Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Contoh, Jenis-jenis, Manfaat dll

Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Contoh, Jenis-jenis, Manfaat dll

Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Contoh, Jenis-jenis, Manfaat dll –

Sumber daya alam – Seiring berjalannya waktu, kebutuhan manusia semakin meningkat dan mengharuskan kita untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan baik. Sumber daya alam dan penggunaannya sangat penting untuk mempertimbangkan penggunaannya sebagai hewan, tanaman, dan sumber daya alam tidak hidup seperti minyak, logam, dan gas alam. Sumber daya alam memiliki sifat langka dan terbatas sehingga penggunaannya memerlukan beberapa pertimbangan.

Definisi sumber daya alam

pemahaman sumber daya alam

Jadi itu SDA? Sumber daya alam adalah semua bahan yang dapat ditemukan oleh manusia di alam dan dapat digunakan untuk kelangsungan hidup mereka. Bagi manusia, sumber daya alam pada dasarnya adalah hal yang paling penting dalam bentuk makhluk hidup (biologis) atau benda mati (tidak hidup).

Kedua jenis sumber daya alam tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bahkan, manusia juga merupakan sumber daya bagi suatu negara karena manusia dapat memberikan manfaat luar biasa bagi negara mereka dengan menjadi pekerjaan, memajukan ilmu pengetahuan, bahkan teknologi sehingga mereka dapat meningkatkan ekonomi negara.

Jenis sumber daya alam

jenis sumber daya alam

Sumber daya alam dapat diartikan sebagai segala sesuatu di lingkungan alam dan manusia dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ada berbagai jenis sumber daya alam yang harus Anda ketahui, termasuk:

Sumber daya alam berdasarkan sifatnya

Tergantung pada sifatnya, jenis sumber daya alam dibagi menjadi 2:

  1. Sumber daya alam terbarukan

Mereka adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis seperti hewan, tanaman, udara, air, sinar matahari dan mikroorganisme lainnya.

  1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Jenis sumber daya alam ini jumlahnya terbatas. Ini karena proses pelatihan membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga digunakan terus menerus, seperti mineral atau aset pertambangan.

Sumber daya alam berdasarkan jenis

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dibagi menjadi 2:

Sifat biologis (Biotika)

Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan.

Sumber daya hayati dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Sumber daya alam dari hewan atau hewan seperti telur, daging, ikan dan sebagainya.
  • Sumber daya tanaman alami adalah sumber daya alam yang berasal dari tanaman dan merupakan penghasil atau konstituen utama rantai makanan.

Sumber daya non-biologis alami (abiotik)

Sumber daya alam ini berasal dari benda mati. Seperti produk bumi, air, udara, sinar matahari dan pertambangan.

Sumber daya alam berbasis pelatihan

Berdasarkan bentuknya, sumber daya alam dibagi menjadi 4 jenis. Berikut ini adalah penjelasan sumber daya alam berdasarkan bentuknya:

Sumber daya alam material

Sumber daya alam dalam bentuk benda mati dan dapat diperoleh langsung dari alam dapat melalui berbagai proses seperti ekstraksi dan pengolahan. sehingga bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

Energi Sumber daya alam

Sumber daya alam yang dapat menghasilkan energi dan dapat digunakan untuk mendukung kehidupan manusia. Seperti minyak, batu bara, gas alam, air, udara, dan sinar matahari

Sumber daya alam luar angkasa

Sumber daya alam berupa ruang, tempat atau wilayah yang dapat digunakan manusia untuk bertahan hidup. Sumber daya alam ruang dipengaruhi oleh berbagai hal seperti posisi astronomi, topografi dan bantuan. Seperti gunung dan lembah

Sumber daya waktu

Sumber daya alam yang keberadaannya tergantung pada waktu atau musim. Misalnya, air saat musim kemarau sangat sulit ditemukan, tetapi saat musim hujan sangat melimpah.

Berdasarkan kegunaan dan nilai ekonomi

sumber daya alam berdasarkan kekuatan penggunaan dan nilai ekonomi

Berdasarkan kekuatan penggunaan dan nilai ekonomi sumber daya itu dibagi menjadi 4 jenis, berikut ini adalah penjelasan tentang konsumsi energi dan nilai ekonominya:

  1. Sumber daya alam ekonomi, seperti emas, perak, minyak, batu bara dan timah.
  2. Sumber daya alam non-ekonomi. Misalnya sinar matahari, udara dan air.

Berdasarkan lokasi

Sumber daya alam berbasis lokasi dibagi menjadi 2 jenis, termasuk:

  1. Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang hanya ditemukan di perairan. Seperti ikan, ganggang, terumbu karang, udang, kepiting dan sebagainya.
  2. Sumber daya alam darat adalah sumber daya alam yang hanya ditemukan di daerah atau wilayah darat. Seperti hasil hutan, bahan tambang dan sebagainya

Contoh sumber daya alam

contoh sumber daya alam

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, baik sumber daya alam hayati maupun sumber daya alam tidak hidup. Kekayaan alam Indonesia dapat ditemukan di permukaan bumi, di perut bumi, di laut dan di udara. Berdasarkan ketersediaan sumber daya alam, mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu sumber daya alam terbarukan dan sumber daya alam tidak terbarukan.

Sumber daya alam terbarukan

Sumber daya alam terbarukan adalah semua sumber daya alam yang tidak akan pernah habis. Contoh sumber daya alam terbarukan seperti hewan, tumbuhan, air dan udara. Berikutnya adalah penggunaan sumber daya alam terbarukan:

Bahan makanan
Makanan adalah bahan makanan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan makanan manusia. Beberapa contoh sumber daya alam yang digunakan untuk makanan, termasuk:

1). Kedelai untuk menyiapkan tahu, saus tempura dan kecap.
2). Gandum sebagai bahan dasar tepung.

  1. Bahan pakaian
    Pakaian adalah bahan untuk membuat pakaian. Berikut ini adalah beberapa sumber daya alam yang digunakan untuk pakaian, seperti:
    1). Serat kapas digunakan untuk membuat kain katun.
    2). Serat kepompong ulat sutra digunakan untuk membuat kain sutera.
    3). Serat rambut domba digunakan untuk membuat kain wol.
  2. peralatan
    Sumber daya alam berikut yang biasa digunakan untuk peralatan rumah tangga meliputi:
    1). Jati dan rotan digunakan untuk membuat tempat tidur, lemari, meja dan kursi.
    2). Kayu sengon sebagai furnitur rumah.
  3. Produk obat tradisional dan perawatan tubuh
    1). Noni menurunkan tekanan darah tinggi.
    2). Lidah buaya bermanfaat untuk keramas.
    3). Alga sebagai bahan kosmetik
  4. Bahan konstruksi
    1) Tanah liat digunakan untuk membuat batu bata dan ubin.
    2). Pasir digunakan untuk pembangunan rumah dan batu bata.
  5. Peralatan olah raga
    1). Bulu angsa digunakan untuk membuat sutlecook.
    2). Rotan digunakan untuk membuat bola Holahop dan sepak takraw

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah semua yang ada di alam, jika sudah selesai sulit untuk kembali. Dia bisa kembali, tetapi itu membutuhkan proses yang sangat panjang. Contoh sumber daya alam tak terbarukan adalah minyak, batu bara, gas alam, mineral non mineral dan mineral.
Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan sumber daya alam yang tidak terbarukan:

  1. Minyak, gas alam, dan batubara bermanfaat untuk bahan bakar
  2. Tambang logam, seperti:
    1). Emas dan perak digunakan untuk perhiasan.
    2). Aluminium digunakan untuk peralatan dapur untuk badan pesawat terbang.
    3). Besi untuk membuat tiang atau pagar rumah
    4). Tembaga digunakan untuk bahan kawat atau kabel.
    5). Nikel digunakan untuk membuat campuran logam.
    6). Perunggu digunakan untuk membuat patung.
  3. Produk pertambangan non-logam
    Barang tambang non-logam umumnya digunakan untuk:
    1). Gypsum digunakan untuk lukisan dinding.
    2). Berlian digunakan untuk perhiasan.
    3). Belerang digunakan untuk bahan obat.
    4). Grafit dan karbon digunakan untuk membuat pensil.
    5). Asbes digunakan untuk atap.
    6). Aspal biasanya digunakan untuk pengeras jalan.

Sumber daya alam di Indonesia

Sumber daya alam di Indonesia

Indonesia memiliki beragam kekayaan alam dalam bentuk sumber daya alam terbarukan atau sumber daya alam tak terbarukan. Nah, berikut ini beberapa sumber daya alam di Indonesia:

Tambang emas kualitas terbaik

Siapa sangka Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah dengan kandungan emas tertinggi di dunia. Seperti yang sudah Anda ketahui, emas adalah logam mulia yang sangat didewakan oleh semua orang, dari berbagai kalangan. Tentunya Anda sudah tahu tambang emas yang dimaksud. Ya, Freeport. Freeport di Papua adalah tambang emas terbesar dan memiliki kualitas terbaik di dunia.

Tambang batubara

Selain penambangan emas, ada juga banyak tambang batu bara di Indonesia di pulau Kalimantan dan di pulau Sumatera. Tambang ini sangat berbeda dengan tambang emas Papua, karena tambang batubara ini tidak dioperasikan oleh perusahaan asing, tetapi dijalankan oleh perusahaan nasional. Perusahaan nasional yang menjalankan tambang batubara ini adalah PT. Bukit Asam. Beberapa media internasional mengatakan bahwa Indonesia adalah produsen batubara terbesar.

Cadangan gas alam

Harta selanjutnya yang dimiliki Indonesia adalah gas alam. Indonesia memang merupakan surga di mana ada berbagai jenis hal yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Indonesia memiliki sumber daya alam penting lainnya, gas alam. Gas alam terbesar di Indonesia adalah di Blok Natuna dan juga di Blok Cepu. Gas alam ini sangat penting.

Hamparan hutan hujan tropis yang luas

Selain sumber daya alam tak terbarukan, Indonesia juga memiliki sumber daya alam terbarukan, seperti hutan hujan tropis. Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang sangat hijau dan lebat. Seperti diketahui itu fungsi hutan memainkan peran penting, yaitu sebagai paru-paru dunia, sehingga keberadaan hutan ini sangat baik untuk wilayah Indonesia dan juga keseimbangan alam di dunia.

Kekayaan bawah laut yang melimpah

Indonesia memiliki posisi geografis yang terletak di antara 2 samudera, sehingga tidak mengherankan bahwa Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Kawasan laut yang dimiliki Indonesia adalah keajaiban karena menyimpan banyak ikan. Di lautan Indonesia, tidak hanya berbagai jenis ikan dan hewan laut tersedia, tetapi laut Indonesia juga menghasilkan berbagai produk laut non-hewan yang juga dapat meningkatkan nilai ekonomi.

Hasil tanaman

Indonesia memiliki tanah subur, sehingga tidak mengherankan bahwa hasil tanaman Indonesia juga sangat berlimpah. Bahkan hasil tanaman dari Indonesia inilah yang membuat banyak negara ditakdirkan untuk menjajah Indonesia karena mereka menginginkan tanaman Indonesia. Tanaman Indonesia yang sangat penting ini datang dalam bentuk perkebunan, pertanian, dan hasil hutan. Beberapa tanaman yang diproduksi dari tanah Indonesia adalah minyak kelapa sawit, kopi, beras, tembakau, rotan, karet dan rempah-rempah.

Fauna langka

Indonesia memiliki kekayaan alam berupa fauna atau hewan. Ada juga hewan khas yang hanya ditemukan di Indonesia. Sebagai contoh, hewan langka yang hanya ditemukan di Indonesia adalah Komodo dan Anoa. Komodo ini termasuk kadal raksasa dan hanya hidup di Pulau Komodo, Flores. Sementara Anoa terlihat seperti sapi tetapi hidup di hutan dan hanya ditemukan di Pulau Sulawesi. Selain kedua hewan ini, masih banyak hewan yang dimiliki Indonesia sebagai sumber daya alam di Indonesia.

Sumber daya hayati alami

contoh sumber daya alam hayati

Memahami menurut bahasa, biologis berarti makhluk hidup. Jadi hiduplah sumber daya alam mereka semua adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Dalam bahasa asing, sumber daya hayati alami juga disebut sumber daya biotik alami. Berdasarkan sifatnya yang diperbarui, sumber daya hayati alami termasuk dalam jenis sumber daya alam terbarukan.

Sekarang di sini adalah contoh sumber daya hayati alami yang sering digunakan setiap hari. Pembangkit listrik mini-gaya praktis di seluruh lingkungan kita, termasuk:

Sumber daya hewan

Misalnya yang pertama, sumber daya yang berasal dari hewan. Hewan dapat menghasilkan berbagai jenis produk yang digunakan oleh kebanyakan manusia untuk mendukung kehidupan mereka. Produk yang dihasilkan meliputi: daging, susu, kulit, bulu, madu, telur dan kotoran yang diproduksi oleh semua hewan dan digunakan sebagai pupuk untuk tanaman.

Sumber daya tanaman

Tumbuhan juga merupakan contoh sumber daya hayati alami, karena tumbuhan juga merupakan jenis makhluk hidup. Tanaman dapat menghasilkan berbagai produk yang dapat digunakan manusia untuk mendukung kebutuhan sehari-hari. Produk tanaman ini meliputi: sayuran, bunga, buah, kayu, umbi dan biji

Penggunaan sumber daya alam

penggunaan sumber daya alam

Penggunaan sumber daya dapat dinilai berdasarkan penggunaan sumber daya manusia. Oleh karena itu, semakin bermanfaat suatu sumber daya alam, semakin banyak sumber daya yang berharga. Sebagai contoh, lahan pertanian yang subur dapat menjadi daerah pertanian yang sangat potensial.

Negara yang memiliki sumber daya melimpah pasti akan menjadi negara maju jika sumber dayanya digunakan secara maksimal.

Tentu saja, sebagian besar manusia menggunakan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan mereka dengan berbagai bentuk kegiatan, kegiatan dalam penggunaan sumber daya alam ini dapat dibagi menjadi enam kegiatan yang sangat bermanfaat, seperti (1) pertanian , (2) perkebunan, (3) memancing, (4) pertambangan, (5) peternakan dan (6) kehutanan.

Begitulah peninjauan sumber daya alam. Sumber daya alam telah menyediakan berbagai hal positif dan bermanfaat, sehingga wajar bagi Anda sebagai manusia untuk melestarikan sumber daya alam secara bijak dan benar. Kami berharap artikel ini bermanfaat dan dapat memotivasi tidak hanya untuk menggunakan alam tetapi juga melestarikannya.

Demikianlah informasi tentang Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Contoh, Jenis-jenis, Manfaat dll. Semoga info ini mampu meningkatkan wawasan berfikir kita tentang Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Contoh, Jenis-jenis, Manfaat dll.

Leave a Reply