Pengertian Evaluasi : Tujuan, Tahapan beserta Fungsinya

Pengertian Evaluasi : Tujuan, Tahapan beserta Fungsinya

Pengertian Evaluasi : Tujuan, Tahapan beserta Fungsinya –

Definisi evaluasi – Secara umum, penilaian adalah proses identifikasi untuk menilai / mengukur apakah suatu kegiatan atau program dilakukan sesuai dengan rencana atau tujuan yang ingin dicapai.

Menurut pendapat lain, evaluasi juga ditafsirkan sebagai kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang pelaksanaan sesuatu (manusia, metode peralatan) di mana informasi akan digunakan untuk menentukan alternatif terbaik ketika membuat keputusan.

Evaluasi sangat diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, karena dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas, baik dalam lingkup individu, kelompok atau lingkungan kerja. Mengenai beberapa informasi yang diperoleh dalam proses evaluasi adalah:

  1. Tingkat kemajuan suatu kegiatan
  2. Tingkat pencapaian suatu kegiatan berdasarkan tujuannya
  3. Hal-hal yang perlu dilakukan di masa depan.

evaluasi pemahaman ahli
satujam.com

Untuk lebih memperjelas apa penilaian itu, beberapa ahli ini mengungkapkan pendapat mereka secara rinci sebagai bahan pembelajaran.

Menurut Sajekti Rusi (1988), pengertian evaluasi adalah proses mengevaluasi sesuatu, yang mencakup deskripsi perilaku siswa baik secara kuantitatif (pengukuran) dan kualitatif (evaluasi).

Menurut Anne Anastasi (1978), pentingnya evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan didaktik dicapai oleh seseorang. Evaluasi adalah kegiatan untuk mengevaluasi hal-hal dengan cara yang terencana, sistematis dan langsung berdasarkan tujuan yang jelas.

Menurut A.D Rooijakkers, pengertian evaluasi adalah upaya atau proses untuk menentukan nilai. Secara khusus, evaluasi atau evaluasi juga ditafsirkan sebagai proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif yang mengukur hasil untuk tujuan pengambilan keputusan.

Menurut Suharsimi Arikunto (2003), makna evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

Menurut Norman E. Gronlund (1976), pengertian evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pengajaran.

  • William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

Menurut William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978), pengertian evaluasi adalah proses perencanaan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat dibutuhkan untuk membuat keputusan alternatif.

Menurut Abdul Basir (1996), makna evaluasi adalah proses pengumpulan data deskriptif, informatif, prediktif, dilaksanakan secara sistematis dan bertahap untuk menentukan kebijakan dalam upaya meningkatkan pendidikan.

Definisikan evaluasi sebagai "Proses menguraikan, memperoleh dan memberikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan". Artinya, dalam evaluasi ada beberapa elemen, yaitu proses (proses memperoleh), memperoleh, menguraikan, memberikan informasi yang berguna dan keputusan alternatif.

Evaluasi mencari sesuatu yang berharga (layak). Sesuatu yang berharga dapat berupa informasi tentang suatu program, produksi dan beberapa prosedur alternatif. Karena itu evaluasi bukanlah hal baru dalam kehidupan manusia karena selalu menyertai kehidupan seseorang.

  • Curtis dan B. Floyd, James J, Winsor, Jerryl L.

Evaluasi adalah proses evaluasi. Evaluasi ini bisa netral, positif atau negatif atau merupakan kombinasi dari keduanya. Ketika sesuatu dievaluasi, biasanya orang yang mengevaluasi membuat keputusan tentang nilai atau manfaatnya.

Zainul dan Nasution berpendapat bahwa penilaian dapat dinyatakan sebagai proses pengambilan keputusan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil pembelajaran, baik menggunakan alat tes atau tidak.

Tujuan evaluasi

tujuan evaluasi
www.pelajaran.id

Kegiatan ini tentu saja tidak dilakukan tanpa tujuan, tetapi ada beberapa hal yang harus dicapai melalui evaluasi. Secara khusus, ada beberapa tujuan untuk evaluasi.

  1. Untuk mengetahui seberapa baik tingkat penguasaan keterampilan individu ditentukan.
  2. Untuk mengetahui apa saja kesulitan dan hambatan yang dihadapi seseorang dalam kegiatannya sehingga diagnosa dapat dibuat dan kemungkinan memberikan pengajaran yang korektif.
  3. Untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas suatu metode, media dan sumber daya lainnya selama suatu kegiatan.
  4. Sebagai umpan yang baik dan informasi penting bagi evaluator dalam mengoreksi kekurangan yang ada, yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mengambil keputusan di masa depan.

Fungsi evaluasi

fungsi evaluasi
www.pahlevi.net

Kegiatan ini dilakukan dengan serangkaian fungsi yang berguna untuk bagian yang berbeda, baik yang mengevaluasi atau mengevaluasi. Berikut ini beberapa fungsi evaluasi.

Fungsi selektif adalah fungsi yang dapat memilih orang, terlepas dari apakah mereka memiliki keterampilan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Misalnya: menentukan apakah seseorang cocok untuk bekerja atau tidak, menentukan apakah seseorang cocok untuk promosi atau tidak dan sebagainya.

Fungsi diagnostik bertujuan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan individu di bidang kompetensi tertentu. Misalnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang siswa di bidang studi yang didapat di sekolah.

Fungsi penempatan ini bertujuan untuk mencari tahu di mana posisi individu terbaik dalam bidang tertentu. Misalnya untuk menemukan posisi terbaik seorang karyawan sesuai dengan bidang yang ada di suatu perusahaan.

  • Fungsi mengukur kesuksesan

Karena alasan ini, evaluasi berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang digunakan, penggunaan fasilitas dan pencapaian tujuan.

Tahapan evaluasi

tahap evaluasi
winstarlink.com

Dalam praktiknya, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan karena saling mendukung. Mengacu pada definisi evaluasi, berikut ini adalah tahapan evaluasi yang harus dilakukan.

  • Penentuan argumen evaluasi

Artinya, kegiatan menentukan topik yang akan dievaluasi. Seperti evaluasi rencana kerja, evaluasi hasil kerja dan sebagainya.

  • Desain kegiatan evaluasi

Maksudnya kegiatan desain dari proses evaluasi agar pelaksanaannya tidak kehilangan hal-hal penting.

Yaitu aktivitas mengumpulkan dan mencatat semua informasi sesuai dengan perencanaan berdasarkan prinsip ilmiah.

  • Pemrosesan dan analisis data

Yaitu kegiatan pengolahan informasi dengan mengelompokkan data yang dikumpulkan sebelumnya, kemudian dianalisis. Selanjutnya, pengukuran waktu ditentukan sebagai hasil evaluasi.

Maksudnya membuat laporan evaluasi sehingga diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

Kami berharap bahwa dengan penjelasan singkat tentang definisi penilaian, tujuan dan fungsi di atas akan lebih memahami apa yang perlu dilakukan setelah melakukan suatu kegiatan atau membuat keputusan. Di mana evaluasi adalah salah satu pertimbangan terbaik dalam menentukan keputusan.

Demikianlah info tentang Pengertian Evaluasi : Tujuan, Tahapan beserta Fungsinya. Semoga informasi ini dapat meningkatkan cakrawala berfikir kita tentang Pengertian Evaluasi : Tujuan, Tahapan beserta Fungsinya.

Leave a Reply