Pendidikan Karakter / Pengertian, Fungsi, Nilai dan Tujuannya

Pendidikan Karakter / Pengertian, Fungsi, Nilai dan Tujuannya

Pendidikan Karakter / Pengertian, Fungsi, Nilai dan Tujuannya –

Pendidikan karakter saat ini menjadi wacana utama di dunia pendidikan nasional di Indonesia. Semua kegiatan dalam proses kegiatan belajar mengajar di negara Indonesia saat ini harus mengacu pada implementasi pendidikan karakter.

Ini tercantum dalam Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan pada tahun 2010.

Dalam teks, dinyatakan bahwa pendidikan karakter adalah salah satu elemen utama untuk mencapai visi dan misi pembangunan nasional di Indonesia yang termasuk dalam RPJP 2005 – 2025. Tidak hanya dalam UU RI n. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional: memasukkan tujuan dan fungsi pendidikan nasional untuk mengembangkan upaya di bidang pendidikan.

pendidikan

Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk bangsa yang kuat, bermoral, toleran, mulia, bekerja sama atau bekerja bersama.

Selain itu pendidikan karakter juga bertujuan untuk membentuk bangsa yang memiliki jiwa patriotik atau suka membantu satu sama lain, berkembang secara dinamis, percaya dan takut kepada Tuhan Yang Maha Esa.

karakter

Karakter atau karakter adalah sifat batin yang mempengaruhi semua pikiran, pikiran, karakter dan karakteristik manusia yang dimiliki oleh manusia atau makhluk hidup lainnya. Lebih detail, karakter adalah nilai khas seseorang, baik karakter, karakter maupun kepribadian seseorang yang dibentuk oleh hasil internalisasi untuk berbagai kebijakan.

Meskipun diyakini bahwa kebijakan ini digunakan sebagai perspektif untuk berpikir, bertindak, berbicara dan bahkan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan karakter

Pendidikan karakter adalah upaya sadar dan terencana dalam menciptakan suasana dan proses memberdayakan potensi dan juga membudayakan siswa untuk membangun karakter pribadi yang baik untuk warga negara Indonesia.

Sehingga menjadi karakter yang kuat, berwawasan luas, bermoral dan baik.

Dalam kamus lain, pendidikan karakter adalah bentuk aktivitas manusia di mana ada aksi pendidikan untuk generasi mendatang.

Pemahaman tentang pendidikan karakter menurut beberapa ahli
www.maxmanroe.com

Dalam dunia pendidikan itu tidak pernah lepas dari makna dan definisi. Dalam dunia pendidikan ada banyak definisi: istilah atau istilah yang digunakan memerlukan diskusi tentang definisi atau pemahaman.

Berikut ini adalah beberapa definisi atau definisi pendidikan karakter berdasarkan hukum dan ahli / pakar yang dikutip dari berbagai sumber.

Pendidikan karakter adalah properti karakteristik dari individu atau objek tertentu. Karakteristik ini asli dan berakar pada kepribadian objek atau individu dan merupakan mesin yang mendorong bagaimana orang itu bertindak, berbicara, berperilaku dan bagaimana orang itu menanggapi sesuatu.

Pendidikan karakter, yang merupakan cara berpikir dan berperilaku, adalah karakteristik setiap individu, hidup dan bekerja bersama dalam keluarga, di masyarakat, di negara atau di negara.

Pendidikan karakter adalah tindakan yang disengaja untuk membantu seseorang dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan lebih banyak etika.

Pendidikan karakter menurut kamus psikologis adalah kepribadian yang dilihat dari titik awal etis atau moral, misalnya berkenaan dengan kejujuran seseorang dan karakteristik yang relatif tetap. (Dali Gulo, 1982)

Fungsi pendidikan karakter

fungsi pendidikan karakter
www.gurudikdasmen.com

Fungsi pendidikan karakter adalah mengembangkan potensi dasar anak untuk menjadi baik hati, memiliki perilaku yang baik dan cara berpikir yang baik. Dalam fungsi yang hebat pendidikan karakter adalah untuk memperkuat dan membangun perilaku anak-anak dari bangsa multikultural.

Selain itu, pendidikan karakter juga memiliki fungsi untuk meningkatkan peradaban manusia dan menjadi bangsa yang baik di komunitas dunia. Pendidikan untuk karakter ini tidak hanya ditemukan di sekolah, tetapi juga oleh berbagai media termasuk lingkungan, keluarga, teknologi, dunia bisnis dan bahkan pemerintah.

Tujuan pendidikan karakter

tujuan pendidikan karakter
www.maxmanroe.com

Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk bangsa yang tangguh, moral, bangsawan, bangsa yang bertanggung jawab, dan karya atau kerja sama timbal balik dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan karakter juga bertujuan untuk membentuk bangsa untuk memiliki jiwa patriotik atau jiwa yang bermanfaat di antara yang lain.

Selain itu, pendidikan karakter juga untuk membentuk jiwa seseorang sedemikian rupa sehingga ia berkembang secara dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk menciptakan manusia yang percaya dan takut akan Tuhan Yang Mahakuasa.

Realisasi pendidikan karakter

realisasi instruksi karakter
cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id

Untuk mencapai pendidikan karakter, secara umum dapat diperoleh dari pendidikan formal, dari pendidikan non-formal dan informal.

Untuk mencapai ini kita perlu mengintegrasikan satu sama lain, mempercayai dan diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Dalam pendidikan formal berlangsung secara bertahap dan dalam pendidikan itu mencakup pendidikan umum, dunia akademik, profesi, kebangkitan, kejujuran dan agama.

Dengan pendidikan ini, siswa akan diberikan berbagai jenis pengetahuan yang dapat dipraktikkan secara langsung dalam kehidupan nyata.

Implementasi pendidikan karakter dapat dilakukan melalui tingkat pendidikan yang diimplementasikan dalam kurikulum di tingkat unit pendidikan yang berisi pelajaran pengembangan diri yang normatif, produktif, adaptif, lokal, dan bahkan pengembangan diri.

Sedangkan pendidikan karakter yang dikembangkan di sekolah dilaksanakan dalam pendidikan pengembangan pribadi, antara lain: melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di sekolah misalnya, Pramuka, PMR, PKS, KIR, Seni, Olahraga, Agama, kegiatan dilakukan oleh administrator OSIS, atau kegiatan positif lainnya.

Dengan kegiatan ekstrakurikuler itu sangat menyentuh, mudah dipahami oleh siswa, dan dapat dilakukan oleh siswa sebagai sebaran minat dan bakat yang dapat terus dikembangkan sebagai wujud pendidikan nasional.

Nilai pendidikan karakter dan budaya nasional

nilai pendidikan karakter dan budaya nasional
parstoday.com

Berikut ini adalah beberapa nilai pendidikan karakter dan budaya dan indikator keberhasilan akademik dan kelas:

Sikap dan perilaku yang taat dalam menjalankan ajaran agama yang dianutnya, memiliki sikap toleran terhadap para penganut agama lain dan hidup dalam kerukunan dalam komunitas dengan penganut agama lain.

Memiliki perilaku berdasarkan upaya yang menjadikannya orang yang dapat diandalkan dalam hal kata, tindakan dan tindakan.

Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan mematuhi semua aturan dan peraturan yang berlaku.

Pikirkan dan lakukan sesuatu untuk menghasilkan cara baru dalam melakukan.

Memiliki sikap yang tidak mudah bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi.

Menciptakan cara berpikir, berperilaku dan bertindak memiliki nilai yang sama antara hak dan kewajiban terhadap diri sendiri dan orang lain.

Memiliki karakter berpikir, bertindak dan berwawasan untuk menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok lain

Memang, langkah dan strategi yang hebat diperlukan untuk mewujudkan bangsa yang berkarakter, karena akan memengaruhi perkembangan bangsa. Ini berarti pentingnya pendidikan karakter atau pendidikan moral untuk membangun identitas suatu bangsa.

Demikianlah informasi mengenai Pendidikan Karakter / Pengertian, Fungsi, Nilai dan Tujuannya. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan berfikir kamu tentang Pendidikan Karakter / Pengertian, Fungsi, Nilai dan Tujuannya.

Leave a Reply