Wawasan Nusantara : Pengertian, Fungsi, Hakekat, Konsep, Asas, Unsur

Wawasan Nusantara : Pengertian, Fungsi, Hakekat, Konsep, Asas, Unsur

Wawasan Nusantara : Pengertian, Fungsi, Hakekat, Konsep, Asas, Unsur –

Intuisi nusantara adalah perspektif dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri mereka sendiri dan bentuk geografi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sikap ini bertujuan untuk menghormati dan memprioritaskan keragaman di Indonesia. mencapai tujuan nasional Indonesia.

Secara etimologis (bahasa), Nusantara Insight berasal dari 3 kata Jawa, yaitu Wawas, Nusa dan Antara. Wawas berarti penglihatan. Gambaran umum, penglihatan sensorik. Kata Nusa sendiri memiliki arti sebuah pulau (unit nusantara). Sedangkan arti kata Antara adalah dua benua dan dua samudera.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Wawasan Kepulauan menunjukkan perspektif Indonesia tentang kesatuan pulau-pulau yang ada antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua lautan (India dan Pasifik).

Dasar hukum Nusantara Insight, yang diterima sebagai konsepsi kebijakan kewarganegaraan adalah di:

  1. TAP MPR No. IV / MPR / 1973 tanggal 22 Maret 1973
  2. TAP MPR No. IV / 1978 tanggal 22 Maret 1978 berkaitan dengan GBHN
  3. TAP MPR No. II / MPR / 1983 tanggal 12 Maret 1983.

para ahli memahami intuisi nusantara
garisdinding.blogspot.com

Memahami Archipelago Insights dapat dipahami lebih dalam melalui rujukan dan pendapat para ahli. Berikut ini adalah pemahaman Nusantara Insights yang dikemukakan oleh para ahli:

Intuisi nusantara adalah perspektif orang Indonesia untuk menganggap diri mereka dan tanah mereka sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang berbeda.

Intuisi nusantara adalah perspektif masyarakat Indonesia tentang diri dan lingkungan mereka dalam keberadaan yang terhubung dan perluasannya di tengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan pada prinsip-prinsip ; kepulauan.

Nusantara Insight adalah sebuah perspektif. Bagaimana memahami, bagaimana menghargai, bagaimana berperilaku, bertindak, berpikir dan berperilaku untuk orang Indonesia sebagai hasil dari proses psikologis dan sosial-budaya dalam arti luas dengan aspek lelang bersyukur.

Intuisi nusantara adalah perspektif orang Indonesia tentang diri mereka sendiri dan lingkungan mereka berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sesuai dengan geografi nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuannya. tujuan dan cita-cita nasional.

Intuisi nusantara adalah doktrin politik rakyat Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup Republik Indonesia dalam menjaga kelangsungan hidup Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dengan mempertimbangkan pengaruhnya geografi, ekonomi, teknologi, demografi dan kemungkinan strategis yang tersedia.

Archipelago Insight adalah nilai yang menjiwai semua hukum dan peraturan yang berlaku untuk semua lapisan di seluruh wilayah Indonesia, untuk menggambarkan sikap dan perilaku, pemahaman dan semangat nasionalisme atau 39; nasionalisme tinggi yang merupakan identitas atau identitas bangsa Indonesia.

Intuisi nusantara adalah perspektif dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungan, mengutamakan persatuan dan keutuhan bangsa dan unit regional dalam mengatur kehidupan orang, bangsa dan negara untuk mencapai tujuan nasional.

Esensi Wawasan Nusantara

esensi intuisi di nusantara
abulyatama.ac.id

Dalam hal ini, esensi dari Archipelago's Insight adalah integritas Nusantara dalam arti perspektif holistik di Nusantara secara keseluruhan untuk kepentingan bangsa dan negara. . Semua lapisan masyarakat yang menjadi warga negara Indonesia, baik pejabat maupun rakyat jelata, harus mampu berpikir dan bertindak demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

semua produk lembaga negara harus dibuat dengan tujuan dan kepentingan bangsa. Kepentingan daerah, kelompok dan individu harus dikesampingkan. Dengan demikian, esensi Nusantara Insight adalah integritas dan kesatuan wilayah nasional atau bangsa dan wilayah.

Poin-poin Garis Besar Kebijakan Negara atau GBHN juga menyatakan bahwa esensi dari Archipelago's Insight memanifestasikan dirinya dalam pernyataan bahwa kepulauan adalah unit ekonomi, pertahanan, dan sosial-budaya.

Wallpaper Archipelago Insight

visi kepulauan
sahabatnesia.com

Latar belakang Nusantara Insights adalah aspek-aspek penting berikut:

Filsafat Pancasila

Pancasila adalah basis negara Indonesia. di dalamnya ada nilai-nilai yang menjadi referensi bagi komunitas yang terhubung dengan Nusantara Insights, yaitu:

  • Hak asasi manusia, yang meliputi kebebasan masyarakat untuk merangkul dan melakukan pemujaan sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
  • Prioritaskan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi dan kelompok.
  • Melakukan musyawarah untuk mencapai konsensus.

Wilayah Kepulauan

Aspek teritorial kepulauan didasarkan pada lokasi geografis Indonesia yang terkait erat dengan kelompok etnis, sumber daya alam dan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Sejarah indonesia

Tanah air dibentuk melalui proses yang panjang dan pahit. Orang tidak ingin memiliki pengalaman sejarah yang serupa sehingga perpecahan dapat terulang kembali. kemerdekaan yang telah dicapai hari ini harus dijaga dan seluruh masyarakat harus melindungi masing-masing wilayahnya.

Budaya sosial

Indonesia memiliki ratusan kelompok etnis dan budaya, adat, bahasa dan agama yang berbeda. Keragaman berpotensi menyebabkan konflik dalam interaksi antara orang-orang. Untuk alasan ini, masyarakat harus memahami Wawasan Kepulauan dan menjadikannya panduan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai kelompok etnis.

Konsep Archipelago Insight

konsep intuisi di nusantara
jalandamai.org

Wawasan Nusantara memiliki beberapa konsep dasar, termasuk:

  • Konsep persatuan dan persatuan

Arti dari konsep ini adalah keberadaan Insight of the Archipelago yang memiliki tujuan untuk memperkuat nilai persatuan dan persatuan di antara kelompok etnis di seluruh dunia. Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak boleh membuat perbedaan dalam bahasa, perbedaan regional dan etnis untuk menjaga kesatuan Indonesia dan mencapai tujuan nasional.

Arti konsep kebangsaan adalah bahwa negara Indonesia terdiri dari anggota bangsa dan etnis. Tanah air dibentuk atas dasar kehendak dan perjuangan berbagai komponen warga negara Indonesia. Karena itu, pengetahuan tentang hal ini harus dimiliki untuk menjaga persatuan nasional.

  • Konsep persatuan dalam keanekaragaman

Arti Unity in Diversity adalah bahwa Indonesia memiliki komunitas budaya yang beragam dengan latar belakang yang berbeda. Moto ini bukan hanya kata yang mudah diucapkan. Namun, itu harus dilakukan dengan baik oleh semua elemen masyarakat.

Indonesia adalah negara kepulauan, di mana konsepnya adalah samudera yang berserakan dengan pulau-pulau. Lautan ini bisa digunakan sebagai sarana pemersatu. Untuk alasan ini, pengetahuan tentang Indonesia sebagai negara kepulauan dan maritim akan menjadi pembelajaran yang dapat menyatukan Indonesia.

Prinsip Wawasan Kepulauan

prinsip intuisi di nusantara
sosiologis.com

The Insight Principle Archipelago adalah hal mendasar yang harus dipatuhi, dipelihara, dipatuhi, dan diciptakan untuk mencapai kepatuhan di negara Indonesia yang berbasis suku atau kelompok yang dapat membuat perjanjian bersama. Prinsip Wawasan Nusantara terdiri dari:

Untuk mencapai tujuan dan cita-cita kepulauan nasional Indonesia, penerapan Wawasan Kepulauan harus didasarkan pada rasa kepentingan yang sama.

Setiap warga negara tidak boleh memprioritaskan kepentingan kelompok dan kelompok dalam upaya mencapai tujuan dan cita-cita tim nasional. pihak lain seharusnya tidak merasa dirugikan dalam hal ini. keadilan harus tercermin bahkan ketika seseorang terlibat dalam kehidupan sosial, masyarakat dan negara.

Saat menjalankan Archipelago Insight, kejujuran harus menjadi dasar dari itu. Artinya, tujuan nasional harus dicapai dengan mengatakan, berpikir dan bertindak sesuai dengan kenyataan yang ada dan dengan ketentuan yang benar.

Solidaritas atau persahabatan akan menjadi titik kuat ketika tujuan dan cita-cita tim nasional terwujud. Misalnya, rela berkorban dan memberi kepada orang lain dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bernegara.

Prinsip kerja sama sangat penting untuk mencapai Visi Nusantara untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasional. karena, bersama dan saling kerja sama akan memfasilitasi pekerjaan, bahkan menghadapi tantangan dalam implementasi Archipelago Insight.

Loyalitas adalah prinsip yang sangat penting ketika setiap elemen masyarakat telah menandatangani perjanjian bersama untuk mencapai tujuan nasional. Ini adalah dasar untuk memenuhi perjanjian dengan berbagai perusahaan.

Elemen dasar Archipelago Insight

elemen dasar dari visi nusantara

Ada beberapa elemen Nusantara Insight, yaitu:

Archipelago Insight menjadi forum dalam kehidupan masyarakat, serta bangsa dan negara. Ini termasuk semua wilayah Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan populasi yang berbeda. Indonesia adalah negara dengan lembaga dan organisasi negara yang berfungsi sebagai forum bagi warga negara untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Intuisi nusantara adalah cita-cita bangsa Indonesia dan menjadi cita-cita nasional dan tujuan bangsa dan negara sesuai dengan UUD 1945. Untuk mencapai tujuan tersebut, bangsa Indonesia harus menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah keragaman politik, sosial dan budaya untuk ekonomi dan pertahanan.

Unsur-unsur di atas, jika digabungkan, akan menjadi perilaku dalam mencapai tujuan dan sasaran nasional. secara umum, perilaku Intuisi Nusantara terdiri dari perilaku batiniya dan lahiriyah.

Perilaku Batiniya adalah cerminan jiwa, semangat, dan mentalitas suatu bangsa dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Sedangkan perilaku batiniya merupakan cerminan dari perilaku, tindakan dan tindakan suatu bangsa dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Kedua praktik ini harus dapat berfungsi dengan baik dan bersama untuk menciptakan keseimbangan.

Implementasi Archipelago Insight

implementasi intuisi nusantara
sahabatnesia.com

Hari ini kita melihat kehidupan orang-orang di masyarakat mengalami berbagai perubahan. Faktor terpenting di balik proses perubahan ini adalah nilai kehidupan baru yang dibawa oleh negara-negara maju dengan kekuatan penetrasi global. Melihat sekilas pada sejarah kehidupan manusia dan alam semesta, perubahan ini adalah sesuatu yang alami dan alami.

Kita harus menyadari bahwa apa yang abadi dan abadi adalah perubahan, terkait dengan visi nusantara yang penuh dengan nilai-nilai budaya Indonesia yang terbentuk dalam proses yang panjang. Penuh darah ke tanah air.

Tantangan terbesar bagi bangsa ini adalah apakah visi nusantara akan tergelincir tanpa jejak atau solid dan bertahan pada tampilan nilai-nilai global. Tantangan ini adalah dalam bentuk pemberdayaan optimal orang, dunia tanpa batas, era baru kapitalisme dan kesadaran warga negara.

Implementasi Nusantara Insight dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Teladan: dengan metode transmisi contoh dalam sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari di lingkungan. Anda melakukan ini dengan memberikan contoh bertindak dan merawat bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan kepribadian sehingga semangat nasionalisme selalu muncul.
  • Pendidikan: khususnya melalui pendekatan formal dan informal. Pendidikan formal dimulai di tingkat taman kanak-kanak, tingkat universitas, pembaruan, pelatihan kejuruan di semua strata dan bidang profesional, kursus dan sebagainya. Pendidikan non-formal itu sendiri dapat dilakukan di keluarga, di tempat kerja, di pemukiman, di organisasi masyarakat.
  • Komunikasi: metode ini bertujuan untuk mencapai hubungan komunikasi yang baik untuk menciptakan iklim saling menghormati dan menghormati. Pada akhirnya, unit linguistik dan tujuan dari visi kepulauan akan tercipta.
  • Integrasi: Tujuan yang ingin dicapai dengan metode integrasi adalah untuk membangun pemahaman wawasan nusantara sehingga sumber konflik terbatas pada tubuh bangsa Indonesia saat ini dan di masa depan . Kesadaran akan semakin solid dengan mengutamakan kepentingan nasional dan tujuan Indonesia.

Implementasi Nusantara Insight tercermin dalam mentalitas, sikap, dan tindakan yang mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan kelompok dan individu. Politik akan menciptakan administrasi negara yang lebih sehat dan lebih dinamis, sehingga pemerintah akan menjadi lebih kuat, bercita-cita tinggi, dan dipercaya.

Ekonomi akan menciptakan tatanan yang menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Sococulture akan menciptakan sikap internal dan eksternal yang dapat mengenali, menghormati, dan menerima segala bentuk perbedaan. Di bidang pertahanan dan keamanan, itu akan meningkatkan kesadaran akan cinta kasih terhadap tanah air dan akan membentuk sikap membela negara yang tinggi pada semua warga negara.

Fungsi Wawasan Nusantara

memahami fungsi nusantara
www.dictio.id

Nusantara Insight memiliki fungsi yang berbeda dalam menjalankan kehidupan di negara, di masyarakat dan di negara. Intuisi nusantara dapat menjadi pedoman, motivasi dan tanda-tanda dalam membuat kebijakan, tindakan, dan keputusan. Secara rinci, fungsi Insight of the Archipelago untuk kelangsungan hidup bangsa dan negara adalah:

  1. Konsep ketahanan nasional, yaitu sebagai konsep pembangunan nasional, keamanan dan keamanan regional.
  2. Wawasan tentang pembangunan dalam hal kesatuan politik, sosial ekonomi, ekonomi, keamanan dan sosial politik.
  3. konsep pertahanan dan keamanan nasional adalah visi geopolitik Indonesia di wilayah tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi wilayah dan semua kekuatan negara.
  4. Sehingga pemahaman teritorial itu memiliki fungsi dalam pembatasan nasional, sehingga tidak ada perselisihan dengan negara lain. Nah, batasan dan tantangan negara ini adalah dalam bentuk:
  • Dalam risalah sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945, ada pendapat berbeda dari para pejuang nasional, sebagaimana dinyatakan oleh Dr. Soepomo menyatakan bahwa perbatasan Indonesia adalah Hindia Belanda, sedangkan menurut M. Yamin, l & # 39; Indonesia termasuk Sumatra, Sunda, Jawa, Kalimantan, Sunda Kecil, Sulawesi, Semenanjung Melayu, Maluku-Ambon, Papua, Timor. Menurut Ir. Soekarno, kepulauan Indonesia adalah unit yang tidak dapat dipisahkan.
  • Ordonantie (hukum Belanda) pada tahun 1939, yang menentukan lebar laut dengan panjang 3 mil dengan menggambar garis dasar berdasarkan garis pasang surut dan pulau dan wilayah. Namun, ketentuan ini membuat negara Indonesia bukan negara kesatuan. Sebab, setiap wilayah laut memiliki laut bebas yang berada di luar yurisdiksi nasional.
  • Dalam Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957 yang mengumumkan perairan Republik Indonesia. Deklarasi berisi:
  • Desain batas laut tidak lagi didasarkan pada garis air rendah (garis pasang surut), namun, menggambar garis lurus atau garis dasar lurus dengan mengukur garis yang menghubungkan titik terluar pulau yang masuk Indonesia.
  • Luas wilayah laut yang semula 3 mil berubah menjadi 12 mil laut.
  • EEZ (zona ekonomi eksklusif) yang menjadi rezim hukum internasional, yaitu perbatasan kepulauan 200-mil yang diukur dari garis dasar wilayah laut Indonesia. melalui Deklarasi Djuanda, secara resmi secara hukum, Indonesia menjadi negara dengan kesatuan yang utuh tanpa terpecah lagi.

Formulir aplikasi Archipelago Insight di Indonesia

penerapan intuisi kepulauan Indonesia
thegorbalsla.com

Beberapa bentuk aplikasi di Indonesia di berbagai sektor adalah:

Kehidupan politik

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan Nusantara Insight di bidang politik adalah:

  • Implementasi kehidupan politik diatur oleh undang-undang, termasuk UU Pemilu, UU Partai Politik, dan UU Pemilu Presiden. Hukum harus diterapkan sesuai dengan hukum dan lebih tertarik pada persatuan nasional.

Misalnya, selama pemilihan presiden, anggota DPR dan pemimpin daerah harus menerapkan prinsip dan keadilan demokratis. Oleh karena itu, unit dan unit dipertahankan.

  • Kehidupan sosial di Indonesia harus berdasarkan pada hukum yang berlaku. Dasar hukum yang sama berlaku untuk semua orang Indonesia, tanpa kecuali. Ada banyak produk hukum di Indonesia yang dikeluarkan oleh kabupaten dan provinsi dalam bentuk peraturan daerah atau peraturan yang tidak bertentangan dengan hukum nasional.
  • Kembangkan sikap Ham dan pluralisme untuk menyatukan berbagai etnis, agama, dan bahasa, untuk menumbuhkan sikap toleransi yang tinggi.
  • Memperkuat komitmen sikap politik terhadap partai politik dan lembaga pemerintah untuk memperkuat semangat bangsa dan negara.
  • Meningkatkan peran Indonesia di arena internasional, serta memperkuat korps diplomatik dalam upaya melindungi wilayah Indonesia, khususnya pulau-pulau terluar dan kosong.

Kehidupan ekonomi

  • Kepulauan ini memiliki potensi ekonomi yang tinggi karena kondisi geografisnya di posisi khatulistiwa, lautan luas, tambang besar dan produk minyak serta hutan tropis. Oleh karena itu, implementasi dalam kehidupan ekonomi harus memiliki orientasi di sektor pertanian, pemerintah dan industri.
  • Pembangunan di bidang ekonomi harus memperhatikan keadilan dan keseimbangan antar daerah. Karena itu, keberadaan otonomi daerah akan menciptakan upaya keadilan ekonomi.
  • Pengembangan ekonomi harus melibatkan partisipasi masyarakat dengan menyediakan layanan kredit mikro untuk pengembangan usaha kecil dan menengah.

Kehidupan budaya dan sosial

  • Kembangkan budaya Indonesia sambil melestarikan kekayaan Indonesia. bagaimana menjadikan kegiatan pariwisata sebagai sumber pendapatan nasional dan regional. Seperti pelestarian budaya, pelestarian budaya dan museum.
  • Mengembangkan kehidupan nasional dan negara yang harmonis di antara orang-orang dari berbagai budaya, wilayah dan status sosial. Misalnya dengan pemerataan pendidikan di semua wilayah dan program pendidikan wajib untuk daerah tertinggal.

Kehidupan dan keamanan pertahanan

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam kehidupan pertahanan dan keamanan menurut Nusantara Insights adalah:

  • Bangun rasa persatuan sehingga ancaman di suatu daerah menjadi ancaman bersama. rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan solidaritas dan hubungan erat antara warga dari berbagai daerah.
  • Kegiatan pembangunan, pertahanan dan keamanan harus menawarkan warga negara kesempatan untuk memainkan peran aktif karena kegiatan ini merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Caranya adalah dengan melestarikan lingkungan, untuk melaporkan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan pihak berwenang, untuk mengetahui militer dan meningkatkan keinginan untuk disiplin.
  • Mengembangkan TNI secara profesional dan menyediakan infrastruktur yang memadai untuk kegiatan keamanan regional di Indonesia, khususnya di wilayah luar Indonesia.

Ini adalah diskusi lengkap tentang Nusantara Insight. Mulai dari pengertian, esensi, konsep, prinsip, elemen dan sebagainya. Kami berharap setiap warga negara Indonesia memiliki intuisi yang baik untuk menciptakan negara yang tenang dan makmur.

Demikianlah informasi mengenai Wawasan Nusantara : Pengertian, Fungsi, Hakekat, Konsep, Asas, Unsur. Semoga info ini dapat memberikan cakrawala berfikir anda tentang Wawasan Nusantara : Pengertian, Fungsi, Hakekat, Konsep, Asas, Unsur.

Leave a Reply