Pasar Monopoli, Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Dan Contohnya

Pasar Monopoli, Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Dan Contohnya

Pasar Monopoli, Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Dan Contohnya –

Pasar monopoli – Dalam kehidupan sehari-hari, nama pasar monopoli sering dijumpai. Namun, ada juga orang yang belum mengerti apa itu pasar monopoli. Pasar monopoli adalah pasar di mana hanya ada satu penjual produk dan produk yang tidak memiliki substitusi (tidak ada pengganti).

Dalam ilmu ekonomi dikatakan ada monopoli jika semua produk industri diproduksi dan dijual bahkan oleh perusahaan. Nah, perusahaan itu disebut perusahaan monopoli atau perusahaan monopoli.

Tentunya Anda tidak penasaran dengan apa yang sebenarnya disebut pasar monopoli? Dan apa karakteristik pasar monopoli itu sendiri dan contoh-contohnya. Tidak perlu bingung karena pada kesempatan ini, semua ini akan ditinjau bersama dengan kekuatan dan kelemahannya.

Memahami pasar monopoli

pemahaman tentang pasar monopoli
www.galinesia.com

Sebelum melihat lebih jauh ke dalam pasar monopoli, akan lebih baik untuk memahami pemahamannya secara jelas dan mendalam. Dalam bahasa atau etimologi, monopoli berasal dari kata mono, yang berarti satu. Dan kata polyst yang artinya adalah penjual. Kata ini berasal dari bahasa Yunani.

Monopoli pasar itu sendiri adalah suatu bentuk interaksi antara penawaran dan permintaan yang ditandai oleh satu produsen atau produsen yang dihadapkan dengan sejumlah besar pembeli atau konsumen. Sebagai contoh, sebuah perusahaan TV kabel lokal yang terletak di wilayah besar kota disebut monopoli.

Karakteristik pasar monopoli

karakteristik pasar monopoli
www.akuntansilengkap.com

Sekarang, setelah mempelajari gagasan pasar monopoli, karakteristik pasar monopoli itu sendiri akan dibahas. Pasar akan dianggap sebagai pasar monopoli jika memenuhi karakteristik atau karakteristik berikut:

Hanya penjual

Penting untuk menunjukkan bahwa dalam pasar monopoli hanya ada satu produsen. Sehingga harga akan dibentuk langsung oleh produsen tanpa ada pengaruh dari pembeli atau konsumen. Dengan demikian, fungsi penjual di sini adalah untuk menentukan harga (price maker).

Ada banyak pembeli, produk tidak memiliki pengganti yang ketat

Salah satu hambatan utama untuk memasuki pasar adalah kekuatan utama dari monopoli. C & # 39; adalah penghambat yang dipicu oleh penghalang alami atau penghalang buatan. Hambatan-hambatan ini akan membuat kondisi kompetisi menjadi kurang menguntungkan. Sehingga pendatang baru akan menjadi pecundang. Contoh dari kendala ini adalah:

  • Produsen yang memiliki hak paten untuk produksi atau artefak yang dibuat. Misalnya, itu adalah merek dagang dan hak cipta.
  • Para produsen memiliki sumber daya yang sangat penting dan unik sehingga menjadi modal yang diam-diam dirahasiakan oleh beberapa perusahaan dari perusahaan lain. Hanya satu contoh yang lebih banyak pengetahuan tentang teknik produksi dan sebagainya.
  • Skala ekonomi yang memungkinkan pasar hanya dapat ditawarkan oleh perusahaan karena ukurannya yang begitu besar sehingga menjadi lebih efisien. Misalnya, perusahaan di sektor listrik, transportasi, air dan komunikasi.
  • Produsen sangat mengendalikan dalam menentukan kebijakan pembatasan harga. Kebijakan pembatasan harga dimulai dengan harga tinggi dengan harga sangat rendah, sehingga perusahaan baru menjadi sulit dan gagal memasuki pasar.

Contoh pasar monopoli

contoh pasar monopoli
www.akuntansilengkap.com

Pada kenyataannya, monopoli pasar itu sendiri terbagi menjadi dua bentuk. artinya:

  1. Pure Monopoly atau Monopoly Market yang merupakan bentuk pasar yang sangat ekstrem seperti PLN, PT Kereta Api dan PAM.
  2. Pasar Dekat Monopoli atau pasar yang mendekati monopoli, adalah pasar di mana pemilik bisnis atau produsen tunggal terbentuk. Misalnya, penjual sate di suatu daerah disebut monopoli murni untuk daerah tersebut. Namun, itu juga akan dekat dengan monopoli jika di daerah lain akan menjual sate serupa.

Kebaikan pasar monopoli

kebaikan pasar monopoli

Pasar monopolistik sering dianggap sebagai pasar yang mampu mengeksploitasi pekerja. Selain itu, itu juga merusak sumber daya yang menyebabkan masyarakat merespons secara negatif hal ini dan terhadap keberadaan perusahaan. Namun, seperti bentuk umum pasar, pasar monopoli nyata juga memiliki sesuatu yang baik. Sebagai contoh:

  • Efisiensi dan pertumbuhan ekonomi

Keuntungan pertama dari perusahaan monopoli adalah kemampuannya untuk mengakumulasi keuntungan jangka panjang yang super normal. Dampaknya adalah bahwa pengetahuan dan penelitian teknologi dapat dibiayai oleh kemampuan perusahaan. Peningkatan efisiensi juga akan meningkatkan produksi dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

  • Hindari keberadaan produk palsu dan persaingan yang tidak menguntungkan

Jumlah perusahaan yang bersaing tentu saja akan muncul sebagai pemborosan atau inefisiensi karena perusahaan akan lebih mementingkan keuntungan yang lebih besar daripada perusahaan yang bersaing. Sehingga dapat mengurangi kualitas produk.

Perusahaan monopoli pada umumnya adalah perusahaan besar yang akan dapat menikmati skala ekonomi yang dapat mengurangi biaya produksi. Hal ini dapat dimengerti karena dalam pasar monopoli, perusahaan tidak perlu membayar biaya penjualan seperti biaya promosi, iklan yang diuji oleh pasar persaingan sempurna.

  • Efisiensi dalam pengadaan barang publik

Melalui pasar, tidak semua barang dapat dipasok lebih efisien. Aset ini dikenal sebagai barang publik. Pasokan barang publik akan lebih efisien dalam skala besar. Misalnya, pasokan jembatan, jalan raya, pelabuhan, transportasi, air minum dan telekomunikasi.

Keburukan pasar monopoli

keburukan pasar monopoli

Peran pasar monopoli selain menghasilkan dampak atau ekses positif juga memiliki sisi negatif yang kurang menguntungkan bagi banyak bagian. Nah, berikut adalah beberapa hal negatif tentang pasar monopoli:

  • C & # 39; adalah penyimpangan dari alokasi sumber daya

Keberadaan kekuatan monopoli yang dimiliki, dapat memicu munculnya penyalahgunaan alokasi sumber daya. Perusahaan monopoli dapat membatasi produksi dengan keamanan atau tingkat output untuk memaksimalkan keuntungan. Hal ini dilakukan dengan menurunkan harga yang sangat tinggi ketika permintaan barang meningkat tetapi tidak ditambahkan ke persediaan sehingga kenaikan harga meningkat.

  • C & # 39; adalah ketidakadilan atau kesenjangan dalam pembagian pendapatan

Kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan monopoli dapat digunakan untuk mempengaruhi harga yang ada sehingga dapat memperoleh keuntungan di atas norma baik jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Mengurangi kesejahteraan konsumen

Setelah kenaikan harga oleh perusahaan monopoli, dampaknya juga pada konsumen yang harus membayar pembelian produk pada biaya untuk produksi barang sehingga dapat mengurangi kesejahteraan konsumen.

  • Adanya eksploitasi pekerja dan konsumen

Eksploitasi dapat terjadi untuk konsumen atau tenaga kerja. Eksploitasi berasal dari masyarakat monopolistik yang selalu melakukan produksi, baik untuk memperoleh untung atau rugi dengan harga yang relatif lebih tinggi daripada biaya marjinal. Dengan demikian, konsumen akan rusak karena mereka terpaksa membayar harga yang lebih tinggi daripada biaya produksi. Di sisi lain, gaji pekerja juga akan dibayar dengan harga lebih rendah dari harga jual yang diterima oleh perusahaan monopoli.

  • Kondisi ekonomi makro di tingkat nasional telah memburuk

Karena tidak ada persaingan perusahaan yang dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas barang-barang produksi, keseimbangan pasar monopolistik berada di bawah beban ekonomi itu sendiri karena tidak semua digunakan sesuai dengan kapasitas yang menyebabkan pengangguran.

Situasi ini melemahkan daya beli dan memaksa perusahaan untuk memproduksi barang dalam jumlah kecil. Akibatnya, jika ini dibiarkan dan berlanjut, maka situasi ekonomi secara umum akan memburuk dan menyebabkan stagnasi dalam pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

  • Kondisi ekonomi dunia semakin memburuk

Perdagangan bebas memang dianggap mampu meningkatkan efisiensi, tetapi dengan keberadaan berbagai perusahaan multinasional, ia telah menjadi masyarakat monopoli alami. Tindakan kepemilikan sektor swasta memastikan bahwa perusahaan memiliki tujuan memaksimalkan keuntungan. Jika ini diizinkan, itu akan dapat menghancurkan perusahaan di negara berkembang.

Faktor-faktor yang menyebabkan monopoli

faktor-faktor yang menyebabkan monopoli
rusdi-hitamputih.blogspot.com

Ada beberapa faktor yang membuat monopoli muncul. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan monopoli.

Memiliki sumber daya yang unik

Keberadaan perusahaan monopolistik tentunya tidak dapat dipisahkan dari sumber penting, yaitu kepemilikan sumber daya khusus dan unik yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Dalam hal ekonomi, monopoli juga dapat dipicu oleh keberadaan perusahaan yang mengendalikan mayoritas dan semua bahan baku yang tersedia.

Perusahaan menikmati skala ekonomi

Skala ekonomi yang ada pada level maksimum dapat dinikmati oleh perusahaan jika level produksinya dalam jumlah besar. Ketika perusahaan mencapai biaya produksi minimum, jumlah produksi hampir sama dengan permintaan pasar.

Sifat perusahaan dapat memicu penurunan harga barang jika produksi lebih tinggi dan berada pada tingkat produksi yang tinggi. Jadi harga dibuat serendah mungkin sehingga perusahaan baru tidak dapat masuk dan bersaing dengan perusahaan yang dikembangkannya terlebih dahulu. Inilah yang memicu munculnya pasar monopoli.

Pendapatan monopoli dari pemerintah

Ternyata peraturan yang dibuat pemerintah juga bisa mencapai kekuatan monopoli. Misalnya, ini adalah hak cipta dan hak paten. Hak cipta dan hak paten adalah jaminan hukum yang bermanfaat untuk menghindari plagiarisme.

Upaya mengembangkan teknologi jenis ini untuk menghadirkan produk baru akan menguntungkan perusahaan. Sehingga teknologi itu dilarang dan pemerintah memberikan sanksi atau hukuman kepada perusahaan yang melakukan plagiarisme.

Karenanya revisi pasar monopoli dapat digunakan sebagai bahan untuk pengetahuan Anda. Dengan mengetahui berbagai hal tentang pasar monopoli, Anda tentu akan dapat menambah pengetahuan Anda. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda.

Demikianlah info tentang Pasar Monopoli, Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Dan Contohnya. Semoga info ini bisa memberikan pengetahuan berfikir kamu tentang Pasar Monopoli, Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Dan Contohnya.

Leave a Reply