13+ Pengertian Komunikasi secara Umum dan Menurut Para Ahli, lengkap

13+ Pengertian Komunikasi secara Umum dan Menurut Para Ahli, lengkap

13+ Pengertian Komunikasi secara Umum dan Menurut Para Ahli, lengkap –

Memahami Komunikasi – Setiap orang harus berkomunikasi setiap hari. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbicara langsung atau melalui media tertentu, misalnya melalui surat, telepon, panggilan video atau lainnya. Beberapa di antaranya adalah bentuk komunikasi sejati yang sering kita lakukan. Namun, tidak hanya itu, komunikasi juga dapat dilakukan dalam bentuk sinyal tertentu, misalnya dengan mengedipkan mata, mengangguk, menggelengkan kepala seseorang dan lainnya.

Memahami komunikasi

pengertian komunikasi

Komunikasi itu sendiri berasal dari bahasa Inggris komunikasi, yang artinya sama. dalam hal komunikasi dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi secara umum dan komunikasi menurut para ahli. Berikut ini adalah penjelasan dari dua makna komunikasi.

Pengertian komunikasi secara umum

Komunikasi adalah pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan maksud dan tujuan tertentu. Sedangkan menurut kamus bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi, berita atau pesan yang dibuat oleh dua orang atau lebih sehingga maksud atau pesan tersebut dapat dipahami.

pemahaman komunikasi menurut para ahli

Beberapa ahli memberikan pendapat mereka tentang pengertian komunikasi. Berikut ini beberapa pendapat ahli.

  1. Carl I. Hovlanddalam pendapatnya, komunikasi adalah proses yang dapat dibawa oleh pembawa informasi dengan tujuan memberikan insentif kepada orang lain untuk mengubah perilaku mereka.
  2. Stewart L. Tubbs dan Sylvia, menurut mereka, komunikasi adalah transfer informasi oleh dua orang atau lebih.
  3. AristolesMenurut Aristoteles, komunikasi adalah alat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi.
  4. Everett M. Rogers, menurutnya komunikasi adalah pendistribusian gagasan atau niat dari satu sumber ke sumber lain untuk mengubah perilaku penerima ide.
  5. Shannon dan Weaverkomunikasi adalah interaksi interaksi yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain, disengaja atau tidak. Menurutnya, komunikasi tidak terbatas pada bahasa verbal, tetapi juga untuk ekspresi wajah, lukisan, teknologi dan lain-lain.
  6. James A. F. Stonerkomunikasi adalah proses yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan memberikan pemahaman kepada orang lain dengan menggerakkan pesan yang diberikan.
  7. Raymond S. RossKomunikasi adalah proses memilih, menyortir atau mengirim informasi kepada seseorang sehingga pendengar informasi memahami maknanya berdasarkan apa yang diinginkan penyedia informasi.
  8. Djenamar SHkomunikasi adalah seni mentransmisikan ide atau informasi tertentu dari seseorang ke orang lain.

Ini adalah beberapa definisi komunikasi secara umum dan definisi menurut para ahli. Selain definisi ini, William F. Glueck membagi komunikasi menjadi dua bagian, yaitu

  1. Komunikasi antarpribadi (komunikasi antarpribadi), yaitu proses pertukaran informasi dan mentransfer pemahaman antara dua atau lebih orang dalam kelompok kecil.
  2. Komunikasi kelompok (komunikasi organisasi), yaitu proses mentransfer informasi dan mentransfer pemahaman dari pembicara ke grup dalam suatu organisasi.

Fungsi komunikasi

fungsi komunikasi

Komunikasi memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah fungsi komunikasi.

  1. Sumber informasi, melalui komunikasi seseorang akan mendapat informasi. Informasi yang baik dibuat antara dua orang atau lebih. Informasi akan diperoleh ketika kami menerima informasi dari orang lain dan sebaliknya
  2. Kontrol, dalam masyarakat, jelas ada beberapa aturan atau aturan yang diterapkan. Aturan-aturan ini biasanya berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Hanya melalui komunikasi atau norma-norma ini dapat ditularkan ke komunitas, dalam arti bahwa jika niat dipahami dapat mengendalikan perilaku masyarakat tertentu.
  3. Motivasi, melalui berbagai jenis obrolan atau percakapan dengan orang lain, seseorang akan termotivasi, jika percakapan mengarah pada memberi motivasi kepada orang itu.

Ini adalah beberapa fungsi komunikasi yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun tentu saja tidak hanya itu, ada banyak fitur komunikasi lainnya. Selain fungsi komunikasi, kami juga akan mengilustrasikan beberapa tujuan komunikasi.

Tujuan komunikasi

Tidak hanya memiliki beberapa fungsi penting, tetapi komunikasi juga memiliki tujuan tertentu. Berikut adalah beberapa tujuan komunikasi.

  1. Bertukar informasi dengan orang lain. Komunikasi dibuat untuk memberikan informasi kepada orang yang kita ajak bicara, dan sebaliknya, kita berkomunikasi dengan orang lain untuk mendapatkan informasi dari orang lain.
  2. Untuk memahami orang lain. Kita dapat memahami maksud orang lain dengan berkomunikasi dengan orang itu. Jika Anda diam tanpa berkomunikasi, Anda tidak akan mengerti bahwa orang lain dan orang lain tidak akan mengerti Anda.
  3. Sehingga pendapat kami dapat diterima oleh orang lain. Agar pendapat yang kami sampaikan diterima oleh orang lain, kami jelas perlu berkomunikasi atau memberikan informasi dan niat kami dengan jelas kepada orang lain.
  4. Sehingga orang lain dapat melakukan hal-hal yang kita inginkan. Kita perlu berkomunikasi dengan orang lain jika kita ingin seseorang melakukan apa yang kita inginkan. Misalkan kita ingin meminta bantuan orang lain, dalam arti bahwa kita perlu berbicara dengan orang yang bersangkutan. Biasanya jika Anda tidak berkomunikasi, orang tidak akan peka.

Ketentuan komunikasi

Ada beberapa syarat yang bisa kita lakukan sesuatu yang disebut komunikasi. Kondisi berikut untuk suatu kegiatan disebut sebagai komunikasi.

  1. Communicator (kurir), suatu kegiatan yang disebut komunikasi jika itu adalah komunikator atau kurir. Utusan ini dapat berupa seseorang yang memberikan informasi secara langsung atau dapat melalui media tertentu, seperti surat kabar, radio, televisi, sms, w.a dan sebagainya. Beberapa media ini bisa disebut sebagai komunikator.
  2. Communicative (penerima pesan), adalah seseorang atau grup yang menerima pesan dari komunikator.
  3. Pesan, sesuatu yang disebut komunikasi jika ada pesan atau maksud yang ditransmisikan dari komunikator ke komunikator.
  4. Efeknya, komunikasi bisa dikatakan berhasil jika memberi efek pada penerima pesan (berkomunikasi). Misalnya, karena c & # 39 adalah pesan dari komunikator, penerima komunikasi membuat reaksi atau tindakan tertentu.

Sekarang, beberapa persyaratan untuk suatu kegiatan dapat disebut sebagai komunikasi. Jika beberapa kondisi ini tidak terpenuhi, jelas kegiatan ini tidak dapat disebut komunikasi.

Elemen komunikasi

Komunikasi dapat terjadi jika ada beberapa hal yang menyertainya, seperti penyedia pesan, penerima pesan dan pesan untuk disampaikan. Selain itu ada juga komponen atau elemen komunikasi lain yang harus Anda ketahui.

Komunikasi dapat terjadi jika ada sumber yang membuat atau mengirim informasi. Dalam komunikasi, sumber ini bisa dalam bentuk individu atau kelompok, sumber kelompok seperti partai, lembaga, atau organisasi. Dalam hal canggih, makna sumber tersebut mengalami perluasan, di samping individu atau kelompok sumber informasi juga dapat berupa surat kabar, majalah, media sosial, televisi dan banyak lagi. Dalam bahasa Inggris, sumber ini biasa disebut sumber, ecorder, atau set transmisi.

Penerima adalah pihak yang merupakan penerima pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima pesan ini memiliki bentuk individu atau grup. Penerima pesan dalam komunikasi ini harus ada, karena jika suatu komunikasi tidak memiliki penerima, jelas itu tidak dapat disebut komunikasi.

Yang dimaksud dengan pesan dalam suatu komunikasi adalah sesuatu yang ditransmisikan dari pemberi pesan kepada penerima. Pesan ini dapat disampaikan secara langsung atau melalui media. Pesan yang disampaikan dapat berupa hiburan, sains, informasi, konseling, motivasi dan sebagainya.

Media adalah alat atau struktur yang digunakan sebagai perantara untuk mengirimkan pesan dari pemberi pesan ke penerima pesan. Beberapa ahli mengatakan bahwa alat komunikasi yang paling dominan adalah indera manusia, seperti mata dan telinga. Pesan yang diterima manusia dari indera ini kemudian diproses di otak manusia. Prosesnya adalah menerjemahkan pesan yang didapat. terkait dengan media, ada beberapa media yang biasa digunakan untuk berkomunikasi.

Media Interpersonal

Dukungan ini biasanya hanya digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang. Contoh media komunikasi interpersonal, yaitu kurir, surat atau telepon.

Rata-rata grup

Dukungan ini biasanya digunakan untuk mengkomunikasikan banyak orang atau kelompok, seperti rapat, seminar atau konferensi. Rapat biasanya diadakan oleh suatu lembaga atau organisasi untuk membahas hal-hal penting yang berkaitan dengan lembaga tersebut. Seminar biasanya diberikan informasi kepada banyak orang terkait dengan tema tertentu, biasanya seminar ini dihadiri oleh lebih dari 30 orang. Konferensi adalah sarana komunikasi yang digunakan oleh beberapa anggota organisasi untuk membahas isu-isu penting juga, konferensi biasanya tidak dihadiri oleh lembaga tertentu, tetapi oleh berbagai perwakilan lembaga yang masih memiliki lampiran.

Media massa

Media menggunakan informasi pengiriman dari sumber ke publik. Contoh media massa, yaitu radio, televisi, koran, majalah, media sosial (BBM, WAH, Line, Telegram dan SMS) dan lainnya. media ini biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi bahwa aliran diketahui oleh masyarakat umum. Informasi ini biasanya berasal dari tempat yang jauh, sehingga melalui media informasi tersebut dapat dikirimkan kepada kami juga.

Pengaruh atau efek

Pengaruh adalah dampak yang diberikan oleh sumber kepada penerima pesan. Penerima pesan terpengaruh atau kita tidak bisa melihat dari sikap dan perilaku yang ditunjukkan setelah menerima pesan dari sumber.

Model komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial, yang berarti bahwa manusia perlu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Tidak ada manusia yang mampu berkomunikasi dengan orang lain, secara alami manusia membutuhkan bantuan orang lain. Bantuan akan diperoleh jika seseorang berkomunikasi dengan orang lain.

Jenis komunikasi

Ada berbagai jenis komunikasi yang perlu Anda ketahui, yaitu

Komunikasi berbasis presentasi

Komunikasi lisan

Komunikasi dilakukan secara langsung atau tatap muka tanpa batas tertentu. Contoh komunikasi lisan, seperti obrolan antara dua orang atau lebih, diskusi, wawancara, presentasi, rapat, seminar dan banyak lagi. Komunikasi lisan juga dapat dilakukan melalui media tertentu, misalnya melalui telepon atau panggilan video.

Komunikasi tertulis

Beberapa tahun yang lalu, komunikasi tertulis masih hanya bisa menggunakan huruf. Namun, sekarang ada banyak media yang dapat kita gunakan untuk membuat komunikasi tertulis, seperti ap, aps, online, Instagram, Facebook, BBM, SMS dan banyak lagi lainnya. Bahkan media tersebut sangat canggih, mereka tidak hanya mengirim posting, tetapi juga mengirim foto, audio, dan video.

Komunikasi berbasis tujuan

Komunikasi akan dilakukan berdasarkan apa yang Anda inginkan jika tujuan yang ditetapkan oleh komunikator jelas. Komunikasi dirancang dengan maksud dan tujuan tertentu, seperti memberikan ceramah, motivasi, wawancara atau memberikan instruksi atau perintah tertentu. Tujuan diadakannya beberapa acara ini harus jelas sehingga tujuan yang dimaksud dapat tercapai.

Komunikasi berbasis di lapangan

Berdasarkan ruang lingkup komunikasi itu dapat dibagi menjadi 2, yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan sedikit tentang 2 jenis komunikasi.

Komunikasi internal: Komunikasi ini terjadi dalam area tertentu, misalnya di lingkungan organisasi atau di lingkungan kerja. Komunikasi internal dibagi menjadi 3 jenis, yaitu

Komunikasi vertikal, komunikasi antara atasan dan bawahan, misalnya pesanan atau tugas oleh bos, peringatan, celaan, dll.

Komunikasi horisontal, komunikasi yang terjadi antara orang yang memiliki posisi yang sama, seperti mengobrol antara karyawan satu sama lain dalam satu perusahaan.

Komunikasi diagonal, komunikasi yang biasanya terjadi dalam konteks suatu organisasi atau kantor.

Komunikasi eksternal Komunikasi antara individu atau organisasi dengan komunitas. Contoh komunikasi internal, yaitu konferensi pers, siaran radio, siaran televisi, layanan sosial, dll.

Komunikasi berdasarkan aliran informasi

Berdasarkan aliran informasi, komunikasi dibagi menjadi 5, yaitu

Komunikasi ke bawah

Komunikasi ini adalah kebalikan dari komunikasi ke atas. Jika komunikasi ke atas terjadi dari bawahan ke atasan, maka komunikasi ini terjadi antara atasan bawahan, biasanya komunikasi jenis ini terjadi di kantor.

Komunikasi ke atas

Komunikasi atau pesan dari bawahan ke atasan.

Komunikasi ke samping

Komunikasi ini terjadi antara seseorang dengan orang lain yang memiliki posisi yang sama.

Komunikasi satu arah

Komunikasi hanya di satu sisi, biasanya komunikasi ini terjadi di lembaga yang berada dalam situasi darurat, sehingga harus ada bagian yang memberikan instruksi tertentu.

Komunikasi dua arah

Komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, biasanya komunikasi ini adalah dalam bentuk timbal balik antara satu orang dengan yang lainnya.

Studi komunikasi

Di Eropa pada awalnya itu disebut studi komunikasi manusia publikasi, Sementara di Amerika, ilmu ini disebut ilmu komunikasi (ilmu komunikasi). Pada kenyataannya ilmu komunikasi ini telah ada sejak zaman Yunani kuno, para pemimpin yang mengalaminya adalah Socrates, Plato dan Aristoteles. Dan ilmu komunikasi masih menjadi poin penting di perguruan tinggi, itu adalah inisiasi Joseph Publitzher yang benar-benar menginginkan sekolah jurnalisme di Amerika. Keinginan Publitzer mendapat respons positif dari Kanselir Universitas Harvard saat itu, Charles Elliot dan Nicholas Murray Butler. Hanya di Amerika ada 5 orang yang dianggap sebagai pendiri ilmu komunikasi, yaitu,

    1. Carl Hovland
    2. Harold Lasawell
    3. Kurt Lewin
    4. Paul Lazarsfeld
    5. Wiber Schramm

Ini adalah beberapa penjelasan yang berkaitan dengan definisi komunikasi. Tidak hanya definisi komunikasi, kami juga menawarkan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi lain, seperti fungsi komunikasi, tujuan komunikasi, kondisi komunikasi, elemen komunikasi dan lain-lain. Kami berharap paparan yang tidak terlalu lama ini dapat memberi Anda gambaran tentang definisi komunikasi dan beberapa hal yang berkaitan dengan komunikasi. Sangat banyak

Demikianlah informasi tentang 13+ Pengertian Komunikasi secara Umum dan Menurut Para Ahli, lengkap. Semoga informasi ini dapat memperluas wawasan berfikir kamu tentang 13+ Pengertian Komunikasi secara Umum dan Menurut Para Ahli, lengkap.

Leave a Reply