IKAN LUMBA LUMBA : Cara Merawat, Pakan, Jenis, Ciri Ciri (Lengkap)

IKAN LUMBA LUMBA : Cara Merawat, Pakan, Jenis, Ciri Ciri (Lengkap)

IKAN LUMBA LUMBA : Cara Merawat, Pakan, Jenis, Ciri Ciri (Lengkap) –

Lumba Ikan lumba – Anda pasti akan mengerti bahwa lumba-lumba milik mamalia yang hidup di laut. Hewan ini memiliki metabolisme yang kompleks dan bernafas menggunakan paru-paru seperti manusia. Ikan ini mampu berenang dengan sangat cepat berkat sisik khusus. Tentunya Anda mengenal lumba-lumba, karena hewan ini sering ada di sirkus di perairan teritorial.

Lumba-lumba seperti mamalia yang menjadi langka masih bisa dikembangbiakkan untuk bisnis. Manusia dilarang membunuh lumba-lumba yang hidup di alam liar dengan alasan apa pun. Mereka yang tertarik berinvestasi pada lumba-lumba harus mengetahui alasan berikut.

Ada banyak hal yang perlu diketahui sebelum memulai kegiatan memancing lumba-lumba berdasarkan karakteristik fisik, variasi, keunikan ikan ini, cara merawatnya dan sebagainya. Ketika Anda mengetahui semua jenis informasi, Anda dapat meminimalkan hambatan yang akan muncul selama proses reproduksi hingga komersialisasi.

Karakteristik lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Hal terpenting yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis ikan ini, sehingga Anda harus dapat membedakan ikan ini dari berbagai ikan lain dengan ukuran dan bentuk yang sama. Setidaknya ada 10 karakteristik lumba-lumba yang harus diketahui.

Tidak seperti ikan raksasa lainnya, lumba-lumba sebagai mamalia tentu bernafas menggunakan paru-parunya. Ketika bernapas, ikan ini akan berenang di permukaan dan melompat sambil menghirup oksigen.

Lumba-lumba biasanya memiliki abu-abu gelap, abu-abu muda, putih dan hitam. Ikan ini selalu memiliki moncong dan juga punggung di bagian belakang. Bentuk punggungnya melengkung. Sirip di bagian bawah adalah dua. Bahkan kulit ikan ini tidak seperti ikan laut lainnya, karena tidak bersisik dan mengkilap.

Tepat di bawah lapisan kulit adalah lapisan lemak yang membuat kulit kenyal. Anda akan dapat melihat gigi yang berbentuk kerucut dan mirip dengan pasak berakar tunggal. Fungsi gigi-gigi ini bukan untuk merobek daging, seperti pada hiu, tetapi untuk memelihara ikan.

Ikan ini adalah ikan pintar yang memiliki otak lebih besar dari ikan lain dengan ukuran tubuh yang sama. Ikan ini juga menyukai tantangan dan sepertinya mudah bosan ketika melakukan kegiatan yang dianggap terlalu biasa setiap hari.

Ikan ini juga mampu mengingat wajah orang, karena memiliki kapasitas memori yang besar, bahkan Anda bisa mencoba memberikan instruksi yang rumit kepada ikan ini dan mereka akan mengikutinya. Ikan ini juga dapat menyadari pantulannya di cermin bahwa ikan lain biasanya menganggap pantulan di cermin sebagai pesaing.

Variasi dalam lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Ada banyak spesies lumba-lumba di seluruh dunia. Anda akan dapat menemukan 16 spesies di Indonesia. Beberapa spesies di Indonesia dapat Anda lihat di bawah ini.

Lumba-lumba bergaris

Lumba-lumba Belang mampu memiliki tubuh yang berukuran hingga 2,7 meter dan berat 160 kg. Spesies lumba-lumba ini juga tersebar di perairan tidak hanya di perairan teritorial Indonesia, tetapi di lautan Pasifik dan Atlantik.

Fraser Dolphins

Lumba-lumba ini memiliki warna abu-abu kebiruan atau kecoklatan di bagian atas. Sedangkan bagian bawah biasanya berwarna putih pucat atau merah muda. Ikan ini juga bisa berukuran 2 hingga 2,7 meter dengan berat yang bisa mencapai 210 kg.

Gigi Mentah Lumba-lumba

Lumba-lumba dapat memiliki bangunan sekitar 2,6 meter dan berat hingga 160 kg. Kepala ikan ini juga setengah membulat di bagian atas dan memiliki moncong yang panjang. Di atasnya ada sirip yang mirip hiu. Perut memiliki bintik-bintik dan bintik-bintik yang tidak teratur.

Lumba-lumba berhidung botol

Lumba-lumba hidung botol adalah lumba-lumba paling terkenal. Lumba-lumba ini dapat mencapai panjang tubuh fantastis 4 meter dan berat hingga 655 kg. Warna pada tubuh abu-abu muda dan beberapa hitam.

Lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik

Mayoritas lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik memiliki ukuran 2,6 meter dan berat sekitar 230 kg. Sebagian besar spesies ini ditemukan di perairan India, Australia utara dan Laut Cina Selatan, serta di perairan Indonesia. Warna kulit lumba-lumba adalah abu-abu gelap dan perut putih.

Lumba-lumba hidung panjang

Lumba-lumba panjang dan panjang memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil yaitu 1,9 hingga 2,5 meter. Bobotnya juga hanya sekitar 80 – 235 kg, yang jauh lebih ringan dari jenis lumba-lumba lainnya. Moncongnya lebih panjang dari kebanyakan spesies lumba-lumba lainnya.

Spinner Dolphins

Lumba-lumba pemintal sangat terkenal dengan gaya melompat dan berputar mereka. Tubuh spesies ini juga relatif kecil dengan panjang 2 meter dan beratnya hanya sekitar 59-77 kg.

Lumba-lumba Indo-Pasifik

Lumba-lumba Indo-Pasifik adalah lumba-lumba yang berukuran 2,8 meter dan berat 250-280 kg. Lumba-lumba ini memiliki nama dalam bahasa Inggris, atau lumba-lumba yang didukung oleh punuk Indo-Pasifik.

Lumba-lumba Risso

Lumba-lumba berikutnya adalah Risso Dolphin yang memiliki panjang tubuh hingga 4 meter. Berat tubuh ikan ini bisa mencapai 500 kg. Sirip punggung ikan ini besar.

Totol Lumba-lumba

Lumba-lumba tutul adalah lumba-lumba yang dapat memiliki panjang maksimum 2 meter dan berat 114 kg. Mocong tipis dan lompatan spesies ini tinggi.

Lumba-lumba Electra

Lumba-lumba Elektra juga biasa disebut paus Elektra. Spesies ini memiliki panjang tubuh sekitar 2,7 meter dan berat sekitar 210 kg untuk ikan dewasa.

Pesut (Lumba-lumba air tawar)

Ada juga lumba-lumba yang bisa hidup di air tawar. Nama lumba-lumba adalah Pesut. Anda akan dapat dengan mudah menemukan spesies ini di India, Indocina, Filipina, dan Kalimantan. Anda juga dapat melihat spesies ini di sungai Mahakam.

Keunikan lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba-lumba sebagai mamalia laut tentu memiliki banyak pesona. Ada banyak sekali fakta menarik tentang ikan ini. Fakta pertama tentang lumba-lumba sangat tinggi. Beberapa spesies dapat melompat 20 kaki di udara.

Saat ikan ini tidur, otaknya terus berfungsi setengah dan satu mata selalu terbuka. Hewan-hewan ini juga diklasifikasikan sebagai hewan cerdas yang dapat dikenali oleh cermin. Bahkan, hewan unik ini juga bisa mengagumi diri sendiri melalui cermin.

Jumlah total lumba-lumba di dunia adalah 40 spesies dan semua spesies memiliki ingatan panjang dibandingkan dengan hewan lain. Hewan ini tidak boleh minum air laut, karena air laut dapat membuatnya sakit parah.

Cara merawat lumba-lumba dewasa

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Ada banyak cara untuk merawat lumba-lumba dewasa. Cara terpenting adalah menjaga air tetap bersih. Dilarang membuang sampah, baik yang mudah rusak maupun yang sulit rusak. Pembuangan limbah akan memastikan bahwa lumba-lumba secara tidak sengaja menelan sampah dan akan berdampak negatif pada kesehatan mereka.

Anda harus mengerti bahwa lumba-lumba termasuk hewan yang dilindungi. Anda tidak dapat memberinya makan, karena memberi makan lumba-lumba di alam liar dapat dianggap sebagai pelanggaran di berbagai negara.

Sebagian besar peraturan hanya memungkinkan Anda melihat lumba-lumba berenang dan melompat dari kejauhan. Dapat dikatakan bahwa cara merawat lumba-lumba liar tidak mengganggu mereka. Pertimbangkan bahwa merawat lumba-lumba yang patuh berarti memperhatikan tingkat kebahagiaan lumba-lumba.

Ketika lumba-lumba hidup di kolam buatan, perlu untuk menyaring air secara teratur. Kondisi ini akan membuat lumba-lumba bahagia. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah melarang manusia asing terlalu dekat dengan lumba-lumba, karena kegiatan ini dapat membuat lumba-lumba stres.

Cara merawat lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Bahkan lumba-lumba kecil yang ditangkap harus diperlakukan dengan intens. Lumba-lumba ini harus selalu dikombinasikan dengan ibu untuk menerima susu setiap hari. Susu mengandung banyak lemak dan berbagai zat yang diperlukan agar tubuh lumba-lumba tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Bahkan kolam yang berisi ibu lumba-lumba dengan bayinya perlu dibersihkan. Kolam yang bersih akan membuat lumba-lumba yang tinggal di sana lebih bahagia. Ini juga akan memfasilitasi pemberian makan lumba-lumba.

Selain itu, lumba-lumba tangkapan selalu menyediakan makanan hidup dalam bentuk ikan segar. Ini akan membantu insting dan berburu makanan lumba-lumba di kolam. Sistem pemberian makanan ini akan membuat lumba-lumba selalu bergerak, sehingga tubuh menjadi sehat.

Cara memasangkan lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba-lumba akan dengan mudah menemukan diri mereka di Taman Ancol. Tambak ikan ini juga bereproduksi untuk menambah jumlah lumba-lumba. Ini akan membantu mencegah kepunahan spesies lumba-lumba.

Anda harus mengerti bahwa mamalia memiliki waktu kehamilan yang lebih lama daripada hewan lainnya. Begitu juga dengan ikan ini yang membutuhkan waktu hingga 12 bulan untuk melahirkan bayinya.

Proses kawin antara lumba-lumba jantan dan betina dilakukan setelah memastikan usia dan riwayat kesehatan mereka. Proses perjodohan berlangsung dengan menyatukan lumba-lumba jantan dan betina di kolam.

Proses pernikahan harus terus dipantau dan setelah dibuahi, lumba-lumba betina harus segera diperiksa. Pemeriksaan hormon progesteron harus dilakukan dengan mengambil darah dari lumba-lumba.

Selama kehamilan, lumba-lumba yang ditangkap juga diminta untuk melakukan serangkaian kegiatan pemantauan dan perawatan lumba-lumba. Pemeriksaan ultrasonografi juga harus dilakukan setiap dua bulan.

Pakan terbaik untuk lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba-lumba harus diberi makanan dalam bentuk ikan hidup dan cumi-cumi yang masih hidup. Makanan yang masih hidup memiliki kandungan nutrisi lengkap. Penangkaran captive juga kadang-kadang dapat menyediakan berbagai diet lain dari berbagai hewan laut kecil, seperti udang dan kerang.

Berapa banyak makanan yang dibutuhkan lumba-lumba tergantung pada berat masing-masing ikan. Mereka biasanya akan mengambil porsi mulai dari 4 hingga 6% dari berat badan setiap hari. Induk lumba-lumba biasanya membutuhkan porsi yang lebih besar ketika mereka menyusui bayinya.

Ini tidak hanya berlaku di alam, tetapi penawanan juga harus memaksakan hal yang sama. Kurangnya pakan bisa menjadi masalah bagi lumba-lumba. Kelebihan pakan seharusnya hanya dilakukan ketika pakan yang dimasukkan ke dalam kolam adalah hewan laut yang hidup.

Pemeliharaan lumba-lumba, harga ikan

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Beberapa hal yang umumnya dipertimbangkan dalam penangkaran lumba-lumba tawanan adalah air laut bersih, volume tambak, pencahayaan, penyaringan, makanan dan peralatan pendukung. Situs pengembangbiakan lumba-lumba biasanya memiliki cadangan air laut berkualitas untuk menggantikan air tambak.

Peternakan lumba-lumba juga memiliki berbagai peralatan untuk parameter air laut untuk mencapai kualitas air laut yang ideal. Beberapa parameter yang harus diukur adalah alkalinitas, amonia, kalsium, nitrat, nitrit, pH, fosfat, salinitas, yodium, magnesium, strontium dan bahkan suhu.

Pengukuran dilakukan satu per satu. Ketika semua arah menunjukkan kualitas dalam ambang normal, penggantian air laut tidak diperlukan. Semua yang perlu dilakukan adalah menjaga air kolam tetap bersih dengan menggunakan filter yang ada.

Penangkaran lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba-lumba seharusnya tidak ditangkap dan dibesarkan dengan sembarangan. Masyarakat membutuhkan aturan khusus, karena hewan ini memasuki hewan yang dilindungi dan terancam punah. Anda akan dapat melihat lumba-lumba di berbagai penangkaran resmi, serta lumba-lumba liar di alam Indonesia.

Anda akan melihat lumba-lumba di pantai Lovina. Pantai ini dikunjungi oleh banyak wisatawan untuk melihat lumba-lumba hidung botol. Ikan akan mengadakan atraksi lompat untuk mengambil napas yang merupakan gerakan alami yang mereka miliki.

Mereka yang mengunjungi pantai Lovina akan dapat melihat ikan ini pada jam-jam tertentu mulai dari 05.30 – 08.00. Selain Bali, Anda bisa melihat ikan ini di Teluk Kiluan, Lampung. Di tempat ini, Anda akan melihat lumba-lumba berenang dan menari.

Anda akan melihat lumba-lumba hidung botol dan bahkan lumba-lumba jangka panjang. Peternakan lumba-lumba berikutnya adalah Pulau Manado Tua. Anda akan dapat melihat taman laut yang fantastis. Selain lumba-lumba, Anda juga bisa melihat beragam hewan laut lainnya.

Wisatawan juga akan dapat melihat lumba-lumba di Pulau Derawan, Berau. Ikan berada di tempat itu termasuk dalam hewan laut liar.

Kendala budidaya lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba-lumba sebagai hewan langka harus dilindungi dan ditangkap oleh lembaga pemerintah resmi. Sementara agensi lain hanya diizinkan melihat jarak yang cukup jauh dari mamalia liar ini. Bahkan makanan ilegal pun dilarang, karena bisa merusak kebiasaan lumba-lumba liar yang biasa mencari makan di laut lepas.

Dapat dikatakan bahwa kendala utama budaya lumba-lumba secara alami adalah pada manusia. Perburuan ikan ini dulunya sangat intens, sehingga jumlah mamalia laut berkurang sangat cepat. Untuk mencegah pencurian di Indonesia, pemerintah berupaya mengintensifkan keamanan laut.

Selain manusia, ada juga hama dan penyakit yang umumnya menyerang lumba-lumba dan menyebabkan penurunan jumlah ikan ini. Hama dan penyakit biasanya menyerang lumba-lumba tawanan.

Inilah sebabnya mengapa jenis di penangkaran harus selalu memperhatikan kebersihan kolam dan kesesuaian parameter kehidupan lumba-lumba untuk membuat ikan ini tidak mudah sakit. Penangkaran harus menyediakan makanan segar dan berkualitas, sehingga kebutuhan nutrisi ikan ini dapat terpenuhi.

Parasit lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Parasit yang dapat menyerang lumba-lumba adalah cacing nematoda. Inilah sebabnya mengapa ikan segar yang masih hidup dan yang akan digunakan sebagai pakan lumba-lumba harus diperiksa sebelum digunakan sebagai pakan.

Selain cacing ini, ada juga berbagai jenis cacing lain yang berpotensi menyerang ikan air asin ini. Inilah sebabnya mengapa catu daya harus selalu diperiksa terlebih dahulu. Mikroorganisme juga dapat menjadi parasit pada mamalia ini, seperti bakteri Vibrio alginolyticus.

Lumba-lumba dengan infeksi bakteri ini menunjukkan gejala berupa nafsu makan menurun, berenang lambat dan dagu ekor kemerahan. Lumba-lumba yang terinfeksi bakteri ini lebih rentan terhadap stres ketika lingkungan tidak memadai.

Ketika lingkungan agak kotor, lumba-lumba yang terinfeksi menjadi mudah marah. Kadang-kadang, mereka menabrak terumbu karang yang dapat menyebabkan dagu berdarah. Ikan ini perlu perawatan untuk disembuhkan oleh manusia.

Penyakit delfino

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Salah satu dari banyak penyakit lumba-lumba yang menginfeksi di penangkaran adalah penyakit Anisakid. Ikan laut hasil tangkapan ini dapat terkena penyakit ikan hijauan yang telah terinfeksi larva stadium 3.

Sebagian besar ikan yang berasal dari perairan Indonesia telah terinfeksi penyakit ini. Beberapa ikan yang biasanya terkena penyakit ini adalah malai lisong, balaki, cakalang, jerawat, pembengkakan jantan dan bahkan kerapu.

Penyakit lain yang dapat menginfeksi lumba-lumba adalah Alzheimer. Tidak hanya menyerang manusia, ternyata penyakit ini juga dapat menginfeksi lumba-lumba. Ini dikenal karena adanya plak amiloid yang tinggi di otak lumba-lumba.

Zat lain yang juga dapat menyebabkan Alzheimer adalah β-methylamino-L-alanine (BMAA) yang diproduksi oleh cyanobacteria. Ganggang hijau kebiruan ini sebenarnya dapat menimbulkan potensi bahaya tidak hanya bagi lumba-lumba, tetapi juga bagi manusia yang sering terpapar ganggang ini.

Cara efektif untuk mengendalikan penyakit lumba-lumba dan lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Setiap pencegahan lebih baik daripada perawatan. Departemen pemuliaan dapat melakukan pencegahan dengan terus-menerus memeriksa kesehatan lumba-lumba dan juga memeriksa kualitas kolam setiap hari. Selama bagian reproduksi mengikuti prosedur yang ada, itu dapat mengurangi potensi lumba-lumba untuk terkena hama dan penyakit.

Setiap kali mereka memberikan makanan, staf juga harus memeriksa apakah makanan hidup yang disediakan bebas dari hama dan penyakit. Ketika ada parasit yang menginfeksi pakan, agen harus segera membuang makanan dan menggantinya dengan pelet.

Ketika ada lumba-lumba yang secara tidak sengaja terinfeksi oleh bakteri, otoritas medis hewan harus segera mengisolasi mereka dan memberikan perawatan. Salah satu bakteri yang sering menginfeksi mamalia laut ini adalah Vibrio alginolyticus. Tindakan terapeutik yang dapat dilakukan adalah pertama-tama tes MIC.

Tes akan menggunakan 3 jenis antibiotik, yaitu nifupirinol, strep dan elbaju dengan konsentrasi berbeda mulai dari 0,1 hingga 40 ppm. Konsentrasi disiapkan menggunakan air laut steril.

Konsentrasi akan dikatakan baik jika ketiadaan bakteri yang dapat tumbuh pada antibiotik ini diamati. Selain bakteri, terkadang lumba-lumba juga memiliki penyakit Alzheimer. Penyakit ini belum ada obatnya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah memperlambat keparahan penyakit ini. Cara pertama untuk meningkatkan kemampuan mengingat atau memperlambat gravitasi adalah dengan menggunakan inhibitor cholinesterase. Metode ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecemasan dan depresi lumba-lumba yang memiliki penyakit ini.

Lumba-lumba yang biasanya dalam penangkaran memiliki tingkat paparan yang sangat rendah terhadap penyakit ini karena selalu dianggap sebagai kontrol atas kualitas air di kolam. Salah satu faktor utama yang menyebabkan penyakit ini adalah pemberian makan lumba-lumba.

Inilah sebabnya mengapa masih perlu untuk memeriksa kualitas makan lumba-lumba. Cara selanjutnya untuk mengelola ikan yang sudah sakit adalah memberi mereka memantin. Langkah-langkah yang harus diambil adalah mencegah penyakit ini. Paling tidak, petugas tawanan harus mengolah gaya hidup sehat untuk lumba-lumba.

Lumba-lumba untuk konsumsi manusia

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba-lumba sudah dikenal sebagai mamalia laut yang pandai bergaul dengan manusia dan hanya bisa melahirkan bayi dalam setahun. Meskipun ada manusia yang suka berburu ikan ini dan memakannya.

Hewan ini tidak terlalu populer di Jepang. Alasannya adalah bahwa nutrisi yang terkandung dalam lumba-lumba sangat sedikit dan mengandung merkuri yang tinggi.

Meski begitu, perburuan ikan ini menjadi sangat intens. Perburuan lumba-lumba dilakukan dan pengumpulan daging dibeli dan dijual di restoran dan pedagang besar daging lumba-lumba dan bahkan di sekolah-sekolah.

Ini menyebabkan penurunan cepat jumlah lumba-lumba liar. Hewan ini telah dinyatakan terancam punah. Akibatnya, pemerintah memelihara hewan-hewan ini di taman Ancol. Orang yang berburu, menangkap, dan membunuh lumba-lumba di Indonesia dapat dihukum.

Kadang-kadang penangkapan ikan besar dengan kapal besar juga bisa menangkap lumba-lumba dengan ukuran yang sama dengan paus. Inilah alasan dilakukannya pemantauan laut yang lebih teratur di perairan Indonesia.

Perlindungan lumba-lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba Ikan lumba

Lumba-lumba sebagai hewan langka menerima perlindungan dari pemerintah. Undang-undang yang mengatur masalah ini adalah peraturan pemerintah n. 7 tahun 1999 tentang konservasi spesies tumbuhan dan hewan.

Peraturan tersebut berisi semua jenis larangan yang harus dihormati oleh semua orang dan terkait dengan keselamatan lumba-lumba. Larangan pertama dilarang untuk menangkap, melukai, membunuh, melestarikan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan bahkan menjaga lumba-lumba tetap hidup.

Setiap agen yang memiliki hewan ini tentu terkait dengan pemerintah pemuliaan resmi. Memang, poin kedua dari peraturan ini juga menyatakan bahwa perdagangan kematian dilarang.

Bahkan, setiap orang dilarang mengangkut hewan-hewan ini ke tempat lain di Indonesia dan luar negeri. Bahkan, Anda tidak dapat mengambil apa pun seperti lumba-lumba atau ekosistemnya. Melanggar aturan-aturan ini tentu akan mendapat penalti.

Anda yang tertarik menonton binatang ini dapat mengunjungi Bali dan berbagai tempat lain yang telah disebutkan. Anda pasti akan dapat mengunjungi anak-anak Anda dan menyaksikan mereka berenang, melompat dan muncul secara alami.

Lumba Ikan lumba

Demikianlah informasi mengenai IKAN LUMBA LUMBA : Cara Merawat, Pakan, Jenis, Ciri Ciri (Lengkap). Semoga informasi ini bisa menambah cakrawala berfikir kita tentang IKAN LUMBA LUMBA : Cara Merawat, Pakan, Jenis, Ciri Ciri (Lengkap).

Leave a Reply