11+ Contoh Teks Eksposisi Terlengkap | Singkat, Lingkungan, Politik, Pendidikan dll

11+ Contoh Teks Eksposisi Terlengkap | Singkat, Lingkungan, Politik, Pendidikan dll

11+ Contoh Teks Eksposisi Terlengkap | Singkat, Lingkungan, Politik, Pendidikan dll –

Contoh teks eksposur – Teks pameran adalah tulisan yang berisi fakta atau informasi dalam bentuk pengembangan paragraf yang mencoba menjelaskan situasi tertentu, sehingga orang yang membacanya memperoleh pengetahuan tentang apa yang dijelaskan oleh penulis.

Uraian tersebut dalam bentuk naskah pendek, padat dan jelas sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami maksud penulis.

Pernahkah Anda membaca jenis teks pameran ini? Ya, tentu saja Anda telah membaca teks ini dengan sengaja atau tidak. Karena kami menemukan begitu banyak teks dalam kehidupan sehari-hari.

Tampilan teks biasa digunakan untuk menulis berita, baik berita di surat kabar, majalah, media online, media sosial dan banyak lagi. Coba bandingkan definisi yang kami berikan dengan berita yang sering Anda baca. Nah, inilah yang dimaksud dengan teks pameran.

Baca juga contoh teks penjelasan

Karakteristik teks tampilan

karakteristik teks pameran

Teks ini jelas berbeda dari jenis teks lainnya. Ada beberapa fitur dalam teks pameran. Berikut ini beberapa fitur teks acara yang harus Anda ketahui.

  1. Bahasa yang digunakan adalah standar.
  2. Diskusi tertulis adalah fakta terbuka adalah pendapat atau komposisi penulis.
  3. Gaya penulisan yang digunakan dalam teks pameran adalah bujukan informasi.
  4. Data dan informasi disajikan dengan jelas.
  5. Menulis itu objektif atau netral, yang berarti bahwa menulis itu tidak memihak siapa pun. Jadi dalam hal ini penulis tidak bisa seenaknya menulis apa yang diinginkannya, karena tulisan yang ditampilkan harus berdasarkan bukti nyata.
  6. Pesan berdasarkan data dan fakta nyata (valid).

Ini adalah beberapa fitur yang harus Anda ketahui tentang teks acara. Beberapa dari hal-hal ini adalah hal-hal yang membedakan teks pameran dari jenis teks lainnya. Jika nanti Anda menemukan jenis teks dengan karakteristik di atas, iru menunjukkan gaya teks pameran.

Jenis teks tampilan

jenis teks tampilan

Teks pameran tidak hanya memiliki karakteristik yang jelas berbeda dari jenis teks lainnya, tetapi teks ini juga dibagi menjadi jenis yang berbeda. Berikut adalah jenis teks acara yang harus Anda ketahui.

Dalam jenis teks ini hanya berisi definisi mendalam atau definisi yang berkaitan dengan topik tertentu. Jenis teks pameran ini harus sering ditemui, karena ada begitu banyak teks yang hanya menjelaskan makna dari suatu hal tertentu.

  • Tampilan teks

Jenis teks ini berisi langkah-langkah atau prosedur untuk melakukan pekerjaan berurutan dan sistematis. Langkah-langkah atau prosedur yang beranjak dari fase awal ke fase akhir sesuatu.

Jenis teks ini berisi berita atau topik tertentu yang menunjukkan gambar singkat namun jelas. Deskripsi dalam teks yang dibuat harus mewakili niat untuk dikirimkan.

Jenis teks ini berisi laporan yang terkait dengan topik tertentu. Laporan dapat berasal dari hasil penelitian atau dari hasil wawancara dengan sumber yang relevan.

  • Eksposisi untuk perbandingan tekstual

Teks ini berisi topik tertentu yang dibandingkan dengan topik lain. Namun, kedua topik tersebut masih saling terkait satu sama lain.

  • Paparan konflik teks

Teks ini berisi topik tertentu yang dikontradiksikan oleh topik lain. Namun, teks yang disengketakan masih terkait.

Ini adalah jenis-jenis teks paparan yang harus Anda ketahui. Mengetahui hal ini berarti Anda tahu pembagian teks pameran. Teks pameran bukan satu teks, itu dibagi menjadi beberapa bagian seperti yang dijelaskan di atas.

Struktur teks pameran

struktur teks pameran

Jika Anda ingin membuat teks pameran ada beberapa struktur yang harus Anda ketahui. Struktur ini adalah bagian penting dari teks pameran. Nanti kita akan menggambarkan beberapa struktur teks dari pameran.

Tesis atau pernyataan pendapat

Tesis ini adalah awal dari teks pameran. Dalam tesis ini, c & # 39; adalah hipotesis atau prediksi penulis. Meskipun tesis ini adalah anggapan atau prediksi penulis, tetapi hipotesis ini bukanlah dugaan yang tidak berdasar. Hipotesis penulis ini akan diperkuat dengan berbagai data yang valid. Jadi ini bukan hanya diskusi tanpa dasar dari penulis. Dalam teks pameran, tesis biasanya di awal kalimat. Namun, juga dimungkinkan bahwa tesis ini ada di akhir kalimat pameran.

argumentasi

Topik ini biasanya berisi frasa yang mendukung tesis yang ditulis. Selain berisi kalimat pendukung, argumen juga dapat berisi keberatan dari tesis yang diberikan. Argumen yang baik biasanya berisi kedua hal ini, data dapat mendukung atau bahkan menyangkal tesis yang ditulis oleh penulis.

penegasan kembali

Bagian ini berisi penguatan pendapat tentang fakta-fakta yang disajikan dalam bagian tesis dan argumentasi. Ini adalah bagian dari kesimpulan dari argumen yang telah dibahas dalam tesis yang diusulkan atau dalam argumen.

Ini adalah struktur teks dari pameran yang perlu Anda ketahui. Jika Anda bermaksud membuat teks ini, pastikan bahwa teks yang Anda buat memiliki struktur seperti di atas. Ada tesis, argumen dan akhirnya penegasan kembali.

Contoh teks pameran

contoh teks lengkap tentang pameran Indonesia

Setelah kita mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan teks pameran, yang tidak kalah pentingnya, yaitu contoh teks pameran. Diskusi ini tidak akan lengkap jika tidak mengandung contoh dari teks pameran. Anda pasti bingung jika tidak melihat langsung dari teks pameran. Karena itu, kami akan memberikan beberapa contoh teks tampilan untuk kenyamanan Anda. Berikut adalah beberapa contoh teks tampilan yang baik dan benar.

Contoh teks pameran tentang pendidikan

contoh teks dari pameran tentang pendidikan

Pendidikan karakter

tesis:

Pendidikan adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, seseorang dapat mengenali diri sejati seseorang. Identitas jelas dibentuk oleh karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui perubahan dalam kurikulum pemerintah juga memainkan peran dalam membentuk karakter siswa. Pemerintah telah mengubah kurikulum unit pelatihan (KTSP) dalam kurikulum 2013. Perubahan ini membutuhkan pendidikan karakter dalam sistem pendidikan di Indonesia.

topik:

Pendidikan karakter adalah instruksi yang memprioritaskan kemampuan siswa dalam cara pribadi atau pendidikan yang berupaya menggali potensi individu, dalam hal ini siswa. Pendidikan karakter penting untuk mengeksplorasi bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentunya memiliki bakat, potensi dan kecerdasan di bidang yang tidak sama.

Siswa yang tidak pandai belajar tentu tidak berarti bahwa itu bodoh, itu pasti memiliki keterampilan di bidang lain. Melalui pendidikan karakter, apakah seseorang cerdas atau tidak tidak ditentukan berdasarkan apakah seseorang cerdas di kelas. Bahkan guru tidak boleh melabeli siswa yang bodoh jika dia tidak cerdas dalam pelajaran yang diajarkan di kelas.

Pemerintah juga telah berupaya mewujudkan pendidikan karakter ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terakhir, yaitu kurikulum 2013. Melalui kurikulum ini pemerintah berupaya menggali potensi dan menanamkan karakter untuk siswa. Karakter toleransi etnis, agama, bahasa, budaya dan kegunaan lain. Indonesia adalah negara yang memiliki beragam budaya, bahasa, kepercayaan dan adat istiadat. Jadi toleransi penanaman harus diperkenalkan oleh sekolah.

Selanjutnya, pendidikan karakter diharapkan dapat memberikan masa depan siswa dengan masa depan mereka. Siswa harus memiliki keterampilan dan kemampuan khusus yang harus dimiliki di era globalisasi ini.

penyajian kembali:

Pendidikan karakter adalah penyediaan awal siswa di masa depan. Siswa harus memiliki sikap saling toleransi dan memiliki keterampilan atau potensi diri untuk dibanggakan sehingga siswa seperti penerus bangsa ini lebih siap untuk menghadapi kemajuan zaman.

Contoh teks pendek tentang hukum

contoh teks pameran tentang hukum

Diskriminasi terhadap perempuan

tesis:

Wanita sangat rentan menjadi sasaran objek kejahatan. Berdasarkan data yang dirilis, Indonesia adalah salah satu negara yang paling tidak aman terhadap perempuan. Rasio harian rata-rata hampir selalu merupakan kejahatan terhadap perempuan di Indonesia. Bahkan, ada sejumlah kasus yang cukup langka, termasuk pelaku yang berasal dari keluarga korban sendiri. Kasus-kasus ini mengundang masukan dan pendapat dari para pakar sosial tentang struktur masyarakat Indonesia yang salah.

konten:

Meskipun negara kita secara tegas menegakkan hukum yang menganiaya para pelaku tindak pidana, penerapan sanksi-sanksi ini tidak dianggap seolah-olah para pelaku itu hilang atau berkecil hati. Beberapa pendapat ahli sosial memberikan kesimpulan bahwa ada stereotip yang terjadi di masyarakat yang mengarah pada meningkatnya kejahatan pada perempuan. Negara kita di Indonesia, dalam konstruksi sosialnya, menganut patriot di mana posisi laki-laki dihargai lebih tinggi daripada perempuan.

Pemerintah telah secara efektif melaksanakan berbagai upaya dan pencegahan tindakan kriminal seperti sosialisasi emansipasi perempuan, penyediaan gerbong kereta api untuk perempuan, prioritas untuk kebutuhan perempuan di tempat-tempat umum dan lain-lain. Namun, masih ada beberapa orang yang melanggar aturan ini.

kesimpulan:

Karena sistem sosial patriarki telah lama turun temurun di Indonesia, maka tidak dapat dihindari bahwa perempuan harus mematuhi semua aturan sosial yang cenderung mengarah pada diskriminasi gender. Selain itu, sistem ini juga memerintahkan perempuan untuk selalu patuh dan takut oleh laki-laki. Dengan cara ini, jika ada wanita yang menentangnya, masyarakat terus menganggap bahwa perlawanan tidak boleh dilakukan oleh wanita yang telah dinilai baik dan patuh.

Contoh teks pameran tentang lingkungan

contoh teks pameran tentang lingkungan

Pemanasan global dan hilangnya hutan lindung

tesis:

Pemanasan global adalah situasi di mana suhu bumi semakin hangat. Pemanasan global telah menyebabkan berbagai efek negatif, seperti menipisnya ozon sehingga sinar ultraviolet dapat memasuki bumi secara langsung, meningkatkan permukaan laut karena pencairan es kutub.

Pemanasan global terjadi karena jumlah besar karbon dioksida di atmosfer, sehingga akan menyebabkan penipisan ozon. Jumlah gas karbon dioksida yang ditemukan di bumi tidak seimbang dengan jumlah pohon yang dapat menyerap karbon dioksida. Bahkan, tidak hanya itu, hutan sudah mulai dibuka untuk lahan pertanian, perkebunan atau bahkan dikonversi dari hutan lindung menjadi hutan produktif.

topik:

Dalam beberapa tahun terakhir dunia telah mengalami kenaikan suhu yang tajam.

Pemanasan global terjadi karena jumlah besar karbon dioksida di atmosfer bumi. Gas karbon dioksida berasal dari asap pabrik atau kendaraan bermotor. Jika kita melihat-lihat, pasti ada banyak pabrik yang beroperasi yang menyebabkan gas karbon dioksida.

Apakah ini masih di negara kita, ujian banyak dari apa yang terjadi di negara-negara industri? Negara-negara industri harus memiliki lebih banyak pabrik. Coba bayangkan berapa banyak gas karbon dioksida yang berasal dari aktivitas itu. Negara-negara industri ini harus berurusan dengan pelepasan karbon dioksida karena aktivitas pabrik.

Lebih buruk lagi, hutan dunia yang seharusnya dapat membantu mengurangi gas karbon dioksida yang akan ada di bumi tidak dapat memainkan perannya dengan baik. Ini karena banyak pohon di hutan ditebang. Selain pendaftaran pohon di hutan, di Indonesia ada beberapa kasus, yaitu konversi fungsi hutan, dari hutan yang berfungsi sebagai hutan lindung yang dikonversi menjadi hutan konservasi. Ini tentu saja dapat memperburuk keadaan bumi.

penyajian kembali:

Pemanasan global yang melanda bumi dalam beberapa tahun terakhir semakin buruk. Hal ini disebabkan banyaknya pabrik yang beroperasi menyebabkan asap dan asap dari kendaraan bermotor. Situasi ini diperburuk oleh kondisi hutan yang seharusnya dapat berperan dalam mengurangi emisi gas dan memang banyak hutan yang ditebang. Selain deforestasi, konversi hutan juga dapat mencegah hutan berfungsi dengan baik. Fungsi hutan dari hutan lindung hingga hutan konservasi sudah mulai terjadi, terutama di Indonesia.

Contoh teks eksposur tentang politik

contoh teks eksposisi tentang politik

Jangan memilih kepala daerah yang tidak ramah terhadap alam

tesis:

Alam telah rusak, eksploitasi alam di Indonesia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Penambangan adalah penyebab yang paling merusak alam. Sektor pertambangan jelas terkait dengan perusahaan pertambangan dan izin penambangan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini pemerintah daerah menentukan apakah suatu lokasi harus diekstraksi atau tidak.

topik:

Alam adalah bagian integral dari kehidupan kita. Makan, minum, bernafas dan yang menyangkut hidup kita berasal dari alam. Namun, di Indonesia ada banyak kerusakan lingkungan. Penambangan adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Kegiatan penambangan dapat dilakukan dengan kehadiran perusahaan pertambangan dan izin pemerintah daerah. Sebagian besar kasus otorisasi pertambangan dilakukan karena kolusi antara perusahaan pertambangan dan pemimpin daerah. Penyitaan biasanya terjadi ketika pemimpin daerah ditunjuk. Pengangkatan pemimpin daerah tentu saja membutuhkan banyak hal. Biasanya perusahaan pertambangan akan menawarkan bantuan keuangan untuk kampanye, tetapi dengan syarat bahwa, jika kepala daerah dibuat, perusahaan harus diberi wewenang untuk melakukan kegiatan penambangan di daerah yang menjadi target pertama. Ini tentu bukan rahasia.

Jadi jangan merasa lebih baik tentang memilih pemimpin daerah yang ramah dengan alam. Karena selain fakta bahwa sifat kita akan terus berkelanjutan, para calon kepala daerah tidak menerima suap bahkan dari perusahaan pertambangan tertentu.

penyajian kembali:

Kepala daerah memiliki kendali atas kelestarian lingkungan. Karena izin eksploitasi alam, misalnya penambangan juga dari kepala daerah. Jadi sebaiknya Anda tidak memilih pemimpin daerah yang tidak akrab dengan alam dan hanya bisa memikirkan bagaimana cara mengeksploitasinya.

Contoh teks pameran tentang ekonomi

contoh teks pameran tentang ekonomi

Pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan membangun fasilitas publik di tanah masyarakat

tesis:

Pemerintah bermaksud menumbuhkan ekonomi masyarakat. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah membuat pembangunan fasilitas publik yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Katakanlah pengembangan pemerintah sangat kontroversial baru-baru ini, atau pembangunan bandara di Kulon Progo, di Yogyakarta. Perkembangan ini jelas sangat paradoks, jika memang bandara dibangun dengan tujuan kesejahteraan rakyat, jelas pemerintah tidak akan membiarkan bandara dibangun di atas tanah milik warga setempat.

topik:

Pembangunan adalah sesuatu yang direncanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Ada banyak cara di mana pemerintah berusaha untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Salah satu cara yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah pembangunan untuk memfasilitasi distribusi atau yang lainnya. Namun pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat tetap harus memperhatikan banyak hal, karena terkadang pembangunan terjadi tanpa mempertimbangkan hal-hal yang lebih alami. mendesak.

Baru-baru ini kasusnya telah menjadi tren adalah pembangunan bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. Pemerintah bermaksud membangun bandara baru di Kulon Progo yang terletak tepat di atas tanah milik masyarakat. Ini segera menyebabkan reaksi penolakan dari masyarakat. Karena bumi adalah tanah yang digunakan masyarakat untuk menghubungkan kehidupan mereka.

Jika kita melihat secara sekilas, tidak ada yang salah dengan pembangunan, tetapi apa yang terjadi jika pembangunan itu terjadi tepat di atas tempat tinggal masyarakat atau tepat di atas sawah masyarakat. Sawah adalah tanah yang digunakan untuk masyarakat sebagai sarana mata pencaharian. Bandara ini akan dibangun di atas tanah yang digunakan sebagai tempat tinggal komunitas.

Ini jelas sebuah paradoks: jika bandara dibangun demi kesejahteraan masyarakat atau untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, bandara tidak akan membangun bandara di bumi yang telah menjadi sumber penghidupan bagi penduduk selama bertahun-tahun. . Hal ini tentu saja tidak akan menumbuhkan ekonomi di masyarakat, tetapi itu akan menghilangkan mata pencaharian masyarakat sekitar.

Terkadang pemerintah mengabaikan hal-hal ini. Bukankah tujuan awal kesejahteraan masyarakat? Atau memang tujuannya bukan itu. Demi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi, komunitas itu hanya digunakan sebagai alasan untuk menyesali proyek yang tidak diketahui banyak orang.

Ini juga tidak terjadi sekali atau dua kali, tetapi berulang kali. Di banyak tempat di Indonesia, seperti reklamasi pantai untuk pembangunan jalan tol di Teluk Benoa (Bali), reklamasi pantai di Pulau Seribu, pembangunan pabrik semen di pegunungan Kendeng, penghancuran hutan adat di Merauke dan banyak lagi. Ini adalah beberapa contoh janji pemerintah tentang pertumbuhan ekonomi yang telah meminggirkan masyarakat di sekitarnya pada malam hari.

penyajian kembali:

Pemerintah melakukan berbagai jenis pembangunan di masyarakat yang dikatakan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Namun, perkembangan ini sering dilakukan tanpa mempertimbangkan banyak hal. Bahkan orang-orang itu sendiri terkadang diabaikan. Pembangunan itulah yang dikatakan menumbuhkan ekonomi masyarakat, bahkan seringkali menyingkirkan orang dari rumah mereka sendiri.

Contoh teks paparan kesehatan

contoh teks pendek paparan tentang kesehatan

Olahraga untuk kesehatan tubuh

tesis:

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tubuh akan diperbarui dan bugar jika seseorang sering berolahraga. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seseorang ketika melakukan olahraga, apakah mereka mampu berolahraga untuk waktu yang lama atau tidak. Karena, kondisi setiap orang berbeda, ada hati yang tidak kuat, ada juga yang kuat karena mereka sudah terlatih dalam olahraga.

topik:

Olahraga adalah kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan oleh semua orang. Berbagai jenis olahraga, yaitu berenang, berlari, push up. kotorandan banyak lainnya Selain menjadi menyenangkan, olahraga jelas merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tubuh akan kembali segar dan beradaptasi setelah melakukan olahraga. Olahraga juga dapat membuat suasana hati orang senang, karena olahraga dapat melepaskan semua beban pikiran yang dialami seseorang.

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan metabolisme dalam tubuh untuk melindungi tubuh dari penyakit kognitif, seperti penurunan sistem kerja otak dan kepikunan. Olahraga juga sangat dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi, hipertensi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lancar. Jika penderita tekanan darah tinggi secara teratur berolahraga, ini akan membantu meringankan aliran darah di dalam tubuh.

Kesehatan jantung akan tetap terjaga walaupun seseorang sering berolahraga, tetapi perhatikan terlebih dahulu apakah jantung Anda kuat untuk diajak bermain olahraga atau tidak, misalnya seseorang yang memiliki penyakit jantung mungkin tidak akan cukup kuat untuk melakukan aktivitas lari. , berenang atau kegiatan olahraga lainnya.

Bahkan kasus seperti ini banyak terjadi, seseorang yang berolahraga tanpa melihat kekuatan hatinya terlebih dahulu. Dengan cara ini, alih-alih mendapatkan tubuh yang sehat, justru akan memperburuk kondisi jantungnya.

Kami juga sering bertemu orang yang tiba-tiba pingsan dan harus dirawat di rumah sakit. Ini karena dia pasti pernah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya. Dia akan mengalami serangan jantung mendadak jika tubuhnya tidak cukup kuat untuk melakukan aktivitas yang agak menguras tenaga. Jadi dia pingsan.

Jika tubuh normal, olahraga secara alami akan memiliki banyak keuntungan. Bahkan olahraga harus dilakukan oleh semua orang setidaknya seminggu sekali. Ini akan membuat tubuh kita sehat dan mencegah kita dari berbagai penyakit. Karena olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga orang yang sering berolahraga tubuh mereka akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Namun, amankan dulu kondisinya sebelum melakukan aktivitas sehat ini.

Jika tubuh tidak dalam kondisi optimal untuk berolahraga, alih-alih mendapatkan kesehatan, itu hanya akan menambah penyakit pada tubuh.

penyajian kembali:

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Mulai dari akan dilakukan keadaan pikiran seseorang menjadi baik, menghindari berbagai penyakit, meningkatkan metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah dan banyak lagi. Meskipun memiliki banyak keuntungan, kita sering bertemu orang yang berolahraga malah berakhir di ranjang rumah sakit. Ini karena mereka tidak mengerti kondisi tubuh mereka.

Orang yang memiliki penyakit jantung, misalnya, tidak akan cukup kuat untuk melakukan hal-hal tertentu yang merangsang kerja jantung mereka. Karena itu, sebelum berolahraga, pastikan kondisi Anda normal dan mampu berolahraga drainase.

Begitu juga dengan pembahasan contoh teks pameran. Kami memberikan diskusi yang lengkap, dari makna ke contoh teks pameran. Anda dapat membuat beberapa contoh yang kami tunjukkan sebagai referensi jika Anda ingin membuat teks presentasi. Membuat teks pameran tidak terlalu sulit, sepertinya sulit hanya karena Anda tidak pernah membuat teks. Adapun diskusi kami kali ini, diharapkan apa yang kami katakan kali ini dapat membantu kesulitan Anda dengan teks pameran.

Editor: Fajar Arianto S.Pd.

Demikianlah info mengenai 11+ Contoh Teks Eksposisi Terlengkap | Singkat, Lingkungan, Politik, Pendidikan dll. Semoga info ini mampu memberikan pengetahuan berfikir kita tentang 11+ Contoh Teks Eksposisi Terlengkap | Singkat, Lingkungan, Politik, Pendidikan dll.

Leave a Reply