Kumpulan Doa Nabi Musa Lengkap beserta Maknanya

Kumpulan Doa Nabi Musa Lengkap beserta Maknanya

Kumpulan Doa Nabi Musa Lengkap beserta Maknanya –

Ambil kebiasaan hidup dalam doa Nabi Musa dan rasakan manfaatnya

Pernahkah Anda dalam posisi yang membuat Anda gugup dan tidak aman? Ya, ini biasanya terjadi terutama ketika Anda pergi wawancara bekerja, maju ke depan untuk menyajikan sesuatu atau berbicara di depan banyak orang.

Kegugupan yang muncul dalam diri manusia adalah hal yang sangat alami dan umum. Apalagi jika Anda tidak terbiasa tampil di depan umum, maka timbul rasa kepastian yang akan membuat Anda tegang. Sekarang, kegugupan yang Anda miliki ini dapat menghancurkan segalanya.

Apalagi jika tidak dipersiapkan secara menyeluruh. Jadi dalam sekejap apa yang Anda tampilkan akan hilang. Jadi apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perasaan gugup, cemas dan tegang ini? salah satu caranya adalah dengan membaca doa nabi Musa.

Islam diajarkan ketika melakukan sesuatu yang harus didahului dengan doa. Tujuannya adalah agar kita selalu dilindungi oleh Tuhan dan difasilitasi dalam kinerja setiap kegiatan. Nah, bagi Anda yang ingin tahu doa Musa, kali ini kita akan membahas doa ini secara lengkap.

Musa adalah salah satu nabi yang diutus oleh Tuhan ke bumi ini dengan tujuan menyebarkan agama Tuhan.Ada banyak hal yang bisa dipelajari manusia dari sejarah nabi Musa. ini dimulai dengan doa untuk menemukan teman dalam doa untuk memudahkan urusan-urusan duniawi.

Bahkan doa yang diajarkan oleh Musa sangat mudah diingat, karena bahkan lafadznya sangat pendek. Anda harus tahu bahwa nabi Musa adalah putra nabi Imran dan merupakan keturunan dari nabi Yaqub yang merupakan saudara lelaki dari nabi Harun.

Karena alasan ini, teks nabi Musa adalah Musa bin Imran bin Qahits bin "Azir bin lawa bin Yaqub. Musa sendiri adalah seorang nabi yang diutus oleh Tuhan kepada orang-orang Yahudi. Pada saat itu nabi Musa diutus pada masa pemerintahan Firaun di Mesir.

Kisah perjalanan Musa menjadi kisah paling terkenal di dunia, bahkan umat Muslim sekalipun. Beberapa agama lain seperti Kristen, Yudaisme, juga meyakini sejarah nabi Musa. Adapun kisah itu sendiri lebih didominasi oleh perjalanan nabi Musa dalam perjuangan melawan firaun dan orang-orang Yahudi yang disebut Bani Israel.

Sebagai seorang nabi, Musa memiliki mukjizat yang berbeda dari para nabi lainnya. Tidak hanya mukjizat yang dimiliki oleh nabi Musa, tetapi juga doa nabi Musa sangat mustajab. Berikut ini adalah beberapa doa Musa yang dapat Anda praktikkan.

Dalam doa Musa isinya adalah permintaan kepada Tuhan agar lebih mudah dalam menangani semua hal. Doa ini mudah dihafalkan. Doa yang sama dinyatakan dalam ayat 25-28 dari Sura Thaha.

Suara doa ini adalah sebagai berikut:

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي
وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي
وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي
يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohli Shodrii (25) wayassirlii amrii (26) wahlul "uqdatam mi lisaani (27) yafqohu qouli (28).

Doa ini memiliki arti sebagai berikut:

Ya rabbku, melebarkan dadaku untukku (25)

Dan memudahkan bisnis saya (26)

Dan itu membebaskan kekakuan dari lidah saya (27)

Sehingga mereka bisa mengerti kata-kata saya (28)

Bagaimana? Apakah doa Musa tidak memiliki makna yang sangat indah? Tidak hanya maknanya yang indah, tetapi manfaat dari membaca doa Nabi Musa juga sangat besar. Meskipun doa ini sangat singkat, tetapi ada banyak keuntungan yang akan dirasakan jika praktik sholat ini dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengatasi masalah baik besar maupun kecil.

Manfaat membaca doa Nabi Musa

manfaat membaca doa Nabi Musa
Manfaat membaca doa Nabi Musa

Doa ini memiliki banyak manfaat ketika dipraktikkan. Jika dilihat sesuai dengan maknanya, doa ini berisi permintaan kepada Allah SWT untuk difasilitasi dalam berbagai urusan. Artinya, nabi Musa baru saja meminta pertolongan kepada Tuhan dalam menghadapi kesulitan.

Jadi jangan biarkan umat manusia meminta zat lain selain Tuhan. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mempraktikkan doa Musa, antara lain, adalah sebagai berikut:

  • Fasilitasi dan batalkan semua kesulitan

Keuntungan pertama dari mempraktikkan doa ini adalah bahwa Anda akan dipermudah dalam menghadapi semua kesulitan dan tekanan yang terjadi.

  • Temukan cara untuk menyelesaikan masalah

Ketika Anda menghadapi masalah, mempraktikkan doa ini akan mudah bagi Anda untuk menghadapi semua masalah ini. Tuhan akan memberikan solusi untuk setiap masalah yang Anda hadapi. Ini pasti akan terjadi jika Anda memintanya dengan serius.

Keuntungan lain dari mempraktikkan doa Musa adalah bahwa hatinya akan tegang. Sehingga ketika Anda mengatakan sesuatu yang baik di depan umum itu akan lebih mudah. Kegugupan yang muncul dengan sendirinya akan digantikan oleh stabilitas.

  • Heart of Talk oleh Melting Opponent

Ketika Anda membaca doa ini untuk berbicara kepada orang lain, manfaat yang akan Anda dapatkan adalah bahwa Allah akan mempermudah Anda. Kemudahan dari apa yang akan Anda dengar, kemudahan berbicara.

Bahkan jika Anda berbicara dengan lawan yang memiliki pengetahuan lebih tinggi. dalam hal ini Anda akan dibuat lebih mudah di mana Anda akan lebih aman dan Anda bisa meluluhkan hati orang lain. Misalnya, misalnya, Anda akan melakukan tesis tesis atau wawancara kerja.

Di sini Anda tentu sangat gugup karena Anda harus berbicara di depan orang yang lebih kompeten. Namun, ketika Anda membaca doa ini, penguji akan merasa terkejut dengan apa yang Anda katakan. Tentunya ini akan terjadi jika Anda mengucapkan doa ini dengan serius dan dengan tujuan yang benar.

  • Tambahkan kepercayaan

Ketika Ana harus berbicara di depan umum, jelas ini membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi. misalnya, ketika pidato diberikan, pidato, demonstrasi diadakan atau sesuatu disajikan. Dalam hal ini jika seseorang tidak percaya, orang itu tidak akan bisa melakukannya.

Karena itu, dengan mempraktikkan doa Musa, tingkat kepercayaan Anda akan meningkat. Bahwa pada awalnya Anda merasa cemas dan ragu akan digantikan oleh perasaan percaya dan percaya diri. Dengan cara ini Anda dapat menyelesaikan bisnis Anda dengan benar tanpa hambatan.

Cara menghayati doa nabi Musa

bagaimana cara mempraktekkan doa nabi Musa
Cara menghayati doa nabi Musa

Jadi bagaimana saya mempraktikkan doa ini? Biasanya doa ini dibaca ketika orang berada dalam kondisi apa? Bagi Anda yang ingin tahu tentang bagaimana melakukan doa ini, kami merujuk pada informasi lengkap di bawah ini.

  • Fasilitasi semua urusan yang sedang terjadi

Saat Anda menghadapi semua jenis kegiatan, bacalah doa ini. Anda dapat melafalkan doa ini setelah melakukan doa Fardhu atau selama doa Hajat. Lakukan dan baca tentang doa ini sampai Anda menemukan titik terang dari semua masalah yang mereka hadapi.

  • Untuk meluluhkan hati lawan

Jika Anda bermaksud membuat presentasi atau berpidato di depan umum, bacalah doa ini sebelum mengakhiri kegiatan Anda. Tujuannya adalah untuk mempermudah mengucapkan kalimat agar tidak menghindari kalimat yang tidak perlu.

Tidak hanya itu, dengan membaca doa ini, kepercayaan diri Anda juga akan meningkat. Karena Tuhan akan selalu bersama Ana ketika Anda berada di depan umum. Di sisi lain, doa Musa juga dapat dibaca agar sang suami dapat mendengar dan kata-kata istrinya atau sebaliknya. Inti dari doa ini akan memudahkan Anda menghadapi semua masalah.

Misteri kisah di balik doa nabi Musa

misteri sejarah di balik doa nabi Musa
Misteri kisah di balik doa nabi Musa

Nabi Musa adalah salah satu nabi yang dikirim oleh Allah kepada orang-orang Yahudi atau lebih dikenal sebagai anak-anak Israel. Ketika Musa dikirim, Mesir berada di bawah otoritas Raja Firaun pada waktu itu. Raja Firaun adalah seorang raja yang memiliki sifat yang sangat Dholim terhadap rakyatnya yang adalah orang Yahudi. Bahkan, Allah juga berfirman dalam ayat 24 Surat At Thaha.

اذْهَبْ إِلَىٰ فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَىٰ

Artinya: "Pergilah ke firaun, pasti dia telah melampaui batas" (A Taha: 24)

Dari ayat ini sudah menunjukkan bahwa raja Firaun adalah raja Mesir yang memiliki sifat yang sangat dholim. Memang, dari ayat tersebut disebutkan meskipun Firaun telah melampaui batas ketidakpercayaannya dan menyebabkan berbagai jenis kerusakan.

Dalam kenyataannya, ia juga telah menjadi Dewa yang harus disembah oleh semua umatnya. Tidak hanya itu, Firaun juga telah membuat kerusakan di bumi di mana-mana. Di mana ia telah menindas yang lemah, bahkan berjalan di bumi ini dengan rasa arogansi dan kesombongan.

Firaun juga menyebut dirinya dewa yang harus dan layak disembah. Namun, karena sifat dholim ini, firaun tidak segera dihukum oleh Tuhan, melainkan ia diberi peringatan oleh utusan Musa untuk memberikan peringatan kepada firaun.

Tugas ini, tentu saja, bagi Musa adalah tugas yang sulit. Karena Firaun adalah penguasa besar dan memiliki kekuatan besar. selain itu Musa diutus untuk memperingatkan firaun, yang adalah seorang pembangkang.

Sebagai raja, Firaun menjadi raja yang sangat ditakuti oleh bangsanya. Tidak ada yang berani menantang semua perintah Firaun. Inilah yang menambah beban yang harus ditanggung oleh Nabi Musa.

Namun, di sini Musa tidak sendirian dalam berurusan dengan Firaun. Dia dibantu oleh saudaranya, sangat pandai melakukan tugas ini. nama saudaranya adalah Harun. Suatu hari, nabi Musa memiliki seorang wanita pengadilan untuk pergi ke firaun untuk memperingati dia.

Tujuannya sama, yaitu untuk membuat Firaun mengerti bahwa apa yang dia lakukan salah dan memintanya untuk bertobat kepada Tuhan. Ketika dia menghadapi firaun, Musa berdoa kepada Tuhan untuk berdoa agar apa yang dia katakan kepada firaun diterima.

Bahkan, ada banyak risiko yang bisa terjadi pada Musa kapan saja, salah satunya adalah risiko terbunuh. Namun, dengan keberanian dan tekad, nabi Musa melanjutkan untuk melaksanakan perintah-perintah Allah SWT. Nabi Musa yakin bahwa ia akan dilindungi dan diselamatkan oleh Allah jika ia mendapati dirinya dalam situasi yang berbahaya.

Arti dari doa Musa

arti dari doa nabi Musa
Arti dari doa Musa

Untuk lebih memahami tentang doa Musa, kali ini kita akan membahas arti dari doa ini. menurut Syekh, seperti yang dikatakan Sahdi Rahimatullah dalam komentarnya,

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي

Artinya: Ya Rabbku, perlebar dadaku untukku

Arti dari ayat ini adalah permintaan dari Allah untuk membuka hatinya dan meminta Allah untuk menjaga semua perkataan dan perbuatannya. Sehingga tidak sakit dan penuh dengan hal-hal yang tidak berjalan dengan baik.

Juga, jangan biarkan hati kita mengecil dan meminta instruksi dari Allah SWT. Allah SWT pernah memberi tahu nabi Muhammad.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِن حَََََََََََََُْْْن

وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚۚ

Artinya: Karena itu, berkat rahmat Allah Anda berbaik hati kepada mereka. jika Anda keras dan tangguh, mereka akan menjauh dari lingkungan Anda. (Sura Ali Imron: 159)

Dari ayat ini, itu berarti bahwa semua orang yang mendengarkan da mereka dapat menerima wah itu sementara orang mendengarkan dengan sikap terbuka dan juga baik.

وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

Artinya: dan membuatnya mudah bagi saya untuk mengurus diri sendiri

Dalam ayat ini memiliki makna petisi sehingga mudah untuk berurusan dengan semua masalah dan gaya hidup untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT. Tidak hanya itu, ayat ini juga merupakan permintaan untuk membuat semua kesulitan yang dihadapi mudah.

Makna menjadi mudah oleh semua hal berarti bentuk kenyamanan di berbagai pintu kehidupan. Adapun beberapa kenyamanan ini seperti kemudahan dalam mentransmisikan segala sesuatu kepada orang lain. seperti saat berkhotbah sehingga khotbahnya bisa diterima.

Tujuannya sendiri sangat bagus sehingga apa yang kita katakan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Sehingga pembicara dan pendengar akan tetap baik-baik saja.

وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: dan lepaskan kekakuan saya dari lidah saya, sehingga mereka mengerti kata-kata saya.

Dikatakan bahwa nabi Musa sebenarnya memiliki kecacatan yang terjadi akibat kecelakaan yang menimpanya saat kecil. Kecacatan ini adalah perasaan kekakuan pada lidah nabi Musa.

Ini terjadi karena pada zaman nabi Musa memakan pohon ara. Namun, atas karunia Allah, ia diselamatkan oleh pengawasan Firaun yang ingin membunuhnya.

Bahasa nabi Musa yang keras membuat kata-kata yang diucapkannya sulit dipahami orang lain. karena ketika kata-kata yang diucapkan oleh nabi Musa sulit untuk didengar.

Ini juga sesuai dengan interpretasi para ahli yang mengutip sebagai Firman Tuhan dalam QS. Al Qhashshash: 34

وَأَخِي هَارُونُ هُوَ أَفْصَحُ مِنِّي لِسَانًا فَأَرْسِلْهُ مَعِيَ رِدْءًا يُصَدِّقُنِي ۖ إِنً َََُُُُُُذَِّذَِّذَِّذَِّذَِّذَِّذَِّذَِّذِّ

yang berarti, Dan saudaraku Harun, lebih fasih daripada lidahnya daripada aku (Sura Al Qhashshas: 34)

Dengan kekurangan yang dimiliki oleh nabi Musa, nabi Musa meminta bantuan Tuhan agar ia dapat menghilangkan kekakuan yang ada di lidahnya. Sehingga ketika nabi Musa memperingati firaun, firaun bisa mengerti apa yang ia sampaikan.

Sungguh, Allah adalah substansi yang berbelaskasih dan memaafkan semua yang diberikan hamba-hamba kepadanya. Untuk alasan ini, kita diminta untuk selalu berdoa dan memohon kepada Tuhan agar apa yang kita inginkan dapat tercapai.

Tuhan mendengarkan segala sesuatu, yang berarti bahwa tidak ada doa yang ditawarkan oleh hamba-Nya yang tidak didengarkan oleh Tuhan.Setiap doa yang dipersembahkan kepada Allah selalu menawarkan manfaat dan pasti akan dijamin. Jika tidak diberikan, itu akan digantikan oleh sesuatu yang lebih baik.

Karena apa yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Tuhan.Tidak mungkin bagi seorang hamba yang mengangkat tangannya dan bertanya kepada Tuhan dengan sedih dan tangan kosongnya tidak dikabulkan.

Karena itu, ketika Anda berada di titik putus asa, minta Tuhan untuk menerima cara yang jelas untuk menangani setiap masalah yang terjadi. Nabi Muhammad S.A.W juga mengatakan:

إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيَُُُُُُُُُُُُُِِْْ َُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُُ file

Artinya: Tentunya tabboka rabb Rabb Anda adalah yang paling pemalu dan paling mulia. Dia malu dengan pelayannya, jika pelayan mengangkat tangannya, maka kedua tangannya kembali kosong.

Doa lain dari nabi Musa

doa nabi Musa yang lain
liputan6.com

قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya: Ya Tuhanku, sebenarnya aku telah dianiaya karena ini memaafkanku. Karena itu Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah adalah pengampunan, yang paling penyayang. (Surah Al-Qashshash: 16)

فَسَقَىٰ لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّىٰ إِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فََِِ

Artinya: Ya, Tuhanku, sebenarnya aku benar-benar membutuhkan sesuatu yang baik yang kamu utus kepadaku (Sura Al Qashshash: 24)

  • Doa untuk menghindari fitnah

فَقَالُوا عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya: kami menaruh kepercayaan pada Allah! Ya Tuhan kami, jangan membuat kami memfitnah orang-orang yang melampaui batas dan menyelamatkan kami dengan belas kasihan Anda dari orang-orang yang tidak beriman (QS. Yunus: 85-86)

وَلَمَّا تَوَجَّهَ تِلْقَاءَ مَدْيَنَ قَالَ عَسَىٰ رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ

فَخَرَجَ مِنْهَا خَائِفًا يَتَرَقَّبُ ۖ قَالَ رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Artinya: Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari para pelanggar itu, dan ketika dia menghadapi jurusan-jurusan Negeri Madyan, berdoalah (lagi): semoga Tuhanku akan membawaku ke jalan yang benar. (Surat Al-Qashasash: 21-22)

Baca juga: Koleksi lengkap doa dan kisah yang menyertai nabi Sulaiman

Dengan mempraktekkan doa Musa yang telah dijelaskan di atas, maka kita semua akan dimudahkan dalam berbagai hal. Karena alasan ini, mulailah dari sekarang untuk membiasakan diri melakukan doa ini.

Demikianlah informasi tentang Kumpulan Doa Nabi Musa Lengkap beserta Maknanya. Semoga info ini mampu memberikan cakrawala berfikir kamu tentang Kumpulan Doa Nabi Musa Lengkap beserta Maknanya.

Leave a Reply