13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya

13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya

13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya –

Fungsi jantung – Di dalam tubuh manusia ada beberapa organ yang memiliki peran masing-masing. Tentu saja, berbagai jenis organ sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Di antara banyak organ yang ada, hati adalah organ yang memainkan peran yang sangat penting.

Ada begitu banyak fungsi hati yang membantu proses metabolisme tubuh berfungsi dengan baik. Sebelum membahas berbagai fungsi hati, Anda harus terlebih dahulu tahu apa itu hati, di mana itu, dan bagaimana bentuknya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendengarkan penjelasan di bawah ini.

Jadi itu organ hati?

itu hati
www.islampos.com

Hati ini sendiri adalah organ lunak besar yang terletak di sisi kanan perut. Berat hati antara 1300 dan 1400 gram dan memiliki warna coklat kemerahan. Konsistensi hati bergetah dilindungi oleh tulang rusuk.

Itu terlihat seperti segitiga dan juga sabit. Organ juga mencakup dua bagian yang terdiri dari dua lobus, lobus kanan dan lobus kiri. Karena ukurannya, lobus kanan lebih besar dari lobus kiri.

Kedua lobus dipisahkan dari ligamentum falciform. Apa itu legamentus falciformis? Bagian ini adalah sekelompok jaringan yang menempel hati ke diafragma.

Fungsi organ hati manusia

fungsi hati manusia
doktersehat.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, ada sekitar 500 fungsi hati manusia dengan peran berbeda. Tentu saja, berbagai jenis fungsi hati akan terus tumbuh seiring dengan penelitian yang akan terus dilakukan.

Namun, pembahasan ini tidak akan menjelaskan 500 fungsi hati. Di bawah ini kami jelaskan beberapa fungsi utama jantung bagi tubuh manusia.

  • Ini membantu proses pembekuan darah

membantu proses pembekuan darah
doktersehat.com

Hati memainkan peran yang sangat penting dalam proses pembekuan darah. Pembekuan darah adalah suatu proses dalam tubuh manusia yang bertujuan untuk mencegah pendarahan karena cedera atau hal lain.

Hati akan mendukung proses pembekuan darah yang menghasilkan cairan, yang empedu. Cairan ini berguna untuk menyerap vitamin K. Nah, vitamin K adalah jenis vitamin yang dibutuhkan untuk membentuk koagulan tertentu. Koagulan ini akan bermanfaat untuk memengaruhi proses pembekuan darah.

  • Ini berfungsi untuk menyaring darah

berfungsi untuk menyaring darah
Ini berfungsi untuk menyaring darah

Fungsi hati selanjutnya adalah menyaring darah. Mungkin selama ini Anda tahu, darah akan tersaring di ginjal. Namun, proses penyaringan darah ini juga terjadi di hati.

Mengapa darah harus melalui proses penyaringan hati? Tujuannya adalah untuk menyaring berbagai senyawa tubuh dan menghilangkan beberapa zat yang beracun dan tidak perlu bagi tubuh. Senyawa itu sendiri berasal dari tubuh manusia, yang seperti senyawa hormon atau senyawa di luar tubuh.

  • Pembentukan sel darah merah

membentuk sel darah merah
Pembentukan sel darah merah

Hati akan menghasilkan sel darah merah baru. Prosesnya berlangsung dengan menyerap zat besi. Di mana, zat besi itu dilepaskan lebih awal dari hemoglobin dalam sel darah merah yang rusak.

Nah, zat besi itu akan digunakan lagi untuk menjadi sel darah merah baru.

  • Hancurkan sel darah merah tua

menghancurkan sel darah merah tua
www.honestdoc.id

Selain mampu menghasilkan sel darah merah baru, tampaknya hati juga memiliki fungsi menghancurkan sel darah merah yang lama dan rusak. Sel-sel darah merah dalam tubuh manusia pada akhirnya akan mencapai ujung dan menderita kerusakan.

Sel darah merah yang berumur lebih dari 3 bulan harus dimusnahkan. Begitu pula dengan sel darah merah yang rusak. Dengan demikian, tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah. Fungsi hati ini adalah fungsi yang sangat penting.

  • Menghasilkan cairan empedu

memproduksi empedu
www.deherba.com

Fungsi lain yang dimiliki oleh hati adalah menghasilkan empedu. Cairan empedu adalah cairan yang terdiri dari air, garam empedu, bilirubun, kolesterol dan elektrolit. Jadi apa fungsi cairan ini?

Cairan empedu memiliki peran yang sangat penting bagi usus kecil untuk melakukan proses tersebut. Usus kecil akan menggunakan empedu untuk menyerap berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai zat ini adalah lemak, vitamin, kolesterol dan banyak lainnya.

  • Tempat untuk metabolisme karbohidrat

tempat untuk metabolisme karbohidrat
thegorbalsla.com

Fungsi lain yang dimiliki oleh hati adalah sebagai tempat metabolisme karbohidrat. Karbohidrat di hati akan dipecah menjadi glukosa. Selanjutnya, glukosa akan memasuki aliran darah. Fungsi glukosa adalah untuk mempertahankan kadar glukosa agar tetap pada angka normal.

Di hati, glukosa akan disimpan sebagai glikogen. Glikogen akan digunakan jika tubuh membutuhkan banyak energi dengan cepat. Jika tubuh membutuhkan glukosa, tubuh akan menggunakan cadangan glukosa di hati sebagai glikogen.

  • Buat tubuh dengan antibodi

membuat tubuh memiliki antibodi
Buat tubuh dengan antibodi

Ada banyak fungsi hati yang perlu Anda ketahui. Selain beberapa fungsi yang disebutkan di atas, hati juga berfungsi membentuk antibodi bagi tubuh. Proses ini dapat terjadi karena hati adalah bagian dari sistem yang disebut sistem fagosit mononuklear.

Dalam sistem fagosit mononuklear mengandung sejumlah sel Kupffer dalam jumlah tinggi. Sel Kupffer adalah sel yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Melalui sel ini, berbagai jenis agen pembawa penyakit seperti parasit, virus, jamur, bakteri dan lainnya akan mudah dihancurkan.

metabolisme protein
Metabolisme protein

Selain bermanfaat sebagai tempat metabolisme karbohidrat, tampaknya hati juga memiliki fungsi sebagai tempat metabolisme protein. Untuk dapat melakukan fungsi hati ini, empedu diperlukan sehingga protein dapat dengan mudah dipecah.

Proses pemecahan protein kemudian akan mengubah kelompok asam amino atau asam amino. Tujuannya adalah untuk dapat menghasilkan energi dan mengubahnya kembali menjadi lemak dan karbohidrat.

metabolisme lemak
Metabolisme lemak

Tidak hanya karbohidrat dan protein, ternyata hati juga merupakan tempat metabolisme lemak. Seperti dengan dua proses metabolisme yang dijelaskan di atas, empedu adalah cairan yang diperlukan untuk proses metabolisme ini.

Cairan empedu yang diproduksi oleh hati kemudian akan terurai sehingga dapat lebih mudah diproses oleh organisme. Lemak yang telah mengalami proses resolusi kemudian akan disimpan di hati. Namun, hati juga bisa dilepaskan sebagai energi.

  • Sebagai tempat untuk sintesis protein plasma

sebagai tempat untuk sintesis protein plasma
satujam.com

Ada begitu banyak fitur yang termasuk dalam hati ini. Hati juga merupakan tempat untuk mensintesis protein plasma dalam bentuk albomin, fibrinogen, dan prombinin. Albumin memiliki peran yang sangat penting dalam mengangkut asam lemak dan hormon steroid yang berguna untuk mencegah kerugian yang terjadi pada pembuluh darah.

  • Tempat menyimpan vitamin dan mineral

tempat menyimpan vitamin dan mineral
beriragar.id

Vitamin dan mineral adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral juga akan disimpan di hati. Hati akan menyimpan vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E dan K.

Tidak cukup ke sana, jantung juga akan menyimpan vitamin B12. Berbagai jenis mineral akan disimpan di hati, mulai dari tembaga, besi dan banyak lainnya. Untuk besi itu sendiri diawetkan dalam bentuk ferritin yang akan berguna dalam proses produksi sel darah merah. Dalam beberapa kasus, tampaknya ruang penyimpanan dapat bertahan selama beberapa tahun.

  • Mengubah amonia menjadi urea

ubah amonia
www.alodokter.com

Dalam proses penyelesaian yang dilakukan oleh jantung, itu akan menghasilkan produk sampingan, amonia. Amonia beracun bagi tubuh jika jumlahnya cukup besar. Fungsi hati ini selanjutnya akan menghasilkan amonia yang dikonversi menjadi urea.

Urea akan dilepaskan dari hati dan ke dalam darah. Nah, proses ini akan mengarah ke ginjal dan menyaring darah di ginjal. Di mana, produk akhir yang dihasilkan adalah urin.

detoksifikasi tubuh
Detoksifikasi tubuh

Hati juga bermanfaat sebagai tempat mendetoksifikasi tubuh. Caranya adalah memecah narkoba dan alkohol yang memiliki zat beracun dan kerusakan tubuh. Berbagai jenis racun akan diubah menjadi bentuk lain dan dibuang keluar dari tubuh.

Ini adalah beragam fungsi hati. Tentu saja, masih ada banyak fungsi yang dimiliki hati ini untuk tubuh manusia. Nah, agar jantung berfungsi sesuai fungsinya, penting bagi Anda untuk mempertahankan organ-organ ini.

Demikianlah info mengenai 13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya. Semoga info ini dapat memberikan pengetahuan berfikir kamu tentang 13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia beserta Penjelasannya.

Leave a Reply