21 Jenis Penelitian yang Bisa Digunakan Untuk Mengerjakan Tugas Akhir

21 Jenis Penelitian yang Bisa Digunakan Untuk Mengerjakan Tugas Akhir

21 Jenis Penelitian yang Bisa Digunakan Untuk Mengerjakan Tugas Akhir –

21 jenis penelitian yang dapat digunakan untuk melaksanakan tugas akhir

Apakah Anda seorang mahasiswa semester terakhir? Tentu saja Anda terbiasa dengan nama pencarian. Mengapa? Karena, salah satu syarat untuk lulus dari perguruan tinggi adalah membuat tugas akhir yang disebut tesis.

Nah, tesis ini adalah salah satu kajiannya. Namun, sebelum melakukan studi, Anda jelas perlu tahu terlebih dahulu jenis penelitian apa. Jenis penelitian ini sangat penting di mana dengan jenis ini Anda akan mengetahui metode mana yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan.

Seperti dalam sebuah penelitian, peneliti diminta untuk mengumpulkan berbagai masalah dalam kehidupan yang sesuai dengan bidang yang akan dipelajari. Nah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab masalah ini.

Selanjutnya, penelitian juga digunakan untuk menemukan teori-teori baru, pengetahuan baru sesuai dengan bidangnya. Oleh karena itu, ilmu akan terus mengalami pengembangan berdasarkan berbagai penelitian yang terus-menerus ditemukan.

Jenis penelitian yang ada

Berikut ini akan menjelaskan beberapa jenis penelitian yang harus Anda ketahui. Jenis-jenis ini adalah sebagai berikut:

Penelitian dasar

penelitian dasar (basic research)
thegorbalsla.com

Penelitian dasar adalah jenis penelitian yang tujuannya adalah untuk menemukan sesuatu menggunakan penelitian tanpa harus memperhatikan manfaatnya di masyarakat. Penelitian ini dilakukan tanpa memikirkan tujuan.

Karena tujuan ini, penelitian dasar sering juga disebut sebagai penelitian murni. Pencarian dapat dilakukan oleh semua grup. Karena fokus penelitian ini hanyalah integrasi dan kontinuitas ilmu fisiologis.

Penelitian ini juga tidak mempertimbangkan apakah ada hubungan dengan peristiwa yang ada di masyarakat. Bahkan jalur yang digunakan oleh para peneliti ini belum memikirkan sudut pandang penelitian. Oleh karena itu, hasil yang diperoleh adalah pengetahuan umum dan juga pemahaman aturan dalam disiplin ilmu.

Masalah umum yang ada di masyarakat sering digunakan sebagai alat untuk memecahkan masalah sederhana, meskipun terkadang tidak menghasilkan respons global untuk jawaban itu.

Penelitian ini, jika dilihat secara umum, memberikan prioritas untuk menyelesaikan masalah tanpa mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial atau masyarakat.

Penelitian terapan

penelitian terapan
Penelitian terapan

Anda pasti akan tahu jenis penelitian ini. jika dalam penelitian dasar hasil yang diperoleh adalah ilmu baru, maka dalam penelitian ini kita cenderung lebih ke aplikasi baru yang diterapkan oleh ilmu murni.

Penelitian ini juga memiliki fitur yang menunjukkan penerapan hasil penelitian dasar berdasarkan persyaratan praktis sesuai dengan bidangnya. Setiap penelitian terapan memiliki keinginan agar penelitian dapat bermanfaat dan dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Hasil penelitian ini memiliki masalah dengan pembaruan aplikasi. Karena hasil pencarian harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Langkah-langkah penelitian ini menurut Nasir adalah sebagai berikut:

  1. Dilakukan untuk memeriksa sesuatu yang dipelajari, perlu, diperiksa dan diukur untuk kelemahan.
  2. Kumpulan titik lemah yang dipilih untuk penelitian.
  3. Kelemahan yang telah dipilih selanjutnya akan diselesaikan di laboratorium.
  4. Setelah menyelesaikan kelemahan-kelemahan ini, apa yang perlu dilakukan adalah memodifikasi dan mendapatkan solusi yang bisa diterapkan nanti.
  5. Solusinya ditempatkan dan disimpan dalam wadah sehingga menjadi bagian permanen dalam suatu sistem.

Perbedaan mendasar antara penelitian dasar dan jenis penelitian terapan ini terletak pada periode penggunaan hasil penelitian. Jika penelitian dasar ini memiliki periode waktu yang lama, maka penelitian terapan ini memiliki periode kedaluwarsa.

Penelitian eksplorasi

penelitian eksplorasi
Penelitian eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis penelitian yang dilakukan dengan tujuan menemukan pengetahuan baru dan terapan dari masalah baru, khususnya di bidang pendidikan. Dapat dikatakan bahwa penelitian ini digunakan untuk mencari masalah pendidikan baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya.

Misalnya, penelitian ini akan menghasilkan profil tanpa kriteria kepemimpinan yang efektif dalam manajemen sekolah. Atau mencari metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan meningkatkan atau membuat siswa lebih aktif dalam belajar.

Penelitian tentang pengembangan

penelitian pengembangan
Penelitian tentang pengembangan

Seperti namanya, penelitian pengembangan jenis ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan fungsi mengembangkan, memperluas dan bahkan memperdalam pengetahuan pendidikan yang ada.

Contoh dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran dalam pembelajaran IPA yang telah digunakan dalam pembelajaran IPA. Atau penelitian tentang sistem jaminan kualitas di unit pendidikan yang berasal sebelumnya diterapkan pada organisasi atau bisnis perusahaan.

Pencarian verifikasi

pencarian verifikasi
thegorbalsla.com

Penelitian verifikasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menguji kebenaran berbagai ilmu pendidikan yang ada dalam bentuk prinsip, konsep, prosedur, proposisi atau praktik pendidikan.

Dalam penelitian ini, data informasi yang telah diperoleh dan digunakan sebagai bukti informasi atau yang dapat digunakan sebagai masalah pendidikan dipertanyakan.

Contoh penelitian ini adalah untuk menunjukkan apakah ada pengaruh kecerdasan intelijen terhadap keberhasilan anak. Penelitian ini juga dapat dilakukan untuk menguji efektivitas model pembelajaran dalam mata pelajaran kimia.

Penelitian kuantitatif

penelitian kuantitatif
sahabatnesia.com

Penelitian kuantitatif adalah penelitian lapangan di mana penggunaan teknis mengukur sesuatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas masalah dengan hati-hati dengan variabel tertentu.

Artinya penelitian ini dapat menghasilkan kesimpulan yang dibahas secara umum. Dalam hal ini, penelitian ini juga menggunakan konteks waktu dan juga situasi dan jenis data yang dikumpulkan menggunakan data kuantitatif.

Penelitian umumnya diterapkan untuk mengembangkan teori dan bahkan disiplin ilmu. Misalnya, untuk mengetahui penerapan metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif.

Penelitian kualitatif

penelitian kualitatif
Penelitian kualitatif

Bertentangan dengan penelitian kuantitatif yang menggunakan data atau angka kuantitatif, penelitian ini lebih cenderung menggambarkan data. Ada begitu banyak jenis penelitian ini yang sedang berlangsung.

Pencarian itu sendiri digunakan untuk memecahkan masalah atau disebut troubleshooting. Dalam penelitian ini, penelitian menyeluruh dan mendasar diperlukan untuk memecahkan konteks tertentu.

Bahkan, dalam persiapan penelitian ini juga harus disusun dengan cara yang paling alami dengan tujuan penelitian sesuai dengan kondisi suatu objek di lapangan tanpa harus memanipulasi data, terutama yang kualitatif.

Proses yang dilakukan dalam penelitian kualitatif dimulai dengan pengamatan terhadap suatu objek dan pengembangan proses. Misalnya, Anda ingin menonton proses reproduksi hewan.

Nah, di sini Anda harus mengamatinya terlebih dahulu, kemudian mengembangkan proses menggunakan teori-teori yang relevan dengan penelitian. Dalam studi ini, para peneliti harus pergi langsung ke lapangan untuk mendapatkan lebih banyak bukti nyata.

Penelitian tentang pengembangan

penelitian pengembangan (development research)

Jenis penelitian ini biasanya menekankan studi tentang pola pertumbuhan dan urutan dan perubahan fungsi waktu. Objek penelitian pengembangan berfokus pada perubahan atau kemajuan yang akan dibuat oleh masing-masing individu.

Baik itu guru, siswa dan unit pendidikan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perkembangan setiap individu dalam periode waktu tertentu. Penelitian perkembangan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu studi aliran panjang, studi tren dan bahkan studi lintas.

Cari di perpustakaan

penelitian perpustakaan
whiteacademic.blogspot.com

Jika dilihat dari namanya, tentu saja Anda sudah bisa membayangkan seperti apa pencarian ini. Ya, penelitian ini dilakukan di perpustakaan. Karena, sejak awal penelitian ini, akan dilakukan di perpustakaan sampai selesai.

Adapun penelitian ini, ia biasanya membahas teori-teori yang direvisi. Adapun penelitian laboratorium dimana penelitian ini adalah penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium.

Penelitian evaluasi

penelitian evaluasi
Penelitian evaluasi

Evaluasi Penelitian adalah penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi dan menguji perubahan yang terjadi pada objek. Objek yang diteliti bisa dalam bentuk sistem, kelompok atau individu tertentu. Dalam studi ini Anda akan menghasilkan produk baru sesuai dengan kondisi tempat yang sesuai.

Contoh dari penelitian ini adalah studi tentang pegawai negeri sipil yang telah berusia 45 tahun. Dalam hal ini penelitian dilakukan untuk menentukan tingkat produktivitas karyawan ini.

Penelitian lapangan

penelitian lapangan
Penelitian lapangan

Seperti namanya, penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan di tempat atau vegetasi tertentu. Tempat itu berada di luar perpustakaan dan di luar lab.

Penelitian tindakan

penelitian tindakan

Pernahkah Anda mendengar nama pencarian tindakan? Jenis penelitian ini adalah salah satu studi yang mempraktikkan ilmu dalam aksi nyata dengan tujuan menentukan respon situasi di lapangan.

Penelitian ini juga dilakukan dengan tujuan meningkatkan proses dan memahami bagaimana praktik pendidikan yang baik, profesional dan mampu meningkatkan hasil kegiatan. Contoh dari penelitian ini adalah praktik lapangan dalam hal pengajaran yang dilakukan oleh siswa profesional untuk mengajar di sekolah menengah.

Pencarian evaluasi (Pencarian evaluasi)

evaluasi penelitian (evaluasi penelitian)

Penelitian penilaian adalah jenis penelitian yang dilakukan setelah penelitian lain dilakukan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian baru.

Bahkan, penelitian evaluasi adalah turunan dari penelitian terapan yang dijelaskan di atas. Tujuan melakukan penelitian evaluasi ini adalah sebagai bentuk evaluasi terhadap evaluasi dalam bentuk keberhasilan, utilitas, manfaat donasi, kelayakan suatu program, produk atau kegiatan tertentu.

Manfaat dari penelitian ini adalah perubahan yang lebih dan bahkan mandiri sehingga terciptanya studi baru dengan kualitas yang lebih baik.

Penelitian komparatif

jelajahi wawasan nusantara
Jelajahi Nusantara Insight

Jenis penelitian ini disebut juga dengan nama studi komparatif atau studi yang memiliki fungsi untuk membandingkan antara dua perlakuan yang berbeda atau lebih dari satu variabel atau beberapa variabel secara bersamaan.

Tujuan utama melakukan studi banding ini adalah untuk melihat dan menemukan seberapa besar perbedaannya dalam dua situasi atau lebih, kegiatan, acara dan program.

Jadi perbandingan yang terlihat adalah bagaimana semua elemen komponen pencarian terkait satu sama lain. Untuk perhitungan yang diterapkan dalam penelitian ini mereka disajikan dalam bentuk persamaan dan perbedaan dalam perencanaan, faktor-faktor yang mendukung hasil dan implementasi.

Hasil dari jenis penelitian ini lebih menyoroti bagaimana unsur-unsur yang membentuk hasil penelitian dapat menjadi latar belakang hasil penelitian.

Penelitian korelasional

penelitian korelasional
Penelitian korelasional

Penelitian korelatif adalah jenis penelitian yang mempelajari hubungan antara dua atau lebih variabel dalam suatu penelitian. Evaluasi dalam penelitian ini lebih cenderung pada hubungan variasi dalam suatu variabel dengan variasi yang ada pada variabel lain.

Penelitian itu sendiri dilakukan dengan tujuan untuk dapat menentukan variabel mana yang memiliki korelasi di antara mereka. Mengenai sifat penelitian korelasi adalah sebagai berikut:

  1. Ada hubungan antara dua variabel atau lebih
  2. Ada koefisien korelasi di mana koefisien ini akan menunjukkan maksimum dan minimum suatu hubungan
  3. Tidak ada perawatan khusus
  4. Data yang dihasilkan adalah kuantitatif.

Nah, dalam studi korelasi ini, ada dua angka yang membentuk kisaran nilai korelasi. Nilai korelasi akan ditentukan antara -1 dan +1. Untuk menentukan perhitungan statistik, ada dua koefisien korelasi yang diperoleh dengan mengukur variabel.

Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan hubungan antara variabel yang memiliki perbandingan langsung atau setara. Sedangkan koefisien korelasi negatif akan memberikan informasi yang tidak proporsional atau terbalik.

Berdasarkan hasil ini, adalah mungkin untuk menarik kesimpulan bahwa jika nilai koefisien korelasi positif atau negatif, semakin besar kekuatan hubungan antar variabel.

Dalam jenis korelasi ini, variabel pencarian memiliki tiga makna, yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui arah hubungan antar variabel
  • Untuk mengetahui arah korelasinya
  • Untuk menemukan signifikansi statistik dari hubungan antara kedua variabel.

Penelitian Studi Kasus

penelitian studi kasus
Penelitian Studi Kasus

Ini adalah jenis penelitian yang dilakukan berdasarkan peristiwa yang terjadi sebelumnya. Dalam penelitian ini Anda akan mempelajari interaksi antara satu variabel dengan yang lainnya.

Pada dasarnya, penelitian ini sendiri bertujuan untuk mempelajari suatu peristiwa yang dapat terjadi secara spesifik, sistematis untuk jangka waktu yang lama.

Faktor utama dalam penelitian ini adalah mengapa orang melakukan sesuatu? Bagaimana dengan perilaku sehari-hari? Seperti interaksi yang terjadi dengan lingkungan dan faktor-faktor yang menyebabkannya. Inilah mengapa penelitian studi kasus memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Pencarian studi kasus dilakukan untuk memeriksa suatu kasus atau masalah secara sistematis dan lebih menyeluruh.
  • Tujuan dari masalah ini adalah aspek kehidupan dan beberapa faktor yang memadai untuk penelitian yang dipelajari.
  • Objek yang akan diperiksa hanya unit kecil tetapi memiliki variabel besar.
  • Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan longitudinal.
  • Tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah.
  • Sedangkan kesimpulannya dihasilkan dalam bentuk gambaran lengkap yang terorganisir.

Penelitian dan pengembangan (research and development)

penelitian dan pengembangan (research and development)

Jenis penelitian dan pengembangan ini adalah salah satu studi yang dilakukan berdasarkan serangkaian proses penelitian dengan tujuan mengembangkan dan menyempurnakan produk baru. Mengenai penelitian ini, ada beberapa metode yang dapat digunakan, termasuk:

  • Metode deskriptif, metode ini digunakan pada tahap awal di mana fungsinya adalah mengumpulkan informasi atau data dari suatu produk. Data dikumpulkan dalam bentuk kondisi produk, kondisi pengguna dan banyak kondisi lain yang terkait dengan faktor pendukung.
  • Metode eksperimental, penelitian ini digunakan untuk mengulangi pengujian beberapa produk yang telah dibuat. Setelah mengulangi tes dengan benar, maka perbandingan antara produk dan produk yang dihasilkan. Ini bertujuan untuk menentukan kualitas terbaik dari produk yang telah dibuat.
  • Metode evaluasi, dalam metode ini dimaksudkan untuk mengevaluasi produk yang dibuat selama proses pengembangan produk.

Penelitian deskriptif

penelitian deskriptif
Penelitian deskriptif

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang menggambarkan atau lebih tepatnya menggambarkan masalah yang kemudian dibahas sehingga menghasilkan kesimpulan tentang suatu peristiwa tertentu.

Secara umum, metode deskriptif ini hampir sama dengan model penelitian survei, studi kasus dan penelitian lainnya. Namun, penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Jelaskan beberapa peristiwa dan fenomena
  • Untuk mengetahui apakah informasi yang diperoleh adalah aktual atau faktual ketika mengidentifikasi masalah yang sedang berlangsung
  • Untuk menentukan pekerjaan orang lain
  • Selalu buat perbandingan.

Sekarang, selain penelitian deskriptif, ada juga penelitian lain yang memiliki metode dengan model yang hampir sama dengan penelitian deskriptif seperti eksperimen, penelitian ex-facto dan bahkan penelitian.

Penelitian naratif

penelitian naratif
www.kalambakalibrary.org

Penelitian naratif adalah jenis penelitian yang secara langsung menggambarkan secara lisan dengan menegaskan atau menceritakan isi penelitian. Penelitian ini dikumpulkan dengan cara percakapan, wawancara dan diskusi.

Nah, dari pengalaman orang-orang ini maka beri tahu para peneliti bahwa mereka nantinya akan diberitahu menggunakan kata-kata mereka sendiri oleh peneliti.

Cari survei

penelitian survei

Penelitian investigasi adalah jenis pendekatan penelitian yang umumnya digunakan untuk mengumpulkan data secara luas. Penelitian yang sama ini dilakukan pada populasi besar dan kecil. Sedangkan data sampel akan diambil dari data populasi.

Baca juga: Kumpulan contoh metode penelitian | Definisi, jenis, metode, sasaran, kualitatif

Penelitian etnografi

penelitian etnografi
Penelitian etnografi

Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan untuk menemukan makna sosial-budaya dengan mempelajari model-model kehidupan sehari-hari dan interaksi antara kelompok sosial-budaya tertentu dalam ruang dan konteks yang lebih spesifik.

Seseorang mengatakan bahwa ahli etnografi tidak hanya mengamatinya, tetapi juga mencoba memasuki kehidupan budaya sekelompok orang untuk belajar.

Sekarang, pada titik ini kita sudah dapat mengidentifikasi beberapa dari dua dimensi penting, yaitu keberadaan kelompok sosial-budaya yang lebih spesifik dan perpaduan budaya peneliti dengan kelompok yang diteliti.

Berdasarkan jenis penelitian di atas, yang mana yang akan Anda gunakan untuk menyelesaikan proyek tesis akhir Anda? Kami berharap informasi ini akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara satu jenis penelitian dan yang lainnya. Kami berharap informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Demikianlah informasi mengenai 21 Jenis Penelitian yang Bisa Digunakan Untuk Mengerjakan Tugas Akhir. Semoga informasi ini mampu memberikan pengetahuan berfikir anda tentang 21 Jenis Penelitian yang Bisa Digunakan Untuk Mengerjakan Tugas Akhir.

Leave a Reply