11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh –

Manfaat Daun Kelor – Selama periode ini, daun kelor dapat selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis, seperti efektivitas daun kelor yang dapat digunakan untuk mengobati sihir, untuk mengusir roh dan sebagainya. Meskipun kepercayaan ini telah terbukti dan masih dipraktekkan saat ini, daun kelor juga memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun yang banyak ditransformasikan menjadi obat tradisional dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit akut. Menurut jurnal yang diterbitkan oleh WHO, daun kelor juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan organ vital tubuh.

Tidak cukup di sini, daun kelor yang kaya akan asam amino esensial juga sangat baik untuk perkembangan anak-anak di dalam rahim. Karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor untuk kesehatan janin dan perkembangannya.

Efektivitas daun kelor untuk kesehatan tubuh

Khasiat daun kelor untuk kesehatan
www.brilio.net

Dari berbagai sumber, berbagai jenis daun kelor dikumpulkan sebagai berikut.

Obati kanker

untuk menyembuhkan kanker
wacana.co.id

Salah satu penyakit manusia yang paling ganas dan paling ditakuti adalah kanker. Menurut jurnal Oncology Letters, daun kelor dapat secara efektif dan cepat mengobati penyakit yang paling menakutkan ini. Kandungan antioksidan, karotenoid, protein, kalium dan senyawa lain dalam daun kelor akan membantu mengurangi perkembangan sel kanker dan menghancurkannya.

Efektivitas daun kelor untuk mengobati kanker dapat diperoleh dengan mengolah dan mengambil ekstraknya. Selain itu, ekstrak daun kelor direbus dengan air dan dapat diminum dua kali sehari. Jenis-jenis kanker yang dapat diobati dengan daun kelor meliputi kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit dan sebagainya.

menurunkan kadar gula darah
www.sehatcenter.com

Selain kanker, diabetes juga merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh manusia. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, diabetes adalah penyakit yang dapat berkurang dan terutama disebabkan oleh gaya hidup yang buruk.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Mumbai, India telah menunjukkan bahwa daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah dalam jumlah yang signifikan. Efektivitas daun kelor ini juga dapat diperoleh dari kelor yang ditransformasi, baik dalam bentuk teh maupun sayuran siap saji.

Menjaga kesehatan mata

menjaga kesehatan mata
www.liputan6.com

Manfaat daun kelor ini mungkin terlihat agak aneh, mengingat kesehatan mata dapat dipertahankan dengan mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan vitamin A, dan sebagian besar makanan ini berwarna oranye / merah seperti wortel, tomat, pepaya dan sebagainya. .

Tapi tahukah Anda jika sumber vitamin A tidak hanya diperoleh dari makanan berwarna merah? Ya, daun kelor dengan warna hijau pekat juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dalam 100 gram daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A, dan angka ini menunjukkan jumlah yang lebih besar daripada kandungan vitamin A pada wortel.

antioksidan

antioksidan
id.wikipedia.org

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas di dalam tubuh. Tingginya jumlah radikal bebas dapat menyebabkan stres pada manusia dan mengalami berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan lainnya.

Beberapa senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun kelor meliputi:

  • Asam klorogenik, senyawa yang juga ditemukan dalam kopi memiliki banyak manfaat untuk membantu mengurangi kadar gula darah setelah makan.
  • Quercetin, senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa jika seseorang mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk kelor setiap hari selama 3 bulan, kadar antioksidan dalam darah akan meningkat secara dramatis.

Pengawet daging alami

pengawet daging alami
Pengawet daging alami

Tahukah Anda jika kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kelor juga bisa berfungsi sebagai pengawet alami. Efektivitas daun kelor diperoleh karena ekstrak daun kelor dapat mengurangi oksidasi. Dengan demikian umur pengawetan daging menjadi lebih lama.

menurunkan kolesterol
www.merdeka.com

Memiliki masalah dengan kolesterol benar-benar sangat mahal, di mana kadar kolesterol tinggi dapat berisiko memicu penyakit berbahaya lainnya seperti jantung. Berita baiknya adalah bahwa banyak makanan nabati dapat dengan cepat mengurangi kolesterol, seperti gandum, almond dan biji rami.

Selain bahan-bahan ini, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa daun kelor memiliki sifat serupa, yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cepat dan efektif.

Sumber nutrisi untuk ibu menyusui

sumber nutrisi untuk ibu menyusui
www.lemonilo.com

Selama menyusui, ibu membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak mereka. Daun kelor yang memiliki kandungan nutrisi tinggi, terutama zat besi, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Kandungan zat besi dalam daun kelor mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari ibu menyusui. Selain itu, zat besi dalam daun kelor juga berguna untuk mengembalikan gejala anemia.

Pertahankan sistem pencernaan yang sehat

memelihara sistem pencernaan yang sehat
doktersehat.com

Meski tampaknya sepele, sistem pencernaan harus tetap sehat. Beberapa penyakit dapat timbul karena kesehatan sistem pencernaan yang rusak. Salah satunya adalah maag.

Penyakit ini disebabkan oleh luka pada lapisan perut yang bisa diatasi dengan sering mengonsumsi ekstrak daun kelor. Dimana daun kelor memiliki sifat antiinflamasi yang dapat memperbaiki kondisi lambung dan mengobati penyakit maag.

Mempertahankan fungsi otak

menjaga fungsi otak
jogja.tribunnews.com

Siapa bilang pemulihan mood bisa dilakukan hanya dengan mengonsumsi cokelat saja. Dengan mengonsumsi daun kelor, Anda dapat mengatasi masalah psikologis seperti depresi yang mudah dan perubahan suasana hati yang terlalu cepat / tidak stabil.

Daun kelor berfungsi sebagai neurotransmiter dengan senyawa tiroid yang mampu menjaga stabilitas psikologis. Dengan kata lain, Anda dapat mengonsumsi daun kelor untuk mengurangi potensi depresi dan masalah psikologis lainnya pada seseorang.

Obati cacing usus

mengobati cacing
www.alodokter.com

Cacing adalah masalah kesehatan yang hanya bisa dialami oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang dewasa. Masalah kesehatan ini tidak dapat dianggap sepele, karena jika perawatan yang tepat tidak diperoleh, berpotensi seseorang menjadi kurang gizi.

Anda bisa mengonsumsi daun kelor untuk mencegah dan membunuh cacing yang tumbuh di perut. Cara membuat daun kelor untuk membunuh cacing ini adalah dengan merebus 3 daun kelor bersama dengan daun cabai, meniran dan air secukupnya.

Tunggu sampai mendidih, saring ampasnya dan minum air rebusan setiap hari. Selain mampu membunuh cacing kremi, rebusan daun kelor juga dapat mengurangi infeksi cacing dan membunuh cestodes.

Sebagai anti penuaan

sebagai anti penuaan
www.bhccclinic.com

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata daun kelor juga bermanfaat untuk kecantikan kulit, terutama bagi mereka yang sudah memasuki masa menopause. Kandungan vitamin A dan senyawa antioksidan dalam daun kelor efektif dalam mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, munculnya bintik-bintik di wajah dan sebagainya.

Selain menjaga keremajaan sel-sel kulit, efektivitas daun kelor lainnya adalah menyeimbangkan hormon dalam tubuh sedemikian rupa sehingga Anda selalu merasa bugar. Cara pemakaiannya sangat sederhana, cukup ambil ekstrak daun kelor, campur dengan air secukupnya dan gunakan sebagai masker. Anda bisa menggunakan masker daun kelor dua kali seminggu.

Baca juga manfaat daun salam

Menarik, bukan? Dari daun yang sering terabaikan dan tumbuh liar, ternyata kita bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan untuk tubuh Anda.

Demikianlah info tentang 11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh. Semoga info ini mampu memberikan wawasan berfikir kita tentang 11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh.

Leave a Reply