45 Contoh Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional)

45 Contoh Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional)

45 Contoh Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional) –

Gambar-gambar terbaru rumah-rumah Bali (tradisional) – Konsep rumah tradisional dapat menjadi salah satu inspirasi Anda dalam menciptakan rumah modern dengan tetap mempertahankan tampilan tradisional. Beberapa contoh berikut dari proyek terbaru rumah-rumah Bali Anda dapat mencoba menerapkannya tidak hanya pada rumah kuno tetapi juga rumah modern.

Rata-rata, rumah-rumah Bali yang ada telah disesuaikan dengan konsep rumah modern. Rumah Anda akan terlihat unik dengan kombinasi keduanya.

1. Rumah transparan di Bali

Rumah transparan bali

Meski pada dasarnya rumah Bali terlihat eksotis dengan kayu yang menutupinya, tetapi tidak ada salahnya menambahkan elemen transparan dengan menambahkan kaca ke rumah. Meski transparan, tetap terlihat khas dengan atap khas Bali.

2. Rumah Bali dengan patung

Rumah bali dengan patung

Ciri khas Bali identik dengan patung para dewi dalam kepercayaan mereka. Jika Anda menginginkan rumah Bali yang rimbun dengan corak Hindu, Anda dapat menambahkan elemen desain patung di dalam rumah seperti contoh desain rumah Bali di atas.

3. Rumah Bali dengan gerbang

Rumah bali dengan gerbang

Selain arca, orang Bali Hindu juga identik dengan pintu atau angkul-angkul. Untuk ini elemen gerbang juga bisa menjadi salah satu bagian yang ditemukan dalam desain rumah Bali yang Anda inginkan. Bagian dari gerbang menjadi pintu masuk menuju rumah Anda.

4. Rumah Jembatan Bali Gapura

Gerbang Bali Gapura House

Penggunaan jembatan yang hanya digunakan untuk menghubungkan jalan menuju rumah Anda yang mungkin memiliki parit yang bisa Anda hias dengan gerbang khas Bali. Rumah Anda akan terlihat unik dan menarik dengan penambahan gerbang.

5. Gapura Batu Rumah Bali (Angkul-Angkul)

Gapura Batu Rumah Bali (Angkul-Angkul)

Selain gerbang yang dibangun dengan bahan beton, Anda juga bisa menggunakan batu atau gerbang angkul-angkul untuk desain rumah Bali yang akan Anda bangun. Angkul-angkul adalah bagian yang menunjukkan pintu masuk rumah orang Bali.
Gerbang atau angkul dapat dikombinasikan dengan gerbang besi yang menunjukkan perpaduan yang menarik antara konsep modern, tradisional dan antar budaya.

6. Pintu masuk seperti kuil

Pintu masuknya seperti sebuah kuil

Kuil ini benar-benar salah satu budaya Buddha dan Hindu yang menarik dan unik. Konsepnya bisa menjadi inspirasi Anda saat membangun rumah. Keberadaan gerbang yang mengingatkan akan pintu masuk ke kuil adalah salah satu elemen yang bisa Anda masuki.

7. Bagian penyelamatan rumah

Bagian penyelamatan rumah

Belum lepas dari unsur candi, relief-relief yang merupakan bagian dari gambar yang berasal dari dinding juga bisa menjadi elemen yang Anda tambahkan untuk mendapatkan kesan rumah khas Bali. Bagian yang terangkat dapat berupa manusia atau hanya mengukir tanaman seperti biasa.

8. Rumah Bali dengan atap berlapis

Rumah bali dengan atap berlapis

Jika Anda memperhatikan pembangunan masjid atau kuil di Cina atau Jepang, ada karakteristik yang ditemukan dalam bangunan, yaitu bentuk atapnya. Bentuk atap yang bisa Anda padukan dengan desain rumah Bali Anda.

9. Atap melengkung di Jineng atau Klumpu

Atap melengkung di atas Jineng atau Klumpu

Keunikan rumah Bali bisa dicapai dengan membuat atap rumah melengkung seperti atap dalam desain di atas. Bagian rumah Bali itu disebut Jineng atau Klumpu, yang merupakan tempat menyimpan beras atau bahan pokok.

10. Bagian Paweregen pada rumah-rumah Bali

Bagian Paweregen dari Rumah Bali

Pawaregen atau juga disebut Paon adalah bagian dari rumah tradisional Bali yang digunakan untuk memasak atau sebagai bagian dari dapur di rumah biasa. Ada dua bagian untuk rumah ini, bagian untuk memasak dan bagian untuk meletakkan peralatan dapur.

11. Orange Bali House

Bali Orange House

Warna oranye di rumah Bali akan meningkatkan elemen khas rumah. Tentu saja warna oranye yang digunakan adalah oranye gelap. Warnanya akan dipadukan dengan warna atap cokelat dan lantai putih.

12. Karakteristik tiang Bali khusus

Karakteristik tiang Bali

Anda dapat menghadirkan fitur khas rumah Bali ke dalam desain rumah Anda. Salah satunya adalah seperti gambar di foto di atas yang menekankan penggunaan tiang di rumah-rumah Bali seperti yang sering kita lihat.

13. Bale Tiang Sanga Rumah Bali

Bale Tiang Sanga Rumah Bali

Seperti namanya, bagian ini memiliki total 9 pilar yang mendukung bangunan. Bagian ini digunakan sebagai kamar untuk menerima tamu atau kamar untuk remaja yang juga disebut Bale Dauh atau Bale Loji.

14. Ada kelambu di variasi Bale Dauh

Ada kelambu di variasi Bale Dauh

Selain lantai rumah yang lebih tinggi dari halaman, rumah di Bali juga memiliki fitur lain yang kadang-kadang terlihat di rumah-rumah tradisional Bali, yaitu adanya kelambu putih yang dipasang di tengah ruangan. .

Bagian dari ruangan yang memiliki kelambu putih bernama Bale Dauh, yang merupakan kamar tidur untuk remaja atau bisa juga digunakan sebagai kamar untuk menerima tamu. Jumlah tiang penyangga di Bale Dauh berbeda satu sama lain.

15. Penggunaan atap jerami

Menggunakan atap jerami

Desain rumah tradisional Bali lainnya ditemukan di atap yang masih menggunakan jerami. Contoh desain rumah desa Bali adalah keberadaan angkul-angkul yang menunjukkan pintu masuk rumah oranye di atas.

16. Bale Gede Rumah Bali

Bale Gede Rumah Bali

Bagian berikutnya dari rumah Bali adalah Bale Gede, yang merupakan tempat untuk upacara tradisional. Tempat ini memiliki 12 tiang dan juga memiliki lantai yang lebih tinggi dari Bale Manten.

17. Elemen rumah tradisional Bale Manten

Elemen Rumah Tradisional Bale Manten

Bagian penting dari rumah tradisional Bali adalah Bale Manten, yang merupakan ruangan yang digunakan oleh kepala keluarga atau gadis-gadis keluarga. Gadis itu adalah salah satu anggota keluarga yang paling dihormati dalam tradisi Bali.

Bale Manten yang sama adalah bangunan persegi di sisi kanan dan kiri ada bal untuk kamar.

18. Bale Sekapat di rumah tradisional Bali

Bale Sekapat di rumah tradisional Bali

Bal Sekapat di rumah tradisional Bali adalah bagian dari rumah yang digunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Di rumah modern fungsinya sama dengan ruang keluarga.

19. Variasi bale

Variasi dalam bale

Bale Sekapat juga dapat mengalami variasi seperti pada foto di atas. Ciri khas Bale Sekapat adalah ada empat pilar di ruangan itu. Kamar ini menggambarkan keharmonisan dan kehangatan keluarga.

20. Variasi di rumah-rumah Bali

Variasi rumah Bali

Rumah Bali di atas telah mengalami sedikit variasi yang menyesuaikan dengan zaman tetapi tidak meninggalkan unsur tradisional rumah Bali itu sendiri.

21. Kuil untuk keluarga

Kuil untuk keluarga

Kebanyakan orang Hindu Bali biasanya beribadah di kuil, termasuk kuil untuk keluarga yang ditemukan di rumah tradisional mereka. Di bagian candi ini biasanya ada persembahan yang digunakan selama ibadah.

22. Rumah Adat Aling-Aling Bali

Rumah Adat Aling-Aling Bali

Jika Anda menemukan bagian dari rumah tradisional Bali yang berbentuk seperti pembatas, maka Anda telah memasuki bagian alang aling. Aling-aling adalah bagian dari rumah orang Bali yang bertindak sebagai penghalang antara angkul-angkul dan ruang utama.

23. Rumah kuno Bali

Rumah kuno Bali

Contoh desain rumah di desa tradisional Bali bisa dalam bentuk ini. Dengan atap rumah yang masih terbuat dari tanaman dan juga penggunaan kayu sebagai bahan utama untuk pembangunan rumah. Mungkin rumah seperti ini jarang ditemukan.

24. Variasi yang jelas

Variasi buta

Rumah tradisional Bali masih tradisional dan kuno karena belum menggunakan tembikar di lantai dan masih menggunakan atap jerami.

25. Rumah-rumah Bali yang luas

Rumah Bali yang luas

Gambar di atas adalah contoh rumah Bali yang luas dengan beberapa kamar tradisional yang dijelaskan di atas. Ruang-ruang ini memiliki fungsi masing-masing dan berbeda satu sama lain.

26. Tinggi lantai berbeda

Ketinggian lantai yang berbeda

Antara kamar atau tarian yang satu dengan yang lain memiliki ketinggian lantai yang berbeda. Selain itu kita juga bisa dengan jelas melihat perbedaan jumlah kutub di setiap kamar.

27. Rumah semi-modern Bali

Rumah semi modern Bali

Rumah-rumah Bali juga mengalami perkembangan dalam hal desain. Sebuah desain yang ada saat ini adalah desain semi modern yang menunjukkan elemen tradisional dengan kombinasi beberapa elemen modern.

28. Halaman pintu masuk rumah orang Bali

Halaman masuk ke rumah orang Bali

Halaman pintu masuk rumah tradisional Bali memiliki penampilan yang khas. Keberadaan patung-patung batu Hindu akan menyambut setiap tamu yang datang. Juga, biasanya di rumah tradisional Bali akan ada tanaman kamboja yang identik dengan orang Bali.

29. Kamar tradisional Bali yang tebal

Kamar tradisional Bali yang tebal

Memang, rumah tradisional Bali mungkin tidak sama dengan rumah tradisional di daerah lain. Kamar-kamar di setiap arah rumah Bali menggambarkan kostum tebal dan juga elemen agama atau kepercayaan yang berakar di Bali.

30. Rumah-rumah Bali modern dengan kaca

Rumah Bali modern dengan kaca

Kemajuan teknologi di bidang arsitektur dan bangunan berarti bahwa rumah-rumah tradisional Bali pun terdistorsi. Salah satunya adalah contoh desain rumah Bali modern yang sudah menggunakan kaca dalam konstruksinya.

31. Contoh gambar rumah modern berlantai dua di Bali

Contoh desain rumah Bali modern berlantai dua

Fitur-fitur Bali masih ditunjukkan oleh desain rumah Bali yang digambarkan di atas. Kita bisa melihat lubang-lubang di dinding dan keberadaan tanaman kamboja di depan rumah yang menunjukkan ciri khas Bali di dalam rumah.

32. Rumah mewah Bali modern

Rumah mewah Bali modern

Mungkin gaya ini diciptakan oleh banyak orang di Bali, terutama bagi mereka yang ingin membangun rumah bergaya modern atau juga karena rumah-rumah tradisional Bali memiliki tanah yang luas, sehingga dengan alasan sempit untuk membangun rumah-rumah tradisional itu sangat sulit.

33. Contoh rumah-rumah batu alam Bali modern

Contoh rumah batu alam Bali modern

Keunikan Bali dengan batu-batu yang digunakan sebagai bahan pahatan dan juga gerbang yang dapat Anda letakkan di rumah modern Anda. Dengan cara ini, ciri khas rumah Bali masih di rumah modern yang sedang Anda bangun.

34. Rumah-rumah Bali modern dengan partisi

Rumah Bali modern dengan partisi

Rintangan yang terletak pada desain rumah ini adalah bagaimana memisahkan dua rumah, tetapi sebenarnya menyatukan dua kamar. Batu bata yang digunakan dalam desain rumah ini masih mempertahankan bentuk aslinya tanpa diberi acian.

35. Rumah mewah Bali modern

Rumah mewah Bali modern

Kemewahan desain rumah ini adalah desain bangunan besar dan megah. Meskipun desainnya sangat modern dengan kemewahan yang bisa dilihat dengan jumlah lantai di rumah, masih ada unsur Bali yang merupakan gazebo atau bal di rumah Bali.

36. Rumah klasik Bali

Rumah klasik Bali

Keindahan pantai yang dimiliki Bali akan merasakan suasana rumah jika Anda menerapkan contoh desain rumah Bali klasik di atas. Sebagian besar rumah menggunakan kayu dan ada jalan setapak yang menggunakan batu.

37. Rumah Bali Hotel

Bali House Hotel

Selain desain tradisional yang masih disimpan oleh orang Bali di rumah mereka, ada juga banyak desain modern dan berkelas di rumah-rumah Bali. Salah satunya adalah desain rumah yang mengingatkan kita pada hotel Bali yang terasa sangat Bali dalam setelan modern.

38. Rumah Bali sederhana dan modern

Rumah Bali modern sederhana

Kesederhanaan desain rumah yang menakjubkan ini akan mengingatkan Anda akan pantai-pantai indah di Bali. Terutama karena nuansa udara Bali segar yang ditampilkan dari rumah yang Anda lihat di atas. Rumah Bali dengan pilar-pilar khasnya masih terlihat dalam desain unik ini.

39. Desain besar rumah semi tradisional Bali

Rumah Semi Desain Tradisional Bali Besar

Siapa sangka pemandangan rumah Bali ini dengan penampilan mewah dari luar dan ukurannya yang besar, ternyata di dalamnya mempertahankan bangunan rumah dengan suasana tradisional. . Bedanya, rumah Bali kali ini lebih besar dari biasanya.

40. Nuansa Bali di rumah dua lantai

Bali terasa di rumah berlantai dua

Menikmati momen relaksasi di rumah sangat menyenangkan jika rumah di mana ia memiliki suasana yang indah dan nyaman. Bali, yang terkenal dengan pantai kelapa yang sejuk, akan terasa dalam desain rumah modern Bali ini.

Juga ada pohon kelapa di halaman pintu masuk yang akan menyambut Anda ketika Anda tiba di rumah. Selain itu, desain rumah ini menunjukkan keindahannya ketika di malam hari dengan perpaduan lampu dan lubang yang elegan.

41. Unsur Bali dari desain rumah modern

Desain Elemen Bali untuk rumah modern

Anda juga dapat mencoba desain rumah Bali ini. Kombinasi rumah-rumah modern yang menerima ornamen Bali seperti patung, kuil kecil dan bahkan bagian lantai yang memiliki simbol Hindu.

42. Bale Sekapat Modern

Bale Sekapat Modern

Kesan modern tidak hanya dapat ditampilkan di rumah utama, tetapi juga dapat diposisikan di Bale Sekapat yang digunakan untuk menyambut tamu. Tidak lagi menggunakan ukiran atau relief kayu, tetapi sudah menggunakan beton, hanya bentuknya yang menyerupai bal.

43. Rumah semi-modern Bali dengan kolam renang

Rumah semi-modern Bali dengan kolam renang

Rumah tradisional Bali dalam desain ini masih terlihat dengan keberadaan angkul-angkul sebagai pintu masuk rumah dan juga kolam yang terletak di belakang angkul-angkul. Namun desain arsitektur rumah ini telah mengalami perkembangan dalam bentuk yang lebih modern.

44. Rumah mini modern Bali

Rumah Modern Mini Bali

Rumah mini ini terinspirasi oleh tarian di rumah tradisional Bali. Selain itu, atap rumah juga terinspirasi oleh atap rumah Bali di kandang untuk penyimpanan makanan yang memiliki bentuk atap melengkung.

45. Rumah Bali dengan batu alam dan kolam renang

Rumah Bali dengan batu alam dan kolam renang

Perkembangan proyek arsitektur menyebabkan munculnya proyek baru termasuk contoh proyek rumah di Bali. Rumah Bali modern ini memiliki desain unik dengan memadukan kesederhanaan rumah kayu dengan kolam renang kecil dan area relaksasi.

Anda bisa melihat betapa nyamannya rumah ini jika dilihat dari luar. Sederhana, tetapi membawa perasaan relaksasi dan relaksasi.
Beberapa contoh desain rumah Bali di atas mungkin bisa menjadi ilustrasi bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan inspirasi rumah tradisional Bali yang sangat khas.

Contoh desain rumah Bali baru-baru ini (tradisional)

Demikianlah informasi tentang 45 Contoh Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional). Semoga info ini dapat memberikan wawasan berfikir kita tentang 45 Contoh Desain Rumah Bali Terbaru (Tradisional).

Leave a Reply