PETA INDONESIA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Batas Wilayah

PETA INDONESIA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Batas Wilayah

PETA INDONESIA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Batas Wilayah –

Peta Indonesia – Indonesia selalu dikenal sebagai salah satu negara dengan wilayah yang luas. Pada peta Indonesia kita bisa melihat jumlah pulau yang dimiliki hingga ribuan. Tentu, lebih dari negara lain di Asia Tenggara. Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan, negara agraris, negara maritim, dan banyak lainnya.

Negara ini memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda dari negara lain di Asia Tenggara. Jadi jangan heran jika Indonesia adalah tujuan bagi wisatawan asing, karena budaya dan keindahan alamnya. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kondisi geografis Indonesia yang sangat berbeda dengan negara lain.

Gambar peta Indonesia

Peta Indonesia

Informasi geografis indonesia

Peta Indonesia

Ibukota Indonesia di Jakarta memiliki posisi strategis, terutama di beberapa bagian Asia Tenggara. Negara Indonesia terletak antara 6 derajat LU-11 derajat LS dan 95 derajat BT-141 BT dan memiliki luas tanah 1. 922.570 km2. Sementara luas perairan mencapai 3.257.483 km2.

Jika dilihat secara penuh, negara ini masih memiliki banyak daerah yang belum terjangkau dan diduduki. Ada banyak pulau yang masih kosong dan hanya ditempati oleh orang-orang di sekitarnya. Jelas di peta Indonesia bahwa negara ini dikelilingi oleh lautan luas dan tepat di garis katulistiwa.

Dengan wilayah ini, Indonesia memiliki sekitar 17.504 pulau. Sementara sekitar 6.000 pulau belum dihuni oleh manusia dan belum dihuni. Ini disebabkan berbagai faktor seperti kurangnya populasi, akses ke pulau yang sulit dijangkau, ada banyak hewan liar dan sebagainya.

Sebagian besar penduduk Indonesia hidup di antara empat pulau besar, termasuk Kalimantan, Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Populasi indonesia

Peta Indonesia

Indonesia adalah negara yang luas dan memiliki populasi yang sangat besar, sehingga diperlukan strategi khusus dalam mengelola populasi di Indonesia. Ini agar semuanya bisa didistribusikan dengan adil dan merata. Populasi Indonesia mencapai hampir 270.054.853 pada tahun 2018, menurut Kantor Pusat Statistik atau BPS.

Karena itu, Indonesia dikenal sebagai negara terpadat keempat di Asia Tenggara. Penduduk Indonesia adalah milik bangsa Austronesia, tetapi ada juga kelompok Mikronesia, Polinesia dan Malenisia.

Pada akhirnya, setiap wilayah di setiap pulau di Indonesia memiliki suku yang berbeda dan menjadi identitas atau identitas mereka. Makadari dulu, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan berbagai suku, adat, agama, ras dan antar kelompok.

Toleransi orang indonesia

Peta Indonesia

Di Indonesia sendiri ada 6 agama yang diakui, termasuk Islam, Katolik, Protestan, Budha, Hindu, dan Konfusianisme. Sementara agama dan kepercayaan lain tidak diakui. Ini berarti toleransi di Indonesia cukup tinggi, meskipun hal itu mengesankan komunitas luar.

Namun terlepas dari 5 agama itu, ternyata masih banyak suku asli di beberapa daerah yang masih memegang dinamisme dan kepercayaan animistis. Namun mayoritas, penduduk Indonesia adalah Muslim.

Pengelolaan lingkungan di Indonesia

Peta Indonesia

Pedoman untuk pengaturan identitas yang berkaitan dengan flora dan fauna regional di Indonesia diatur dalam huruf n. 48 tahun 1989. Indonesia sendiri memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda, karena dipengaruhi oleh kondisi alam, hambatan alami dan pergerakan hewan. Mengenai distribusi, Anda dapat melihatnya di peta Indonesia sesuai dengan daerah masing-masing.

Fauna di Indonesia diklasifikasikan menjadi 3 jenis fauna, termasuk:

  • Jenis Fauna Australis. Berdasarkan peta Indonesia, fauna jenis ini dapat ditemukan di Indonesia timur serta di Papua dan sekitarnya.
  • Fauna tipe Asia. Jika ditampilkan di peta Indonesia, fauna jenis ini dapat ditemukan di Indonesia bagian barat di selat Lombok dan selat Makassar.
  • Fauna transisi. Jika ditampilkan di peta Indonesia, fauna jenis ini ditemukan di Indonesia tengah seperti Nusa Tenggara dan Sulawesi. Hewan ini asli dari Indonesia karena tidak dapat ditemukan di negara lain.

Iklim di Indonesia

Peta Indonesia

Di Indonesia, ada 3 jenis iklim, termasuk iklim musiman, iklim hangat, iklim hangat, dan iklim laut. Berikut ini adalah penjelasan rinci:

1. Iklim musim

Iklim musiman terjadi karena monsun yang berubah pada waktu tertentu. Musim ini umumnya terjadi sekitar 6 bulan.

2. Cuaca hangat

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara di daerah tropis. Inilah yang menyebabkan suhu tinggi dan penguapan air laut yang akhirnya berdampak pada hujan.

3. Iklim laut

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki perairan laut yang cukup besar, sehingga penguapan akan membentuk awan tebal dan menyebabkan hujan.

Selama musim kemarau, air laut akan menguap yang nantinya akan menjadi air laut. Dalam waktu yang tidak terlalu jauh, awan yang telah menumpuk dengan uap air akan berubah menjadi hujan.

Ketiga jenis iklim ini menyebabkan Indonesia mengalami hujan lebat. Secara umum, curah hujan yang terjadi di Indonesia adalah sekitar 2.500 mm per tahun. Musim hujan di Indonesia terjadi dari Oktober hingga April. Dengan musim hujan ia menawarkan banyak manfaat bagi masyarakat.

Di mana pada musim hujan sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Curah hujan yang terjadi di Indonesia tidak hanya berasal dari penguapan air laut, tetapi juga dari tempat-tempat di mana penguapan terjadi karena terbawa oleh angin. Angin yang sering menyapu hujan dari satu tempat ke tempat lain adalah musim hujan.

Angin yang sangat baik di Indonesia disebabkan oleh perbedaan tekanan atmosfer antara benua dan lautan. Sinar matahari yang memancarkan cahaya ke laut akan menyebabkan penguapan dan membutuhkan waktu yang lama. Berbeda dengan benua yang menerima sinar matahari lebih cepat dari laut.

Sedangkan musim kemarau di Indonesia terjadi dari Mei hingga September. Angin yang datang dari benua Australia ke benua Asia disebut Angina Muson atau dikenal sebagai angin timur. Pada musim kemarau benua Australia memiliki angin yang disebabkan oleh 2/3 benua, kita dapat mengatakan bahwa itu adalah wilayah padang pasir.

Karakteristik iklim di Indonesia

Peta Indonesia

  • Terjadinya tekanan udara rendah secara perlahan akan menyebabkan perubahan yang sangat tidak teratur.
  • Matahari menyinari Indonesia dalam bentuk vertikal, yang menyebabkan suhu tinggi.
  • Kapasitas curah hujan yang terjadi di Indonesia lebih sering daripada di daerah lain.
  • Setiap pulau di Indonesia memiliki sistem iklim yang berbeda, itu karena ada banyak gunung seperti Jawa, Kalimantan, Sumatra dan Papua.
  • Keberadaan pulau-pulau di Indonesia yang menjadi penyebab iklim tropis, karena sebagian daratannya penuh dengan laut. Ini juga menyebabkan iklim laut di Indonesia.

Karakteristik iklim tropis di Indonesia

Peta Indonesia

  • Suhu udara di Indonesia akan cukup tinggi setiap tahun.
  • Suhu udara rata-rata di Indonesia tidak kurang dari 18 derajat Celcius dan bahkan mencapai 27 derajat Celcius.
  • Ketika c & # 39 adalah musim kemarau dan hujan, tidak ada perbedaan yang signifikan.
  • Untuk perubahan hari, ada 24 jam, di mana setiap hari dan malam memiliki waktu yang sama, atau 12 jam.

Kekayaan alam Indonesia

Peta Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya, karena potensi kekayaan alamnya tidak sebanding dengan negara lain. Mulai dari kekayaan laut dan kekayaan lainnya yang terkandung di bumi, jumlahnya tidak terhitung. Karena itu, dari sekian banyak kekayaan alam yang dimiliki kita harus lebih mencintai bangsa ini. Yang berikut adalah kekayaan alam terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

1. Emas dengan kualitas terbaik di dunia

Jangan salah, jika Indonesia adalah salah satu negara penghasil emas terbaik di dunia, tepatnya di wilayah Maluku dan Papua. Tambang emas terbesar di Papua dikelola oleh PT. Freepot adalah milik Amerika Serikat. Tambang emas ini memiliki deposit karat yang jauh lebih tinggi daripada semua jenis emas.

Salah satu karakter emas terbaik yang berwarna kuning cerah dan hampir kemerahan, jenis emas ini ada di Papua. Tidak hanya untuk kualitas, tetapi untuk kuantitas jauh lebih tinggi. Dari segi kualitas, Papua adalah produsen tambang emas terbesar dengan tahun produksi terbesar.

2. Gas alam

Selain sebagai penghasil emas terbaik di dunia, Indonesia juga merupakan salah satu penghasil gas alam terbesar di dunia. Lokasi tepatnya berada di tempat yang berbeda seperti Bontang (Kalimantan Timur), Tangguh (Papua), Arun (Nanggroe Aceh Darussalam), Pulau Natuna, Blok Cepu (Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dan Blora Jawa Tengah).

3. kapur barus

Tapanuli pusat terkenal di dunia dari era pra-Kristen untuk kualitas kamper. Dalam dokumen sejarah, tertulis bahwa perjalanan Marcopolo ke Sumatra pada 1291 adalah untuk mengunjungi salah satu tempat di bagian barat pulau Sumatra yang dikenal di Fansur atau Barus untuk tur saat ini.

Karena hasil tanah, pada saat itu Barus menjadi salah satu pusat komersial dari bangsa-bangsa di dunia seperti Portugis, Spanyol, Belanda, Yunani, Korea, Inggris dan Jepang. Menurut berita terbaru, hanya ada 20 pohon yang tersisa untuk pohon kamper Barus.

4. Cengkeh

Aroma cengkeh inilah yang mampu membius negara-negara Eropa untuk datang dan memerintah tanah Indonesia. Pada awalnya, penghasil cengkeh terbesar di Indonesia ditemukan di pulau-pulau kecil seperti Maluku, Ternate, Makid Tidore, Moti dan Bacan. Pada abad ketujuh belas dan kedelapan belas, cengkeh bernilai jumlah emas yang sama, bahkan harga 1 kg cengkeh sama dengan harga 7 gram emas.

Namun kini cengkeh hanya digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan rokok. Industri cengkeh yang sangat maju saat ini berada di area pabrik rokok seperti Minahasa, Temanggung, Kudus dan Kediri.

Namun, cengkeh yang paling dicari dari luar negeri adalah jenis cengkeh Minahasa, yang konon memiliki aroma 1 kg cengkeh Minahasa sama dengan 20 kg cengkeh yang berasal dari daerah lain .

5. Aloe

Setidaknya ada 20 spesies kayu gaharu di dunia dan ada 6 jenis kayu gaharu di Indonesia.Hutan di Kalimantan adalah salah satu penghasil kayu gaharu terbaik di dunia. Harga yang ditawarkan bahkan mencapai miliaran rupee per kilo. Sedangkan kualitas gaharu tergantung pada jenis pohon, aroma, umur, kadar damar, warna dan proses pembentukan.

Jenis budaya di Indonesia

Peta Indonesia

Budaya Indonesia tersebar luas di berbagai daerah, hingga 33 provinsi di Indonesia dan masing-masing memiliki karakteristik dan karakteristik sendiri. Bahkan bentuk-bentuk budaya berbeda-beda, karena budaya adalah nilai-nilai regional yang dikemas dalam berbagai bentuk. Berikut ini adalah berbagai budaya yang ada di Indonesia.

1. Pakaian tradisional

Pakaian tradisional atau tradisional adalah salah satu dari banyak budaya yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki pakaian yang dipersonalisasi dengan karakteristik masing-masing. Bahkan pakaian tradisional dapat menghadirkan prinsip atau karakter dari area yang diberikan.

Indonesia sendiri memiliki banyak pakaian tradisional untuk setiap daerah, beberapa bahkan memiliki lebih dari satu jenis pakaian tradisional. Banyak turis asing kagum dengan jenis pakaian tradisional yang dimiliki bangsa ini. Jika negara lain merasa terkesan melihat apa yang dimiliki bangsa kita, mengapa kita harus malu memakai pakaian tradisional ini?

2. Rumah tradisional

Kita pasti sering mendengar tentang rumah tradisional. Rumah tradisional adalah bentuk budaya Indonesia yang berasal dari seni arsitektur atau dari bangunan yang memiliki karakteristik tertentu dari daerah asal.

Rumah-rumah tradisional di setiap wilayah adalah representasi budaya tertinggi dalam komunitas regional atau suku dan merupakan hal terpenting yang dilihat oleh negara lain.

3. Upacara tradisional

Upacara tradisional adalah cara untuk mengenali atau mengingat cerita dalam komunitas atau suku tertentu. Biasanya dalam perjalanan upacara ini serangkaian tindakan dilakukan, terikat oleh kebiasaan, kepercayaan dan agama.

Upacara tradisional yang sama memiliki pemahaman yang merupakan cara untuk melacak jejak sejarah orang-orang yang telah diturunkan dari zaman nenek moyang kita hingga saat ini. Upacara tradisional yang dimaksud di sini adalah upacara pernikahan, upacara pusaka cemas, upacara pelabuhan, upacara pemakaman dan banyak lainnya.

4. Tarian tradisional

Indonesia sendiri memiliki budaya yang tidak kalah dengan bangsa lain, yaitu tarian tradisional. Berbagai jenis tarian tradisional tersebar luas di seluruh kepulauan Indonesia, dari kembali ke Sabang hingga Merauke.

Memahami tarian pada umumnya adalah gerakan ritmis yang menghadirkan karakter seseorang saat berakting. Di Indonesia sendiri ia memiliki banyak jenis tarian tradisional yang telah berkembang di seluruh kepulauan Indonesia. Tarian ini lahir dari pemikiran dan diterapkan sebagai nilai kepercayaan bagi masyarakat setempat.

5. Bahasa daerah

Selain budaya Indonesia yang disebutkan di atas, bahasa lokal juga merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia yang patut dibanggakan. Bahasa regional adalah bahasa yang digunakan di area tertentu. Fungsi bahasa lokal itu sendiri adalah identitas suatu kelompok dalam komunitas tertentu. Jumlah bahasa daerah yang dimiliki oleh Indonesia mencapai hingga 652 bahasa.

Dengan beberapa penjelasan pada peta Indonesia, informasi geografis, data demografi Indonesia, toleransi Indonesia, manajemen lingkungan Indonesia, iklim di Indonesia, karakteristik iklim di Indonesia, kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Sehingga saya bisa lebih memahami bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya.

Peta Indonesia

Demikianlah informasi mengenai PETA INDONESIA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Batas Wilayah. Semoga informasi ini mampu meningkatkan pengetahuan berfikir kita tentang PETA INDONESIA : Kekayaan Alam, Kebudayaan, Batas Wilayah.

Leave a Reply