6 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui beserta Penjelasannya

6 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui beserta Penjelasannya

6 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui beserta Penjelasannya –

Sumber daya alam tidak terbarukan – Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di dalamnya. Planet Bumi dapat dikelompokkan menjadi dua bagian utama, yaitu daratan dan laut. Di setiap wilayah bumi ada berbagai makhluk hidup yang membentuk ekosistem di dalamnya.

Setiap ekosistem mengandung beragam sumber daya alam yang tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sumber daya alam ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam terbarukan dan sumber daya alam tidak terbarukan.

Tetapi sebelum membahas apa itu sumber daya alam tidak terbarukan, pertama-tama kami akan menjelaskan apa itu sumber daya alam terbarukan, berikut adalah 10 sumber daya alam terbarukan.

sinar matahari

sinar matahari
www.pemburuombak.com

Matahari adalah pusat galaksi Bima Sakti. Matahari memiliki jumlah cahaya yang tidak terbatas. Panas matahari sering digunakan untuk mengeringkan pakaian, sumber energi untuk menyalakan pemanas air dan bahkan digunakan sebagai pembangkit listrik.

Selain cahaya yang sangat tidak terbatas, sinar matahari juga menghormati lingkungan. Sinar matahari di pagi hari juga baik untuk kesehatan tulang

Angin

Angin
www.idntimes.com

Angin menggerakkan udara. Angin adalah sumber daya alam yang terbarukan. Energi angin digunakan oleh kehidupan manusia sebagai ladang angin, kincir angin dan bahkan sebagai alat untuk membantu irigasi.

Angin adalah salah satu kekayaan alam yang memiliki jumlah tak terbatas, sehingga angina dianggap sebagai kekuatan alam yang hebat dan sifatnya menghormati lingkungan.

air

l & # 39; air
abisyakir.wordpress.com

Alam menyediakan air dalam jumlah tak terbatas dan merupakan sumber daya alam yang terbarukan. Air adalah keharusan bagi kehidupan. Tanpa air kehidupan tidak akan terjadi dengan baik.

Baik untuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Selain konsumsi seperti kebutuhan mencuci dan air minum, jumlah air yang melimpah juga digunakan untuk produksi listrik.

Bumi

tanah

Sumber daya alam terbarukan berikutnya adalah bumi. Alam menawarkan hamparan tanah yang luas untuk kehidupan manusia dengan berbagai jenis tanah. Bumi juga merupakan sumber nutrisi bagi kehidupan tanaman. Tanah tersebut digunakan oleh petani sebagai tempat berkebun, pertanian dan sebagainya.

tumbuh-tumbuhan

tumbuh tumbuhan
pixabay.com

Jenis tanaman yang tak kalah berbeda disediakan oleh alam. Tumbuhan adalah salah satu sumber daya alam terbarukan. Tanaman juga memiliki beragam fungsi dan manfaat. Beberapa digunakan untuk mengambil daun sebagai makanan, yang lain diambil dari kayu, buah dan sebagainya.

Hewan darat

hewan darat

Yang disebut binatang darat adalah binatang yang hidup di bumi. Hewan-hewan darat itu sendiri sangat berbeda dalam bentuk dan jenisnya. Hewan darat adalah salah satu sumber protein utama bagi manusia.

Selain sebagai konsumsi, ada juga berbagai jenis hewan darat yang dapat membantu aktivitas manusia seperti sapi dan kerbau untuk membajak ladang, simpanse untuk mengambil kelapa dan sebagainya. Seperti makhluk lain, hewan darat juga dapat tumbuh dan bereproduksi untuk melestarikan keturunannya.

Ada yang bereproduksi dengan bertelur, ada yang bereproduksi dengan ras atau yang bereproduksi dengan bertelur sekaligus melahirkan. Dari jenis ini, hewan-hewan darat yang luas ini dapat dilestarikan, sehingga hewan-hewan darat dimasukkan sebagai sumber daya alam yang terbarukan.

Hewan air

hewan akuatik
Hewan air

Selain hewan darat, banyak jenis hewan lain juga hidup di air. Hewan yang hidup di air dibagi menjadi dua, yaitu hewan yang hidup di air tawar dan hewan yang hidup di air laut. Hewan air juga merupakan sumber protein untuk kebutuhan manusia.

Selain itu, berbagai jenis hewan air juga bertindak sebagai obat dan diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti hewan darat, hewan air juga dapat bereproduksi. Sehingga keberlanjutan keberagaman masih bisa dipertahankan. Oleh karena itu, hewan air dimasukkan sebagai sumber daya alam yang terbarukan.

Gelombang laut

gelombang laut

Bagi Anda yang telah mengunjungi pantai, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan ombak laut. Tahukah Anda bahwa gelombang laut adalah salah satu sumber daya alam yang terbarukan.

Gelombang laut adalah pergerakan air laut yang mengalir seperti pengaruh perbedaan angin dan tekanan air laut. Karena jumlah gelombang laut yang sangat besar, gelombang ini termasuk dalam kategori sumber daya alam terbarukan. Ombaknya juga digunakan sebagai mercusuar mercusuar yang memiliki tebing.

Air pasang untuk air laut

pasang
daur-ulang.web.id

Pasang surut adalah pergerakan naik dan turunnya permukaan laut. Pasang surut juga dapat digunakan sebagai sumber listrik. Namun, penggunaan ini belum banyak diterapkan di berbagai negara di dunia.

Metode ini dapat digunakan sebagai alat listrik untuk rumah-rumah di daerah pantai dan yang belum menerima listrik.

biomassa

biomassa
biomassa

Biomassa adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati tetapi tubuh atau mayat mereka masih dapat digunakan untuk keperluan manusia. Contohnya adalah serbuk gergaji dan kulit kayu yang dapat digunakan kembali untuk membuat furnitur.

Selain itu, contoh lain seperti rumput kering digunakan sebagai bahan kompos. Tidak hanya itu, sisa-sisa kotoran hewan juga digunakan sebagai biogas yang digunakan sebagai bahan bakar atau energi sebagai pilihan pengganti.

Ini adalah 10 contoh sumber daya alam terbarukan. Selanjutnya akan dijelaskan sumber daya alam yang tidak terbarukan. Segera, berikut 6 daftar sumber daya alam tak terbarukan yang perlu Anda ketahui.

batu bara

batu bara

Sumber daya alam tidak terbarukan pertama adalah batu bara. Batubara ini adalah jenis batu yang memiliki harga tinggi dan merupakan subjek perdagangan utama di negara ini.

Batubara terbuat dari bahan yang mudah terbakar, sehingga sering digunakan sebagai bahan bakar. Ketersediaan batu bara di alam sangat terbatas dan tidak dapat didaur ulang oleh manusia, sehingga batu bara termasuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak terbarukan.

Batubara dibuat dari sisa-sisa tanaman dalam bentuk gambut dan kemudian disimpan di suatu tempat. Setelah semakin banyak sedimentasi terjadi dari gambut ini, akan ada tekanan dari tekanan tanah dan TPA. Ini adalah hasil dari akumulasi gambut yang menjadi batubara.

Batubara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, seperti pembangkit listrik, bahan bakar laut, bahan bakar kereta api dan banyak lainnya. Namun, karena kehabisan cadangan batubara secara alami, penggunaannya harus lebih dioptimalkan.

Gas alam

gas alam

Sumber daya alam tak terbarukan berikutnya adalah gas alam. Gas bumi memiliki berbagai keunggulan, seperti sumber energi untuk produksi listrik, bahan bakar memasak dan bahkan bahan bakar motor. Karena sifatnya yang tidak terbarukan, pasokan gas alam semakin berkurang.

Sebagai solusi, manusia harus meminimalkan penggunaannya atau mencari alternatif lain untuk menggantikannya.

minyak

minyak bumi
thegorbalsla.com

Sumber daya alam tidak terbarukan adalah minyak. Pembuatan minyak membutuhkan waktu lama. Minyak dihasilkan dari fosil makhluk hidup di zaman kuno. Bahkan jika Anda sendiri tahu bahwa zaman kuno adalah zaman kuno yang telah menjadi dokumen sejarah.

Minyak sering digunakan sebagai bahan bakar kompor untuk memasak, tetapi karena ketersediaan minyak yang semakin rendah, sekarang sangat jarang untuk melihat penggunaan minyak sebagai bahan bakar memasak. Bahkan hari ini, tidak semua tempat dapat menemukan pasokan minyak yang dipertukarkan.

Batu granit

granit

Sumber daya alam tidak terbarukan keempat adalah granit. Granit ini termasuk dalam kategori batuan beku yang memiliki proses yang sangat panjang untuk membentuk batuan granit.

Mulai dari batu-batu kecil yang mengeras di kerak bumi atau lapisan bumi karena suhu atas lebih rendah daripada suhu rendah yang terus memanas. Sekarang pembentukan granit ini terjadi ketika magma berada di atas permukaan.

Karena proses yang kompleks ini dan tergantung pada alam, granit termasuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak terbarukan.

besi

besi
besi

Pada zaman kuno bahan utama dalam membangun rumah adalah penggunaan kayu. Tidak seperti saat ini, di mana rumah-rumah padat dibangun dengan bahan yang lebih keras daripada kayu, seperti besi ini.

Zat besi padat, keras dan mampu menanggung berat maksimum dibandingkan dengan kayu. Sehingga besi digunakan sebagai alas untuk bahan bangunan. Sifatnya yang sangat keras adalah hasil dari pencampuran bijih besi dengan partikel lain seperti timah, nikel dan bahan lainnya.

Pada dasarnya, masih ada pasokan besi yang besar, tetapi meningkatnya permintaan akan besi membuat stok lebih tipis. Sehingga zat besi termasuk dalam kategori sumber daya alam tak terbarukan.

Baca juga: Memahami sumber daya alam dan contoh, jenis, manfaat, dll.

berlian

berlian

Contoh terakhir dari sumber daya alam tidak terbarukan adalah berlian. Berlian adalah salah satu jenis batu yang paling sulit. Berlian digunakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan dan aksesoris.

Ini adalah contoh dan penjelasan tentang berbagai sumber daya alam terbarukan dan jenis sumber daya alam tidak terbarukan. Untuk beberapa sumber daya alam terbarukan, mungkin Anda bisa lebih bebas menggunakannya, karena jumlahnya sangat besar dan tidak terbatas, tetapi penggunaan sumber daya alam tak terbarukan harus lebih hati-hati karena tawarannya sudah habis dan tidak dapat diperpanjang.

Demikianlah informasi mengenai 6 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui beserta Penjelasannya. Semoga info ini mampu menambah wawasan berfikir kamu tentang 6 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui beserta Penjelasannya.

Leave a Reply