9+ Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli / Umum Faktor Penyebab, Teori, Ciri, Dampak

9+ Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli / Umum Faktor Penyebab, Teori, Ciri, Dampak

9+ Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli / Umum Faktor Penyebab, Teori, Ciri, Dampak –

Definisi globalisasi – Globalisasi adalah salah satu kata yang mungkin sering Anda dengar. Apakah itu benar-benar globalisasi? Globalisasi adalah kata yang diadopsi oleh Inggris, yaitu globalisasi. Kata Globalisasi terdiri dari dua suku kata, yaitu kata global berarti dunia dan kata menunjukkan proses. Dengan demikian, globalisasi bahasa menjadi bahasa adalah proses global. Makna globalisasi juga dijelaskan oleh beberapa tokoh, yaitu:

Menurut Antony Giddens, globalisasi adalah hubungan sosial yang luar biasa dengan dunia yang dapat terhubung satu sama lain di berbagai tempat.

Malcolm Waters mengatakan bahwa globalisasi telah kehilangan batasan geografis dan budaya dalam benaknya, pada kenyataannya batas itu tidak benar-benar hilang. Tapi itu menjadi kabur.

Menurut Mansour Fakih, globalisasi ditandai oleh peran pasar yang semakin mengalami kemajuan dalam investasi, peran pasar dan sektor ekonomi pada umumnya saling terkait.

Milenial hari ini semuanya mudah, bahkan untuk mencari berita atau berita dari satu tempat ke tempat lain, bahkan jika jaraknya bervariasi dari puluhan meter hingga perbedaan waktu. Semua akan mudah diketahui tanpa harus melakukan upaya yang cukup berat.

Artinya, hanya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, semua masalah akan menjadi lebih mudah. Ini tentu sangat berbeda dengan masa lalu, di mana peristiwa yang terjadi dalam waktu lama hanya akan diketahui terlambat.

Munculnya globalisasi didukung oleh keberadaan berbagai teknologi yang mengalami semakin banyak kecanggihan dan yang sangat membantu kehidupan umat manusia. Di era globalisasi ini segala sesuatu dapat dilakukan dengan cepat, benar dan memuaskan.

Namun, di balik banyak hal yang menjadi lebih mudah, ternyata globalisasi memiliki dampak positif dan dampak negatif.

Definisi globalisasi

pemahaman tentang globalisasi

Globalisasi adalah kata yang mengadopsi bahasa Inggris, yaitu globalisasi. Ini adalah kata yang terdiri dari kata global berarti global dan kata-katanya menunjukkan prosesnya. Memahami globalisasi secara umum dan menurut beberapa ahli berbeda-beda.

Pemahaman umum tentang globalisasi

Definisi globalisasi secara umum adalah proses global atau global yang tidak memiliki ikatan baik dari Negara atau dari perbatasan regional, yang berarti bahwa setiap orang dapat terhubung dan bertukar informasi dan berita di mana saja kapan saja melalui media elektronik.

Definisi globalisasi dalam bahasa adalah proses yang mampu dilakukan oleh seluruh dunia. Globalisasi ini berarti bahwa negara tidak merasa luas karena mudah untuk berkomunikasi antar negara di semua bidang seperti pertukaran informasi atau perdagangan.

Berikut adalah beberapa konsep globalisasi dari beberapa pakar asing.

  • Menurut Laurence E. Rothernberg. Globalisasi adalah percepatan interaksi dan integrasi orang, perusahaan, dan pemerintah di berbagai negara.
  • Menurut Anthony Giddens. Globalisasi adalah hubungan sosial yang sangat global hingga menghubungkan tempat-tempat lain antara peristiwa yang terjadi di satu tempat dan tempat lain yang kemudian menyebabkan perubahan terjadi di masing-masing, masing-masing.
  • Menurut dr. Nayef R.F Al-Rodhan. Globalisasi adalah proses yang terdiri dari sebab, kasus, dan konsekuensi dari persatuan transnasional dan transnasional berskala besar dalam aktivitas makhluk hidup.
  • Menurut Emanuel Ritcher. Globalisasi adalah jaringan global yang menyatukan komunitas pertama, tersebar luas dan terisolasi dalam hubungan yang saling tergantung dalam satu dunia.
  • Menurut Martin Albrow. Globalisasi adalah seluruh proses populasi yang terjalin dalam satu komunitas dunia, yaitu komunikasi global.
  • Menurut Malcolm Waters. Globalisasi adalah proses sosial yang mampu menciptakan batas-batas alami dengan suasana sosial dan budaya yang tidak begitu penting dan diwujudkan dalam hati nurani seseorang.

Globalisasi menurut para pakar nasional

pemahaman tentang globalisasi menurut para ahli nasional

Berikut adalah beberapa konsep globalisasi dari beberapa pakar.

  • Menurut Selo Sumardjan. Globalisasi adalah proses yang dibentuk oleh keberadaan organisasi dan komunikasi orang-orang di dunia untuk berpartisipasi dalam sistem tertentu.
  • Menurut Achmad Suparman. Globalisasi adalah proses yang dapat menjadikan suatu objek atau sikap suatu karakteristik yang berasal dari setiap individu di dunia tanpa batasan.

Teori globalisasi

teori globalisasi

Banyak sekali teori yang menjelaskan teori globalisasi yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli. Salah satunya adalah teori globalisasi menurut Cochrane dan Pain bahwa globalisasi memiliki 3 penjelasan penting, yaitu.

  • kaum tradisionalis
  • Transformalis
  • globalis

Para tradisionalis mengatakan bahwa orang beranggapan bahwa globalisasi tidak pernah terjadi, menurut mereka globalisasi hanyalah proses yang telah terjadi sejak zaman kuno.

Transformalis adalah orang-orang yang berada di tengah tradisional dan global, di mana mereka menganggap bahwa globalisasi terjadi tetapi tidak perlu dilebih-lebihkan.

Kaum globalis berasumsi bahwa keberadaan globalisasi adalah bentuk konsekuensi dari kehidupan yang terjadi di semua bagian dunia dan yang akan mengarah pada budaya baru budaya homogen yang menyebar ke seluruh dunia.

Menurut para globalis, dampak positif yang dapat terjadi dalam kasus ini adalah mentalitas yang semakin terbuka dan toleransi yang lebih besar terhadap perbedaan budaya. Dan karena dampak negatif globalisasi dapat menghilangkan budaya asli yang telah menjadi identitas masyarakat dan bentuk penjajahan tanah air.

Teori lain tentang globalisasi

Teori globalisasi lain diungkapkan oleh seorang ahli bernama George Ritzer, yaitu, era globalisasi akan dimulai dengan kemajuan bidang teknologi dan komunikasi seperti telepon dan televisi, yang secara bertahap akan disadari oleh masyarakat. .

Penyebab globalisasi

penyebab globalisasi

Berikut ini adalah beberapa penyebab globalisasi.

  • Betapa lebih canggihnya bidang teknologi dan informasi

Perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi berdampak pada kemudahan melakukan transaksi uang di seluruh belahan dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah ada sejumlah teknologi yang mulai bereksperimen dengan perkembangan yang terkait langsung dengan masalah transaksi: transaksi moneter, yang tentu saja memudahkan transfer antar kota di semua bagian dunia.

C & # 39; adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki peran untuk difasilitasi dalam semua jenis transaksi ekonomi dari satu negara ke negara lain. Seiring berjalannya waktu teknologi informasi telah meningkat, tentu saja hal ini akan mendorong berbagai kegiatan ekonomi yang semakin berkembang, yang semula hanya antar kota, antar daerah, antar pulau kini juga merambah antar negara.

  • Kerjasama terluas yang ada hingga kelas internasional

Semakin maju era globalisasi, tingkat kerja sama akan mulai mengalami ekspansi internasional. Adanya kerjasama ekonomi internasional yang membuatnya semakin mudah untuk perjanjian yang ada dari berbagai negara yang memiliki hubungan dekat. Banyaknya negara yang membuat perdamaian dan karena itu bersatu untuk membangun kekuatan ini juga merupakan salah satu faktor terkuat di balik penyebab globalisasi. Dengan kekuatan hubungan ekonomi global, untuk kebutuhan apa pun akan mudah disalurkan dan mudah diperoleh.

  • Alat transportasi menjadi lebih mudah

Transportasi menjadi lebih mudah berarti bahwa sistem pengiriman barang menjadi lebih mudah, yang meningkat dari tahun ke tahun bahkan jika jarak yang membentang sangat, sangat jauh. Kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknologi dan transportasi mampu memfasilitasi layanan transportasi dalam pengiriman barang antar negara.

Di masa lalu sulit untuk bekerja sama untuk bertukar tanaman atau untuk berbagai kebutuhan, karena masih terbatasnya sarana transportasi sehingga pengangkutan barang untuk mencapai tempat yang lebih jauh masih sangat sulit. dengan kemajuan pemikiran, seorang ilmuwan yang ingin mengembangkan dan mempromosikan transportasi adalah dukungan besar untuk terjadinya proses ekonomi yang bahkan lebih mudah dilakukan, bahkan jika harus antar negara.

  • Adanya ekonomi terbuka

Salah satu penyebab globalisasi adalah adanya pembukaan ekonomi antar negara yang membuatnya lebih terbuka dan mudah satu sama lain.

Karakteristik globalisasi

ciri-ciri globalisasi

Karakteristik globalisasi adalah 4. Berikut ini adalah karakteristik globalisasi.

  • Tumbuhnya kegiatan sosial, politik dan ekonomi di kawasan ini, di seluruh dunia di tingkat regional. Pada awalnya – mungkin karena terbatasnya dukungan untuk kegiatan sosial, politik dan ekonomi yang membuat jangkauannya tidak terlalu luas, sampai akhirnya penemuan baru muncul yang pada akhirnya dapat mendukung akses ke dunia dengan membuat perasaan sosial ini , politik dan ekonomi sangat mudah bahkan untuk mengirim sesuatu barang atau jasa tidak butuh waktu lama.
  • Tingkatkan hubungan antara perdagangan, investasi, pertukaran budaya, keuangan dan migrasi. Saat ini ada begitu banyak orang yang mulai berpikir lebih baik, berpikir bahwa alam sudah mulai berkembang sedemikian rupa sehingga ruang lingkup kegiatan sosial dan ekonomi dan budaya mereka cukup berkembang. Awalnya aliran itu hanya antar kota, antar daerah, antar provinsi antar pulau dan antar negara dan antar benua.
  • Percepatan interaksi dan komunikasi di tingkat global adalah munculnya sistem transportasi yang maju, ke penyebaran ide, informasi, modal, barang, dan masyarakat yang semakin cepat. Semakin banyak ilmuwan yang ingin mengembangkan pengetahuan mereka di dunia transportasi, mampu mewujudkan banyak sistem canggih yang, pada akhirnya, satu per satu, membawa inovasi dengan sentuhan dan 2 aplikator lebih canggih dari sebelumnya. Dengan adanya sarana transportasi yang sudah mulai menambah kecanggihan, maka dapat mengembangkan ide-ide lain, sehingga sangat membantu dalam melakukan berbagai hal, termasuk penyebaran ide, informasi, modal, barang, dan masyarakat yang semakin cepat.

Dampak globalisasi

dampak globalisasi

Ada dua efek globalisasi, yaitu dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi.

Dampak positif globalisasi

Berikut ini beberapa di antaranya dampak positif globalisasi.

  • Semakin banyak bangunan baru. Di masa lalu, adalah mungkin bagi penghuni untuk hidup atau hidup sederhana, dengan globalisasi, ternyata semakin meningkatkan konstruksi rumah yang ditakdirkan untuk meningkatkan prestise dan kenyamanan pemilik.
  • Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Munculnya perangkat komunikasi yang semakin canggih seperti ponsel dan telepon pintar, yang bentuknya mungkin terlihat agak sederhana tetapi dapat digunakan, dapat sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan berbagai cara. Sekarang untuk mengirimkan informasi, tidak perlu lagi pergi ke suatu tempat sehingga informasi tersebut dikirimkan. Sekarang cukup tekan tombol untuk melihat layar hanya perangkat komunikasi, semua jenis informasi dapat ditransmisikan lebih cepat dan lebih baik, tidak hanya pesan biasa, tetapi juga dalam bentuk video, suara atau gambar secara bersamaan.
  • Terjadinya peningkatan ekonomi dapat menjadi lebih efektif, efisien dan produktif. Globalisasi ditandai oleh banyak inovasi dalam berbagai cara yang membuat segalanya lebih sederhana dan lebih canggih. Kecanggihan teknologi ini membuat kegiatan ekonomi lebih cepat dan lebih presisi sehingga jumlah produksi yang dapat diproduksi dapat dengan mudah ditingkatkan.
  • Jumlah wisatawan sudah mulai meningkat. Perkembangan teknologi membuat informasi tentang tempat-tempat wisata tersebar luas dengan cepat. Hal ini membuat berbagai tempat wisata yang awalnya tidak terlalu mudah diakses, itu menjadi tantangan baru, sehingga banyak orang tertarik untuk mengunjunginya dan mencobanya.
  • Informasi paling sederhana: informasi tentang sains yang akan diperoleh. Kemajuan teknologi telah membuat Internet tersedia. Sekarang, dari internet, informasi tentang semua jenis pengetahuan ada di sini. Dengan cara ini, untuk menambah pengetahuan, seseorang tidak akan merasa terganggu bahkan di rumah, berbaring di rumah tanpa pergi ke mana-mana, tanpa harus pergi ke perpustakaan, sehingga seseorang masih bisa mendapatkan kenalan.
  • Peningkatan standar hidup masyarakat. Keberadaan standar hidup bagi komunitas ini adalah adanya keinginan untuk menyamai pamor orang lain. Ini telah menyebabkan munculnya keinginan orang-orang dengan standar hidup yang tinggi. Ini membangkitkan semangat kerja untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
  • Mampu merujuk pada kualitas individu. Kehadiran seseorang yang berprestasi atau ilmuwan yang mampu membuat penemuan mampu membuat individu lain merasa termotivasi untuk meningkatkan kualitas mereka dengan meningkatkan pengetahuan yang mereka miliki sehingga mereka bisa seperti orang lain.
  • Transportasi selalu lebih mudah digunakan. Sekarang ini bukan lagi untuk menunggu transportasi, atau rumit untuk mengurus semua administrasi dengan semua kebutuhan yang cukup rumit. Sekarang transportasi atau tiket untuk mencapai tempat dapat dengan mudah diperoleh dengan hanya menekan: cukup sentuh layar smartphone tanpa harus mengantri di konter. Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih akurat saat melakukan transaksi atau memesan tiket secara online.

Dampak negatif

Berikut ini beberapa di antaranya dampak negatif dari globalisasi

  • Mulailah mengurangi rasa solidaritas di antara teman-teman. Keberadaan globalisasi ini telah menyebabkan seseorang menjadi lebih unggul dari teman-teman lain, tidak mengherankan bahwa rasa solidaritas semakin terkikis.
  • Kehilangan perawatan antara lain. Kekhawatiran di antara teman-teman sekarang terbatas hanya pada bagaimana untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu, obatnya tidak ada karena tulus dari hati, tetapi karena ada tujuan tertentu di balik perhatian yang diberikan.
  • Aktivitas kerja sama yang semakin langka. Sikap tradisional yang sangat dekat dengan masyarakat desa semakin hari semakin memudar, baik karena kegiatan yang semakin sibuk sehingga tidak ada waktu untuk melakukan hanya kegiatan gotong royong.
  • Tidak ada solidaritas antar teman. Loyalitas tanpa batas kini dapat dibeli dengan harga, berapa banyak uang yang dapat diberikan sehingga loyalitas dapat diciptakan.
  • Semakin banyak orang mulai mengkonsumsi. Perilaku konsumsi ini membunuh gerakan reduksi, penggunaan kembali, dan daur ulang. Hasil dari sikap konsumsi ini sangat fatal jika tidak segera diubah.
  • Kehilangan kreativitas Di zaman sekarang ini, seseorang lebih suka segalanya sekaligus. Anda lebih suka apa pun yang menjadi langsung daripada menikmati proses. Inilah yang membuat seseorang malas untuk berpikir dan melakukan kratifitas.
  • Nilai-nilai dan kebiasaan budaya sudah mulai terkikis seiring waktu. Budaya kebarat-baratan berarti bahwa aturan dan nilai-nilai adat mulai menghilang perlahan tapi pasti.
  • Informasi tersebut mudah membingungkan, jumlah berita yang dibakar tidak pasti. Semakin canggih alat komunikasi ini, semakin mudah memberikan informasi untuk menyebarkan informasi yang jelas atau sekadar informasi tentang tipuan.
  • Sulit untuk mengembangkan perusahaan pembangunan nasional. Ini karena perusahaan nasional kehilangan daya saing, mereka kehilangan teknologi dengan perusahaan baru dari luar negeri yang masuk ke negara itu.
  • Ekonomi dunia didominasi oleh perusahaan asing. Dengan perkembangan yang telah mulai mengglobal ini, ekonomi dapat datang dan pergi dengan mudah.
  • Jumlah orang mulai memiliki sikap buruk. Sikap buruk ini bermula dari tuntutan akan pekerjaan yang menginginkan gengsi tinggi.
  • Banyak petani mentransfer profesi. Harga koleksi yang rendah membuat petani enggan melakukan pekerjaan mereka, yang selalu berarti kerugian.
  • Jumlah gedung pencakar langit yang mulai muncul. Mulai meningkatkan pembangunan hotel korporasi di lantai tertinggi hanya karena keterbatasan lahan untuk pengembangan yang lebih luas.
  • Penyusutan lahan pertanian. Banyak tanah pertanian digusur dan dibeli untuk pemukiman dan kebutuhan bisnis.
  • Gaya hidup hedonisme mulai menyebar. Kehidupan hedonisme ini adalah kehidupan yang hanya merujuk pada kebutuhan duniawi. Pada saat ini sikap keagamaan dan ingatan akan hal-hal luar mulai menghilang.
  • Sikap individualisme menjadi lebih dan lebih. Perasaan egois dari masing-masing individu menjadi lebih besar untuk menghadapi persaingan – kompetisi di dunia ekonomi, sosial dan budaya.

Dampak globalisasi terhadap politik

Globalisasi ini berdampak pada semua bidang, salah satunya adalah politik. Dalam dunia politik yang sedang mengalami dampak positif globalisasi, yaitu pemikiran para pemimpin politik yang lebih baik, lebih terbuka, mampu berfungsi lebih baik bahkan kesejahteraan rakyat sudah mulai meningkat. Adanya sistem konstitusi yang lebih maju telah membuat beberapa lembaga pemerintah lebih berkualitas. Tidak hanya itu, kesadaran publik akan isu-isu politik sedang meningkat.

Menimbang bahwa dampak negatifnya adalah munculnya sikap serakah terhadap jabatan politik, munculnya penipuan berbahaya di dunia politik dan banyak pejabat yang sudah mulai tidak jujur.

Dampak globalisasi di bidang ekonomi

dampak globalisasi terhadap ekonomi

Selain politik, dampaknya juga terpengaruh di bidang ekonomi. Dampak positif yang dapat dirasakan di bidang ekonomi adalah bahwa proses memenuhi semua kebutuhan barang dan jasa menjadi lebih mudah. Bahkan sektor ekonomi kecil sudah mulai mencatat kenaikan moderat.

Pengaruh globalisasi

Globalisasi adalah proses modernisasi yang dapat mempengaruhi semua hal di semua bidang, tanpa kecuali. Pengaruh globalisasi dapat berupa pengaruh menguntungkan atau efek negatif. Ini tergantung pada sudut aplikasi dan sudut absorpsi kultur yang diambil.

Karena itu, agar efek globalisasi tidak terlalu berbahaya, Anda harus cerdik dalam menyaring mana yang baik dan mana yang buruk.

Pengaruh globalisasi sebenarnya tidak dapat ditelan segera, perlu untuk memilih dan memilih yang dianggap baik dan cocok untuk budaya Indonesia. Dengan cara ini pengaruh globalisasi akan dapat menghasilkan manfaat yang tentunya tidak akan merugikan Anda.

Globalisasi mengubah waktu

Di era globalisasi, semua aspek berkembang dan mulai berkembang. Sama seperti era saat ini telah berubah menjadi era milenium, di mana mengubah anak-anak generasi bangsa menjadi sangat tergantung pada keberadaan gadget dan berbagai teknologi. Waktu yang berubah dari tahun ke tahun membuat banyak perubahan di dunia, dimulai dengan perubahan yang dapat membawa manfaat bagi mereka yang melakukannya hingga perubahan yang menyebabkan kerugian bagi para pelaku.

Globalisasi mengubah era menjadi instan kuno dan melakukan apa pun tidak memakan banyak waktu, hanya beberapa menit yang bisa dilakukan dan diperoleh. Misalnya untuk makanan atau keperluan lain jika Anda tidak punya banyak waktu untuk pergi ke toko atau malas di rumah, cukup memegang gadget dengan jaringan yang stabil dan membuka aplikasi toko online, Anda dapat memesan dan membayar secara digital.

Tanpa harus pergi ke mana pun, Anda hanya menunggu ekspedisi yang duduk di rumah. Kemajuan teknologi layanan online ini membuat hidup lebih efektif dan terasa efisien tanpa harus membuat kebingungan dan riweh.

Baiklah, ini adalah ulasan kecil tentang gagasan globalisasi. Di balik kemajuan yang telah dibuat mampu menyebabkan dampak positif ini, dampak negatif di baliknya tidak akan luput. Sehingga, sebagai warga negara yang cerdas, Anda harus pintar-pintar dalam menggabungkan budaya Barat yang masuk sehingga tidak ada banyak dampak negatif.

Demikianlah informasi tentang 9+ Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli / Umum Faktor Penyebab, Teori, Ciri, Dampak. Semoga informasi ini mampu menambah pengetahuan berfikir anda tentang 9+ Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli / Umum Faktor Penyebab, Teori, Ciri, Dampak.

Leave a Reply