IKAN LOUHAN : Cara Merawat, Budidaya, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

IKAN LOUHAN : Cara Merawat, Budidaya, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

IKAN LOUHAN : Cara Merawat, Budidaya, Pakan, Harga Jual (Lengkap) –

Ikan louhan atau ikan flowerhorn adalah jenis ikan hias yang sangat khas karena memiliki bentuk kepala yang berbeda dari ikan hias lainnya. Ikan louhan ini adalah ikan endemik dari negara tetangga Malaysia dan juga Taiwan. Ikan louhan memiliki julukan ikan rejeki sehingga banyak yang dipelihara oleh banyak orang.

Beberapa orang percaya dan berpikir bahwa ikan louhan ini akan memberikan keberuntungan bagi para pemulia. Ya, benjolan di kepala ikan louhan semakin meningkat, bahkan kemungkinan memiliki keberuntungan untuk pemelihara mereka lebih besar.

Fitur Ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Selain memiliki benjolan di kepala, ada banyak fitur lain dari ikan luuhan ini yang harus Anda amati. Beberapa fitur ikan Louhan sangat spesifik dan juga sangat mudah diamati. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa fitur khusus ikan Louu yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki warna cerah

Hampir semua ikan luigi memiliki karakteristik dan karakteristik khusus yaitu warna-warna cerah seperti merah, perak dan oranye. Selain itu, ikan louu juga memiliki sisik hitam panjang.

Inilah sebabnya mengapa ikan louu diklasifikasikan sebagai ikan hias karena mereka memiliki warna-warna cerah dikombinasikan dengan sisik dengan motif yang unik. Tidak jarang ikan louhan ini dipelihara oleh banyak konglomerat karena selain memiliki warna dan motif yang unik, dipercaya bahwa ikan louhan membawa keberuntungan bagi pemulia mereka.

2. Bentuk tubuh yang unik

Bentuk tubuh ikan Louhan benar-benar sedikit unik. Ya, selain memiliki benjolan di kepala, ikan Louu juga memiliki ukuran kepala yang cukup kecil dan bahkan sedikit bibir yang tersenyum.

3. Jenis ikan air tawar

Nah, yang perlu Anda ketahui dari ikan ini adalah jenis ikan segar yang hanya bisa hidup di kolam air tawar sehingga ikan tidak bisa hidup di jenis air lain seperti garam atau air payau.

4. Ikan karnivora (pemakan daging)

Mungkin banyak orang curiga bahwa ikan louhan ini hanya memakan tanaman air atau binatang kecil. Namun sebaliknya. Ikan louhan adalah jenis ikan karnivora atau ikan yang memakan daging sehingga makanan ikan itu sendiri dibuat dari jenis daging ikan atau sejenisnya.

Variasi dalam spesies ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Nah, di Indonesia sendiri ada beberapa variasi jenis ikan Louu yang banyak dipelihara dan dibudidayakan oleh petani ikan Louu di Indonesia. Faktanya, banyak peternak memelihara ikan luuhan karena mereka tergoda oleh manfaat yang bisa didapat petani dari memanen ikan luuhan.

Karena itu, berikut adalah beberapa variasi jenis ikan louhan yang sangat laku dan paling dicari di pasaran. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Louhan Cencu

Variasi dalam jenis ikan Louvhan yang banyak dijual di pasaran adalah jenis ikan Louvencen. Ya, ikan lenchan cencu atau dalam bahasa mandari bernama Zhen Zhu benar-benar sangat populer dan banyak dicari oleh pecinta ikan hias louhan.

Kenapa begitu? Karena ikan Louu Cencu memiliki warna dan pola yang cukup eksotis dan mempesona, sehingga Louu Cencu sangat dicari dan dipelihara oleh para konglomerat.

Ikan Louhan Cencu memiliki model merah cerah dengan sisik hitam di kepalanya hingga ujung ekornya. Ikan Cincu Louhan ini memiliki bentuk tubuh "lebih besar" daripada jenis ikan Louu lainnya. Tidak heran ikan Cincu Louhan ini memiliki porsi makanan lebih banyak dari jenis lainnya.

2. Ikan emas Louhan

Varian lain dari ikan Louvhan yang dijual di pasaran adalah Luhan Golder Red Fish. Louhan merah keemasan ini adalah salah satu jenis ikan Louu dengan kategori ikan hias termahal dan eksotis di kelasnya. Karena, dari segi gaya dan warna, ikan ligi emas-merah memiliki warna cerah dipadukan dengan sisik eksotis.

Jadi jangan heran jika harga ikan louhan emas merah dijual jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk 1 ikan louhan emas merah.

3. Ikan Louhan Kamfa

Varian ikan louhan berikutnya adalah louhan kamfa. Ya, ikan louhan kamfa ini memang sangat mudah dikenali karena benjolan yang ditemukan di kepala spesies louhan kamfa ini sangat besar dan bahkan terbesar dibandingkan dengan spesies ikan louhan lainnya.

Karena itu, ikan louhan kamfa jenis ini sangat mudah dikenali. Selain itu, ikan kamfa louhan ini juga dikenal sebagai ikan bunga louhan emas karena memiliki pola warna dan sisik yang cukup tenang tetapi masih eksotis ketika Anda melihat dari dekat.

Ikan louhan kamfa jenis ini juga sangat populer di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia karena memiliki tonjolan kepala yang sangat besar dibandingkan dengan spesies louhan lainnya. Dikatakan bahwa ketika ikan luuhan dibiakkan dengan benjolan besar di kepala, keberuntungan juga mendekati penjaga.

4. Bonsai ikan louhan

Bonsai Louu juga merupakan salah satu varian dari Louhan, yang juga cukup populer dan dipelihara oleh banyak pecinta Louhan Indonesia. Ya, bonsai Louhan dalam ukurannya tidak terlalu besar.

Namun, bonsai louhan ini memiliki pola warna yang sangat eksotis dan motif bintik-bintik hitam sehingga bonsai louhan juga menjadi ikan yang paling dicari oleh para pecinta ikan hias dan kolektor.

5. Louhan Storm Fish

Variasi ikan Louu yang tidak banyak dibudidayakan di Indonesia adalah ikan badai Louu. Ya, ikan badai Louhan memang banyak dibudidayakan oleh pemulia Louu dari White Elephant Land atau Thailand.

Berbeda dengan ikan Louhan yang dipelihara oleh banyak petani Louvhan di Indonesia yang memiliki warna merah dengan sisik hitam di tubuhnya.

Namun, ikan badai Louhan memiliki warna warna yang sedikit berbeda dari tubuhnya memiliki warna kuning keemasan, merah dan bahkan biru dan hanya memiliki bintik-bintik putih di beberapa bagian tubuhnya, terutama di kepalanya.

Keunikan Ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Sebagai ikan hias, tentunya ikan Louu memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya. Ya, sampai sekarang banyak orang percaya bahwa dengan membesarkan Louhan ikan ini akan memimpin secara alami hokyatau keberuntungan untuk seseorang yang memelihara seekor ikan yang memiliki benjolan di kepalanya.

Ya, semakin besar bintil di kepala ikan louhan yang merawat, semakin besar kesempatan bagi penjaga untuk memiliki kesempatan untuk mendapatkan keberuntungan dalam hal keuangan dan pekerjaan.

Jadi tidak heran banyak konglomerat pejabat negara memilih untuk memelihara ikan louis sebagai ikan hias di akuarium rumah mereka. Namun, Anda tahu bahwa ada beberapa ikan luigi unik yang tidak dimiliki oleh ikan hias lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Harga beli cukup tinggi

Keunikan pertama ikan Louu dengan jenis ikan hias lainnya ditemukan pada harga beli. Ya, harga pembelian ikan Louhan cukup tinggi karena proses pertumbuhan ikan Louhan pun cukup sulit dan jenis ikan Louhan yang ia beli juga cukup berpengaruh pada harga jual.

Selain itu, berat total ikan Lohan juga mempengaruhi harga dan gaya yang unik dan motif sisik juga meningkatkan harga jual. Tercatat, harga jual ikan Louu terendah adalah sekitar Rp. 700.000,00 untuk ikan louhan termahal sekitar Rp. 3.000.000,00. Jadi tidak heran kalau ikan Louu termasuk ikan hias termahal di dunia

2. Mampu menghilangkan pemeliharaan stres

Keunikan kedua dari ikan louu dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya adalah untuk menghilangkan stres penjaga. Bagaimana itu mungkin? Kenapa, ikan louu, termasuk ikan yang tunduk. Jika Anda meletakkan jari Anda di dinding akuarium, ikan Lou akan mengikutinya.

Jadi, jika jari Anda bergerak ke mana pun Anda inginkan, ikan Louise akan tertarik dengan gerakan jari Anda yang sebelumnya Anda letakkan di akuarium.

Cara merawat ikan dewasa Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Secara harfiah, merawat ikan louhan ini benar-benar dipertanyakan. Bahkan, jika Anda memperlakukan ikan Louu dengan benar dan benar, Anda jelas akan mendapatkan kesuksesan dalam proses pemuliaan. Namun, jika Anda tidak mengerti dan tahu cara mengobatinya, maka Anda akan menemui kegagalan dalam proses perawatan.

Karena itu, Anda perlu memahami dan tahu cara merawat ikan Louuk dewasa. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pindahkan Louhan dewasa ke akuarium besar

Cara terbaik untuk merawat ikan dewasa Louhan adalah memindahkannya ke akuarium sekitar 25 × 35 cm. Umumnya, ikan Louu saat ini berukuran antara 7 dan 8 cm. Jadi, jika ikan Louhan telah mencapai ukuran itu, ia harus dipindahkan ke akuarium yang lebih besar.

Namun, untuk menghindari stres yang dialami ikan Louu, jangan pernah pindah ke akuarium besar. Selanjutnya, ia mengajar dan melatih mental dari ikan Louu untuk berlatih ketangkasan dan pelatihan reaktif ikan Louhan. Caranya adalah dengan meletakkan gelas di depan ikan Lou, jika Anda mendekati gelas itu mentalitasnya dikatakan baik.

Selain melatih ketangkasan dan daya tanggap, tujuan pelatihan adalah untuk mencegah stres ikan Lou yang dibudidayakan yang dapat menyebabkan kematian ikan Lou.

2. Berikan pakan pelet dan asupan spirulina

Jika ikan Louhan masih dalam pengembangan, pelet Louhan dapat digunakan untuk memberi makan berdasarkan jenis ikan Louhan yang dibudidayakan.

Selanjutnya, untuk memperindah pola warna ikan louhan itu sendiri, Anda bisa memberikan asupa spirulina untuk mempercantik penampilan kulit bersisik ikan louhan yang Anda tanam.

3. Berikan pakan udang tambahan

Ikan Louhan sebenarnya termasuk dalam kategori ikan karnivora yang cukup "serakah" dalam hal makanan. Oleh karena itu, pemulia ikan Louu biasanya memasok pakan tambahan dalam bentuk udang yang telah dipotong ke kepala. Cobalah memberi makanan tambahan setiap 1 hari 2 kali.

5. Kembalikan Louhan ke kolam terbesar

Ketika ikan Louuk tumbuh, demikian pula tubuhnya, sehingga perlu menyiapkan kolam Louvre untuk orang dewasa dengan ukuran yang relatif lebih besar daripada kolam pertumbuhan dari masa remaja hingga dewasa.

Karena itu, setelah ikan Louhan memasuki usia dewasa, perlu memindahkannya ke kolam yang lebih besar.

Cara merawat anak-anak Ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Selain itu, Anda perlu tahu cara merawat ikan Louhan yang telah berumur, jadi Anda juga harus memikirkan cara merawat ikan Louville yang masih anak ayam. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk merawat anak ikan Lou yang baik, termasuk:

1. Siapkan kolam untuk Louhan Tiller

Cara pertama untuk merawat pria ikan Louu adalah menyiapkan kolam untuk bibit atau benih ikan Louu. Ya, untuk kolam khusus ini, ikan Louu memiliki ukuran antara 15 × 20 cm. Juga, pastikan untuk mengisolasi ikan Louu satu per satu sehingga mereka tidak saling menempel nantinya. Selain itu, pastikan Anda juga mengisi air bersih di akuarium.

Karena jika kualitas air tidak terjaga, bibit ikan Louu tidak mungkin mati karena kualitas air akuarium tidak memenuhi standar. Karena itu, pastikan air akuarium tidak kotor dan berkualitas tinggi.

2. Menyediakan pasokan rudder Louhan berdasarkan porsi

Anda juga harus melindungi pakan petani Louhan. Karena, Anda diharuskan menyediakan pakan untuk bayi ikan Louu sesuai porsinya. Biasanya, anakan Louhan diberi makan dalam bentuk ulat sutra atau cacing beku 3 kali dalam 1 hari. Juga pastikan bahwa jenis makanan Louuk ini dijamin untuk kebersihan dan juga untuk kesehatan Anda.

Karena, jika Anda memberi makan kotor dan tidak sehat, petani Louu akan berubah menjadi putih. Ini menandakan bahwa bayi ikan louu mengalami rasa sakit yang dapat menyebabkan kematian.

3. Pindahkan Teenage Louhan ke kolam akuarium terbesar

Setelah ikan louhan memasuki masa remaja, Anda harus memindahkan louhan remaja ke kolam yang lebih besar dan mulai mengganti jenis makanan yang sebelumnya menggunakan ulat sutera atau ikan beku, kemudian mulai terbiasa menggunakan pakan pelet louhan khusus yang mengandung spirulina

Cara memelihara ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Bahkan cara kawin atau menanam ikan louu sangat penting bagi Anda. Sebab, mengawinkan ikan Louu agak rumit. Karena itu, Anda perlu tahu cara memasangkan ikan jantan Lou Lou dengan betina. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan ikan Louhan dewasa

Langkah pertama adalah menyiapkan ikan dewasa Louvhan jantan dan betina yang pasti sehat. Setelah menyiapkan dan menempatkan di 1 kolam, kemudian pisahkan louhan jantan dewasa di sisi kiri dan louhan betina dewasa di sisi makan atau sebaliknya.

3. Biarkan selama beberapa hari

Setelah mengisolasi ikan Louu jantan dengan betina, lalu biarkan selama beberapa hari. Tujuannya agar ikan louhan jantan dan betina bisa saling mengenal sehingga tidak bertarung di antara kedua ikan louhan yang akan dipasangkan.

4. Amati ikan Louhan betina dewasa yang siap dibuahi

Setelah beberapa hari Anda meninggalkannya, jadi Anda juga wajib mengamati apakah ikan luigi betina siap untuk dibuahi. Caranya adalah munculnya pena yang semakin penting dalam louhan betina, artinya siap untuk dibuahi.

5. Louhan dewasa yang terpisah

Langkah keempat adalah mengambil layar kaca yang Anda gunakan untuk memisahkan ikan dewasa Louu. Kemudian amati apakah kedua anjing kecil itu telah menggosok ekornya, maka kedua ikan Louu siap memasuki perkawinan.

6. Tutup akuarium sampai akhir periode kawin

Langkah terakhir adalah menutup akuarium dengan kertas hitam sehingga ikan luigi tidak terganggu oleh suasana di sekitarnya. Karena, jika akuraium tidak tertutup, bukan tidak mungkin fase kawin ikan Louuk gagal.

Makanan terbaik dari Ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Pemilihan makanan terbaik juga menentukan kesehatan warna sisik ikan louhan itu sendiri. Karena, jika Anda salah dalam memberi makan, bukan tidak mungkin menanam ikan luuhan dengan skema warna gelap dan dapat mengalami berbagai penyakit yang berujung pada kematian.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis makanan terbaik dari ikan Louu mulai dari usia benih hingga dewasa. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberi makan anak-anak anjing Louhan

Bagi petani ikan Lou Lou, pakan terbaik adalah ulat sutera atau rambut. Ya, karena ulat sutera atau cacing rambut mengandung banyak protein sehingga mereka dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan louhan itu sendiri.

Jadi jangan heran jika banyak petani ikan Louu menyediakan banyak jenis ulat sutera untuk diberikan kepada anak anjing Louu

2. Makanan ikan louhan untuk orang dewasa

Setelah memasuki usia dewasa, pakan terbaik untuk ikan Louu adalah tidak lagi ulat sutra atau rambut. Tetapi ada beberapa jenis makanan terbaik untuk ikan Louu yang telah memasuki usia dewasa.

Salah satu jenis pakan ikan louhan dewasa terbaik adalah pelet louhan yang mengandung spirulina dan juga protein. Ya, kedua bahan ini sangat penting untuk pertumbuhan ikan Louu karena mereka dapat mempercepat pertumbuhan hingga 40%.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan pakan seperti udang yang berguna untuk meningkatkan penampilan sisik ikan louhan dewasa dan juga jangkrik untuk memperluas sirip louhan untuk orang dewasa

Perawatan Kolam Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Selain memahami prosedur pemuliaan dan prosedur pemuliaan ikan Louhan, Anda juga perlu memahami prosedur pemeliharaan untuk kolam ikan Louhan. Bahkan, ikan luau ini tidak bisa hidup di kolam akuarium dengan air kotor dan suhu yang tidak terkendali.

Akibatnya, ikan louu dapat mengalami stres dan kemudian mati perlahan karena stres atau depresi

Untuk alasan ini, ini adalah prosedur yang benar untuk memelihara kolam ikan Louu. Di antaranya adalah:

1. Gunakan akuarium 3 kali lebih besar dari ikan Louhan

Sebelum membahas cara merawat kolam ikan akuarium Louu, maka yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu adalah menggunakan kolam akuarium 3 kali ukuran ikan Louu. Tujuannya agar ikan Louhan dapat bergerak bebas ke mana saja, sehingga dapat mengurangi stres dan depresi ikan Louhan.

2. Periksa suhu dan isi air akuarium

Selanjutnya, langkan yang perlu Anda pertahankan untuk kolam ikan adalah memeriksa secara teratur untuk mengetahui suhu dan bahkan kadar air akuarium.

Pastikan kolam Louhan tetap pada pH 7 atau 8 sehingga kualitas airnya tidak terlalu asam atau asin dan mencoba mempertahankan suhu kolam Louhan pada 28-30 derajat Celcius.

3. Pasang filter air

Langkah kedua untuk pemeliharaan kolam ikan Louu adalah memasang filter air yang bertujuan mengurangi kadar amonia dan nitrat beracun yang dapat dicampur dalam air akuarium Louhan . Ya, munculnya racun ini disebabkan sisa makanan ikan Louvre yang bisa larut dalam air.

Oleh karena itu, dengan filter air, racun ini dapat diatasi dan disaring dalam filter air kolam akuarium.

4. Kosongkan kolam tangki ikan Louhan setiap 2 minggu sekali

Langkah terakhir dalam merawat kolam akuarium Louu adalah dengan mengeringkan tangki ikan akuarium Louu setidaknya sekali dalam 2 minggu.

Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas akuarium ikan Louu agar tetap bersih dan tentu saja tidak mengandung beberapa racun berbahaya yang terkandung dalam air akuarium sebelumnya.

Harga ikan louhan di pasaran

Ikan louhan

Ikan louhan

Nah, bagi Anda yang berencana membeli ikan Louu sebagai ikan hias di rumah, maka Anda perlu mengetahui harga ikan Louv yang dijual di pasaran. Karena itu, inilah harga ikan Louu di pasaran berdasarkan jenisnya.

Ikan Louhan Harga per unit
Louhan Cencu Rp. 100.000 – Rp. 1.000.000 (tergantung ukuran)
Ikan mas emas Louhan Rp. 650.000 – Rp. 3.000.000 (tergantung ukuran)
Ikan Louhan Kamfa Rp. 850.000 – Rp. 3.500.000 (tergantung ukurannya
Louhan Bonsai Rp. 250.000 – Rp. 800.000 (tergantung ukuran)
Louhan Storm Fish Rp. 650.000 – Rp. 2.500.000 (tergantung ukuran)

Louhan adalah jenis ikan favorit untuk dipelihara

Ikan louhan

Ikan louhan

Hampir semua pemulia membiakkan ikan louhan jenis apa pun karena hampir semua jenis ikan louhan memiliki harga jual yang cukup tinggi sehingga petani tidak mengalami kerugian jika memilih untuk membiakkan ikan louhan. Namun, ada beberapa peternak yang memilih untuk membiakkan salah satu spesies ikan louhan yang potensial.

Ya, louhan kamfa dan spesies ikan merah emas sebenarnya dibudidayakan oleh petani ikan louhan karena mereka memiliki harga jual yang cukup tinggi dan banyak peminat lainnya sehingga petani bisa mendapatkan banyak manfaat dengan meningkatkan louhan kamfa dan spesies ikan merah emas .

Modal Budidaya Ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Meskipun biaya modal awal yang diperlukan cukup tinggi. Namun, keuntungan yang datang dari penjualan ikan louhan juga cukup tinggi. Untuk modal awal, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli bibit Louhan berdasarkan jenis yang Anda tanam dan membeli peralatan untuk proses pembudidayaan ikan Louhan.

Bibit ikan louhan dijual sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000 (tergantung jenisnya). Selain itu, perlu membeli akuarium dari kecil ke besar. Sebab, ikan Louu yang sudah tua membutuhkan kolam akuarium yang cukup besar.

Selain itu, Anda diharuskan untuk menyediakan air bersih selama proses pemuliaan dan juga untuk memberi makan ikan Louu seperti ulat sutra, udang, dan pelet ikan Lou. Total modal sekitar Rp diperlukan untuk memulai modal perdagangan ikan luuhan. 2.500.000 hingga Rp. 3.000.000.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa menjual ikan Louu yang Anda tanam dengan harga terendah Rp. 650.000 untuk yang termahal sekitar Rp. 3.500.000 per ikan

Risiko Budidaya Ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan

Risiko terbesar yang mungkin dialami peternak ikan Louhan adalah kesalahan dalam perawatan ikan Lou, kesalahan dalam pemeliharaan kolam akuarium dan kesalahan dalam memberi makan ikan Lou.

Karena kesalahan ini, risiko yang dapat terjadi adalah bahwa pola warna sisik louis tidak terlalu jelas, ikan luigi berubah bentuk, sehingga yang terburuk mengalami stres dan depresi, sehingga tidak dikecualikan bahwa ikan dari luhan akan mati sebelum dijual

Nah, ini adalah ikhtisar singkat tentang ikan Louhan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin membudidayakan ikan louhan, maka ketahui terlebih dahulu bagaimana cara merawat ikan louhan mulai dari pembibitan hingga dewasa, bagaimana cara merawat ikan akuarium louhan dan juga belajar tentang harga pasar ikan louhan berdasarkan spesies sehingga jangan kehilangan uang saat Anda menjual ikan Louhan di pasar.

Ikan louhan

Demikianlah info mengenai IKAN LOUHAN : Cara Merawat, Budidaya, Pakan, Harga Jual (Lengkap). Semoga informasi ini bisa menambah wawasan berfikir anda tentang IKAN LOUHAN : Cara Merawat, Budidaya, Pakan, Harga Jual (Lengkap).

Leave a Reply