PETA BENUA AMERIKA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Budaya

PETA BENUA AMERIKA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Budaya

PETA BENUA AMERIKA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Budaya –

Peta Amerika – Di dunia ini, benua dibagi menjadi 7 jenis dan salah satu benua utama yang dipertimbangkan adalah benua Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ketika kedua benua bersatu dan disebut Amerika, luasnya akan menjadi 42.549.000 km2. Sedangkan populasi benua ini adalah sekitar 954.000.000 orang pada tahun 2013.

Salah satu negara di benua ini telah dijuluki negara adidaya berkat penyempurnaan teknologi selama perang dunia masa lalu. Siapa pun yang benar-benar berniat untuk mengunjungi negara ini harus mengetahui sekilas informasi tentang negara ini.

Gambar Peta Amerika

Peta Amerika

Peta tirai Amerika

Peta Amerika

Sejarah dan asal-usul Amerika

Peta Amerika

Sekitar 20.000 tahun yang lalu, Amerika dihuni oleh penduduk yang bermigrasi dari Asia. Sementara itu, berdasarkan teori tradisional, para imigran beremigrasi ke jembatan darat Beringia pada periode 40.000 – 17.000 tahun sebelum Masehi. Hal ini terjadi karena penurunan drastis permukaan laut selama glasiasi Kuarter.

Rute lain yang digunakan pada zaman kuno adalah migrasi dengan perahu dari pantai Pasifik ke Amerika Selatan. Migrasi kedua ini terjadi lagi dan bukti ditemukan dalam variasi genetik Athabaskan.

Selain itu, Amerika dihuni oleh orang-orang dari Kutub Utara yang mengembangkan budaya yang meluas ke semenanjung Alaska. Suku tersebut menciptakan budaya Paleo-Eskimo yang kemudian digantikan oleh Pra-Dorset dan juga oleh tradisi kemerdekaan Greenland.

Kelompok-kelompok dengan budaya pra-Dorset mulai digantikan dengan imigran dari pantai Laut Bering, Inuit. Suku Inuit juga beremigrasi ke Greenland ketika suku-suku lain tiba di Greenland, Viking. Namun, pada 1500-an, orang Viking mulai meninggalkan Greenland.

Selanjutnya disebut era pra-Kolombia. Periode ini adalah periode di mana ia pertama kali dipengaruhi oleh negara-negara dari Eropa. Pada saat itu, benua Amerika dihuni oleh masyarakat adat, seperti keturunan Mesoamerika dan Andes.

Setelah periode pra-Kolombia, periode kolonial Eropa dimulai di Amerika. Kolonisasi dimulai dengan kedatangan Christopher Columbus pada 1492. Setelah kedatangannya, benua Amerika mulai dikunjungi oleh Inggris dan Spanyol untuk membuat koloni baru mereka. Sebagian besar dari orang-orang ini benar-benar menetap di Amerika untuk mencari peluang ekonomi baru.

Informasi geografis Amerika

Peta Amerika

Benua Amerika ditemukan secara astronomis pada usia 10 tahunatauBB – 170atauBB dan 83atauLU – 55atauLS. Setelah mengetahui lokasi geografisnya. Benua ini terletak di bagian barat belahan bumi. Perbatasannya meliputi wilayah yang luas dari utara ke selatan.

Benua ini dikelilingi oleh berbagai samudera, seperti Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Arktik. Posisi geografis memungkinkan pembagian benua Amerika menurut wilayahnya, yaitu benua Amerika Utara dan benua Amerika Selatan.

Bentangan dari utara ke selatan ini mempengaruhi keragaman kondisi iklim di sana. Benua Amerika Utara memiliki banyak danau besar, termasuk danau yang ditemukan di negara Kanada. Sedangkan bagian selatan memiliki iklim tropis. Misalnya, Amazon di Amerika Selatan.

Lebar dua benua Amerika akan bersatu sekitar 42.549.000 km. Akibatnya, benua ini juga memiliki banyak budaya dan bahkan suku. Benua ini juga mencakup 35 negara.

Tentunya, Anda juga penasaran dengan keberadaan perbatasan di Amerika sebagai gantinya. Bagian utara benua dibatasi oleh Samudra Arktik. Bagian timur benua berbatasan dengan Samudra Atlantik. Bagian selatan benua dibatasi oleh Samudra Pasifik. Sementara bagian barat dibatasi oleh Samudra Pasifik dan juga oleh Selat Bering.

Iklim benua Amerika

Peta Amerika

Posisi suatu benua akan sangat mempengaruhi iklim dan cuaca di benua itu. Berkat bentangan yang cukup luas dari utara ke selatan, benua ini memiliki iklim yang berbeda. Negara di benua Amerika Utara memiliki iklim dingin. Sementara negara-negara Amerika bagian timur memiliki wilayah benua.

Pantai Alaska dan juga wilayah California memiliki iklim sedang. Amerika Barat secara geografis didominasi oleh gurun. Akibatnya, panasnya juga sangat menindas dan hujan pun berkurang. Benua di beberapa bagian Amerika Tengah memiliki iklim tropis yang lembab. Sementara bagian timur pegunungan Amerika Utara sebagian besar terdiri dari stepa.

Anda yang benar-benar berniat mengunjungi suatu negara di Amerika, maka Anda perlu mengetahui posisi negara tersebut untuk mengetahui iklimnya. Begitu Anda mengetahui iklimnya, adaptasi dan persiapan kebutuhan pakaian dan sebagainya bisa menjadi lebih matang.

Kekayaan alam Amerika

Peta Amerika

Setiap benua pasti memiliki kekayaan alam yang berbeda. Begitu juga dengan benua Amerika yang memiliki bentangan cukup luas dari utara ke selatan. Bagian dari potensi alam yang dimilikinya adalah dalam hal pertanian dan pertambangan. Masing-masing dari potensi kekayaan alam ini berusaha untuk dikelola dan pengembangan teknologi dilakukan secara intensif.

Beberapa negara di Amerika yang memiliki kekayaan alam untuk budidaya beras adalah negara-negara California, Giorgia, Carolina dan juga Texas. Pertanian kapas banyak dikembangkan di berbagai negara seperti Louisiana, Oklahoma, Texas, Arkansas, Nevada, Georgia dan Alabama. Sementara produk pertanian dalam bentuk kopi banyak dikembangkan di Argentina, Kolombia, Elsavador dan juga di Guatemala.

Produk pertanian berbasis gula banyak dikembangkan di Hawaii, Mississippi, Louisiana, Karibia dan Kuba, sumber daya alam yang tidak jauh berbeda dalam pertanian dari benua. Sementara sumber daya alam lainnya yang juga menjadi ciri khas benua adalah pertambangan.

Di sektor pertambangan, Amerika mengandung banyak minyak, gas alam, batu bara, tembaga, emas dan perak. Beberapa negara yang memiliki banyak tambang minyak dan juga gas alam adalah Meksiko dan Venezuela.

Beberapa daerah yang memiliki banyak batu bara adalah Appalachian dan Chili, beberapa negara kaya tembaga adalah Arizona, Peru, Bolivia, dan Meksiko. Sementara emas dan perak ditemukan di daerah perbatasan Missouri dan Meksiko.

Negara-negara di Amerika

Peta Amerika

Anda pasti penasaran dengan 35 negara yang ada di Amerika. Penjelasan nama-nama negara di benua ini akan dibagi menjadi tiga khususnya benua Amerika Utara, benua Amerika Tengah dan benua Amerika Selatan.

Semua negara di benua Amerika Utara:

1. Amerika Serikat dengan ibukota Washington DC

Tentunya Anda sudah mengenal negara Amerika Serikat. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaan dari penjajahan Inggris untuk pertama kalinya pada 4 Juli 1776. Total wilayahnya adalah 9.826.675 km2.

2. Kanada dengan ibu kota Ottawa

Kanada dianggap sebagai negara terbesar di Amerika Utara seluas 9.984.670 km2, Banyak penduduk yang menduduki negara ini adalah 35.427.524 jiwa.

3. Meksiko dengan ibu kota Mexico City

Negara lain di benua Amerika Utara adalah Meksiko, yang memiliki luas 1.964.375 km2, Negara ini memiliki kepadatan populasi yang jauh lebih tinggi daripada Kanada dengan 119.713.203 penduduk.

Ada lebih banyak negara berdaulat di benua Amerika Tengah daripada yang ada di benua Amerika Utara.

4. Antigua dengan ibu kota John

Desa dengan daerah kecil adalah Antigua. Negara ini memiliki luas 281 km saja2Juga populasi penduduk yang menempati negara ini tidak banyak, yaitu 80,161 pada tahun 2011.

5. Belize dengan ibu kota Belmopan

Negara berikutnya di Amerika Tengah adalah Belize. Negara ini menggunakan berbagai bahasa sehari-hari mulai dari bahasa Inggris hingga Kriol hingga Spanyol. Negara ini memiliki populasi sekitar 349.728 orang.

6. Dominika dengan ibu kota Rosseau

Negara Dominika memiliki luas 751 km2, Total populasi yang menempati area tersebut adalah 71.293 jiwa. Setiap hari penduduk di negara ini menggunakan bahasa Prancis, patois, dan Inggris.

7. El Salvador dengan ibu kota San Salvador

Negara-negara di Amerika yang biasanya menggunakan bahasa Spanyol adalah El Salvador. Negara ini memiliki kepadatan populasi 6.401.240 orang.

8. Guadeloupe dengan ibu kota Basse-Terre

Guadeloupe adalah negara bagian Amerika Tengah yang tidak terlalu besar. Negara ini dihuni oleh populasi 405.739 orang.

9. Guatemala dengan ibu kota Guatemala

Guatemala adalah negara yang dihuni oleh populasi 15.880.675 orang dengan total luas 108.889 km2, Negara ini juga bisa mengerti bahasa Spanyol, karena memang ada leluhur yang berasal dari Spanyol.

10. Haiti dengan ibu kota Port au Prince

Bahasa yang paling banyak digunakan di Haiti adalah Creole dan Prancis. Jumlah orang yang tersisa di negara ini adalah 10.745.665.

11. Kepulauan Grenada dengan ibukota St. George

Benua Amerika juga terkenal dengan Kepulauan Grenada. Bahasa sehari-hari yang digunakan di daerah ini adalah bahasa Inggris. Total populasi yang menghuni negara ini adalah 103.328 jiwa.

12. Honduras dengan ibu kota Tegucigalpa

Anda yang pandai berbicara bahasa Spanyol juga bisa berlibur di Honduras. Di negara itu, bahkan bahasa sehari-hari menggunakan bahasa Spanyol.

13. Jamaika dengan ibu kota Kingston

Jamaika sebagai salah satu negara di Amerika Tengah memiliki luas 10.991 km2, Negara ini dihuni oleh populasi 2.890.299 orang.

14. Kosta Rika dengan ibu kota San Jose

Kosta Rika menggunakan bahasa sehari-hari Spanyol. Kota ini dihuni oleh populasi 4.667.096 jiwa.

15. Kuba dengan ibukota Havana

Negara di Amerika yang terkenal dengan sistem kesehatan terbaik kedua adalah Kuba. Dunia medis di negara ini berkembang pesat.

16. Martinik dengan ibu kota Fort de France

Negara Martinik adalah negara dengan luas 1.128 km2, Kota ini dihuni oleh 392.291 jiwa.

17. Nikaragua dengan ibu kota Managua

Negara di Amerika yang juga menggunakan bahasa Spanyol adalah Nikaragua. Negara ini memiliki populasi 6.071.045 jiwa.

18. Panama dengan ibukota Panama

Panama memiliki luas 75.417 km2, Total wilayah negara ini adalah 3.405.813 orang.

19. Puerto Riko dengan ibu kota San Juan

Negara Amerika Utara yang menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol adalah Puerto Riko. Negara ini memiliki populasi 3.615.086 jiwa.

20. Republik Dominika dengan ibu kota Santo Domingo

Bahasa Spanyol juga digunakan di Republik Dominika. Negara ini memiliki populasi 10.378.267 jiwa.

21. Saint Lucia dengan ibu kota Casterie

Saint Lucia sebagai salah satu negara bagian di Amerika Tengah menggunakan bahasa sehari-hari bahasa Inggris, Prancis, dan Creole. Total populasi sekitar 180.000.

22. St. Vinncent dan Grenadines dengan ibu kota Kingstown

Salah satu negara bagian di Amerika Tengah adalah St. Vincent and the Grenadies yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Populasi negara ini adalah 109.000.

23. Trinidad dan Tobago dengan ibukota pelabuhan Spanyol

Salah satu negara di Amerika Tengah yang juga menggunakan bahasa Inggris adalah Trinidad dan Tobago. Populasi negara ini adalah 1.328.019 orang.

Itu berakhir dengan diskusi tentang berbagai negara di benua Amerika Tengah, jadi Anda juga harus tahu berbagai negara di benua Amerika Selatan. Inilah beberapa negara ini.

24. Argentina dengan ibu kota Buenos Aires

Negara ini dirilis untuk pertama kalinya dari koloni Spanyol pada 15 Mei 1810. Negara ini termasuk dalam negara benua Amerika Selatan dengan wilayah yang luas. Populasi negara ini pada 2016 adalah 43.847.430 orang.

25. Bolivia dengan ibu kota Sucre

Negara yang dianggap luas dan berada di wilayah Amerika Selatan adalah Bolivia. Negara ini memiliki luas 1.098.581 km2.

26. Brasil dengan ibu kota Brazilia

Negara Brasil terpisah untuk pertama kalinya dari kerajaan Portugal pada 7 September 1822. Negara ini memiliki kepadatan 23,8 per kilometer persegi.

27. Chili dengan ibu kota Santiago

Negara yang membebaskan diri dari koloni Spanyol juga adalah Chili, pada tahun 2015, negara ini memiliki populasi 18.006.447.

28. Ekuador dengan ibu kota Quito

Salah satu negara Amerika Selatan yang juga menyingkirkan koloni Spanyol adalah Ekuador. Negara ini dirilis pada 10 Agustus 1809.

29. Guyana dengan ibu kota George Town

Guyana sebagai negara di Amerika Selatan memiliki populasi 783.769 jiwa. Negara ini menggunakan bahasa sehari-hari dalam bentuk bahasa Inggris dan Belanda.

30. Guyana Prancis dengan ibu kota Cayenne

Guyana Prancis adalah sebuah negara di wilayah pesisir Karibia. Di masa lalu, negara ini pernah diduduki oleh penduduk dari Perancis.

31. Kolombia dengan ibu kota Bogota

Negara Amerika Selatan yang menyingkirkan koloni Spanyol adalah Kolombia. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaan pada 20 Juli 1810.

32. Paraguay dengan ibukota Assuncion

Paraguay memutuskan untuk merdeka 14 Mei 1811. Saat ini populasi Paraguay adalah 7.152.703 jiwa (2019).

33. Peru dengan ibu kota Lima

Negara yang juga menyingkirkan koloni kerajaan Spanyol adalah Peru. Deklarasi Kemerdekaan berlangsung pada 28 Juli 1821.

34. Suriname dengan ibu kota Paramaribo

Bahasa resmi Suriname adalah bahasa Belanda. Negara ini terdiri dari banyak kelompok etnis.

35. Uruguay dengan ibu kota Montevidio

Uruguay memiliki 3 kelompok etnis: Bangsa Putih, Mestizo dan juga Bangsa Gelap. Negara ini membebaskan diri dari Kerajaan Brasil pada 25 Agustus 1825.

36. Venezuela dengan ibukota Caracas

Negara yang juga menggunakan bahasa Spanyol adalah Venezuela. Pada awalnya ia menjadi independen dari koloni Spanyol pada 5 Juli 1811.

Budaya di Amerika

Peta Amerika

Negara paling terkenal di Amerika adalah Amerika Serikat. Pada zaman kuno, leluhur negara ini adalah tentara dari Inggris dan suku-suku India. Sejak kemerdekaan dan konstitusi negara mereka sendiri, Amerika Serikat telah mengadopsi kebijakan penerimaan banyak imigran dari berbagai negara.

Sebagian besar imigran telah pindah untuk menjadi warga di sana. Pemerintah telah memberlakukan peraturan untuk terus menerapkan budaya penduduk. Akibatnya, Amerika Serikat memiliki multikulturalisme.

Berbagai bahasa di Amerika

Peta Amerika

Benua Amerika memiliki sejarah kolonisasi yang panjang dari berbagai belahan Eropa. Itu sebabnya ada begitu banyak bahasa yang digunakan di benua ini. Sebagian besar bahasa yang digunakan berasal dari Eropa, khususnya dari bahasa Inggris.

Bahasa sehari-hari yang banyak digunakan adalah Spanyol, Prancis, Belanda dan juga Creole. Pengembangan multibahasa juga terjadi berkat kebijakan pemerintah Amerika Serikat yang menawarkan kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi penduduk.

Tempat wisata di Amerika

Peta Amerika

Amerika sebagai benua yang luas juga menawarkan berbagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Beberapa tempat seperti Hawaii aman untuk didengar. Selain tempat-tempat ini, ada juga Florida Keys, Walt Disney World Resort, Taman Nasional Yellowstone dan sebagainya.

Salah satu pantai Hawaii yang terkenal adalah Waikiki. Negara ini sangat populer dengan pantainya yang juga terintegrasi dengan kota-kota modern. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung menikmati suasana untuk berjemur dan berselancar.

Anda pasti mengerti bukan berbagai informasi yang berhubungan dengan Amerika. Informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penelitian universitas, pergi berlibur dan hanya untuk mempelajari peta geografis.

Peta Amerika

Demikianlah info tentang PETA BENUA AMERIKA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Budaya. Semoga informasi ini mampu meningkatkan wawasan berfikir anda tentang PETA BENUA AMERIKA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Budaya.

Leave a Reply