PETA ASIA TENGGARA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Kebudayaan

PETA ASIA TENGGARA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Kebudayaan

PETA ASIA TENGGARA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Kebudayaan –

Peta Asia Tenggara – Asia Tenggara adalah salah satu wilayah daratan Asia Tenggara. Jika dilihat pada peta Asia Tenggara, wilayah tersebut meliputi Semenanjung Melayu, Indocina dan semua pulau di sekitarnya.

Dilihat dari posisi Asia Tenggara, itu adalah wilayah yang cukup strategis dan menjadi saluran perdagangan internasional. Ini adalah keuntungan yang jelas bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk kemajuan negara mereka.

Gambar peta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Asal usul Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Asia Tenggara dibagi menjadi 2 bagian jika dilihat secara geografis, termasuk:

1. Asia Tenggara

Negara-negara yang ditemukan di wilayah benua Asia Tenggara adalah Laos, Vietnam, Kamboja, Vietnam dan Thailand.

2. Maritim Asia Tenggara

Sedangkan negara-negara di kawasan maritim Asia Tenggara adalah Malaysia, Singapura, Filipina, Indonesia, Brunei Darusalam dan Timor Timur. Kelompok antara daratan Asia Tenggara dan maritim Asia Tenggara adalah dibentuk atas dasar negara-negara geografis di bagian wilayah itu.

Tetapi ada daerah di Asia Tenggara yang dilihat secara politis dan administratif. Wilayah tersebut adalah negara Taiwan yang memasuki Asia Timur dan pulau Koskos dan crismast berbasis administrasi memasuki Australia.

Sejarah Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Asia Tenggara adalah wilayah yang memiliki kekayaan sumber daya alam seperti rempah-rempah, mineral penting, kayu, logam dan sebagainya. Dapat dilihat dari peta Asia Tenggara bahwa lokasinya sangat strategis di jalur perdagangan dunia internasional. Jadi jangan heran jika Asia Tenggara selalu dalam teks negara-negara Barat.

Disorot oleh banyak negara barat yang telah membentuk koloni di wilayah Asia Tenggara kecuali Thailand. Latar belakang yang dialami oleh negara-negara Asia Tenggara memiliki nasib dan kesinambungan yang sama karena telah dijajah oleh negara-negara Barat. Karena kesamaan menyakitkan dalam sejarah yang panjang, sebuah organisasi bernama ASEAN dibentuk.

Konteks pembentukan ASEAN

Peta Asia Tenggara

Membangun organisasi yang kuat seperti ASEAN tidak mudah dan membutuhkan komitmen yang kuat dari semua anggota. ASEAN tidak bisa begitu saja berdiri, tetapi membutuhkan hal-hal di belakangnya. Berikut ini adalah beberapa informasi latar belakang tentang pembentukan organisasi ASEAN:

  • Lokasi geografis: semua anggota berada di area yang sama, yaitu di Asia Tenggara.
  • Budaya: Negara-negara Asia Tenggara memiliki budaya yang sama.
  • Pengalaman historis yang sama: semua anggota negara-negara ASEAN memiliki cerita yang sama yang pernah dijajah oleh negara-negara Barat, khususnya Inggris dan sekutunya.
  • Minat: dalam membentuk organisasi ASEAN, semua anggota memiliki tujuan dan minat yang sama, yaitu untuk memajukan negara.

Daftar negara-negara Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Ada 11 negara di kawasan Asia Tenggara dan semua negara adalah anggota organisasi ASEAN.

1. Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan dan mencakup ribuan kota. Total wilayah Indonesia mencapai 1.904.000 km persegi. Sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari lautan dan berbagai jenis produk pertanian seperti tambang, pertanian dan kelautan. Pemimpin presiden Indonesia dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum.

2. Singapura

Singapura memiliki wilayah kecil hanya 62 kilometer persegi, itulah sebabnya negara ini maju pesat. Anda dapat melihat di peta Indonesia bahwa Singapura berbatasan dengan Selat Singapura, Selat Malaka, Selat Karimata, dan Johor.

3. Malaysia

Malaysia memiliki luas 5.765 kilometer persegi dan terdiri dari ribuan kota. Mayoritas penduduk di negara Malaysia adalah Melayu dan Cina. Sementara sebagian besar agama adalah Islam, Kristen, Konfusianisme, dan Budha.

4. Thailand

Thailand adalah salah satu negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain. Ini memiliki luas 512.820 km persegi dan terdiri dari ribuan kota di kota Bangkok. Pemerintahannya mengambil bentuk kerajaan konstitusional dan diperintah oleh seorang raja. Sementara kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.

5. Filipina

Filipina memiliki luas 300.322 km persegi dan terdiri dari ribuan kota di kota Manila. Negara ini berbatasan dengan negara Taiwan di utara dan selatan dengan laut Sulawesi. Di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik dan di sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina. Filipina memiliki pemerintahan dalam bentuk republik.

6. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memiliki ribuan kota di Bandar Seri Begawan dan memiliki luas 5.765 kilometer persegi. Negara ini berbatasan langsung dengan Cina selatan dan Malaysia. Penghasilan utama adalah minyak, sedangkan mata uang yang digunakan adalah dolar.

7. Kamboja

Kamboja memiliki ribuan kota di Phnom Penh dan memiliki luas 181.035 kilometer persegi. Negara ini berbatasan dengan Thailand dan Laos. Sebagian besar populasi adalah khamer. Bentuk negara adalah kerajaan yang dipimpin oleh raja, sedangkan kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.

8. Laos

Laos memiliki ribuan kota di Vientiane dan berbatasan dengan Vietnam di timur dan di utara oleh RRC. Sementara barat berbatasan dengan Myanmar dan Thailand dan selatan berbatasan dengan Thailand dan Kamboja.

9. Vietnam

Vietnam memiliki ribuan kota di Hanoi. Penduduk asli Vietnam berasal dari suku Cahmpa dan Montagnard, Khamer dan Cina, Tay dan juga Nung. Pendapatan utama berasal dari penambangan batu bara, sedangkan produksi pertanian adalah beras. Mata uang yang berlaku adalah Dong.

10. Myanmar

Myanmar memiliki ribuan kota di Naypyitaw dan memiliki luas 978.036 kilometer persegi, sementara Vietnam memiliki penduduk asli yang masih merupakan keturunan suku Shan Karen, Kachin, Mon, dan Myanmar Myanmar. Produk alami utama adalah gandum, beras, jagung, dan kayu jati.

11. Timor Timur

Timor Timur memiliki ribuan kota di Dilli, penduduk asli suku Galo, Timor, dan Tetum yang merupakan suku asli negara tersebut. Kepala pemerintahan adalah perdana menteri, sedangkan bahasa yang digunakan adalah tetanus dan Portugis. Mata uang yang berlaku di Timor Lorosae adalah dolar.

Kekayaan alam di Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Asia Tenggara memiliki iklim tropis, yang berarti bahwa wilayah ini menerima curah hujan yang cukup dan mendapatkan matahari sepanjang tahun. Inilah sebabnya mengapa wilayah Asia Tenggara sangat subur dan cocok untuk berbagai jenis sumber daya alam dan rempah-rempah.

Banyak bahan baku rempah-rempah yang berasal dari Asia Tenggara diekspor ke negara lain dan Indonesia adalah pengekspor rempah-rempah. Ada 5 negara yang lebih kaya daripada ASEAN yang memiliki ekonomi yang baik berdasarkan pendapatan referensi per kapita pada tahun 2018.

1. Singapura

Singapura adalah salah satu negara dengan ekonomi paling mapan, terbaik dan terkaya di Asia Tenggara. Selain menjadi salah satu negara terkaya di Asia Tenggara, Singapura juga termasuk dalam 10 negara terkaya di dunia.

Tidak selalu, bahwa negara besar selalu menjadi negara paling makmur. Karena dengan wilayah negara-negara kecil di Asia Tenggara, tetapi Singapura telah terbukti menjadi negara maju dan terdepan di ASEAN. Sebagian besar perekonomian Singapura dipegang oleh sektor pariwisata dan industri.

2. Brunei Darusalam

Brunei Darussalam adalah negara terkaya kedua di kawasan Asia Tenggara. Brunei adalah negara yang memiliki wilayah kecil dan hanya menempati satu tanah atau pulau dengan Kalimantan dan Malaysia, meskipun negara ini memiliki tambang emas yang sangat berlimpah dan merupakan produk unggulan yang diekspor di negara lain.

3. Malaysia

Kita semua tentu tahu menara kembar warga Malaysia yang merupakan ikon negara. Menara Kembar Petronas adalah salah satu bangunan kembar tertinggi di dunia. Ini adalah daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjungi Malaysia dan memiliki pertumbuhan yang cukup cepat di sektor pariwisata.

Tidak hanya dari sektor pariwisata, tetapi juga perkembangan perdagangan Islam dan keuangan Islam atau Islam berkembang dengan sangat baik. Dari sumber daya alam dan sektor industri seperti barang tambang di negara ini, juga berkontribusi besar terhadap pendapatan negara.

4. Thailand

Thailand adalah negara terkaya keempat di Asia Tenggara. Selain memiliki julukan negara Gajah Putih, negara ini juga mendapat julukan Negara Padi Sawah. Karena Thailand adalah negara penghasil beras terbesar di dunia dan memiliki jenis beras yang sangat terkenal.

Thailand juga memiliki ekspor produk teknologi seperti mobil, perangkat listrik, dan komponen elektronik. Sektor pertambangan dan pariwisata juga mendukung pendapatan negara, sehingga Thailand memiliki total pendapatan per kapita hampir 6.000 dolar AS.

5. Indonesia

Indonesia adalah negara terkaya kelima di Asia Tenggara pada tahun 2018. Namun sayangnya, Indonesia masih jauh di belakang tetangganya seperti Brune Darussalam dan Singapura. Sehingga penghasilan per kapita hanya mencapai 3.000 dolar AS. Tidak bisa dipungkiri, jika di masa depan Indonesia harus menghadapi tantangan ekonomi global akibat persaingan yang ketat.

Sumber daya alam di Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Asia Tenggara memiliki hutan yang luas dan subur. Asia Tenggara ditutupi oleh hutan yang mencapai lebih dari 50%. Hutan menghasilkan berbagai jenis kayu berkualitas. Di Asia Tenggara terdiri dari berbagai jenis hutan, termasuk hutan hujan tropis, hutan pesisir, semak belukar, hutan gunung, hutan rawa dan hutan tropis (ekuator).

Jenis-jenis hutan yang tumbuh adalah hutan tropis, sedangkan karakteristik hutan tropis adalah sebagai berikut:

  • Sepanjang tahun daunnya berwarna hijau.
  • Jarak antar pohon cukup dekat dan ditutupi oleh daun tebal.
  • Jenis tanaman ada lapisannya.
  • Banyak tanaman merambat dan hama.

Pertanian di Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Negara-negara Asia Tenggara kecuali Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Sebagian besar penduduk bekerja di pertanian. Sedangkan jenis tanaman dibagi menjadi tanaman pangan dan tanaman untuk diperdagangkan.

1. Pertanian tanaman pangan

Jenis tanaman pangan utama adalah beras. Padi ditanam di semua bagian Asia Tenggara, kecuali Singapura. Negara-negara penghasil beras utama adalah Indonesia, Myanmar, Thailand dan Vietnam. Sementara produk berbasis beras dari Myanmar, Vietnam dan Thailand diekspor ke negara lain.

Beberapa faktor yang mempengaruhi padi ditanam di wilayah Asia Tenggara adalah:

  • Di Asia Tenggara ada banyak dataran datar seperti dataran pantai, delta dan lembah sungai
  • Curah hujan terjadi sepanjang tahun antara 1.500 dan 3.000 mm
  • Ini memiliki suhu bisnis yang tinggi 25-30 derajat Celcius.
  • Asia Tenggara memiliki tanah subur yang vulkanik dan aluvial.
  • Lebih mudah melakukan penyiraman.
  • Tenaga kerja yang memadai tersedia

2. Perdagangan tanaman pertanian

Tanaman komersial utama di Asia Tenggara adalah kelapa sawit dan karet. Kedua jenis tanaman ini banyak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia. Asia Tenggara sendiri menyediakan lebih dari 70% permintaan minyak kelapa sawit dunia. Negara-negara penghasil minyak kelapa sawit utama adalah Indonesia dan Malaysia.

Bahan tambang di Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Berbagai mineral diproduksi dari wilayah Asia Tenggara. Bahan ekstraksi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu logam, bukan logam dan bahan bakar.

1. Bahan ekstraksi logam

Bahan ekstraksi logam yang diproduksi di Asia Tenggara termasuk bijih besi, bijih timah, emas, tembaga, bauksit, nikel, kromium, dan tungsten atau tungsten.

2. Bahan tambang non-logam

Jenis mineral non-logam yang diproduksi di Asia Tenggara adalah garam batu dan batu mulia.

3. Bahan ekstraksi bahan bakar

Jenis bahan bakar penambangan yang diproduksi di Asia Tenggara adalah minyak, batu bara dan gas alam.

Budaya di Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

1. Indonesia

Budaya yang menjadi milik Indonesia adalah seluruh budaya nasional dan budaya daerah yang telah ada sebelumnya. Budaya nasional berdasarkan Pancasila adalah inkarnasi kreativitas, karya dan inisiatif bangsa ini.

Budaya daerah di Indonesia tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di semua lapisan wilayah di Indonesia, termasuk rumah tradisional, tarian, lagu-lagu tradisional dan alat musik.

2. Malaysia

Malaysia adalah negara yang memiliki populasi yang relatif aman. Penduduk utama Malaysia adalah Islam Melayu, India, dan Cina. Orang Melayu memiliki pengaruh yang sama dalam politik seperti di Thailand. Di arena di Malaysia hampir sama dengan Jawa.

Seni tradisional di Malaysia berpusat di bagian barat semenanjung. Menimbang bahwa masyarakat India merupakan 7,5% di sektor pahatan, perak, dan tenun.

3. Singapura

Budaya di Singapura sering disebut sebagai campuran budaya Inggris, Peranakan, India, Cina, dan Melayu. Ini karena dipengaruhi oleh populasi yang besar dan latar belakang imigran. Agama Cina di Singapura hampir 40% beragama Budha, sedangkan Melayu adalah Muslim, India Hindu, sementara yang lain Kristen.

Sejak 1990-an, pemerintah Singpura telah berusaha mempromosikan berbagai jenis seni dan budaya, terutama teater.

4. Thailand

Budaya Thailand dipengaruhi oleh perkembangan agama, di mana agama Buddha merupakan mayoritas di negara itu. Jenis budaya yang dikembangkan adalah tarian, tarian ini sering dipamerkan pada berbagai tahap seni internasional. Tarian Thailand meliputi tarian phon poothai, tarian pong-laang, tarian sri-chaiyasing, tarian serng-tang-wai, tarian khon, tarian ayam dari lagu itu dan tarian sao mai.

5. Vietnam

Budaya di Vietnam dipengaruhi oleh negara-negara tetangga, tetapi pada prinsipnya tetap kuat untuk menekankan tugas keluarga. Di negeri ini pendidikannya sangat dihargai dan dihormati. Dalam dokumen sejarah, lulus ujian Royal Mandarin adalah salah satu cara di mana populasi Vietnam berkembang secara sosial.

6. Laos

Budaya Laos sangat dipengaruhi oleh agama Theravada. Efeknya bisa dilihat dalam bahasa. Sastra, tarian dan lainnya. Salah satu budaya Laos yang paling penting ditemukan di dataran Guci. Laos memiliki musik yang didominasi oleh instrumen nasionalnya yang disebut khaen (sejenis tabung bambu).

Ada dua jenis tarian yang terkenal, yaitu tarian klasik yang dilakukan oleh kerajaan dan tarian rakya.

7. Kamboja

Kamboja kaya akan sejarah yang bervariasi dan sekuler. Budaya dipengaruhi oleh budaya India. Namun dalam perkembangannya budaya Kamboja juga dipengaruhi oleh Buddhisme Theravada.

8. Filipina

Filipina hampir sama dengan di Indonesia, dengan banyak pulau dan dibentuk oleh banyak suku. Negara ini memiliki budaya yang sangat lestari dan masih utuh naik turun. Dalam hal tarian, orang Filipina suka menyanyi saat pesta di depan umum.

Rumah tradisional, Bahay Kubo adalah salah satu rumah tradisional di Filipina. Rumah tradisional terdiri dari nipah, bambu dan daun kelapa.

9. Brunei Darusalam

Budaya Bruney Darussalam sama dengan budaya Melayu dan memiliki pengaruh besar dari Islam dan Hindu, tetapi dibandingkan dengan Malaysia itu lebih konservatif. Di negara ini, penjualan alkohol sangat dilarang: dengan masalah ini, semua klub malam di negara ini terpaksa ditutup.

10. Timor Lorosae

Budaya Timor Lorosa'e mencerminkan berbagai pengaruh, termasuk Katolik Roma, Portugis, dan Melayu. Budaya negara ini juga sangat dipengaruhi oleh legenda Austronesia. Beberapa bangunan bergaya Portugis masih ditemukan dan bahkan rumah totem tradisional untuk wilayah timur dikenal sebagai lulik uma atau rumah suci di Tetum.

11. Myanmar

Penduduk Myanmar adalah keturunan ras Mongolia dan beberapa keturunan dari Pakistan dan India. Sebagian besar penduduk menganut agama Buddha dan hanya sebagian yang menganut agama Konfusius (Konfutse). Di negara ini ada Pagoda Shawe Dagon dan tepatnya di Ranggon yang ditutupi dengan emas.

Dengan beberapa penjelasan tentang Peta Asia Tenggara, asal-usulnya, latar belakangnya, sejarahnya, daftar negara-negara Asia Tenggara, budaya, kekayaan dan sumber daya alam di Asia Tenggara. Saya harap Anda dapat memperluas wawasan Anda di Asia Tenggara.

Peta Asia Tenggara

Demikianlah informasi tentang PETA ASIA TENGGARA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Kebudayaan. Semoga info ini dapat memberikan pengetahuan berfikir anda tentang PETA ASIA TENGGARA : Kekayaan Alam, Batas Wilayah, Kebudayaan.

Leave a Reply