tepat karena semuanya sangat indah dan juga cantik.

5 tanaman gantung (karakteristik dan jenis)

Demikianlah info tentang 5 Tanaman Gantung (Ciri-ciri dan jenis). Semoga info ini dapat memberikan pengetahuan berfikir anda tentang 5 Tanaman Gantung (Ciri-ciri dan jenis).

Leave a Reply