PETA SUMATERA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Sejarah (Lengkap)

PETA SUMATERA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Sejarah (Lengkap)

PETA SUMATERA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Sejarah (Lengkap) –

Peta Pulau Sumatra adalah salah satu pulau di Indonesia dengan nomor enam terbesar di dunia. Pulau ini biasa disebut Pulau Percha dan Pulau Andalas, dengan luas 443.065,8 km2.

Populasi pulau besar ini adalah 57.940.361 jiwa (sensus 2018), di pulau ini ia memiliki berbagai keindahan alam. Pulau Sumatra juga memiliki beragam budaya dan seni di setiap wilayah, dengan beragam bahasa dan agama.

Pulau Sumatra memiliki beragam sumber daya alam dari sektor alam, budaya, dan populasi. Sumatera sendiri memiliki banyak perbedaan yang dapat Anda lihat dari sumber daya alamnya, salah satunya adalah sumber daya alam hayati.

Pulau Sumatra menyimpan berbagai kisah unik dan menarik untuk diulas di setiap kota dan provinsi. Di bawah ini adalah beberapa gambar peta pulau Sumatra yang bisa Anda lihat dan pahami.

Peta Pulau Sumatra

Peta Pulau Sumatra

Peta pulau buta Sumatera

Peta Pulau Sumatra

Sejarah pulau Sumatra

Peta Pulau Sumatra

Dalam bahasa Sanskerta pulau ini disebut Suwarnadwipa yang berarti pulau emas. Dalam prasasti Padang Roco dari 1286 suwarnabumi dan bhumi malayu diukir, makna dari dua bahasa Sansekerta ini adalah tanah emas dan bumi Melayu.

Nama Sumatra sendiri berasal dari kerajaan Samudra di pantai timur Aceh. Pada 1345 seorang pria bernama Ibnu Batutah, yang adalah seorang petualang dari Maroko, mengatakan bahwa Samudra menjadi Samatrah.

Abad berikutnya nama negara di kerajaan Aceh diperoleh oleh wisatawan lain untuk seluruh pulau. Seiring waktu nama itu berubah menjadi Sumatra dan terdaftar di peta Portugis abad ke-16.

Ibnu Majid telah melacak peta wilayah di sekitar Samudra Hindia dan juga pulau Sumatra. Peta, dibangun pada 1490, sekali lagi disalin oleh Roteiro pada 1498 sampai munculnya nama Cammatara.

Peta yang dibuat pada 1501 oleh Amerigo Vespucci, kembali memberi nama Samatara. Hal yang sama terjadi pada 1506 dari peta Masser yang membuat nama Samatra. Nama itu terus muncul baru dengan nama yang berbeda, sampai mereka bertemu dengan nama yang sesuai, yaitu Sumatra.

Peta geografis umum pulau Sumatera

Peta Pulau Sumatra

Kondisi geografis adalah kondisi daerah yang dapat dilihat dengan jelas dari permukaan bumi. Selain itu, bisa juga dilihat dari arah posisi daerah lain, ini bisa disebut sebagai geografis.

Jika dilihat secara astronomis, posisi pulau Sumatra berada pada 0 ° LU dan 102 ° BT. Sumatera berada di barat lebih tepatnya di kepulauan.

Wilayah pulau Sumatra sendiri berkisar dari 473.406 km2. Perbatasan maritim terletak di utara Teluk Bengal, di sebelah timur Selat Malaka, di sebelah selatan Selat Sunda dan di sebelah barat Samudra Hindia. Di perbatasan tanah barat, yaitu Malaysia, pulau Andaman dan bahkan Singapura.

Sisi timur adalah pulau Kalimantan dan selatan adalah pulau Jawa. Pulau ini dilintasi oleh garis khatulistiwa yang membentang dari utara ke selatan jika dilihat dari peta pulau Sumatra.

Definisi pulau Sumatra

Peta Pulau Sumatra

Jika dilihat dari peta, Anda akan melihat banyak provinsi dan kota yang ada di pulau itu dan dapat menyertakan perbatasan setiap provinsi. Pulau ini adalah salah satu pulau terbesar di dunia dan di Indonesia tidak mengherankan bahwa ia memiliki sekelompok pulau kecil dan besar lainnya.

Anda bisa melihat Pulau Sumatra secara keseluruhan yang berwarna hijau dengan bukit-bukit tinggi. Tidak hanya ada banyak sungai dan lembah yang mengalir di pulau ini, dengan berbagai pantai yang indah.

Posisi dan keberadaan pulau Sumatera

Peta Pulau Sumatra

Posisi pulau ini sangat strategis dibandingkan dengan pulau-pulau lain di wilayah Indonesia, di pulau Sumatera terdapat banyak gunung berapi aktif. Keindahan pulau ini membuat banyak pujian dari warga asing dan penduduk di luar kota yang datang untuk berlibur atau menetap.

Pulau Sumatra diberkati dengan keindahan alam yang melimpah dan kekayaan serta kondisi alam yang subur. Anda bisa melihat peta Pulau Sumatra, dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Batam, Pulau Nias, Pulau Weh dan pulau-pulau lainnya.

Budaya pulau Sumatra

Peta Pulau Sumatra

Budaya yang ada di Pulau Sumatra sangat beragam dan juga memiliki keunikan tersendiri, seperti keunikan bahasa Melayu. Sebelumnya dikatakan bahwa Sumatra adalah tanah Melayu dengan keunikannya, salah satunya adalah pernikahan.

Pengantin wanita harus dinominasikan dengan nominal tergantung pada tingkat pendidikan dan juga latar belakang wanita tersebut. Tradisi unik lain dalam suku Melayu adalah tradisi tepung segar dalam acara perayaan, pernikahan dan penempatan rumah baru.

Tradisi Batak di Sumatra utara memiliki mayoritas Kristen. Suku ini memiliki pakaian tradisional yang khas dan disebut kanvas ulos, kanvas ini digunakan selama upacara tradisional.

Kain Ulos memiliki pola yang khas dan warna yang khas, dengan bentuk yang terlihat seperti syal panjang tetapi memiliki keunikan tersendiri. Bahan khusus yang dimiliki oleh suku Batak panjang memiliki ketebalan yang memadai.

Suku lain adalah suku Minang, atau yang biasa dikenal dan disebut suku Kabau Minang. Suku ini memiliki mayoritas dominan di Provinsi Sumatera Barat. Ciri khas suku Minang sendiri sangat unik, dengan gaya dan bahasa yang berbeda.

Secara umum, orang Minang memiliki mata pencaharian sebagai petani dan pedagang, sehingga tidak mengherankan bahwa masakan ini terkenal di seluruh dunia.

Kota dan wilayah di Pulau Sumatra

Peta Pulau Sumatra

Pulau Sumatra memiliki beberapa kota dan wilayah yang cukup dikenal di Indonesia. Kota-kota di daerah ini memiliki banyak keragaman dan tujuan wisata menarik untuk diulas. Di bawah ini adalah penjelasan tentang kota dan wilayah yang terletak di pulau Sumatra.

1. Aceh dan keindahan alam

Aceh adalah salah satu kota di wilayah pulau Sumatera yang terletak di ujung Sumatera. Masyarakat Aceh sangat religius, selain memiliki kota yang kaya dan juga destinasi yang menarik.

Kota ini memiliki berbagai cerita rakyat dan pusaka bersejarah yang masih melekat dan dipercaya oleh masyarakat sekitarnya. Tempat wisata Aceh juga indah dan menarik seperti Pantai Labuhan Haji dan tempat wisata lainnya.

Tidak sedikit objek wisata yang mengandung unsur sejarah kota ini, gua Kalam, Panorama Hatta, Pulau Dua, Batu Berlayar dan lainnya. Objek wisata ini memiliki keindahan dan daya tariknya, mereka juga mengandung berbagai misteri dan cerita. Mitos dan bahkan sejarah masih dipercaya oleh masyarakat Aceh hingga saat ini.

2. Kota Palembang

Kota ini terkenal dengan makanan khasnya, Pempek, yang sudah populer dan bahkan dikenal di berbagai kota. Kota Palembang sendiri dikenal sebagai kota tua, dan kota ini dulunya merupakan pusat pengajaran pendidikan Buddhis.

Kota Palembang memiliki berbagai peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya yang telah runtuh sebelumnya. Peninggalan ini adalah benda dan tempat yang sekarang digunakan sebagai tujuan wisata sejarah.

Kota Palembang memiliki seni dan juga fitur unik dan khusus yang ada di kota. Fitur khas lainnya adalah kain songket yang memiliki motif unik sendiri, ada juga batik unik yang berbeda dari jenis batik lainnya.

Objek wisata yang dapat Anda kunjungi adalah sungai Musi, kawah Tekurep, museum kain dan juga pulau fantasi. Ada banyak tujuan wisata lain yang bisa Anda kunjungi di kota Palembang hingga ke pusat kerajinan.

3. Kota Medan

Berdasarkan peta pulau Sumatra, Meda secara geografis terletak dengan koordinasi 3 35 Utara dan 98 40 Timur, kota ini memiliki perbatasan dengan Selat Malaka. Tidak heran jika kota Medan adalah tempat yang strategis karena merupakan jalur navigasi Selat Malaka.

Selanjutnya, kota ini juga merupakan salah satu pintu gerbang menuju ekonomi internasional Selat Malaka. Penduduk kota Medan memiliki suku Batak yang cukup besar di Indonesia.

Komunitas Medan dominan dalam Islam dan Kristen Protestan, setelah itu ada agama berturut-turut lainnya seperti Hindu, Budha dan Katolik. Kota Medan memiliki objek wisata yang menarik dan mendidik, tidak sedikit objek wisata yang menyimpan sejarah.

Tur paling terkenal di kota ini adalah Danau Toba, Istana Maimun dan Masjid Agung Medan. Ada juga bangunan bersejarah yang bisa Anda kunjungi seperti PT PP London Sumatera, Menara Bakaran Batu dan tempat-tempat lainnya.

4. Kota Bandar Lampung

Kota Bandar Lampung adalah ibu kota provinsi Lampung, salah satu provinsi terakhir di Pulau Sumatra. Di provinsi ini, ia dikenal karena keanekaragaman hayati dan margasatwa di hutan-hutan provinsi.

Kota ini memiliki kondisi alam yang subur karena terletak di bagian selatan pulau Sumatera. Seperti kota dan provinsi lain, Lampung dan Kota Bandar Lampung memiliki karakteristik kain khusus, yaitu menyaring kain dengan berbagai alasan.

Berbagai jenis tradisi serta seni dan budaya yang masih dipertahankan hingga saat ini. Lampung memiliki berbagai wisata sejarah dan juga destinasi yang indah dan menarik untuk dikunjungi selama liburan. Tujuan wisata seperti menara Siger yang menyimpan sejarah, bangunan bersejarah.

Juga tempat wisata yang menawarkan keindahan alam seperti Pantai Pahawang, Pantai Pasir Putih dan tempat wisata gunung lainnya. Objek wisata gunung viral seperti Puncak Mas, Vila Gardenia dan jenis wisata bukit lainnya yang bisa Anda temukan.

Sumber Daya Alam Pulau Sumatra

Peta Pulau Sumatra

Pulau Sumatra memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, yang dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat dan pendapatan negara. Sumber daya alam ini berasal dari pegunungan dan juga dari dataran seperti laut dan tempat-tempat lain.

Sumber daya alam dibagi menjadi dua kelompok, yaitu sumber daya alam hayati dan non-biologis. Berikut ini adalah berbagai sumber daya alam yang diproduksi oleh Pulau Sumatra sendiri.

Sumber daya alam

Peta Pulau Sumatra

Sumber daya alam hayati adalah salah satu sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan dapat menghasilkan kekayaan alam untuk kepentingan populasi dan juga daerah sekitarnya. Sumber daya alam ini termasuk jenis yang tercantum di bawah ini.

1. Kopi

Sumber daya kopi alami yang dihasilkan oleh Sumatera, yaitu kopi, kopi diproduksi dari Sumatera utara, dari provinsi dan kota Aceh. Kopi Sumatra memiliki rasa yang khas dan juga berbeda dengan kopi lainnya.

2. Chinino

Komoditas lain dari pulau Sumatra yang menghasilkan sumber daya alam adalah kina yang berasal dari provinsi Sumatera Barat. Kina sendiri umumnya diperoleh dari Tanah Kerinci di Sumatra barat.

3. Minyak kelapa sawit

Sumatera terkenal dengan sumber daya alamnya yang berasal dari kelapa sawit. Minyak kelapa sawit adalah produk ekspor utama di Indonesia. Sumatera memiliki beberapa daerah dan bahkan provinsi yang memproduksi sebagian besar kelapa sawit. Wilayahnya terdiri dari Riau, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

4. Kayu Manis

Sumatra memiliki pendapatan besar kayu manis dari Sumatera Barat atau dari kota Jambi.

5. Cokelat dan coklat

Lampung adalah provinsi terakhir dari pulau Sumatera yang memiliki pendapatan terbesar dari kakao dan kakao. Sumber daya alam ini sangat berkembang dan berkembang pesat di provinsi Lampung.

6. Karet

Riau, Sumatera Utara, dan Aceh juga merupakan produsen sumber daya hayati karet yang dapat digunakan. Sumber daya ini dapat digunakan dalam semua hal yang umum untuk dikembangkan atau didaur ulang.

7. Minyak atsiri

Minyak ini juga diproduksi di Pulau Sumatra, banyak digunakan oleh penduduk dan penduduk kota-kota lain.

8. Ikan dan udang

Pulau Sumatra menghasilkan udang terbesar, lebih tepatnya di provinsi Lampung dan juga di kota-kota provinsi. Sedangkan area produksi ikan terbesar ditemukan di provinsi Riau atau Kepulauan Riau.

9. Cengkeh

Banyak diproduksi oleh kota Jambi, di wilayah Sumatera, ini sangat terkenal dengan pendapatan cengkeh yang melimpah.

Sumber daya alam non-biologis

Peta Pulau Sumatra

Sumber daya ini tidak berasal dari makhluk hidup dan tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam non-biologis yang disebutkan di bawah ini hanya sebagian dari banyak sumber daya alam lainnya yang tidak disebutkan. Di bawah ini adalah beberapa sumber daya alam non-biologis yang ditemukan di Pulau Sumatra dan Anda dapat mengetahuinya.

1. Gas alam

Pulau Sumatra memiliki pendapatan besar dan terkenal dari gas alam. Beberapa daerah penghasil gas alam di pulau Sumatra adalah wilayah Natuna, kepulauan Anambas dan bahkan Arun.

2. Timah

Pulau Sumatra juga memiliki sumber daya alam timah yang cukup banyak. Salah satunya adalah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau di Sumatra.

3. Batubara dan semen

Batubara ditemukan terutama di wilayah wilayah barat Sumatra, khususnya Lawah Sawah, sedangkan di wilayah selatan Sumatra, khususnya Tanjung Enim. Semen diproduksi terutama dari wilayah Sumatera Barat.

4. Minyak

Seperti diketahui, Pulau Sumatra adalah penghasil minyak terbesar di Indonesia. Baik minyak di tanah maupun di lautan, dengan berbagai wilayah di selatan Sumatera, di utara Sumatera, dan di Riau.

Peta Pulau Sumatra

Demikianlah informasi mengenai PETA SUMATERA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Sejarah (Lengkap). Semoga info ini dapat memperluas wawasan berfikir anda tentang PETA SUMATERA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Sejarah (Lengkap).

Leave a Reply