Pengertian Kebudayaan: Unsur, Ciri, Wujud, Fungsi, dan Contoh

Pengertian Kebudayaan: Unsur, Ciri, Wujud, Fungsi, dan Contoh

Pengertian Kebudayaan: Unsur, Ciri, Wujud, Fungsi, dan Contoh –

Memahami budaya – Dalam menjalani kehidupannya, manusia tidak akan pernah lepas dari apa yang disebut budaya dan adat istiadat. Ini karena budaya memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai identitas dan juga karakteristik. Karena fungsi ini, keberadaan budaya menjadi penting.

Jika Anda mendengarkan, Anda akan melihat bahwa ada sejumlah kelompok dan kelompok orang tertentu yang memiliki budaya yang berbeda. Ini menunjukkan bahwa budaya benar-benar menjadi ciri khas masing-masing, sehingga perbedaan budaya sangat alami.

Kata budaya awalnya berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti buddhayah yang berarti hal-hal yang memiliki alasan dan makna manusia. Secara garis besar, arti kata ini adalah pikiran dan alasan yang membuat manusia bisa menjalani kehidupannya.

Budaya memiliki sifat turun temurun. Artinya, setiap generasi akan mewarisi budaya tertentu. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang konsep budaya, yang mulai dari pemahaman, elemen, fitur, bentuk, fungsi hingga contoh. Penasaran? Lihatlah beberapa ulasan di bawah ini.

Pemahaman budaya secara umum

pemahaman budaya secara umum
www.sahabatnesia.com

Diskusi tentang budaya dimulai dengan mendiskusikan pemahaman umum. Dengan memahami makna budaya secara umum, Anda dapat memahami berbagai hal yang lebih penting daripada istilah ini.

Nah, secara umum, pemahaman budaya bisa dianggap sangat berbeda. Namun, pada dasarnya, definisi dari istilah ini adalah gaya hidup yang dimiliki oleh sekelompok orang tertentu. Budaya ini terdiri dari banyak elemen yang lengkap.

Perlu dicatat, meskipun tidak memiliki aturan tertulis, tetapi budaya memiliki sifat yang terkadang menguat dan memberikan panduan untuk berperilaku lebih baik sehingga kehidupan menjadi lebih bermartabat dan sederhana. Selanjutnya, budaya juga diartikan sebagai hasil kerja, kreativitas, selera dan niat manusia.

Dari pemahaman ini, budaya memiliki ruang lingkup dan aspek yang dapat dianggap sangat luas. Aspek budaya meliputi banyak hal, seperti hukum, kepercayaan, seni, kebiasaan atau kebiasaan, moralitas, moralitas dan pengalaman. Diyakini bahwa kehadiran budaya ini mampu memengaruhi pengetahuan, gagasan, gagasan, dan lain-lain seseorang, sekalipun bentuk-bentuk budaya itu abstrak.

pemahaman budaya menurut para ahli
bahassemua.com

Untuk lebih memahami pemahaman budaya, mendengarkan pendapat para ahli adalah salah satu hal yang tepat untuk dipikirkan.

Para ahli memberikan pendapat mereka tentang apa arti dan tujuan budaya. Berikut ini adalah beberapa gagasan budaya yang diambil dari diskusi para ahli.

Menurut Koentjaraningrat, yang dimaksud dengan budaya adalah perilaku umum manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses pembelajaran dan semua tertata rapi dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya adalah buah pikiran manusia yang merupakan hasil dari dua pengaruh besar, yaitu alam dan sifat manusia.

Budaya juga merupakan bukti kemuliaan hidup manusia yang membuatnya mampu mengatasi kesulitan hidup sedemikian rupa untuk menjamin keamanan dan kebahagiaan.

  • Soelaeman Soenardi dan Selo Soemardjan

Menurut Soelaeman Soenardi dan Selo Soemardjan, yang dimaksud dengan budaya adalah semua pekerjaan, kreativitas, dan cita rasa masyarakat. Karya-karya ini akan menghasilkan teknologi dan budaya dalam bentuk benda dan tubuh.

Benda-benda ini penting bagi umat manusia. Tujuan kebutuhan manusia dari benda-benda ini adalah untuk dapat menguasai alam sehingga hasilnya dapat digunakan secara bijak untuk kebutuhan masyarakat.

Menurut dr. Mohammad Hatta, makna budaya adalah ciptaan yang hidup dari bangsa tertentu.

Menurut Parsudi Suparlan, budaya adalah semua pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang terbiasa dapat memahami dan bahkan menjadi bagian dari interpretasi lingkungan dan pengalamannya. Budaya juga digunakan sebagai dasar perilaku.

Menurut Haji Agus Salim, yang dimaksud dengan budaya adalah penyatuan syarat dan kekuasaan sehingga mereka menjadi makna dalam jiwa yang tidak dapat dipisahkan.

Menurut Effat Al-Syarqawi, yang dimaksud dengan budaya adalah harta sejarah bangsa yang tercermin dalam pengakuan dan nilai-nilai yang dikandungnya. Nilai yang diharapkan adalah nila yang dapat menguraikan sesuatu untuk kehidupan, tujuan yang ideal dan makna spiritual yang tak terbatas.

Menurut Harjoso, ada makna berbeda tentang budaya. Beberapa makna ini adalah sebagai berikut:

  • Budaya dalam masyarakat memiliki perbedaan dari satu komunitas ke komunitas lainnya
  • Budaya bisa dilanjutkan dan bisa diajarkan
  • Budaya dapat dibagi menjadi komponen biologis, psikologis dan sosiologis dari keberadaan manusia
  • Budaya memiliki struktur dan cara tertentu
  • Budaya dapat dibagi menjadi aspek sosial dan psikologis
  • Budaya memiliki sifat yang relatif dinamis
  • Nilai-nilai dalam budaya memiliki sifat relatif yang membuat budaya masyarakat yang berbeda satu dari yang lain.

Nah, ini adalah pemahaman budaya dari beberapa ahli. Dengan beberapa makna di atas, tentu saja Anda dapat mempelajari apa arti budaya yang diambil dari berbagai perspektif.

Elemen budaya

elemen budaya
hidupsimpel.com

Aspek budaya lain yang paling penting untuk diketahui adalah unsur budaya itu sendiri. Sekarang, unsur-unsur budaya akan membuka cakrawala kita tentang apa yang dimaksud dengan budaya itu.

Perlu dicatat bahwa budaya memiliki unsur-unsur tertentu secara universal sebagai bukti keunikan budaya. Menurut C. Kluckhohn, unsur-unsur dalam budaya adalah sebagai berikut:

Elemen linguistik

Bahasa menjadi elemen pertama dan paling penting dari budaya untuk diketahui. Seperti diketahui bersama, bahasa adalah cara manusia mengatakan. Ya, pengucapan yang indah dan itu adalah elemen yang sudah menjadi tradisi.

Bahasanya terus turun temurun, sehingga manusia dalam kelompok atau negara yang berbeda dapat berkomunikasi dengan cara mereka sendiri. Selain itu, bahasa juga merupakan alat yang digunakan untuk mengadaptasi tradisi. Nah, secara umum, bahasa dibagi menjadi dua, yaitu bahasa pidato dan tulisan.

Indonesia sendiri adalah negara yang kaya akan keanekaragaman bahasa. Di Indonesia, ada sejumlah bahasa dari kelompok atau kebiasaan dengan pengucapan dan detail yang berbeda. Beberapa dari mereka adalah orang Jawa, Bugis, Dayak, Batak dan lainnya,

Sistem kepercayaan

Budaya tidak bisa segera dilepaskan oleh sistem kepercayaan. Dalam hal ini, sistem kepercayaan adalah salah satu hal yang dipegang oleh manusia untuk menjalankan kehidupannya.

Sistem kepercayaan ini juga merupakan sarana untuk menghubungkan manusia dengan pencipta mereka. Terlebih lagi, dengan adanya sistem kepercayaan, sesuatu yang dianggap mustahil akan diterima dengan alasan sebagai salah satu manifestasi mukjizat dan hadiah yang diberikan oleh Tuhan.

ilmu

Elemen budaya lainnya adalah sains. Sistem ini adalah salah satu hal yang sangat penting dan perlu dalam suatu budaya. Sistem ini digunakan untuk memuaskan keingintahuan manusia tentang sesuatu. Ada banyak jenis pengetahuan yang memiliki peran berbeda di setiap bidang.

Nah, sejauh menyangkut sistem pengetahuan ini, ada beberapa jenis yang bisa dipelajari. Beberapa jenis sistem ilmiah adalah sebagai berikut:

Sifat yang ditempati oleh manusia sangat luas. Tidak hanya bumi, tetapi juga alam semesta yang luas. Jadi, ilmu alam ini sangat penting. Salah satu fungsi dari ilmu alam ini adalah tatanan di mana tempat tinggal manusia dapat dipertahankan sedemikian rupa untuk mempertahankan kehidupan.

Ilmu tanaman pada dasarnya sama dengan ilmu pertanian. Pengetahuan dasar yang diketahui semua orang yang terkait dengan tanaman adalah fakta bahwa tanaman ada untuk saling melengkapi dan diubah menjadi makanan. Kedua fungsi ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga kehidupan manusia dan hewan.

Tidak jauh dari pengetahuan tanaman, ada juga pengetahuan tentang hewan. Ini adalah bagian dari elemen budaya yang cukup penting. Pengetahuan tentang hewan menjelaskan bahwa keberadaan hewan mendukung kelangsungan hidup manusia dan banyak fungsi pendukung lainnya.

  • Pengetahuan tentang tubuh manusia

Pengetahuan tentang tubuh manusia secara fundamental digunakan untuk melakukan analisis kesehatan manusia. Dengan mengetahui struktur tubuh, posisi organ, komposisi tulang dan nadi, kesehatan manusia cenderung lebih mudah diidentifikasi.

  • Pengetahuan tentang sifat dan perilaku manusia

Pengetahuan tentang sifat dan perilaku manusia adalah bagian penting dari unsur budaya. Elemen ini diperlukan agar kehidupan dapat dipertahankan dan lebih damai. Mengenai analisis perilaku, manusia akan saling memahami.

Ini adalah salah satu aspek penting dari sifat dan perilaku manusia. Kuncinya adalah bahwa manusia memiliki karakteristik yang berbeda. Namun, meskipun berbeda, budaya dapat memiliki pengaruh, khususnya dengan mengatur nilai-nilai norma, adat, hukum adat dan beberapa aturan yang disepakati.

  • Pengetahuan tentang ruang dan waktu

Pengetahuan tentang ruang dan waktu adalah elemen lain yang termasuk dalam budaya. Pengetahuan ini memiliki fungsi untuk mengukur, menghitung, dan tanggal. Fungsi dari pengetahuan ini adalah penentuan bulan, tahun dan tanggal. Dalam budaya Jawa, kami juga mengenali pasar saat itu.

Sistem teknologi

Unsur lain yang termasuk dalam garis budaya adalah sistem teknologi. Kehadiran sistem ini menjadi perlengkapan dan perlengkapan manusia dalam menjalani kehidupannya. Dalam hal ini, Koentjaraningrat membagi sistem teknologi menjadi beberapa hal, yaitu alat produksi, wadah, senjata, makanan, minuman, rumah, pakaian dan peralatan transportasi.

Selain itu, sistem teknologi yang ada adalah bentuk pengembangan sistem teknologi yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, di masa lalu, orang tahu bahwa kapak adalah teknologi canggih, tetapi sekarang telah diganti dengan mesin potong otomatis yang lebih modern.

Kekerabatan atau sistem komunitas

Elemen budaya selanjutnya adalah sistem kekerabatan atau sistem sosial. Ini adalah salah satu elemen budaya yang paling penting. Perhatikan bahwa sistem sosial masih digunakan untuk bersosialisasi dan membangun hubungan.

Selain itu, di berbagai daerah dan daerah seperti Amerika Latin, Afrika dan banyak daerah lain masih menggunakan sistem ini. Menurut L. H. Morgan, ada beberapa sistem kekerabatan.

Sistem kekerabatan yang berbeda dalam pertanyaan adalah sebagai berikut:

  • Garis induk adalah keturunan ayah dan ibu
  • Garis alternatif adalah garis yang mengajarkan bahwa wanita dan pria memiliki posisi yang sama
  • Silsilah ibu yang mengatakan wanita lebih tinggi daripada pria.

Sistem ekonomi atau mata pencaharian

Sistem ekonomi budaya Indonesia pada umumnya terdiri dari berburu dan meramu, beternak sapi, budidaya tanaman, memancing, dan irigasi. Sistem ini berlanjut hingga hari ini dan terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Perkembangan adalah bukti bahwa ada peningkatan. Misalnya, dari sistem pertanian atau pertanian, ia berlanjut ke sistem bisnis dan sistem pemrosesan makanan komersial. Perkembangan ini akan membuat kehidupan manusia lebih baik.

seni

Seni dan budaya adalah dua hal yang sangat dekat. Dalam hal ini, ia tidak dapat memisahkan seni dari unsur-unsur dalam budaya. Perlu dicatat, seni adalah ekspresi dan menuju keindahan yang akan menghidupkan rasa manusia.

Sehubungan dengan ini, Koentjaraningrat telah membagi seni menjadi dua, yaitu seni dan seni suara. Namun, dalam perincian yang lebih spesifik, ada pembagian seni lainnya karena unsur-unsur yang sangat rinci.

Jadi beberapa elemen yang ada dalam suatu budaya. Dari beberapa poin yang dijelaskan di atas yang membahas unsur-unsur budaya, kita dapat mengatakan bahwa budaya memiliki beberapa subbagian yang saling terkait dan saling mendukung.

Karakteristik budaya

karakteristik budaya
blog.elevenia.co.id

Hal lain yang penting untuk diketahui tentang budaya adalah karakteristik budaya itu sendiri. Mengetahui karakteristik budaya tentu saja sesuatu yang bisa dikatakan sangat penting karena akan membantu Anda memahami makna budaya yang sebenarnya.

Nah, secara umum, beberapa karakteristik budaya adalah sebagai berikut:

  • Budaya terintegrasi
  • Budaya bisa diubah
  • Budaya hidup dan berkembang di masyarakat
  • Budaya bisa diwariskan
  • Budaya bisa dipelajari.

Beberapa karakteristik ini melekat pada budaya secara umum, yang dipahami secara luas oleh orang awam. Namun, untuk budaya daerah, ia memiliki beberapa karakteristik yang berbeda. Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

  • Ada peninggalan sejarah
  • C & # 39; adalah elemen kepercayaan publik
  • Ada bahasa dan seni khas daerah
  • Diikuti oleh warga yang tinggal dan tinggal di daerah tersebut
  • Terdiri dari unsur budaya asli dan budaya tradisional
  • Memiliki kebiasaan dan adat istiadat
  • Budaya memiliki karakteristik daerah.

Dari poin-poin sebelumnya, dapat dilihat bahwa ada perbedaan karakteristik budaya daerah yang harus diketahui. Nah, beberapa fitur yang disebutkan di atas adalah alasan mengapa budaya suatu daerah dengan daerah lain berbeda.

Lantas bagaimana dengan budaya nasional? Nah, budaya nasional juga memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik budaya nasional adalah sebagai berikut:

  • Ada elemen yang bisa menyatukan bangsa dan negara
  • Itu mencerminkan kehidupan suatu bangsa
  • Budaya ini adalah kebanggaan semua orang secara nasional
  • Ada unsur budaya daerah yang diakui secara nasional sebagai bagian dari budaya yang tersentralisasi.

Karakteristik budaya nasional harus selalu dipahami dengan baik. Dengan pemahaman ini, dimungkinkan untuk membedakan seberapa rinci budaya daerah dan budaya nasional.

Bentuk budaya

bentuk budaya
Bentuk budaya

Pemahaman budaya juga harus dilakukan dengan meningkatkan pemahaman tentang bentuk budaya itu sendiri. Ya, bentuk budaya menjadi bagian integral yang penting dalam kesatuan budaya. Menurut Koentjaraningrat, bentuk budaya dibagi menjadi beberapa hal, yaitu:

Bentuk budaya pertama adalah nilai-nilai budaya. Nilai budaya ini telah dipelajari oleh masyarakat sejak kecil. Karena itu, nilai-nilai budaya cenderung sulit untuk diguncang dan dapat menghasilkan ide di kemudian hari. Beberapa dari gagasan ini dapat berupa pikiran, perilaku atau hasil lainnya.

Sistem budaya adalah bentuk budaya yang mengikuti. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan sistem budaya adalah sistem yang cenderung abstrak, tetapi yang memiliki model dari generasi ke generasi oleh masyarakat.

Bentuk budaya lain adalah sistem sosial. Dalam hal ini, budaya dalam sistem sosial bersifat konkret dan dapat diabadikan. Sistem ini akan menggambarkan perilaku manusia yang terus berfungsi dengan pola dan aturan tertentu.

Arti dari bentuk budaya dalam bentuk budaya fisik adalah bahwa budaya memiliki bentuk yang dapat dilihat. Contoh bentuk budaya ini pada saat ini adalah keberadaan candi, pakaian tradisional, gamelan dan banyak contoh lainnya.

Fungsi budaya

fungsi budaya
thegprbalsla.com

Di tingkat masyarakat, budaya memiliki beberapa fungsi penting. Fungsi dasar budaya adalah untuk mengatur masyarakat dan memberikan pemahaman tentang apa yang perlu dilakukan dan bagaimana menanggapi sesuatu. Dengan ini, kehidupan manusia akan lebih harmonis dan damai.

Seperti halnya beberapa fungsi budaya lainnya, mereka adalah sebagai berikut:

  • Pedoman untuk hubungan manusia atau kelompok

Budaya adalah salah satu pedoman untuk hubungan antara manusia dan kelompok. Dengan adanya budaya, maka suatu kelompok dengan kelompok lain akan cenderung menemukan harmoni dalam kehidupan mereka.

Budaya juga dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan adalah budaya pertanian atau budaya dalam mencari ikan yang membuat manusia mampu bertahan hidup.

  • Dorong perubahan dalam masyarakat

Budaya masyarakat dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan perubahan. Budaya yang begitu mulia dapat mengubah kehidupan orang-orang yang tidak teratur menjadi lebih teratur dan terorganisir.

Nah, ada sejumlah hal menyangkut pemahaman budaya dan beberapa masalah terkait. Seperti yang Anda tahu, setiap daerah memiliki budaya. Beberapa contoh budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia, misalnya, adalah tradisi Ngaben, Wiwitan dan banyak lainnya. Semoga bermanfaat.

Demikianlah info mengenai Pengertian Kebudayaan: Unsur, Ciri, Wujud, Fungsi, dan Contoh. Semoga info ini bisa meningkatkan wawasan berfikir kita tentang Pengertian Kebudayaan: Unsur, Ciri, Wujud, Fungsi, dan Contoh.

Leave a Reply