Candi Gedong Songo : Sejarah, Lokasi dan Keindahannya

Candi Gedong Songo : Sejarah, Lokasi dan Keindahannya

Candi Gedong Songo : Sejarah, Lokasi dan Keindahannya –

Candi Gedong Songo – Bagi orang yang tinggal di daerah Jawa Tengah, tentu tidak asing dengan nama candi Bandungan. Ya, memang benar, candi ini disebut Gedong Songo. Tentu saja kawasan wisata Gedong Songo memiliki warisan jejak sejarah nyata.

Namun, lebih dari itu, Gedong Songo juga menghadirkan pemandangan indah yang tidak kalah dengan tempat wisata di daerah lain.

Daerah candi ini terletak di daerah Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Karena pemandangannya ok, jangan heran jika pengunjung cukup ramai dan banyak diminati, terutama bagi pecinta alam dan komunitas alam lainnya.

Tidak hanya itu, ada juga banyak siswa yang melakukan kegiatan pendidikan di tempat ini. Siswa biasanya mempelajari sejarah kerajaan di Indonesia yang dapat diperoleh dari situs-situs di dalam kuil.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Mari kita simak ulasan seluruh Kuil Gedong Songo di bawah ini:

Sejarah candi Gedong Songo

sejarah candi Gedong Songo
Sejarah candi Gedong Songo

Jika Anda berasal dari wilayah Jawa Tengah, pasti Anda tahu arti nama candi ini. Ya, memang benar, Gedong Songo berasal dari dua kata, Gedong dan Songo. Gedong berarti konstruksi atau rumah sementara Songo berarti sembilan, jadi secara harfiah, Kuil Gedong Songo berarti sembilan kuil.

Gedong Songo adalah salah satu peninggalan bersejarah Hindu di Gunung Ungaran. Penemu situs bersejarah ini adalah Raffles pada 1804 dan diperkirakan telah dibangun selama era Wangsa Syailendra pada abad ke-9. Apakah Anda pernah datang ke kuil Dieng, ke Kuil Arjuna?

Sekilas, penampilan fisik Candi Gedong Songo sangat mirip dengan arsitektur bangunan candi di daerah Dieng. Lokasi Kuil Gedung Songo berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dengan suhu yang cukup dingin 19 hingga 27 derajat Celcius.

Bahkan, setelah penemuan Gedong Songo untuk pertama kalinya, Raffles memberikan nama candi ini kepada Gedong Pitu. Ini karena pada waktu itu hanya 7 candi yang ditemukan.

Selanjutnya, pada tahun 1825 Van Braam menerbitkan penemuannya, kemudian pada tahun 1865 Hoopermans dan Frederich juga menulis tentang daerah wisata ini.

Pada tahun 1900, pembangunan 10-1911 dipimpin oleh Knebel yang melakukan inventarisasi air panas di kuil Gedong Songo ini. Nah, baru pada tahun 1916, pemerintah Belanda secara resmi memeriksa beberapa bangunan candi tempat penelitian dilakukan oleh layanan arkeologi Belanda.

Dengan demikian, antara tahun 1928 dan 1929 ada pemugaran candi Gedong 1 yang dilanjutkan dalam perbaikan candi 2 pada 1930-1932. Baru kemudian, pada 1977-1983, pemerintah Indonesia mengambil alih dan melakukan perbaikan pada candi 3, 4 dan 5.

Kegiatan perbaikan ini dilakukan oleh SPS atau oleh Pusat Pelestarian Warisan Arkeologi hingga 2009. Pada waktu itu Kuil Gedong Songo direvisi dan diperbaiki secara keseluruhan.

Lokasi candi Gedong Songo

lokasi di candi Gedong Songo
www.jejakpiknik.com

Padahal, jalur untuk mencapai kawasan Candi Gedong Songo cukup mudah, karena kawasan wisata ini terletak di lereng Gunung Ungaran.

Jika Anda datang dari Ambarawa, waktu yang diperlukan pergi ke Bandungan selama sekitar 40 menit, sedangkan jika Anda datang dari barat, melewati Kabupaten Temanggung, kemudian berjalan menuju Bandungan Semarang. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat GPS.

Meskipun memiliki akses jalan yang mudah, namun, harus berhati-hati untuk mengunjungi Kuil Gedong Songo karena jalannya berliku dan dianggap sulit bagi pengendara. Ini akan menjadi lebih buruk ketika hujan, karena jalan menjadi semakin licin.

Untuk pergi ke kawasan wisata, Anda harus melalui banyak tanjakan. Jadi, Anda tidak perlu heran jika banyak sepeda berhenti di tengah jalan karena mereka tidak dapat mencapai posisi tersebut.

Pemandangan dan keindahan wisata candi Gedong Songo

atraksi dan keindahan wisata candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo

Salah satu yang menarik dari kawasan wisata Kuil Gedong Songo adalah suhu dingin di kisaran 19 hingga 27 derajat Celcius. Meskipun tempat ini tidak memiliki suhu dingin seperti dataran tinggi Dieng, pemandangan yang disajikan tidak kalah indahnya.

Nah, karena tempat ini berada di ketinggian, Anda dapat melihat kota secara keseluruhan. Dari atas, tentu saja, kota Bandungan tampak eksotis. Skenario ini banyak didorong oleh wisatawan baik di dalam maupun di luar kota.

Meskipun berada di atas ketinggian dan tidak ada tanda di Kuil Gedong Songo, bagi Anda yang memiliki hobi dalam fotografi dan mengedit foto, tempat ini benar-benar cocok untuk dijelajahi. Apalagi jika Anda suka kegiatan fotografi untuk diunggah ke media sosial.

Ada banyak tempat kecantikan yang disediakan di tempat ini. Bahkan, banyak kamp turis. Tentunya akan sangat menyenangkan untuk bermalam di tempat yang eksotis ini.

rute ke daerah Gedong Songo
www.menggapaiangkasa.com
  • Rute ke Kuil 1 Gedong Songo

Di daerah Kuil Gedong Songo, ada 9 candi yang dapat Anda temukan. Pertama, kita akan membahas Kuil 1, yang ketika Anda tiba akan segera disambut oleh pintu kuil. Biaya masuk sebesar 6.000 IDR akan dibebankan ke pelabuhan ini. Tentu tidak terlalu mahal kan?

Dengan membayar tiket masuk ini, Anda membantu pemerintah menjaga kelestarian dan kekokohan candi. Di kuil 1, sebuah gerbang mirip dengan kuil dan ada juga tempat untuk melakukan di sebelahnya. Setelah masuk, Anda hanya dapat menemukan Kompleks Candi Gedong 1.

Selanjutnya, pergilah ke area Kuil Gedong 2, yang berjarak sekitar 500 meter dari Kuil 1. Sebenarnya, jaraknya cukup jauh. Namun, di Kuil 2 Anda dapat melihat semua kuil di daerah Gedong Songo.

Ada dua rute untuk Candi 2. Yang pertama, untuk pengendara, sedangkan rute lainnya adalah untuk kuda. Menuju ke Candi 2, ada banyak gazebo dan kedai makanan. Jadi jangan khawatir jika perut Anda tiba-tiba terasa menggerutu di tempat ini.

Harga untuk menyewa kuda Anda cukup bervariasi, mulai dari 25.000 hingga 70.000 Rp. Pergi menunggang kuda menuju kawasan wisata, tentu saja itu akan menciptakan pengalaman khusus yang tidak akan terlupakan. Menurut banyak wisatawan, di Candi 2 itu lebih menarik dan memiliki keindahan yang luar biasa dibandingkan dengan area Candi 1.

Area Candi 3 tidak terlalu jauh dari Kuil 2. Di candi 3 ini, ada tiga candi di mana ada beberapa patung yang meliputi Ganesha, Durga, Mahakala, pengawal Siwa Nandiswara dan sebagainya. Arca-arca tersebut ditemukan di antara tiga kelompok candi di kawasan candi Gedong Songo 3.

  • Mandi uap panas dan panas

Di area Kuil 3 adalah area pemandian air panas. Anda juga bisa merasakan uap air hangat saat pertama kali memasuki area candi. Uap panas ini berasal dari dalam bumi. Jadi, selain menikmati keindahan berbagai kuil, Anda juga bisa merasakan sensasi mandi air panas di area candi.

Untuk pergi ke Kuil 4, dari area Kuil 3, perlu berjalan selama beberapa menit. Area ini cukup jauh dari Candi 3. Cukup jauh dari Temple 5 dan Temple 4. Di area candi ada juga bangunan yang agak rusak karena alam, dan di daerah ini hanyalah sebuah kuil kecil.

  • Makanan di Sekitar Gedong Songo

Bepergian ke suatu tempat, tentu saja, tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khas. Juga, untuk sampai ke Gedong Songo Anda membutuhkan banyak energi, jadi tidak mengherankan bahwa banyak orang mati kelaparan segera setelah mereka mencapai daerah wisata.

Nah, Anda juga bisa mencicipi Gedong Songo seperti sate kelinci, ronde panas, jus kedelai panas, dan camilan gula kacang. Pergi saja ke salah satu warung makan yang tersedia selama perjalanan.

Untuk mencari suvenir dan pernak-pernik, Anda juga pergi ke beberapa toko yang selaras. Ada banyak liontin unik seperti bunga hias dan suvenir lainnya yang bisa Anda pilih sebagai suvenir keluarga di rumah.

baca juga candi Borobudur

Ini adalah ulasan tentang keindahan tempat wisata Gedong Songo yang terletak di Bandungan, Semarang. Pastikan Anda memperhatikan rute sehingga Anda tidak tersesat. Selanjutnya, menjaga kebersihan dan konservasi situs peninggalan bersejarah agar kekayaan budaya Indonesia tetap terjaga dengan indah.

Demikianlah info tentang Candi Gedong Songo : Sejarah, Lokasi dan Keindahannya. Semoga informasi ini dapat memperluas cakrawala berfikir anda tentang Candi Gedong Songo : Sejarah, Lokasi dan Keindahannya.

Leave a Reply