Sejarah Candi Borobudur, Asal Usul, Pendiri, Gambar Dan Penjelasannya

Sejarah Candi Borobudur, Asal Usul, Pendiri, Gambar Dan Penjelasannya

Sejarah Candi Borobudur, Asal Usul, Pendiri, Gambar Dan Penjelasannya –

Sejarah Candi Borobudur – Candi Borobudur adalah salah satu candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur adalah salah satu candi Budha yang terletak di Magelang, di provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur terletak sekitar 40 km sebelah barat laut kota Jogja. Dengan transportasi umum, mobil dan motor hanya membutuhkan waktu 1 jam dengan mobil dari kota Jogja.

Candi Borobudur dibangun selama periode penganut Buddha Mahayana, tepatnya sekitar 750-800 AD Candi Borobudur termasuk dalam 7 keajaiban dunia, selain yang terbesar, Candi Borobudur menjadi candi Budha tertua karena dibangun jauh sebelum candi Angkor Wat baru di Kamboja dibangun sekitar pertengahan abad ke-12. Abad dari raja Suryavarman II.

Kisah itu mengatakan, tentu saja, bahwa candi Borobudur dibangun pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. Adapun asal-usulnya, Candi Borobudur masih penuh misteri dan menimbulkan banyak pertanyaan tentang siapa pendiri aslinya.

Lokasi Candi Borobudur

lokasi Candi Borobudur
bagusmerapat.blogspot.com

Lokasi Candi Borobudur terletak di kota Magelang, Jawa Tengah. Untuk alamat yang tepat dan lengkap, Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Candi Borobudur sangat sentral dan sangat strategis.

Candi Borobudur berjarak sekitar 100 km dari Semarang, 86 km dari Surakarta dan 40 km dari DI. Yogyakarta.

Sejarah Candi Borobudur

sejarah candi Borobudur
www.zonareferensi.com

Candi Borobudur memiliki tradisi sejarah yang panjang. Candi Borobudur dibangun pada masa pemerintahan dinasti Syailendra seperti halnya banyak pengikut ajaran Buddha Mahayana.

Berikut ini akan membahas sejarah asal mula pembangunan Candi Borobudur, dari awal, penemuannya kembali ke proses pemulihan Candi Borobudur lagi.

Asal usul candi Borobudur

asal mula candi Borobudur
time.com saya

Nama Candi Borobudur berasal dari kata itu bara dan Budur, Dalam istilah tersebut, bara arti kompleks dari biara dan kata-kata Budur yang memiliki makna unggul. Yang terakhir ini, jika digabungkan, menjadi sebuah kata Barabudur baca borobudur yang artinya kompleks biara di atas.

Seperti namanya, Candi Borobudur terletak tepat di atas bukit seperti kompleks biara yang benar-benar luar biasa.Tidak ada yang tahu siapa yang membangun Candi Borobudur pasti. Tidak ada bukti tertulis atau bukti lain untuk menjelaskan sejarah pasti candi Budha terbesar ini. Setelah penemuannya, para peneliti hanya memperkirakan bahwa Candi Borobudur dibangun antara 750-800 Masehi

Perkiraan waktu konstruksi juga didasarkan pada perbandingan antara jenis karakter yang ditulis pada kaki tertutup Candi Karmawibhangga Borobudur dengan jenis tulisan yang umum digunakan pada prasasti kerajaan abad VIII dan IX Masehi.Oleh karena itu pangkalan ini memperkirakan bahwa Candi Borobudur dibangun pada masa pemerintahan dinasti Syailendra di Jawa Tengah yang bertepatan antara periode 760 dan 830 Masehi.

Pilih lokasi di atas bukit tinggi, kompleks biara dari Candi Borobudur melalui proses pengembangan yang memakan waktu 75 hingga 100 tahun. Diperkirakan bahwa candi Borobudur juga sepenuhnya selesai 100% pada masa pemerintahan Raja Samaratungga pada 825.

Pendiri Candi Borobudur

pendiri candi Borobudur
kumpulan.info

Siapa yang membangun Candi Borobudur saat itu? Bahkan dokumen sejarah tidak dapat memberikan bukti dan perkiraan siapa yang merupakan pendiri Candi Borobudur. Dokumen sejarah hanya menyebutkan bahwa Candi Borobudur dibangun pada masa kejayaan dinasti Syailendra.

Meskipun dikenal sebagai Candhi Budha, tetapi pada kenyataannya itu telah menjadi ketidakjelasan Candi Borobudur, yang merupakan peninggalan agama apa itu dari peninggalan agama Buddha atau Hindu pada waktu itu.

Dalam sejarah, diketahui bahwa orang-orang dari dinasti Syailendra adalah penganut Buddhamadzhab o Pemuja Mahayana. Namun, hasil berdasarkan prasasti Sojomerto menunjukkan bahwa pada awalnya mereka mungkin agama Hindhu Siwa.

Di Jawa, pada waktu itu, ada banyak perkembangan di berbagai kuil Hindu di dataran Kedu. Beberapa contoh, misalnya, adalah kuil suci Shiwalingga, yang lokasinya dekat atau di sekitar area Candi Borobudur. Meski begitu, secara umum, Candi Borobudur diterima menjadi candi peninggalan Buddha.

Walaupun sejarah juga menyebutkan bahwa Candi Borobudur dibangun hampir bersamaan dengan pembangunan candi di dataran Prambanan, walaupun Candi Borobudur selesai dibangun lebih dari sebelumnya, sekitar tahun 825 Masehi.

Proses pembangunan candi Borobudur

proses pembangunan candi Borobudur
www.misterifaktadanfenomena.com

Candi Borobudur pada awalnya merupakan proyek konstruksi dalam bentuk stupa besar yang sangat besar yang dinobatkan menjadi puncaknya. Namun, karena pertimbangan bahwa stupa akan terlalu besar dan berat sehingga merupakan risiko bahaya jika diletakkan di atas, stupa dibongkar dan diganti dengan tiga stupa kecil dan stupa utama seperti sekarang ini.

Bangunan megah Candi Borobudur dibagi menjadi 10 tingkat dalam bentuk teras punden. Filosofi yang terkandung dalam 10 tingkat bangunan Candi Borobudur melambangkan fase dan proses kehidupan manusia.

Bangunan Candi Borobudur memiliki enam teras persegi yang memiliki atau memiliki halaman bundar. Bahkan dinding candi dihiasi dengan sekitar 2.672 panel relief dan ada 504 patung Buddha. Stupa utama Borobudur adalah yang terbesar yang terletak di tengah dan menjadi mahkota di bagian atas bangunan ini.

Puncak stupa juga dikelilingi oleh tiga baris dari 72 stupa kosong yang memiliki patung-patung Buddha duduk bersila di tengah-tengah bunga lotus sempurna dengan mudra (isyarat tangan) dharmachakra mudra (memutar roda Dharma).

Proses pembangunan Candi Borobudur adalah sebagai berikut:

Pada tahap pertama pembangunan Candi Borobudur, pembangunan dilakukan dengan meletakkan fondasi dasar bangunan candi. Karena mereka tidak tahu kapan Candi Borobudur dibangun, tahap pertama pengembangan dimulai sekitar 750 M Candi Borobudur dibangun di atas profil berbukit tinggi, yang di atas bukit adalah puncak tertinggi untuk membentuk halaman datar yang besar.

Bahan dasar candi Borobudur terbuat dari batu andesittetapi ini belum semuanya. Untuk membentuk fondasi dasar Candi Borobudur, tanah di lereng bukit dipadatkan dan ditutup dengan bahan seperti batu sehingga menyerupai cangkang yang membungkus bukit di bumi.

Bagian bukit yang tersisa ditutupi oleh struktur batu lapis demi lapis. Candi Borobudur awalnya memiliki proyek konstruksi yang persis sama dengan tingkat piramida. Tetapi kemudian pengaturan ini diubah dan diganti dengan tiga langkah pertama yang dirancang untuk menutup struktur asli dari bangunan piramida yang dimodifikasi.

Untuk fase selanjutnya, melekat pada dua perkembangan, Candi Borobudur tidak mengambil banyak dari proses pembangunan lama. Karena di tunggu kedua hanya proses menambahkan dua langkah persegi, langkan dan langkah melingkar.

Kemudian, sebuah stupa tunggal atau tunggal yang sangat besar kemudian dibangun. Stupa besar ini menjadi mahkota di bagian atas Candi Borobudur.

Pada titik ini desain Candi Borobudur berubah. Langkah-langkah di atas dengan stupa utama yang memahkotai bagian atas dibongkar dan digantikan oleh tiga lingkaran lingkaran kecil. Pada langkah ini maka stupa kecil dibangun selaras dan melingkar.

Kemudian, di halaman tangga, sebuah stupa induk ditempatkan di tengahnya di sebuah mahkota baru. Perubahan langkah-langkah stupa disebabkan oleh fakta bahwa stupa lama terlalu besar, berat dan berisiko, sehingga menggantikan tiga stupa kecil dan satu stupa utama.

Proyek konstruksi yang dimodifikasi juga memungkinkan untuk memperluas dan memperluas fondasi candi. Kemudian kaki tambahan dibangun di kaki bangunan Candi Borobudur yang asli. Kaki ekstra ini digunakan untuk menutupi relief Karmawibhangga.

Pada fase terakhir, fase keempat pengembangan dilakukan hanya dengan perubahan kecil dan fase penyelesaian (Selesai)Perubahan kecil pada bangunan Candi Borobudur hanya mencakup perbaikan relief, penambahan langkan terluar bangunan, perubahan tangga dan lengkungan kusen pintu dan ; pelebaran ujung bangunan.

Setelah fase kecil perubahan dan penyelesaian selesai, Candi Borobudur telah mencapai penyelesaiannya. Diperkirakan bahwa Candi Borobudur selesai dan selesai total sekitar tahun 850 Masehi

Penemuan Candi Borobudur

penemuan candi Borobudur
satujam.com

Dalam ulasan selanjutnya, penulis juga akan menjelaskan fase penemuan kembali Candi Borobudur. Setelah fase pembangunan Candi Borobudur, yang berlangsung hampir lebih dari 100 tahun, Candi Borobudur hilang selama berabad-abad tersembunyi dan ditinggalkan.

Candi Borobudur terkubur dalam lapisan tanah dan debu vulkanik akibat letusan gunung berapi yang kemudian dari waktu ke waktu menutupi tanah dengan pepohonan dan semak belukar sehingga orang tidak tahu bahwa perbukitan di sekitar mereka adalah makam candi raksasa. Karena pada saat itu Candi Borobudur sangat mirip bukit pada umumnya.

Alasan mengapa Borobudur ditinggalkan dan ditinggalkan tidak diketahui. Menurut cerita, salah satu kemungkinan alasan mengapa Candi Borobudur ditinggalkan adalah pemindahan ibu kota Medang dari Raja Mpu Sindok pada tahun 928 hingga 1006 Masehi. di wilayah Jawa Timur karena bencana yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Namun, pernyataan ini tidak pasti karena tidak ada bukti pendukung.

Candi Borobudur kemudian ditemukan kembali, tepatnya pada tahun 1814 M, oleh pemerintah Inggris di Jawa yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles yang sebenarnya memiliki ketertarikan pada sejarah dan budaya Jawa. Raffles dianggap sangat berjasa untuk penemuan kembali Kuil Borobudur dan mulai menari perhatian dunia dalam keberadaan tas monumen yang hilang ini.

Kemudian pada tahun 1882 M, pembangunan Candi Borobudur disarankan untuk segera dibongkar dan untuk menyelamatkan sisa-sisa dan artefak yang tersisa karena pencurian yang merajalela dan kondisi yang kurang stabil pada waktu itu.

Pemugaran Candi Borobudur

Pemugaran Candi Borobudur
www.idesejarah.net

Pada tahun 1900 M, pemerintah India Timur Belanda mengambil langkah-langkah untuk melindungi Borobudur dengan proses pemulihan segera. Proses restorasi Candi Borobudur dilakukan selama periode 1907 hingga 1911 Masehi

Pada akhir 60-an, pemerintah Indonesia meminta kerjasama untuk restrukturisasi pada skala internasional. Sampai 1975-1982 dengan UNESCO, Candi Borobudur diperbarui kembali. Dan pada tahun 1991, UNESCO mendirikan Candi Borobudur untuk dimasukkan dalam situs warisan dunia (warisan dunia)..

Demikian sedikit ulasan tentang sejarah Candi Borobudur. Beberapa penjelasan yang dapat ditawarkan penulis semoga ini akan memberi Anda manfaat sebaik mungkin. Bacaan yang bagus.

Demikianlah info mengenai Sejarah Candi Borobudur, Asal Usul, Pendiri, Gambar Dan Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat memberikan cakrawala berfikir kamu tentang Sejarah Candi Borobudur, Asal Usul, Pendiri, Gambar Dan Penjelasannya.

Leave a Reply