Tata Cara Tayamum yang Benar dan Sesuai dengan Sunnah Rasullullah

Tata Cara Tayamum yang Benar dan Sesuai dengan Sunnah Rasullullah

Tata Cara Tayamum yang Benar dan Sesuai dengan Sunnah Rasullullah –

Metode Tayamum – Bagi sebagian orang, mungkin istilah tayamum bukan lagi hal yang aneh untuk didengarkan dan dipraktikkan dengan cara yang benar. Namun, bagi sebagian yang lain mungkin masih merasa bingung dengan istilah Tayamum. Tayamum diartikan sebagai Al Qosdu (القَصْدُ) yang berarti makna.

Sedangkan dalam hal Shari's, ini adalah penyembahan kepada Tuhan dalam bentuk menyeka wajah dan tangan menggunakan id sho bersih. Sho id di sini berarti bahwa semua permukaan di bumi yang dapat digunakan untuk penyamakan, baik ditemukan di tanah di atas atau tidak.

Secara umum, tayamum biasanya dilakukan ketika suatu daerah mengalami kekeringan atau kekurangan air. Karena tidak mungkin jika Anda mencuci dengan air, pada akhirnya lakukan tayamum. Sebagai Muslim, kita harus mengerti bagaimana prosedur tayamum.

Sehingga suatu hari jika terjadi sesuatu yang tidak bisa dimurnikan menggunakan air, maka kita bisa langsung melakukan tayam dan kemudian melakukan adorasi.

Prosedur untuk Tayamum

tata cara tayamum
sepadaku.org

Tayamum adalah Syariah dalam Islam berdasarkan proposal Alquran, seperti Sunnah dan juga Ijma, yang dilakukan oleh umat Islam.

وإن كنتم مرضى و على سفر أو جاء أحد منكم من الغائط أو لامستم النساء فلم تجدو ال

"Dan jika Anda sakit atau datang atau kembali dari suatu tempat untuk buang air besar atau berhubungan seks dengan seorang wanita, maka Anda tidak mendapatkan air, jadi mengandalkan permukaan bumi yang baik (bersih), sapu muka dan tangan dengan bumi. ". (Surah Al Maidah) [5] : 6).

Lebih jauh, ada juga argumen As Sunnah, khususnya dari perkataan nabi Muhammad SAW yang diucapkan oleh teman-teman Hudzaiful Ibnul Yaman r.a.

وَجُعِلَتْ تُرْبَتُهَا لَنَا طَهُورًا إِذَا لَمْ نَجِدِ الْمَاءَ

"Dibuat untuk kita (nabi Muhammad sollallahu" alaihi sallam) permukaan bumi seperti kamu / sesuatu yang digunakan untuk penyucian (tayammum) jika kita tidak menemukan air ".

Media yang digunakan untuk Tayamum

media yang digunakan untuk tayamum
tarbiyahpedia.blogspot.co.id

Sarana yang bisa digunakan untuk peletakan adalah seluruh permukaan bumi yang bersih dalam bentuk pasir, batu, tanah berair, basah atau kering. Ini berdasarkan pada tambahan dari Nabi Muhammad sallallaahu & # 39; alaihi adalah sallam dari para sahabat Hudzaifah Ibnul Yaman rodhiyallahu & # 39; anhu di atas dan khususnya,

جُعِلَتِ الأَرْضُ كُلُّهَا لِى وَلأُمَّتِى مَسْجِداً وَطَهُوراً

"Seluruh bumi (permukaan, pent.) Diciptakan untukku (nabi sallallaahu & # 39; alaihi adalah sallam) dan umatku sebagai tempat sujud dan sesuatu yang digunakan untuk penyucian".

Keadaan yang menyebabkan pemurnian dengan Tayamum

keadaan yang menyebabkan pemurnian
moeslem.xyz

Shaykh Dr. Sholeh bin Fauzan Al Fauzan hafidzahullah mengatakan bahwa ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang menyucikan diri dengan tayamum, termasuk:

  • Jika tidak ada air dalam keadaan safar atau selama perjalanan atau tidak selama perjalanan.
  • Ada air (dalam jumlah terbatas) bersama dengan kebutuhan lain yang lebih membutuhkannya, seperti minum dan memasak.
  • C adalah ketakutan bahwa jika penjernihan air benar-benar dapat membahayakan tubuh atau pulih dari penyakit.
  • Ketidakmampuan untuk menggunakan air untuk wudhu karena sakit dan tidak dapat bergerak untuk mengambil air wudhu dan tidak adanya orang yang dapat membantu melakukan wudhu bersama untuk keprihatinan tentang akhir waktu shalat.
  • Khawatir tentang kedinginan jika dicuci dengan air dan ketidakhadirannya dapat memanaskan air.

Prosedur untuk Tayamum

Prosedur untuk Tayamum
diditsuprianto.wordpress.com

Prosedur tayamum menurut nabi Muhammad sollallahu "alayhi adalah sallam yang dijelaskan dalam tambahan" Ammar bin Yasir rodhiyallahu "anhu,

بعثنى رسول الله – صلى الله عليه وسلم – فى حاجة فأجنبت, فلم أجد الماء, فتمرغت فى الصعيد كما تمرغ الدابة, فذكرت ذلك للنبى – صلى الله عليه وسلم – فقال "إنما كان يكفيك أن تصنع هكذا». فضرب بكفه ضربة على الأرض ثم نفضها, ثم مسح بها ظهر كفه بشماله, أو ظهر شماله بكفه, ثم مسح بهماه

Rasulullah sallallaahu "alaihi sallam mengutus saya untuk suatu tujuan, maka saya mengalami juniper dan tidak menemukan air. Jadi saya berguling-guling di tanah ketika hewan-hewan berguling-guling di tanah. Kemudian saya mengatakan ini kepada Nabi (saw). Kemudian dia berkata, "Tentunya Anda sudah cukup melakukannya dengan cara ini."

Ketika dia memukul telapak tangannya di permukaan bumi, sebuah pukulan kemudian membuatnya meledak. Kemudian ia menggosok bagian belakang telapak tangan (kanan) dengan tangan kiri dan menggosok bagian belakang telapak tangan (kiri) dengan tangan kanannya, kemudian menggosok wajahnya dengan kedua tangan.

Dan dalam salah satu narasi disebutkan oleh Lafadz dari Bukhori

وَمَسَحَ وَجْهَهُ وَكَفَّيْهِ وَاحِدَةً

"Dan dia menggosok wajahnya dan kedua telapak tangannya dengan satu pukulan."

Berdasarkan Hadis di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa prosedur nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

  • Tekan kedua tangan di tanah dengan satu pukulan lalu pukulan pada mereka.
  • Kemudian sapukan punggung telapak tangan kanan Anda menggunakan tangan kiri dan sebaliknya.
  • Lalu usap wajah dengan kedua tangan.
  • Semua sifat baik saat menggosok telapak tangan dan wajah dilakukan dengan satu pukulan.
  • Bagian tangan yang digosok adalah bagian dari telapak tangan hanya di pergelangan tangan atau dengan kata lain tidak di siku seperti saat melakukan wudhu.
  • Tayamum dapat menghilangkan hadast besar seperti janabah, serta hadast kecil.
  • Tidak ada kewajiban untuk memesan atau memesan di tayamum.

Hal-hal yang membatalkan Tayamum

hal-hal yang membatalkan tayamum
www.istiqna.com

Dalam praktiknya cara tayamo, hal-hal yang bisa membatalkan tayamo adalah hal yang sama yang bisa membatalkan wudhu. Namun, ada alasan tambahan lain yang dapat membatalkan tayamum, termasuk:

  • Penemuan air untuk orang yang kita cintai karena kekurangan atau tidak adanya air.
  • Kemampuan menggunakan air untuk orang yang memiliki tayamum disebabkan oleh ketidakmampuan untuk menggunakan air atau sakit.

Mengikuti ini adalah Hadits Nabi Muhammad SAW dari Abu Sai id Al Khudri r.a yang menjelaskannya.

خرج رجلان في سفر, فحضرت الصلاة – وليس معهما ماء – فتيمما صعيدا طيبا, فصليا, ثم وجدا الماء في الوقت, فأعاد أحدهما الصلاة والوضوء, ولم يعد الآخر, ثم أتيا رسول الله صلى الله عليه وسلم فذكرا ذلك له, فقال للذي لم يعد: Yang terbaru

Dua pria keluar untuk safar. Kemudian tibalah waktu sholat dan tidak ada air di sekitar mereka. Kemudian keduanya berdoa dengan permukaan tanah suci dan keduanya berdoa. Setelah mereka berdua menemukan air sementara masih ada waktu untuk sholat yang telah mereka lakukan sebelumnya. Kemudian salah satu dari mereka melakukan wudhu dan mengulangi shalat, sementara yang lain tidak mengulangi shalat.

Keduanya kemudian bertemu dengan nabi sallallaahu & # 39; alaihi adalah sallam dan memberi tahu mereka apa yang telah mereka hidupi. Kemudian sallallaahu "Alayhi diberitahu kepada Sallam kepada orang-orang yang tidak mengulangi doanya," Apa yang Anda lakukan adalah sesuai dengan Sunnah dan Anda menerima pahala dari shalat Anda ". Dia mengatakan doa berulang kali," Untuk kalian berdua pahala ".

Di bawah ini adalah juga hadits Nabi Muhammad, diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a.

الصعيد وضوء المسلم, وإن لم يجد الماء عشر سنين.فإذا وجد الماء فليتق الله وليمسه بشرته

"Seluruh permukaan bumi (tayamum) adalah wudhu bagi semua Muslim jika belum menemukan air selama sepuluh tahun (secara kiasan bukan batasan angka), jika memiliki ditemukan biarkan dia takut kepada Allah dan menggunakannya sebagai alat untuk penyucian ".

Sunnah di Tayamum

Sunnah di Tayamum
parararam.com

Berikut adalah beberapa hal yang digunakan dalam eksekusi tayamum:

  • Semua yang dimusnahkan dalam wudhu dimusnahkan juga dalam tayam. Di antaranya adalah pembacaan Basmalah ketika tayamum dimulai, ia mulai menyapu dari atas wajah, meletakkan tangan kanan terlebih dahulu ketika menggosoknya. Ucapkan doa tasyahud setelah tayam dan berdoa dengan doa setelah wudu.
  • Regangkan jari-jari Anda saat Anda menyentuhnya di tanah. Ini bertujuan untuk meratakan bedak dan meratakannya secara merata dengan satu sentuhan. Begitu pula saat menggosok telapak tangan.
  • Encerkan bedak dengan mengocok kedua telapak tangan atau kaleng dengan meniupnya.

Kebijaksanaan untuk eksekusi Tayamum

kebijaksanaan tayamum
parararam.com

Kebijaksanaan dan tujuan shari a tayamum-nya adalah untuk memurnikan kita sehingga kita bisa bersyukur dengan syari'ah yang ada dan sama sekali tidak merasa berat untuk melakukannya, seperti akhir dari firman Tuhan dalam Surat Al Maidah menuju 6, yaitu,

Lebih lanjut tentang lebih dari satu tahun lagi

"Allah tidak ingin mengganggu Anda, tetapi ingin memurnikan Anda dan menyempurnakan berkah Anda untuk Anda, jadi Anda akan berterima kasih." (Sura Al Maidah: 6).

Abul Faroj Ibnul Jauziy rohimahullah mengatakan ada empat penafsiran oleh komentator yang mendukung apa yang Allah SWT maksudkan dalam ayat tersebut,

  • Yang pertama adalah kenikmatan pengampunan atas dosa-dosa kita.
  • Yang kedua adalah bantuan dalam bentuk panduan menuju keimanan, kesempurnaan agama, inilah pendapat Ibn Zaid rohimahullah.
  • Yang ketiga adalah bantuan dalam bentuk bantuan untuk melakukan pemurnian yang dilakukan tayamo, adalah pendapat Maqotil dan Sulaiman.
  • Yang keempat adalah bantuan dalam bentuk penjelasan syariah, itu adalah pendapat beberapa komentator.

Ini adalah penjelasan terperinci tentang Tayamum, yang berlangsung dari awal hingga akhir. Mulai dari prosedur tayamum, hal-hal yang bisa membatalkan tayamum, hal-hal yang mengharuskan Anda melakukan tayamum, sunnah di tayamum dan sebagainya.

Baca juga: Shalat Sunnah Rawatib | Pengertian, niat dan prioritas

Karena umat Islam harus mengetahui tayamum, karena meskipun Indonesia adalah negara dengan perairan yang melimpah, tidak perlu untuk mengecualikan tayamum. Sebagai contoh, ketika kita melakukan perjalanan yang panjang dan kita berada di tengah hutan, sulit untuk mendapatkan air, berada di pesawat dan dalam keadaan lain.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan bisa menjadi referensi untuk mengetahuinya dengan mengenal Tayamum.

Demikianlah info mengenai Tata Cara Tayamum yang Benar dan Sesuai dengan Sunnah Rasullullah. Semoga info ini bisa meningkatkan pengetahuan berfikir anda tentang Tata Cara Tayamum yang Benar dan Sesuai dengan Sunnah Rasullullah.

Leave a Reply