Kode Bank Muamalat (Produk, Cara Menabung dan Meminjam)

Kode Bank Muamalat (Produk, Cara Menabung dan Meminjam)

Kode Bank Muamalat (Produk, Cara Menabung dan Meminjam) –

Kode Bank Muamalat – Bank komersial pertama yang menerapkan sistem Syariah di Indonesia adalah bank Muamalat. Bank ini didirikan pada 1 November 1991, didirikan oleh pemerintah Indonesia dan oleh Majelis Ulama Indonesia (Majelis Ulama Indonesia), yang mulai beroperasi pada tahun 1992. Bank ini mendapat dukungan dari para wirausahawan, cendekiawan Muslim, dan masyarakat pada umumnya. Informasi lebih rinci sebagai berikut.

Perkembangan bank ini ditunjukkan ketika pada tahun 1994 dinobatkan sebagai bank sentral.

Kode Bank Muamalat

Kode Bank Muamalat

Dikenal sebagai kode transfer bank, yang digunakan sebagai identitas masing-masing bank saat melakukan transaksi pengiriman uang antar bank melalui ATM. Kode untuk mentransfer uang dari ATM Bersama atau dari ATM bank lain yang ditujukan ke rekening bank independen adalah 147. Kode ini membantu pelanggan tidak mendapatkan alamat yang salah ketika mereka bertransaksi dengan bank lain.

Penulisan kode bank muamalat menggabungkan kode bank muamalat umum dengan nomor rekening. Misalnya.

Nomor akun: 30017071997

Format penulisan: 14730017071997

Nomor tersebut adalah nomor rekening tujuan saat Anda transfer ke bank Muamalat.

Produk Bank Muamalat

Produk Bank Muamalat

1. Produk penggalangan dana

a. Tabungan Arafat

Penghematan khusus untuk pelanggan yang ingin membangun haji. Bantu klien merencanakan ziarah mereka berdasarkan waktu dan keterampilan yang diinginkan. Setoran yang diberikan adalah nilai tetap setiap bulan. Dana dikelola sesuai dengan prinsip Syariah untuk memberikan keamanan internal dan eksternal.

Struktur lainnya adalah asuransi jiwa yang akan menjamin pelaksanaan ziarah. Jika penabung mati, ahli waris akan pergi. Selanjutnya, tabungan ini juga menjamin pelanggan untuk mendapatkan bagian dari keberangkatan yang diatur oleh ketentuan Kementerian Agama dengan total dana sebesar Rp. 20.000.000, karena PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk telah online dengan sekretariat Kementerian Agama Indonesia.

b. Ummah kamu simpan

Menggunakan will mudharobah di konter PT. Abnk Muamalat Indonesia. Tabungan ini disertai dengan kartu Muamalat yang berfungsi sebagai akses debit ke semua merchant kartu debit PRIMA / BCA di Indonesia. Pelanggan mendapatkan bagi hasil yang berasal dari pendapatan bank dari dana tersebut.

c. Deposito Mudharabah

Investasi yang ditujukan untuk pelanggan korporat atau individu menggunakan prinsip bagi hasil yang menarik. Setoran dana dikelola melalui pembiayaan di sektor riil, yang bagus dan halal, sehingga juga memberikan bagi hasil halal. Durasi 1,3,6 dan 12 bulan.

d. Depo setoran penuh

Investasi khusus untuk pelanggan individu yang menggunakan periode 6 dan 12 bulan dengan nilai nominal Rp. 2 juta atau USD 500. Fasilitas asuransi jiwa dapat diperpanjang dan diperpanjang secara otomatis sebagai jaminan untuk pembiayaan dan sebagai referensi untuk PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.

e. Wadi ah Giro

Ditujukan untuk pelanggan korporat dan pribadi untuk mendukung kegiatan komersial. Fasilitas lain termasuk kartu debit dan debit, penarikan tunai di 8.888 ATM BCA / PRIMA dan ATM gabungan gratis.

f. Dana Pensiun Muamalat

Ini bisa diikuti oleh klien yang setidaknya berusia 18 atau sudah menikah, pilihan usia pensiun adalah 45-46 tahun. Dana yang akan dibayarkan nyaman, yaitu bernilai Rp. 20.000 per bulan. Pembayaran dapat didebit secara otomatis dari akun PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, atau dapat ditransfer dari bank lain.

Peserta dapat mengambil bagian dalam program Wills of Ummah, untuk tujuan perlindungan sementara menjadi peserta menggunakan asuransi jiwa dan premi dengan nilai yang ditentukan oleh bank. Keluarga peserta akan menerima dana pensiun yang sama dengan persetujuan awal bahkan jika peserta meninggal sebelum pensiun.

g. Share-e

Investasi syariah hemat instan yang menggabungkan kemudahan debit, ATM, dan perbankan pada kartu dan dapat diperoleh di kantor pos di Indonesia seharga Rp. 125.000.

Pelanggan akan menerima paket kartu e-share dengan saldo awal Rp. 100.000.

2. Mendanai produk investasi

a. Konsep jual beli

Mudharabah, pembelian dan penjualan barang sesuai dengan paragraf 29 QS Anissa, yaitu pembelian dan penjualan dengan laba sesuai kesepakatan, dan harga jual tidak dapat berubah selama periode & # 39; perjanjian.

  • Salam, berdasarkan QS Al-Baqarah ayat 282.
  • Istishna, yaitu pembelian dan penjualan yang melibatkan produsen untuk menghasilkan barang yang dipesan oleh pelanggan. Pesanan ditempatkan dengan fungsi khusus dengan pembayaran di awal, di tengah atau di akhir pesanan massal.

b. Konsep pembagian keuntungan

  • Musyarakah, berdasarkan ayat 24 dari QS Shaad
  • Mudharabah, kerjasama antara klien dan bank dan klien memiliki keahlian dalam manajemen bisnis, bank memberikan modal kepada manajer sehingga dikelola dengan baik.

c. Konsep sewa

  • Ijarah, kontrak leasing menguntungkan orang lain dengan membayar sesuatu, memiliki perjanjian dan ketentuan yang telah ditentukan.
  • Ijarah mutahiya bittamlik, sebuah sewa yang mengakhiri pengalihan kepemilikan properti oleh penyewa.

d. Produk layanan

  • Wakalah, yaitu delegasi, penyerahan atau pemberian mandat, yang ditafsirkan sebagai otoritas yang memberikan lembaga atau seseorang kepada pihak lain untuk menggunakan otoritas dan waktu tertentu.
  • Kafalah, mengalihkan tanggung jawab seseorang yang dijamin mengandalkan tanggung jawab orang lain sebagai penjamin sesuai dengan fondasi ayat 27 QS Yusuf.
  • Hawalah, pengalihan kredit dari orang yang berhutang kepada orang yang wajib menanggungnya.
  • Rahn memegang salah satu properti debitur sebagai jaminan atas pinjamannya.
  • Qardh, memberikan kepemilikan kepada orang lain yang mungkin diminta untuk kembali, berdasarkan ayat 11 dari QS Al-Hadiid.

Cara menabung di Bank Muamalat

Cara menabung di Bank Muamalat

Agar uang yang Anda simpan aman, yang harus Anda lakukan adalah menyimpannya di bank. Salah satu kelebihan menabung di bank bisa menjamin uang yang dihemat dengan jumlah besar. Setiap bank memiliki produk tabungan dengan peraturan tertentu. Demikian pula bank muamalat, berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpannya.

1. Buat akun tabungan

Sebelum menyimpan, Anda harus memiliki akun, di akun itu Anda akan mendapatkan nomor akun untuk identitas tabungan Anda. Nomor akan terus digunakan sampai transaksi dilakukan. Cara melakukannya sebagai berikut.

  • Menyiapkan peralatan administrasi yang ditentukan oleh bank, khususnya identifikasi sebagai kartu identitas, kartu siswa atau kartu SIM.
  • Berikan uang tunai untuk setoran awal, setoran yang sesuai untuk jenis tabungan yang dipilih
  • Datanglah ke bank terdekat untuk menyederhanakan prosesnya
  • Dapatkan nomor antrian, jadi jika sudah dipanggil, pergi dan beri tahu tujuan Anda. Biasanya pelanggan akan memberikan informasi yang diperlukan.
  • Pahami informasi dengan baik, kemudian lakukan apa yang diperintahkan. Biasanya Custemer akan memberikan buku tabungan, kartu ATM, dan PIN. Peraturan Bank Muamalat sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, untuk menghindari bahaya aus.

2. Menyimpan uang

Menggunakan rekening tabungan, Anda dapat menyimpan kapan saja bahkan dalam jumlah banyak. Begini caranya:

  • Pergi ke bank terdekat, sehingga Anda tidak tersesat terlalu jauh ketika Anda memiliki sesuatu yang Anda butuhkan
  • Ambil nomor antrian, lalu isi formulir yang disediakan, biasanya pada identitas Anda, nomor rekening dan uang nominal yang akan digabungkan. Minimum uang yang disimpan disesuaikan dengan jenis tabungan yang dipilih.
  • Kemudian tunggu nomor antrian untuk dipanggil, ketika dipanggil, datang ke mimbar dengan menyerahkan buku kecil, uang yang akan dibungkam dan formulir yang sudah diisi.
  • Dirajam akan memeriksa dua kali uang dan formulir yang Anda bawa, maka jumlah nominal akan ditulis dalam rekening tabungan. Apalagi dia memberikan bukti tabungan.

Cara meminjam uang di Bank Muamalat

Cara meminjam uang di Bank Muamalat

Setiap bank dapat meminjamkan uang kepada klien atau tidak, selama peminjam memenuhi persyaratan yang diusulkan oleh bank. Bank Muamalah juga memiliki syarat dan ketentuan untuk pinjaman bank dan pinjaman ini didasarkan pada prinsip syariah. Inilah cara meminjam uang.

1. Pilih jenis pinjaman

a. KPR iB Muamalat

Ini adalah produk keuangan untuk membantu Anda memiliki rumah, apartemen, apartemen, dan kondotel. Selain itu, ini juga dapat membantu renovasi, konstruksi dan pemindahan hipotek dari bank lain. Penggunaan dua opsi kontrak: mutanaqishah (kerja sama untuk disewakan) dan murabahah (pembelian dan penjualan).

Keuntungannya adalah sebagai berikut.

  • Angsuran tetap sesuai dengan perjanjian awal yang disertai dengan perjanjian murabahah
  • Jauh dari dipakai karena sesuai dengan prinsip syariah
  • Marginnya mencapai 9,5% dalam 2 tahun pertama dan kemudian mengikuti ketentuan yang berlaku.
  • Antisipasi hanya 10%
  • Periode pendanaan maksimum adalah 15 tahun
  • Plafon pembiayaan umumnya lebih tinggi
  • Berlaku untuk pelanggan lama dan baru
  • Ini dapat disajikan oleh pasangan yang sudah menikah, asalkan sumber pendapatan dari angsuran diakui bersama

Persyaratan untuk presentasi:

  • Pelanggan individu, dengan usia minimum 21 pada saat presentasi, sedangkan usia maksimum untuk karyawan adalah 55 tahun atau belum pensiun, sedangkan untuk pengusaha maksimal 60 tahun.
  • Status karyawan yang dapat mengajukan permintaan ini adalah karyawan tetap (mereka bekerja minimal 1 tahun), karyawan kontrak (mereka bekerja selama 2 tahun), untuk pengusaha dengan pengusaha profesional.
  • Tabungan Muamalat menawarkan layanan cicilan debet otomatis
  • Pinjaman ini ditanggung oleh asuransi jiwa
  • Pelamar harus melengkapi administrasi dalam bentuk:
  • Foto copy KK, KTP, akta nikah jika sudah menikah
  • Formulir aplikasi pendanaan untuk individu
  • Foto copy NPWP
  • Cek gaji asli untuk karyawan atau karyawan termasuk sertifikat pekerjaan
  • Foto copy IMB, sertifikat, PBB
  • Laporan keuangan, sedangkan untuk pengusaha dalam bentuk hubungan komersial

b. Pembiayaan multiguna IB Muamalat

Dalam bentuk produk yang membantu memenuhi kebutuhan barang dan jasa konsumen, seperti kepemilikan sepeda motor, renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan dan peralatan rumah.

Keuntungan:

  • Angsuran sesuai dengan perjanjian dan nilai tetap
  • Uang muka rendah
  • Hindari pemakaian karena prinsip syariah
  • Durasi maksimal pembiayaan 5 tahun
  • Plafon membutuhkan lebih banyak dana
  • Pembiayaan hingga Rp. 50.000.000 tidak menggunakan jaminan
  • Berlaku untuk pelanggan perbankan dan pelanggan baru Bank Muamalat
  • Proses sederhana, dari presentasi dan persetujuan.

persyaratan:

  • Penyelesaian administrasi dalam bentuk fotokopi KK, KTP, akta nikah, fotokopi KK, KTP, akta nikah jika menikah, permintaan dana untuk fotokopi masing-masing NPWP, termasuk sertifikat gaji asli dan sertifikat kepegawaian , fotokopi legalitas agunan dan surat rekomendasi dari sumber daya manusia.
  • Usia minimum 21 tahun
  • Usia maksimal 55 tahun atau tidak pensiun
  • Dalam 6 bulan terakhir BI mengunyah secara teratur
  • Status karyawan tetap
    1. Pembiayaan IB Muamalat Umroh

Ini adalah produk keuangan yang membantu membiayai Umrah dalam waktu dekat.

Keuntungannya, meminjam dalam jangka waktu 36 bulan, tidak ada persyaratan jaminan, membayar setoran minimal 30% dari paket umrah, angsuran dengan nilai tetap hingga pembayaran penuh, plafon mencapai Rp. 35.000.000 per pelanggan, berlaku untuk biaya pribadi atau keluarga.

Persyaratannya, menyelesaikan administrasi yang telah ditentukan, akun mutasi tabungan 3 bulan terakhir, menentukan biaya paket umrah dan tujuan perusahaan perjalanan.

c. Pembiayaan IB Muamalat

Ini adalah produk yang digunakan untuk memfasilitasi usia tua. Keuntungannya, prinsipnya sesuai dengan Syariah, membayar sedikit uang muka, batas maksimum Rp. 100.000.000, periode hingga 10 tahun. Persyaratannya hampir sama dengan yang lain, khususnya pelamar adalah pensiunan dengan usia maksimal 70 tahun.

2. Pinjaman

Pergi ke bank mualamat terdekat dengan persyaratan berdasarkan pilihan pinjaman Anda. Di bank mereka akan bertemu dengan penjaga keamanan dan diarahkan ke departemen kredit. Jelaskan tujuan dan kirimkan persyaratan. Bank perlu beberapa hari untuk memverifikasi persyaratan.

Bank akan menghubungi pengadu dan memberikan informasi tentang persetujuan aplikasi pinjaman, dalam kasus penolakan, kemudian meninjau file dan persyaratan yang disajikan.

Layanan di Bank Muamalat

Layanan di Bank Muamalat

1. ATM

Bantu pelanggan melakukan penarikan tunai bahkan dengan berbagai tujuan perbankan. Digunakan untuk penarikan tunai, cek saldo, tagihan telepon, pembayaran zakat, shadaqah, infaq, dan entri akuntansi antar rekening. Transaksi ATM biasanya menggunakan kode bank muamalat yang digabungkan dengan nomor rekening.

2. Salamuamalat

Layanan dalam bentuk layanan telepon 24 jam dapat menelepon (+6221) 251 1616, 0807 1 6826 2528 atau 0807 11 74273. Digunakan untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan dalam hal keseimbangan, produk, transfer akun, perubahan PIN dan informasi transaksi. Sehingga pelanggan dapat lebih mudah mengakses informasi secara langsung.

3. Pembayaran zakat, infaq, shadaqah.

Bantu pelanggan menyiapkan zakat, infaq, shadaqah yang dilayani oleh PT. Bank Muamalah Indonesia. Layanan ini memudahkan pelanggan untuk melakukan perbuatan baik dengan proses yang sesuai.

4. Layanan lainnya

Ini menyediakan layanan seperti pengumpulan, transfer bank, referensi bank, transfer dan instruksi permanen.

Bagikan properti Bank Muamalat

Bagikan properti Bank Muamalat

Bank Muamalat tidak sepenuhnya dimiliki oleh suatu pihak.

22% bank adalah Boubyan Bank, 32,74% oleh Islamic Development Bank, 17,91% oleh Atwil Holdings Limited, 3,48% oleh IDF Investment Foundation, untuk 8,45% dari National Bank of Kuwait, 2,84% dimiliki oleh BMF Holding Limited, 1,67% dimiliki oleh Dewi Monita, 1,67% dimiliki oleh Rheza Renaldi Syiful, 1,39% dimiliki oleh Apkindo -MPI Perkayuan Cooperative (KOPKAPINDO), 1,66% dimiliki oleh Andre Mirza Hartawan dan 6,19% dimiliki oleh pemegang saham lainnya.

Jaringan Bank Muamalat

Jaringan Bank Muamalat

Mengukur perkembangan bank dapat dilakukan dengan mengetahui jaringan bank. Pada 27 Syawal 1412 Hujriah, bank membuka pintunya untuk umum menggunakan layanan bank syariah. Keuntungan dari bank ini adalah memiliki jaringan real-time terbesar di Indonesia dan memiliki posisi murni pertama di bank Syariah.

Bank menyediakan layanan melalui 312 titik penjualan yang didistribusikan di 33 provinsi, 3.800 kantor pos online / SOPP di seluruh Indonesia. Bank ini juga membuka cabang di luar negeri, khususnya di Kuala Lumpur.

Manajemen Bank Mamalat

Manajemen Bank Mamalat

Perusahaan perbankan dapat berjalan dengan lancar karena ada manajemen yang profesional dan berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah garis manajemen bank syariah

Dewan Yayasan Syatiah

Presiden: KH. Ruf Amin

Anggota: Oni Sahroni, Sholahudin Al-Ayub, Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Ilham A. Habiebie

Komisaris: Iggi H. Achsien, Edy Setiadi, Abdusalam Mohammad Joher Al-Shaleh, Mohamed Hedi Mejai

Dewan Direksi

Direktur Utama: Achmad Kusna Permana

Direktur Keuangan: Hery Syafril

Direktur Kepatuhan: Andri Donny

Direktur Operasi: Awaldi

Direktur Komersial: Purnomo B. Soetadi

Gunakan layanan bank Indonesia untuk menyelesaikan masalah keuangan yang Anda hadapi. Jika Anda ingin menghindari keausan, Muamalat adalah pilihan yang tepat karena berbagai produk diimplementasikan menggunakan prinsip Syariah. Kami harap informasi ini dapat membantu Anda.

Kode Bank Muamalat (Produk, cara menyimpan dan meminjam)

Demikianlah informasi tentang Kode Bank Muamalat (Produk, Cara Menabung dan Meminjam). Semoga info ini dapat memberikan cakrawala berfikir kita tentang Kode Bank Muamalat (Produk, Cara Menabung dan Meminjam).

Leave a Reply