9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya | Buku, Novel, Film, Cerpen, Puisi dll

9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya | Buku, Novel, Film, Cerpen, Puisi dll

9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya | Buku, Novel, Film, Cerpen, Puisi dll –

Contoh teks revisi – Revisi teks juga disebut resensi. Jadi apa teks ulasannya? Teks ulasan adalah teks yang berisi evaluasi karya. Evaluasi di atas harus disampaikan dengan cara yang kritis dan tidak boleh ada niat atau penghinaan lain dalam teks tinjauan.

Hal itu bertujuan untuk dapat mengembangkan karya agar lebih berkembang. Teks ulasan memiliki beberapa tujuan. Pertama-tama, beri tahu pembaca tentang kelebihan dan kekurangan dari suatu pekerjaan. Kedua, tujuan dari teks tinjauan adalah untuk menyampaikan sudut pandang individu terhadap suatu karya.

Tujuan akhir dari teks ulasan adalah untuk membantu pembaca mempertimbangkan pekerjaan yang akan dilihat dan dapat memberikan informasi kepada publik. Nah, dalam artikel ini akan ada beberapa contoh teks ulasan dan strukturnya.

Contoh teks revisi dan strukturnya

sampel teks revisi dan strukturnya
siswapintars.blogspot.com

Teks tinjauan tidak jauh berbeda dari teks lain yang memiliki kedua struktur. Jika salah satu struktur dalam teks revisi ini tidak ada, maka itu tidak bisa disebut teks revisi. Jadi, untuk dapat membedakan teks revisi dari teks lain, lihat struktur yang mendasarinya.

Struktur ulasan teks

1. Orientasi

Orientasi adalah bagian dari diskusi tentang deskripsi umum dari sebuah karya yang akan ditinjau.

2. Interpretasi

Interpretasi ini berisi diskusi spesifik tentang suatu karya yang diperiksa. Penafsiran ini menyangkut lebih tepatnya kelebihan dan bagian dari pekerjaan.

3. Evaluasi

Pada bagian ini, penulis mengevaluasi atau mengungkapkan pandangannya tentang apa yang dibahas dalam karya tersebut. Dalam struktur ini, penulis akan membahas bagian mana yang hilang.

4. Ringkasan

Bagian terakhir adalah ringkasan, struktur ini lebih tepatnya pada kesimpulan. Dalam ringkasan ini, penulis akan memberikan kritik dan saran yang membangun. Dalam struktur ini, penulis juga akan memberikan pendapatnya jika pekerjaan yang dilakukan layak dibaca, didengar, dilihat atau tidak.

Contoh teks revisi dan strukturnya

orientasi

Puisi berjudul "Ayah" ditulis oleh Cahaya Mahardika. Puisi "ayah" diterbitkan di salah satu majalah khusus untuk anak-anak pada tahun 2009. Puisi ini menceritakan perjuangan seorang ayah. Pertarungan ini berlangsung khusus untuk keluarga tercinta. Dalam puisi ini, ia juga menggambarkan cinta seorang anak untuk ayahnya.

komentar

Dalam ayat pertama, ditunjukkan betapa sulitnya perjuangan seorang ayah untuk kebahagiaan keluarga. Sang ayah harus bekerja keras dengan keringat untuk mengantongi rupee. Panasnya matahari bukan masalah bagi sang ayah sama sekali. Di kamar sebelah, seorang anak sangat menyukai ayahnya. Karena sang ayah adalah cinta pertama seorang gadis. Sang ayah juga pemberi kebahagiaan dan sosok penting bagi anaknya.

evaluasi

Puisi ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat indah, namun tetap sederhana. Kata-kata yang digunakan sangat dalam dan mudah dimengerti. Selanjutnya, puisi "Ayah" menyatu dengan kehidupan nyata. Namun, ada kekurangan dalam penulisan puisi ini, yaitu aturan puisi tertulis. Hanya ada dua baris dengan hanya beberapa kata di baris kedua dan seterusnya.

ringkasan

Meskipun ada beberapa celah dalam puisi "Ayah", puisi ini masih layak untuk diterbitkan. Mengambil tema keluarga, puisi ini bisa dijadikan peringatan. Peringatan bagi seorang anak untuk menyadari kesulitan perjuangan ayah untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Karena itu, seorang anak harus bisa menghargai perkelahian yang dilakukan oleh ayahnya.

Contoh ulasan novel teks

contoh teks ulasan asli
keepsoh.com

Novel Hamida Surya berjudul "Meet You in Do". Indah adalah karakter utama novel. Dalam novel ini dikatakan Indah ingin melupakan mantan kekasihnya. Tidak ada hari tanpa selalu membayangkan kenangan manis dari berbagai kegiatan untuk mencoba membuka hatinya kepada pria lain. Namun, hasilnya nol.

Indah adalah seorang gadis cantik yang berusia 19 tahun. Dia tinggal di keluarga yang memadai. Dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, Indah terlihat seperti seorang gadis pada umumnya.

Tapi, sejak bertemu Galih, Indah sudah mulai berubah. Awalnya mereka tahu melalui dunia maya. Pengenalan yang tidak disengaja telah membuka cerita baru dalam kehidupan Indah. Selanjutnya, Galih ternyata adalah sepupu dari sahabat Indah.

Pendekatan yang saling terkait ini menuntun mereka ke suatu hubungan yang disebut janji temu. Namun dalam kenyataannya, keberuntungan tidak selaras dengan mereka. Akhirnya hubungan itu kandas di jalan setelah satu tahun terbentuk. Setelah istirahat, beberapa hari berlalu. Dan dia mulai melupakan masalah jantung mereka dengan menjalani hidup mereka seperti pertama kali sebelum mereka bertemu.

Indah terlibat dalam berbagai kegiatan akademik. Sementara Galih juga sibuk dengan berbagai jenis kegiatan. Empat tahun kemudian, mereka saling menyapa melalui dunia maya, seperti pertama kali mereka bertemu.

Hingga akhirnya, hubungan keduanya kembali. Berjalan selama dua tahun, saya memutuskan untuk pergi karena Galih tidak lagi ingin mendengar apa yang baik untuknya. Awal yang indah bukan karena cinta dalam jiwanya tidak ada lagi. Namun, ia juga harus melindungi dirinya sendiri. Sampai sekarang, cinta Indah tetap berada di jantung Indah dan selalu bertemu dengan Galih dalam doanya.

Novel "Meet You In Do" karya Hamida Surya adalah novel yang beradaptasi dengan kehidupan remaja saat ini. Bahasa yang digunakan sangat ringan dan tentu saja mudah dimengerti. Setiap manusia yang merasakan cinta, seolah memasuki sejarah dalam novel ini. Dua pilihan cinta yang sangat berat adalah melupakan atau terus berdoa. Sampai akhirnya kami memutuskan untuk menyerah apa yang telah direncanakan Tuhan.

Novel "Bertemu dalam Doa" adalah sebuah diskusi tentang konflik yang sangat memberatkan dan muncul dalam pikiran dan hati. Aliran antara otak dan jantung adalah normal jika tidak online. Dalam novel ini, peristiwa yang tampak nyata dalam kehidupan seorang remaja disajikan, sehingga mereka lebih mengejutkan. Yang hilang adalah tampilan depan atau sampul novel dianggap kurang berwarna. Penutup tampak mati dan tidak sesuai dengan topik.

Contoh revisi teks film

contoh ulasan teks f
www.kata.co.id

Informasi umum

Judul: Dilan 1990

Direktur: Fajar Bustomi

Pabrikan: Ody Mulya Hidayat

Penulis: Pidi Baiq

Distributor: Gambar Falcon

Rilis: Januari 2018

Durasi: 110 menit

Bahasa: Indonesia

player

  1. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan
  2. Vanesha Prescilla
  3. Yoriko Angeline
  4. Brandon Salim
  5. Zulfa Maharani
  6. Debo Andryos Aryanto
  7. Selera Rahyan

"Dilan 1990" yang terkenal dengan film romantis ini adalah film berdasarkan buku karya Pidi Baiq. Film ini disutradarai oleh Fajar Bustomi. Film ini telah sangat sukses menjangkau banyak pemirsa lebih dari enam juta. Pada akhir Januari 2018, film Dilan 1990 disiarkan secara bersamaan di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia. Seperti yang dikatakan penulis, film Dilan 1990 adalah kisah nyata remaja sekolah menengah.

Milea sebagai toko wanita utama adalah seorang putri yang telah pindah dari Jakarta dan kemudian menghadiri sekolah yang sama di Dilan. Sedangkan Dilan adalah putra seorang prajurit yang bergabung dengan band bikers terkenal di Bandung. Mereka berdua bertemu ketika Milea pergi ke sekolah. Saat itu, Dilan menyapa Milea menggunakan kata-kata ajaib. Dilan meramalkan bahwa dia akan bertemu Milea di kafetaria sore ini.

Semakin, Dilan mengambil pendekatan berkelanjutan ke Milea. Tapi teman sekelas Milea, yang mendukung Nandan, juga dinyatakan sebagai Milea. Mengetahui hal ini, Dilan perlahan mulai menjauh dari Milea. Dilan, salah paham bahwa keduanya secara resmi bersama meskipun mereka tidak. Hingga akhirnya Milea bertemu dengan teman Piyan atau Dilan yang tidak memiliki hubungan dengan Nandan.

Setelah mengetahui bahwa Milea tidak memiliki hubungan dengan Nandan, Dilan kembali ke Milea. Hari demi hari mereka berlalu bersama dengan indah. Entah itu sekolah, sepulang sekolah, atau rumah keduanya. Hingga akhirnya Dilan dan Milea secara resmi menjalin hubungan atau laporan. Dilan memiliki cara unik untuk mengekspresikan perasaannya kepada Milea, yaitu dengan menggunakan buku lengkap dengan bahan-bahannya. Di atas kertas, kata-kata yang ditulis tentang dia dan Milea secara resmi diberi tanggal dan dilengkapi dengan tanggal.

Film "Dilan 1990" adalah film yang sangat identik dengan kehidupan remaja saat itu. Dimulai dengan pacaran, perkelahian, konflik yang terjadi dengan teman-teman Anda. Film ini berhasil membuat pemirsa lebih atau kurang mengemban perasaan, terutama wanita. Dilan menunjukkan sosok pria yang sangat dicintai wanita. Latar belakang film Dilan juga sesuai dengan judul pada tahun 1990. Properti yang digunakan dalam film ini juga tidak jauh berbeda dari tahun 90-an.

Sayangnya, film 1990, Dilan, tidak secara keseluruhan. Film Dilan 1990 adalah bagian pertama dari film yang akan diikuti oleh film. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa akhir film Dilan 1990 dianggap "beruang", tetapi agak penasaran bagi banyak orang. film ini tidak hanya berpengaruh untuk remaja, tetapi juga untuk orang dewasa yang sangat bersemangat untuk menontonnya, mengingat kenangan masa muda mereka di tahun 1990.an.

Contoh teks ulasan buku

teks revisi buku sampel
baabun.com

1. Identitas buku

  1. Judul Buku: Cinta Brontosaurus
  2. Penulis: Raditya Dika
  3. Genre: komedi, cinta
  4. Penerbit: Gagas Media
  5. Tahun publikasi: 2006
  6. Ketebalan buku: 160 halaman.

2. Pesan sinopsisnya

Dika adalah penulis yang sangat terkenal karena humornya. Dika baru saja putus dengan pacarnya yang bernama Nina. Sejak melanggar Dika, ia mulai percaya bahwa tidak ada yang bertahan, bahkan cinta juga telah berakhir. Kosasih, agen naskah Dika, mencoba mendorong Dika untuk lebih percaya diri bahwa cinta akan kembali. Bagaimana Kosasi yakin dengan istrinya, Wanda. Upaya yang dilakukan oleh Kokasih, membawa Dika dalam serangkaian perkenalan kepada orang-orang baru.

Namun, nama cinta datang tanpa persiapan. Sama seperti ketika Dika bertemu Jessica. Jessica adalah wanita yang memiliki mentalitas aneh dengan Dika. pertanyaan tentang "apakah benar cinta dapat berakhir?" hadir lagi di benaknya ketika dia mengenal Jessica. Di sisi lain, Mr. Soe Lim menawarkan untuk membuat film dari bukunya Cinta Brontosaurus.

Dika menjadi tertarik pada tawaran itu dan memutuskan untuk menulis naskah untuk film tersebut. Beberapa masalah mulai muncul di tengah jalan. Pak Soe Lim mencoba mengubah skenario asli Dika. Naskah Dika diubah menjadi film horor yang ia jual saat itu. Buku berjudul "Love Brontosaurus" adalah perjalanan Dika ke pemahaman cinta, yang ia dapatkan dari pengalamannya dengan Jessica, teman-teman dan bahkan dari keluarganya sendiri.

3. Evaluasi

  • Perlihatkan: Sampul buku "Love Brontosaurus" sangat menarik. Ini juga didukung oleh tampilan di dalam, sehingga terlihat lebih ceria.
  • Isi: isi buku ini sangat bagus dan mudah dipahami mulai dari komedi, dari kisah cinta, dari kehidupan sehari-hari karakter. Kisah buku ini sejalan dengan kehidupan remaja saat ini yang sangat menarik untuk dilihat.
  • Bahasa: buku ini tidak membosankan karena bahasa yang digunakan terutama menggunakan bahasa gaul seperti, Anda, saya dan sebagainya. Bahkan bahasa yang digunakan tidak termasuk bahasa Indonesia yang baik. namun, bahasa yang digunakan sebenarnya sesuai dengan tema dan isi buku tentang kehidupan remaja.

– Tema yang digunakan dalam buku ini memiliki banyak penggemar.

– Buku ini menunjukkan lebih banyak humor yang dapat mengundang tawa.

– Akhir dari cerita buku ini sangat berfluktuasi dan membuat siapapun membacanya penasaran.

– Dalam buku ini, kata-kata yang agak vulgar tidak disensor.

4. Kesimpulan

Secara umum, buku ini oleh Brontosaurus Love memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, buku ini masih memiliki daya tarik yang besar. Karena sebenarnya penulisnya adalah Raditya Dika, seorang penulis yang telah mengenal banyak orang. Raditya Dika dikenal memiliki jiwa yang lucu. Dia memasukkan jiwa lucu ini ke dalam buku.

Contoh teks revisi pendek dan pendek

coba teks ulasan teks pendek
keepsoh.com

"I, Mother, and Takdir" adalah cerita pendek yang ditulis oleh Bahtari Anugerah. Tepatnya sejak 2015, cerita telah diterbitkan dengan tema keluarga dan sosial. Dalam arti luas, cerita pendek ini menggambarkan betapa sulitnya kehidupan seorang gadis bernama Bella. Dalam sejarah singkat ini, dikatakan bahwa Bella telah lama terpisah dari ibu kandungnya. Dia juga menceritakan semua penderitaan yang dia alami sejauh ini.

Bella adalah seorang gadis yang sekarang duduk di bangku SMA. Bella memiliki wajah yang cantik, senyumnya menawan dan dia pria yang cerdas. Bella tinggal bersama seorang nenek. Dikatakan dalam cerita singkat ini, Bella sejak anak dipercayakan kepada nenek tua ini. Ibunya mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan dan ke mana ayahnya pergi. Berjalan selama dua tahun, Bella tidak pernah membawa ibunya sampai larut malam, apa pun yang terjadi.

Sang nenek merawat Bella sendirian tetapi dengan penuh kasih sayang. Pada usia Bella, dia berusia empat tahun ketika dia ditinggalkan, sejauh ini usia Bella tepat lima belas tahun. Sayangnya, ketika Bella mulai memahami arti hidup, neneknya mulai menjadi tua. Sehingga nenek lupa siapa Bunda Bella. Hingga suatu hari Bella berniat untuk menemukan keberadaan sang ibu. Penelitian ini dimulai dengan para tetangga di sekitar rumah nenek.

Dengan semua upayanya untuk menemukan ibunya, Bella akhirnya menemukan titik terang di mana ibunya berada. Tapi, segera, perasaan Bella sangat menyakitkan karena apa yang dia temukan Bella bukanlah sosok ibunya, tetapi tubuh ibu yang sedang berbaring lemah. Bella menangis dan tidak berharap nasibnya begitu buruk.

Cerita pendek ini berakhir dengan sangat sedih. Bahasa yang digunakan sangat mudah dimengerti dan alurnya juga jelas. Namun dalam cerita pendek ini ada kekurangan, khususnya kisah masa lalu ibu yang tidak dijelaskan. Alasan ibu meninggalkan Bella. Dengan cara ini, pembaca merasa sulit memahami apa yang sebenarnya terjadi pada ibunya Bella.

Dengan kekurangannya, kelebihan dari sejarah singkat ini sebagian besar dapat menutupi kekurangannya. Cerpen ini memotivasi kami agar pembaca selalu dapat berterima kasih atas apa yang mereka miliki sekarang. Terutama bagi pembaca yang masih bisa melihat dan tinggal bersama ibu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, kisah ini juga memberikan pelajaran agar Anda selalu sabar dan tidak marah dengan takdir yang digariskan Tuhan.

Contoh teks ulasan puisi

sajak
obatrindu.com

"Madre" adalah judul karya Cantika Ayu. Puisi ini telah diterbitkan di majalah remaja. Puisi "Ibu" ini berisi doa seorang anak kepada ibunya. Dalam puisi ini juga ada ucapan terima kasih atas layanan yang diberikan oleh seorang ibu. Dalam puisi ini ia juga menjelaskan bahwa ibu adalah orang yang selalu bahagia dan sulit bagi anak-anaknya dan anak perempuannya.

Di kamar pertama dari kamar ketiga, itu berisi yang terbaik untuk ibu. Dalam ayat-ayat puisi ini, seorang anak berharap senyum ibu tidak pernah pudar dan juga tidak hilang. Selain itu, penyair juga berdoa agar setiap langkah Bunda selalu dalam bimbingan dan perlindungan Tuhan.Dalam puisi ini juga diilustrasikan bahkan jika ibu adalah orang yang banyak bicara, tetapi seorang anak masih berharap bahwa rezeki ibu mengalir berlimpah. .

Puisi ini juga menggambarkan seberapa besar cinta seorang anak bagi ibunya. Cinta dan semua pengorbanan yang telah diberikan oleh ibu tidak akan pernah dibalaskan. Tetapi tampaknya terima kasih tidak cukup. Karena itu, sungguh perlu untuk mengucapkan doa yang tulus dari seorang anak kepada ibunya. Keuntungan dari puisi ini adalah dalam isinya yang menceritakan kehidupan sehari-hari yang dijalani oleh seorang ibu dan anaknya.

Meskipun dalam puisi ini ada beberapa kelemahan. secara keseluruhan, masih layak dibaca puisi "Ibu". Anda juga dapat menggunakan puisi ini sebagai referensi untuk membuat puisi dengan tema yang sama, yaitu puisi "Bunda". Kata-kata dalam setiap ayat puisi ini dapat membuat pembaca sadar akan besarnya pengorbanan seorang ibu.

Puisi ini juga digunakan sebagai motivasi agar anak tidak pernah menyakiti ibu yang melahirkan dan harus menjadi anak yang bisa menyombongkan diri.

Contoh album ulasan teks

sampel teks meninjau lagu album
kakakpintar.com

Kotak adalah salah satu band terkenal di Indonesia. Band ini memiliki tiga anggota: Tantri sebagai penyanyi, Chua sebagai pemain bass dan Cello sebagai gitaris. The City merilis album kedua yang disebut Kotak Kedua. Lebih tepatnya album ini dirilis pada tahun 2008. Album lagu Kotak Dua adalah album kedua yang dirilis oleh Band Kotak. Album Kotak Kedua dirilis melalui Warner Music Group.

Ada dua belas lagu di album Second Box. lagu-lagu yang terkandung dalam album terakhir kotak ini seperti Action, Stay There, Toejoeh Kosong, Still Love, Only Leave, Different, Injured, Love Me and Him, Eternal Shadow, Again dan Rock Never Dies dan Return to You. Album kedua ini dirilis pada Juni 2008 dan menerima AMI Award untuk kategori Best Rock Album.

Secara keseluruhan, album ini mampu menarik banyak perhatian publik. Sehingga dapat dikatakan bahwa album Second Box sudah sangat sukses. Kita bisa melihat ini dari hadiah yang telah diraih. Selain itu, lagu-lagu di album ini masih ada dan sangat diminati oleh pecinta musik hingga hari ini.

Keunikan dan keunggulan album Second Box tidak diragukan lagi layak untuk dibeli. Untuk pecinta musik rock, jika Anda melewatkan album ini, itu bisa menjadi kesalahan. Lagu-lagu di dalamnya sangat ekspresif. Selanjutnya, lagu-lagu di album ini juga memberikan rasa antusiasme untuk semua orang. Jadi, pecinta musik rock sangat disarankan untuk membelinya.

Contoh teks ulasan buku untuk sepatu Dahlan

contoh ulasan teks
semua example.blogspot.com

Sepatu Dahlan

Judul: Sepatu Dahlan

Penulis: Krishna Pabichara

Penerbit: Noura Books

Tahun publikasi: 1 Mei 2012

Ketebalan halaman: 369 halaman

"Dahlan Shoes" adalah buku yang ditulis oleh Krishna Pabichara. Kisah yang dilaporkan dalam buku ini telah berubah menjadi film. Lebih tepatnya, buku ini menceritakan perjuangan hidup seorang Dahlan Iskan. Seseorang yang menjabat sebagai menteri BUMN. Dahlan Iskan memiliki prinsip "Hidup, bagi yang miskin, harus dijalani sebagaimana adanya". Namun, bahkan jika kondisi hidupnya sangat sulit, dia tidak mengurangi niatnya untuk tetap bersekolah.

Buku "Shoes Dahlan" menceritakan tentang kehebatan perjuangan Dahlan Iskan untuk sampai ke sekolah. Dahlan Iskan adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Dia harus menempuh jarak puluhan kilometer tanpa menggunakan sepatu untuk kebaikan sekolah. Dengan perjalanan yang jauh dan tanpa alas kaki ini, kaki Dahlan Iskan penuh dengan lecet dan lecet. Setelah lulus dari People's School (SR), Dahlan Iskan gagal melanjutkan sekolah yang ia impikan.

Ketika saya masih di sekolah menengah pertama, Dahlan Iskan menjadi kepala tim bola voli. Jadi keinginan untuk memiliki sepasang sepatu semakin besar. Namun, musibah datang ketika sang ibu jatuh sakit dan meninggal. Meski begitu, Dahlan tetap kuat dan selalu bersemangat menjalani hidupnya. Hingga akhirnya ia terpilih menjadi pelatih tim bola voli. Dengan gaji yang diterimanya cukup besar, Dahlan Iskan mampu membeli sepatu baru.

baca juga contoh resensi buku

Keuntungan yang terkandung dalam novel ini berbicara tentang kebesaran roh seseorang dalam memunculkan kepahitan hidup. Meskipun Dahlan hidup dalam situasi yang sulit, ia memiliki niat dan motivasi yang besar untuk mengejar pendidikan tinggi. Sedangkan cacat novel ini adalah alur yang tidak beraturan. Tetapi novel ini benar-benar menginspirasi seseorang untuk lebih bersyukur atas apa yang mereka miliki.

Demikian ulasan ulasan teks contoh. Diharapkan dengan membaca artikel ini, kita dapat membedakan antara teks revisi dan teks lainnya. membaca artikel ini, semoga akan menambah wawasan baru. Semoga bermanfaat.

Demikianlah informasi tentang 9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya | Buku, Novel, Film, Cerpen, Puisi dll. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan berfikir kita tentang 9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya | Buku, Novel, Film, Cerpen, Puisi dll.

Leave a Reply