Pengertian Sejarah : Definisi, Ruang Lingkup beserta Penjelasannya

Pengertian Sejarah : Definisi, Ruang Lingkup beserta Penjelasannya

Pengertian Sejarah : Definisi, Ruang Lingkup beserta Penjelasannya –

Pemahaman sejarah secara umum dapat diartikan sebagai peristiwa yang terjadi di masa lalu dan kita bisa mencari tahu atas dasar peninggalan yang tersisa saat itu.

Sejarah juga dapat diartikan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang melakukan studi sistematis terhadap seluruh proses pembangunan dan perubahan dalam kehidupan manusia yang telah terjadi di masa lalu.

Aspek dalam sejarah

Ada 3 aspek dalam sejarah yang terkait dan saling melengkapi dengan aspek satu dengan aspek lainnya, yaitu:

Masa lalu adalah gambaran budaya dan kehidupan manusia yang terjadi di masa lalu (yang telah hilang). Masa lalu ini merupakan pengaruh yang sangat penting bagi generasi berikutnya untuk belajar tentang hubungan sebab akibat yang terjadi antara peristiwa yang bergabung dengan peristiwa lain.

Masa kini adalah masa paling penting dalam kehidupan manusia karena saat ini manusia dapat mengetahui masa lalu dan menentukan masa depan. Saat ini adalah periode yang saat ini dijalankan oleh manusia atau dapat dianggap sebagai periode terbaru. Manusia di masa sekarang menggunakan sumber-sumber pemahaman yang datang dari masa lalu untuk melanjutkan kehidupan mereka.

Masa Depan adalah periode yang akan dijalani oleh manusia di mana semuanya masih belum diketahui karena belum terjadi. Masa kini yang dijalani oleh manusia menentukan masa depan di mana mereka akan hidup setelahnya.

definisi sejarah menurut sejumlah ahli
satujam.com

Beberapa ahli mendefinisikan cerita dengan makna yang berbeda tetapi pada dasarnya mengandung makna yang sama. Untuk lebih memahami makna cerita, Anda bisa mendengarkan pendapat beberapa ahli yang mendefinisikan cerita.

Berikut adalah beberapa pendapat ahli tentang arti cerita yang dapat Anda rujuk:

Aristoteles mendefinisikan sejarah sebagai suatu sistem yang mengidentifikasi suatu peristiwa dalam bentuk kronologis sejak awal suatu peristiwa. Aristoteles juga menyarankan pemahaman tentang sejarah, yaitu peristiwa yang terjadi di masa lalu yang memiliki bukti nyata dalam bentuk catatan atau dokumen lainnya.

Pemahaman sejarah menurut J.V. Bryce adalah semua yang manusia lakukan dan pikirkan di masa lalu, yang ditulis dalam bentuk catatan.

Definisi sejarah menurut Benedetto Croce adalah ciptaan yang berasal dari manusia dalam semua aspek kehidupan, baik praktis maupun teoritis, yang dikemas sebagai registrasi. Sementara kreasi dalam bentuk spiritualitas akan lahir di benak dan hati para humanis, jenius dan memiliki pemikiran tindakan prioritas dan pemburu agama.

E. H. Carr mendefinisikan sejarah sebagai dialog atau percakapan yang terjadi antara masa lalu dan masa kini yang tidak pernah selesai dan selesai, suatu proses hubungan yang selalu memiliki kesinambungan antara sejarawan dan bukti nyata yang mereka miliki.

John Tosh berpendapat bahwa sejarah adalah memori kolektif yang berisi sumber pengalaman yang diperoleh dengan mengembangkan rasa identitas sosial manusia dan prospek dan tujuan yang akan mereka capai di masa depan.

Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto adalah berbagai peristiwa yang terjadi di masa lalu yang menyangkut manusia sebagai makhluk sosial. Sejarah juga merupakan kisah suatu peristiwa di masa lalu dan kisah itu diatur secara kronologis berdasarkan peninggalan yang tersisa dalam peristiwa itu.

Muhammad Yamin mengusulkan definisi sejarah sebagai studi sains yang disusun berdasarkan hasil penelitian tentang berbagai peristiwa di masa lalu dan dapat ditunjukkan dalam kenyataan karena ada bukti nyata.

Mohammad Hatta telah mengungkapkan signifikansi historis dari bentuk masa lalu.

Sejarah tidak hanya memunculkan kriteria peristiwa yang telah terjadi di masa lalu, tetapi juga telah memunculkan pemahaman tentang berbagai perubahan dalam kehidupan manusia yang juga bisa mengandung masalah atau masalah sehingga dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi masyarakat. manusia di generasi berikutnya.

Berdasarkan interpretasi historis yang disebutkan di atas, satu hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah cerita adalah keberadaan sumber sejarah. Muhammad Yamin mendefinisikan sumber-sumber sejarah sebagai semua benda budaya manusia di masa lalu yang dapat digunakan sebagai bukti peristiwa sejarah.

Sebaliknya Mohammad Ali menyatakan bahwa sumber-sumber sejarah adalah semua hal yang berguna untuk melakukan penyelidikan sejarah yang berlangsung dari zaman kuno hingga saat ini, baik berwujud maupun nyata.

Sumber daya sejarah

sumber sejarah
tulisanbasabasi.blogspot.com

Beberapa sumber historis dapat diperoleh dari:

Arti dari sumber lisan di sini adalah sumber sejarah yang berasal dari saksi sejarah atau aktor sejarah yang terlibat langsung dalam peristiwa sejarah. Sebagai contoh, informasi tentang peristiwa pertempuran lima hari di Semarang yang kami dapatkan dari salah satu pejuang yang terlibat langsung dalam pertempuran.

Sumber tulisan adalah bukti sejarah yang berasal dari berbagai hasil tulisan manusia di masa lalu. Beberapa contoh sumber penulisan sejarah termasuk kronik, rekaman, koran, dokumen, teks, dan berbagai jenis tulisan lainnya.

Sumber benda adalah bukti sejarah dalam bentuk hasil budaya manusia di masa lalu dalam bentuk artefak atau benda lainnya. Sumber-sumber benda yang dapat digunakan sebagai bukti sejarah meliputi: kapak, patung, kuil, perhiasan, prasasti dan sebagainya.

Sumber sejarah juga dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan urutan pengiriman, yaitu:

  • Sumber primer, yaitu, sumber sejarah yang berasal dari warisan asli peristiwa sejarah. Sumber primer meliputi kertas, bait suci, prasasti, dan sebagainya.
  • Sumber-sumber sekunder, atau sumber-sumber historis dari sumber-sumber primer, khususnya dalam bentuk tiruan dari benda-benda bersejarah asli atau sumber-sumber literatur dari para ahli berguna untuk memberikan penjelasan tentang sejarah suatu peradaban. Contoh sumber sekunder termasuk buku-buku lama, laporan penelitian dan banyak lagi.
  • Sumber tersier, atau sumber historis yang merupakan kombinasi dari sumber primer dan sumber sekunder dalam bentuk semua jenis buku sejarah yang disusun berdasarkan laporan dari berbagai survei yang dilakukan oleh para ahli yang tidak melakukan survei langsung.

Lingkup sejarah

signifikansi historis
Lingkup sejarah

Sebagai cabang ilmu pengetahuan, sejarah memiliki tujuan sebagai batas untuk memahami makna sejarah itu sendiri. Mengacu pada berbagai definisi cerita di atas, kita dapat menentukan ruang lingkup cerita yang mencakup 3 kendala, yaitu:

Konsep sejarah

konsep sejarah
Konsep sejarah

Pemahaman konsep-konsep historis adalah deskripsi abstrak yang diperoleh berdasarkan studi yang dikembangkan melalui kemampuan berpikir logis. Konsep sejarah itu sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Sejarah sebagai seni

Tujuan dari konsep sejarah yang disebutkan di atas adalah untuk menulis peristiwa sejarah yang membutuhkan intuisi, gaya linguistik, emosi dan imajinasi yang kuat.

Konsep sejarah di atas menggambarkan apakah cerita tersebut adalah cerita naratif yang berisi berbagai peristiwa atau peristiwa berdasarkan ingatan, kesan dan interpretasi manusia yang terjadi di masa lalu.

Konsep sejarah sebagai ilmu berarti mempelajari peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu dengan melakukan studi, penelitian atau survei tentang berbagai topik yang berkaitan dengan cerita sejarah.

  • Sejarah sebagai suatu peristiwa

Konsep sejarah sebagai suatu peristiwa dapat diartikan sebagai studi yang berisi peristiwa nyata atau peristiwa yang terjadi di masa lalu

Elemen sejarah

elemen sejarah
Elemen sejarah

Beberapa elemen penting dalam cerita meliputi:

  • Ruang adalah tempat yang merupakan ujian sejati dari suatu peristiwa
  • Waktu adalah elemen historis yang menunjukkan kapan suatu peristiwa historis terjadi terkait dengan kronologi peristiwa tersebut
  • Manusia adalah tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam peristiwa sejarah, yang berarti bahwa manusia adalah unsur terpenting dalam sejarah karena setiap peristiwa yang terjadi di masa lalu selalu melibatkan peran manusia.

Hubungan historis dengan sains

hubungan historis dengan sains
www.maxmanroe.com

Pada dasarnya, cerita itu terkait erat dengan sains, tetapi di antara mereka ada kesamaan dan perbedaan yang mencolok.

Persamaan sejarah dengan sains, yaitu, keduanya menggunakan studi teori menggunakan metode penyerapan, observasi dan pengalaman.

Baca juga sejarah perang dingin

Sedangkan perbedaan antara sejarah dan sains adalah apakah sains tidak dibatasi oleh tempat, waktu dan kekhasan tertentu, sedangkan sejarah terikat langsung oleh hal-hal ini.

Ini adalah baris ulasan tentang memahami cerita yang perlu Anda ketahui.

Semoga bermanfaat!

Demikianlah info mengenai Pengertian Sejarah : Definisi, Ruang Lingkup beserta Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan berfikir kamu tentang Pengertian Sejarah : Definisi, Ruang Lingkup beserta Penjelasannya.

Leave a Reply