30 Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Unik yang Wajib Anda Cicipi !

30 Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Unik yang Wajib Anda Cicipi !

30 Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Unik yang Wajib Anda Cicipi ! –

Makanan Spesial Surabaya – Surabaya, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan nama kota ini, kan? Kota yang merupakan ibukota provinsi Jawa Timur adalah salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia selain Jakarta dan Palembang.

Kota yang memiliki nama kota Pahlawan telah menjadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, Surabaya juga kaya akan berbagai spesialisasi yang menggoda.

Makanan khas Surabaya memiliki sejuta rasa yang berbeda dan benar-benar unik, sehingga akan memberikan perasaan pengalaman kuliner khusus bagi mereka yang mencobanya. Penasaran apa saja makanan unik dan unik dari Surabaya? Lihat ulasan berikut!

30 makanan khas Surabaya

makanan khas Surabaya

Rujak Cingur Surabaya

rujak cingur surabaya
Rujak Cingur Surabaya

Mendengar namanya, jelas Anda bukan orang asing? Makanan ini sangat populer di beberapa acara TV di Indonesia. Seringkali makanan ini memiliki penutup sendiri karena memiliki rasa yang unik.

Untuk menikmati makanan khas Surabaya ini, Anda tidak perlu khawatir. Rasanya enak dan juga memiliki harga yang terjangkau.

Jadi Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Makanan ini sama dengan rujak pada umumnya, tetapi hanya di Surabaya yang menggunakan campuran kue beras, tahu, tauge dan cingur sendiri, atau dalam bahasa Indonesia Cingur diartikan sebagai hidung sapi.

Kenali Tek khas Surabaya

jati khas tahu Surabaya
Kenali Tek khas Surabaya

Ketika datang ke makanan khas Surabaya, itu tidak akan pernah berakhir. Surabaya selalu memiliki rasa baru dan luar biasa.

Sehingga bisa menghipnotis siapa saja yang bisa mengunjunginya dan mencobanya. Salah satunya adalah pengetahuan khas Surabaya.

Tahu khas Tek Surabaya adalah makanan legendaris di Surabaya. Makanan yang terdiri dari campuran kue beras, kecambah dan tahu yang ditaburi dengan bumbu petis memiliki rasa yang unggul.

Selain itu, ditemani taburan bawang goreng dan kerupuk, tentu saja akan menambah kenikmatannya mencicipi makanan spesial ini.

Sate Klopo

sate klopo
Sate Klopo

Klopo atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai kelapa adalah salah satu tanaman yang cukup populer di Indonesia. Tetapi meskipun nama sate klopo atau sate kelapa tidak berarti sate itu terbuat dari kelapa, lho.

sate klopo sebenarnya hampir sama dengan sate pada umumnya. Sate ini biasanya terdiri dari daging sapi atau ayam.

Apa yang membedakannya adalah bahwa sebelum sate dimasukkan ke dalam proses pembakaran, sate ditutupi dengan kelapa parut untuk memberikan rasa yang enak dan lezat. Karena kelapa parut, sate ini disebut sate klopo.

Semanggi Pecel Surabaya

pecel semanggi surabaya
Semanggi Pecel Surabaya

Sayang kalau saya mengunjungi Surabaya tanpa mencicipinya. Ya, terutama jika itu bukan pecan semanggi Surabaya.

Pecel ini adalah salah satu makanan tersehat, karena terdiri dari berbagai campuran sayuran sehat seperti daun pepaya, daun bayam, kol dan tentu saja daun semanggi.

Dengan saus kacang yang khas, ia akan melahirkan berbagai rasa semanggi domba. Penasaran ingin mencoba? Anda dapat menemukan makanan ini di berbagai sudut kota Surabaya. Harganya juga sangat ramah di kantong. Jadi tunggu apa lagi? Kami makan!

Sate Lisidu Surabaya

sate lisidu surabaya
Sate Lisidu Surabaya

Sate benar-benar makanan khas Indonesia yang dapat ditemukan di mana-mana. Jenis sate juga sangat berbeda. Salah satunya adalah makanan khas Surabaya, Sate Lisidu Surabaya.

Berbeda dengan bentuk sate pada umumnya. Sate Lysidu tidak bulat atau potong dadu, tetapi sate.

Selain bentuknya yang rata, sate ini juga terlihat lebih bersih dari sate lainnya. Jika biasanya ada batubara yang tersisa dari pembakaran, sate ini tidak. Proses kipas dilakukan dari atas bukan dari bawah. Sehingga tidak ada sisa karbon yang terhubung dengan daging sate.

Sate Karak Surabaya

karak sate surabaya
Sate Karak Surabaya

Padahal, keberadaan makanan khas Surabaya cukup sulit ditemukan. Sekalipun penjual berkurang, itu tidak berarti tidak laku.

Anda masih dapat menemukannya di daerah Sunan Ampel Surabaya atau lebih populer disebut desa Arab.

Sate karate ini adalah sate yang terbuat dari usus, yang kemudian disajikan dengan arang atau ketan hitam. Kemudian bagian atasnya ditaburi kelapa, menciptakan rasa yang luar biasa, enak dan lezat.

Nasi Krawu Khas, Surabaya

nasi krawu khas
Nasi Krawu Khas, Surabaya

Siapa yang tidak kenal nasi krawu khas Surabaya ini? Tentunya Anda tidak asing dengan makanan spesial ini? Makanan ini sering disajikan ketika mengunjungi daerah Surabaya.

Dalam sajian nasi Krawu, terdiri dari daging rebus, jeroan sapi, saus terasi, nasi pulen, dan nasi goreng. Menarik, bukan? Biasanya makanan ini disajikan di pagi hari sebagai sarapan pagi karena mengandung energi yang cukup sebagai cadangan untuk melakukan semua kegiatan hari itu.

Nasi Empal Pengampon

pengampon empal beras
Nasi Empal Pengampon

Seperti dijelaskan di atas, Surabaya sangat terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Salah satunya adalah pengampon beras empali.

Pengampon empal nasi ini adalah nasi putih murni, sehingga disajikan dengan lauk pauk dalam bentuk sayuran segar, tempe kering, tumis buncis, daun kemangi, saus cabai dan abon empal.

Dengan makan seporsi nasi, ini sudah cukup untuk membuat Anda kenyang. Anda bisa menemukannya di area Jalan Pengampon II nomor 3 Surabaya. Biasanya buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Beras Campur Tambak Brayan Surabaya

nasi campur tambak brayan surabaya
Beras Campur Tambak Brayan Surabaya

Makanan khas Surabaya, juga dikenal karena rasanya yang lezat dan lezat, adalah nasi dicampur dengan fishray Surabaya Brayan.

Biasanya nasi ini disajikan di pagi hari sebagai sarapan. Harganya juga ramah di tas. Ini dijual hanya dengan harga di bawah 10 ribu rupee.

Nasi brayan Surabaya ini dicampur dengan nasi terdiri dari berbagai campuran lauk. Seperti pasta putih, telur, daging empal dan bawang goreng. Menarik, bukan?

Nasi cumi khas Surabaya

Beras cumi adalah khas kota Surabaya
Nasi cumi khas Surabaya

Selain dikenal sebagai kota industri, Surabaya juga terkenal dengan produk kelautannya. Wilayah Jawa Timur, yang praktis dikelilingi oleh laut, menghasilkan produk laut yang luar biasa.

Jadi tidak mengherankan jika ada juga produk olahan yang diperoleh dari hasil tangkapan laut. Apalagi kalau itu bukan nasi cumi khas Surabaya.

Nasi cumi ini adalah nasi dengan campuran serengeng kelapa, pasta kuning, saus cabai dan, tentu saja, cumi-cumi laut. Rasa cumi yang lezat dipadukan dengan cipratan gurih kelapa serundeng, membuat nasi cumi ini khas Surabaya. dari penawaran khusus nusantara.

Sego Sambel Surabaya

sego sambel surabaya
Sego Sambel Surabaya

Sego sambel dalam arti bahasa Indonesia adalah nasi dengan sambal. Sego Sambal biasanya ditemukan pada malam hari.

Dan cocok untuk anda yang suka menginap sampai tengah malam. Penasaran? Jika Anda ingin mencoba, salah satu toko sego sambel Surabaya yang terkenal dapat mencoba menjadi sambel Mbak yeye.

Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk
Nasi Goreng Jancuk

Setiap daerah di Indonesia tentu tidak asing dengan makanan Indonesia, yang merupakan salah satu makanan favorit di Asian Games kemarin. Apalagi kalau bukan nasi goreng. Nah, di Surabaya, itu nasi goreng yang disebut nasi goreng.

Jancuk adalah salah satu kata bersumpah yang umum digunakan di daerah Surabaya. Nasi goreng bakar karena memiliki sensasi pedas yang luar biasa. Bagi Anda pecinta masakan rasa pedas, tidak ada salahnya mencoba makanan khas Surabaya ini. Apakah Anda yakin Anda kecanduan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Lontong Kupang Surabaya

lontong kupang surabaya
Lontong Kupang Surabaya

Lontong kupang atau disebut juga Lontong Racing. Lontong kupang dimasak dengan merebusnya dengan air jeruk nipis dan petis.

Makanan ini memiliki rasa yang unik. Secara umum, kupang yang jauh ini akan disajikan dengan es krim kelapa muda dan krustasea sate.

Salah satu toko terkenal yang terkenal adalah Surabaya Darmo Indah No. 8, yang dimiliki oleh Mbok Siti.

Lontong Balap Surabaya

Lontong Racing Surabaya
Lontong Balap Surabaya

Ras lontong bisa dibilang sama dengan kupang yang jauh. jadi tidak mengherankan jika ada yang menyebut Lontong Kupang dengan nama Lontong Racing. Lontong Racing sendiri adalah makanan khas Surabaya yang sangat populer.

Karena balap jauh memiliki cita rasa Indonesia yang menarik. Apalagi harganya juga nyaman, sehingga bisa diapresiasi oleh semua orang. Baik orang awam maupun bangsawan.

Mie Akhirat

mie dari luar
Mie Akhirat

Mendengar nama makanan khas Surabaya ini agak menakutkan dan agak penasaran. Bagaimana tidak

Persiapan dibuat dengan mie dinamai mie di bawah ini.

Rupanya, kami punya pasta setelah mie hitam dan putih. Kedua warna tersebut memiliki filosofi sebagai citra surga dan neraka, baik dan buruk.

Jadi idenya adalah memberi nama mie ini dengan nama mie di bawah ini. Gagasan membuat mie ternyata cukup efektif.

Jelas banyak pelanggan merasa ingin tahu dan karena itu tertantang untuk mencoba. Ada juga diskon khusus untuk Anda yang sudah jomblo. Serta banyak keunikan lainnya.

Pecun tagliatelle

mie pecun
Pecun tagliatelle

Mie sebenarnya adalah salah satu makanan favorit untuk anak-anak dan orang dewasa.

Isi dan rasa halus dari tagliatelle menjadikannya makanan yang dicintai karena tidak menimbulkan rasa energi.

Salah satu makanan khas Surabaya yang terbuat dari pasta olahan adalah Pecun Noodle. Mie Pecun ini adalah jenis mie goreng dengan berbagai rasa istimewa.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda dapat menemukannya di Jalan Siwalankerto di area Universitas Kristen Petra.

Duck Mercon Surabaya

Kerucut bebek Surabaya
Duck Mercon Surabaya

Makanan kuliner dengan rasa pedas dalam beberapa tahun terakhir sangat dicintai. Selain itu, anak muda yang suka makanan pedas membakar semangat dan kecemasan mereka di hati.

Salah satu hidangan khas Surabaya yang cukup menggoda dengan rasa pedasnya adalah bebek kerucut. Dengan bumbu spesial dan disajikan dengan nasi putih hangat, itu akan memberi Anda rasa makanan lezat khusus.

Bebek Palupi

bebek bebek
Bebek Palupi

Tidak hanya petasan, spesialisasi Surabaya lainnya yang menggunakan bahan unggas ini adalah papupi bebek. Bebek ini rasanya enak dan pasti akan membuat Anda ketagihan.

Bebek rawa ini ditemukan di Jalan Raya Rungkut asri n. 10, Surabaya. Tenang saja, harga yang ditawarkan tidak akan merusak tas. Jadi tunggu apa lagi? Nikmati kelezatan bebek rawa khas Surabaya segera

Bebek goreng sinjay

bebek goreng sinjay
Bebek goreng sinjay

Nikmati hidangan goreng bebek Sinjay yang pasti akan menawarkan Anda pengalaman khusus. Bebek goreng sinjay ini berasal dari Bangkalan Madura.

Dan itu memiliki rasa yang khas seperti pedas, asin, asam, manis. Apalagi dengan penambahan salad mangga muda akan memberikan kesenangannya.

Salah satu warung bebek goreng Sinjay yang terkenal terletak di Jalan Kapas Krampung No. 45 Surabaya. Berdasarkan harga Anda tidak perlu khawatir karena dijual dengan harga murah.

Bebek pahlawan

pahlawan monyet bebek
Bebek pahlawan

Mungkin Anda sudah akrab dengan Surabaya sebagai kota Pahlawan. Gelar ini diberikan kepada Surabaya untuk memperingati peristiwa historis isab-arek Surabaya dalam menjaga kemerdekaan Indonesia, yang kemudian dipimpin oleh Bung Tomo.

Tidak hanya itu, pahlawan monumental dibangun di wilayah tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap layanan pahlawan.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa di daerah Tugu Pahlawan Surabaya ada tempat yang menyenangkan untuk makan bebek goreng, sehingga banyak yang menyebutnya pahlawan monumen bebek goreng. Penasaran? Silakan datang di sore hari dari 15 hingga 21.

Kalkulator Taman Rawon Bungkul

rawon kalkulator taman bungkul
Kalkulator Taman Rawon Bungkul

Salah satu makanan khas Surabaya adalah rawon nose. Dengan kemajuan zaman, ada berbagai pilihan mentah dengan ide-ide kreatif. Salah satunya adalah kalkulator rawon yang terletak di Taman Bungkul Surabaya. Tidak hanya memiliki nama yang unik, makanan spesial ini juga rasanya segar.

Kalkulator beras mentah ini terbuat dari nasi putih hangat dengan irisan daging sapi kecil dan besar dengan biji-bijian khusus.

Awalnya, kalkulator toko rawon hanya buka di sore hingga malam hari. Namun karena banyaknya permintaan, tempat ini akhirnya buka sepanjang hari.

Jadi, Anda bisa bersenang-senang kapan pun Anda mau. Menarik, bukan? Adapun harga, itu tentu bukan masalah bagi Anda.

Beras Rawon dijual ke pedagang kaki lima dan jelas memiliki label harga yang bersahabat untuk kantong Anda. Jadi tunggu apa lagi? Unduh sekarang sebelum berakhir!

Iblis Rawon Khas Surabaya

setan rawon khas Surabaya
www.liputan6.com

Selain Rawon, ada juga iblis Rawon khusus di Surabaya. Nasi rawon yang disiapkan kali ini memiliki sensasi lebih pedas. Jadi sangat cocok untuk pecinta makanan pedas.

Makanan pedas dapat membantu Anda menetralkan kecemasan Anda. Tidak percaya itu Silakan coba mencicipi Rawon Rawon ini. Dijamin semua keributan Anda akan hilang.

Rasa dengan bumbu kluwek yang khas dipadukan dengan sensasi pedas pasti akan memberi Anda kesenangan, sehingga masalah yang Anda hadapi akan segera cair dan dapat diselesaikan dengan benar. Konsistensi daging yang lembut menambah kelezatan iblis mentah ini.

Belut spesial Surabaya

belut istimewa Surabaya
Surabaya belut istimewa

Tahukah Anda bahwa spesial itu bukan hanya omelet? Ternyata ada juga menu penawaran khusus yang berasal dari belut. Hewan yang agak licin dan sulit ditangkap ini memiliki rasa yang istimewa. Belum lagi kandungan protein tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa.

Makanan khas Surabaya ini murah, jadi sangat mudah ditemukan di sudut kota di Surabaya.

Rasa lezat dan lezat membuat kekasih selalu bergantung dan berharap berulang kali. Salah satu warung yang cukup terkenal dengan menu spesial belut Surabaya adalah di jalan Banyu Urip nomor 139 Surabaya.

Soto Lamongan Cak Har Surabaya

soto lamongan cak har surabaya
Soto Lamongan Cak Har Surabaya

Lamongan adalah salah satu daerah yang memiliki pantai indah di Jawa Timur. Terletak tidak jauh dari kota Surabaya, kota ini memiliki tujuan wisata khusus. Jangan lewatkan makanan spesial yang menggoda. Salah satunya adalah Songan khas Lamongan.

Salah satu warung makan Soto Lamongan yang terkenal adalah Cak Har. Warung Cak Har Soto Lamongan ini terletak di Jalan Ir Soekarno Surabaya.

Berbeda dengan soto pada umumnya, soto hara songan ini memiliki saus yang lebih padat dengan rasa yang lezat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati item menu lainnya seperti cakar ayam, isi perut dan unggas.

Toko Kepiting Cak Gundul

kios kepiting botak
Toko Kepiting Cak Gundul

Surabaya adalah salah satu kota di dekat laut, sehingga sangat mudah untuk mengubah kerang di kota ini. Salah satu hidangan ikan yang paling terkenal dan dicoba adalah kios kepiting botak.

Cak adalah nama panggilan yang diberikan kepada pria pria yang lebih tua seperti Pm atau Pakdhe.

Tentunya Anda tidak asing dengan kepiting ini atau Mr. Krab? Rasa dagingnya yang lembut dan gurih memberi rasa khusus untuk memasak.

Juga, dicampur dengan rempah-rempah spesial, tentu saja, kepiting botak ini adalah salah satu spesialisasi Surabaya favorit Anda.

Perpaduan khas Tahu Tahu Surabaya

campuran tahu khas Surabaya
Perpaduan khas Tahu Tahu Surabaya

Itu dapat ditemukan di berbagai daerah lain di Indonesia. Tahu Campur adalah salah satu spesialisasi Surabaya yang terkenal di berbagai daerah.

Campuran tahu dicampur dengan tahu dengan kue, daging sapi, tauge, selada dan singkong. Masakan ini sangat lezat dan akan memalukan jika Anda melewatkannya. Harganya juga sangat bersahabat di tas sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang tas yang akan dikantongi nanti.

Jika Anda penasaran dan tertarik untuk mencobanya, salah satu warung yang menjual tahu campur sebagai hidangan spesial adalah tahu campur yang ditemukan di Jalan Kalasan No. 22 Tambak Sari. Di sana Anda dapat menemukan warung makan dengan campuran tahu yang lezat.

Kue salju Surabaya

kue salju surabaya
Kue salju Surabaya

Nah, kali ini kita tidak lagi membahas makanan berat Surabaya. Kali ini makanan ini bisa dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh Surabaya. Salah satu keberhasilan dan praktis yang diperlukan adalah Snowcake Surabaya.

Surabaya Snow Cake adalah kue dengan rasa kontemporer dan lezat. Campuran krim dan roti renyah ini membuat sandwich Surabaya sangat disukai oleh para penggemarnya.

Kepemilikan Zaskia Sungkar memang sangat hati-hati. Ada berbagai variasi yang dapat Anda pilih sesuka hati. Outlet ini diresmikan pada 2 April tahun lalu.

Kacang almond renyah

renyah dengan kacang almond
Kacang almond renyah

Keistimewaan Surabaya berikutnya adalah Almond Crispy. Renyah almond adalah makanan yang diperoleh dari bahan dasar tepung dengan campuran telur, susu bubuk, keju dan bahkan gula dan almond yang mengisi di atasnya. Teksturnya yang renyah dan halus membuat kacang almond yang renyah menjadi camilan favorit di masyarakat.

Dan bahagia, rapuh almond ini cukup kuat untuk dibawa pulang atau sebagai oleh-oleh khas Surabaya.

Setidaknya ada 3 varian yang bisa dicicipi, yaitu cokelat, greentea dan oroginal.m bagi Anda yang ingin mencobanya, gerai almond renyah ini bisa ditemukan di jemursari nomor 164 jalan raya Surabaya.

Es krim zangrandi

es krim zangrandi
Es krim zangrandi

Bagi Anda yang menyukai makanan manis, ada juga makanan khas Surabaya yang legendaris dan banyak dicari. Ya, es krim Zangrandi. Toko es krim ini telah dibuka sejak 1933. Ini legenda yang indah, bukan? Es krim gaya Eropa ini adalah salah satu es krim yang paling dicari di Surabaya.

Rasnaya yang lezat dan lezat membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Antarmuka juga sangat instalable. membuatnya cocok untuk konten Instagram Anda.

Tidak hanya itu, es krim ini juga memiliki banyak rasa. Baik susu dan buah. Sedangkan untuk harganya, jangan khawatir, jelas harganya sangat murah.

Nikmati rasa manis es krim Zangrandi dengan semua anggota keluarga sehingga hidup lebih manis.

Festival Makanan Pakuwon

festival makanan pakuwon
Festival Makanan Pakuwon

Jika Anda mencari makanan khas Surabaya secara keseluruhan, Anda dapat menghadiri Pakuwon Food Festival. Salah satu acara yang diselenggarakan untuk memperkenalkan berbagai jenis makanan kuliner baik dari dalam maupun luar negeri.

Festival Makanan Pakuwon sering menyajikan makanan tradisional yang hampir punah. Sekarang jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjelajahi semua spesialisasi Surabaya yang lezat dan lezat. Lupakan lemak sejenak dan nikmati hidup bahagia.

Namun perlu diingat bahwa jangan berlebihan. Karena kolesterol jahat dapat mengancam kesehatan Anda. Harga yang ditawarkan di festival Pakuwon Food sangat berbeda.

Namun biasanya harga yang ditawarkan masih bersahabat dengan kantong Anda. Mulai dari bawah Rp. 10.000,00 hingga ratusan ribu. Menarik, bukan? Setidaknya ada lebih dari 100 pilihan tempat makan yang bisa Anda nikmati.

Undang keluarga dan teman Anda untuk menikmati penawaran kuliner spesial dengan harga murah.

Selain melengkapi makanan, festival makanan Pakuwon kadang-kadang juga berisi pertunjukan musik yang dapat menemani Anda untuk makan berbagai spesialisasi khas Surabaya.

Bagi Anda yang suka selfie, festival makanan Pakuwon ini juga sangat bagus. Jadi tunggu apa lagi? Kunjungi segera atau Anda akan menyesalinya.

Ini adalah berbagai makanan khas Surabaya yang bisa Anda cicipi, mulai dari nasi mentah, sate, sate dan bahkan makanan khas kesuksesan dan hadiah.

Jadi, apa makanan kesukaanmu? Tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan menu khusus. Hanya dengan datang berkunjung ke Surabaya, Anda dapat menemukan sejuta selera yang berbeda.

Masakan khas Indonesia dengan sentuhan menu tradisional membuat cinta untuk negara ini meningkat.

Harga yang ditawarkan juga murah dan cukup membuat Anda kenyang. Mencintai spesialisasi Indonesia, tentu saja, juga berpartisipasi dalam kemajuan UMKM di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Nikmati sekarang segera sebelum Anda tidak dapat menikmati diri sendiri!

Demikianlah informasi mengenai 30 Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Unik yang Wajib Anda Cicipi !. Semoga info ini mampu memperluas wawasan berfikir anda tentang 30 Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Unik yang Wajib Anda Cicipi !.

Leave a Reply