34 Pakaian Adat Indonesia Nama Beserta Asal Daerah / Provinsi

34 Pakaian Adat Indonesia Nama Beserta Asal Daerah / Provinsi

34 Pakaian Adat Indonesia Nama Beserta Asal Daerah / Provinsi –

Pakaian tradisional Indonesia adalah artikel yang akan kita bicarakan. Selamat datang di situs web musik berbasis web kami. Yang menyajikan berbagai informasi penting yang ada di seluruh dunia. Kali ini kita akan berbicara tentang pakaian tradisional di Indonesia.

FOTO DAN NAMA TRADISIONAL TRADISIONAL 33 PROVINSI DI INDONESIA

Gambar dan nama pakaian tradisional tradisional dari 33 provinsi di Indonesia – Anak-anak modern mungkin sudah langka dengan minat budaya di Indonesia tercinta ini. Mungkin ini disebabkan oleh kenyataan bahwa mereka terlalu sibuk dengan masalah-masalah pribadi seperti berbelanja, pergi untuk membuat janji, pergi ke pengadilan atau bisnis lainnya.

Tetapi jika kita bukan orang yang akan melestarikan siapa lagi yang akan melestarikan tradisi dan budaya, setidaknya kita bisa mengetahui budaya orang lain. Berikut ini adalah pakaian tradisional dari 33 provinsi beserta gambar-gambar yang ditemukan di negara Indonesia ini.

1. Provinsi Nanggro Aceh Darussalam – Pakaian tradisional Ulee Balang

Pakaian tradisional Aceh ini biasanya disebut pakaian ulee balang, pakaian ini hanya digunakan oleh raja dan keluarga mereka.

2. Provinsi Sumatera Utara – pakaian tradisional ul

Pakaian tradisional dari Sumatera Utara

Pakaian tradisional Sumatera utara biasanya disebut ul. Diyakini bahwa pakaian tradisional komunitas Batak Karo ini adalah Ajimat karena dipercaya memiliki kekuatan magis yang tinggi.

3. Provinsi Sumatera Barat – bundo tradisional canduang tradisional

Pakaian tradisional Sumatra barat

Gaun tradisional Sumatera Barat ini biasanya dibagi menjadi dua jenis: pakaian tradisional dan pakaian untuk kepala, pakaian tradisional bundo kanduang yang biasanya ditemukan di Minangkabau, Sumatera Barat.

4. Provinsi Riau – Pakaian Tradisional Melayu Tradisional

pakaian tradisional riau

Pakaian tradisional Riau biasanya disebut pakaian Melayu. Di wilayah Riau yang sama ada 3 jenis, Indragiri, Siak dan Bengkalis Riau.

5. Provinsi Riau – pakaian tradisional Belanga tradisional

pakaian tradisional dari pulau riau

Dalam komunitas Melayu, terutama pakaian tradisional pria yang digunakan biasanya dalam bentuk atasan, yang disebut bay belanga. Yang dimaksud dengan ini adalah pakaian yang terdiri dari kain samping, celana panjang dan songkok khas masyarakat kepulauan Riau. Dan untuk pakaian untuk wanita biasanya dalam bentuk kurung dan syal. Cara memakai selendang adalah dengan cara disampirkan di atas bahu.

6. Provinsi Jambi – Pakaian tradisional Melayu tradisional Jambi

Pakaian tradisional Jambi

Pakaian Jambi hampir sama dengan pakaian tradisional di pulau Sumatra pada umumnya, atau pakaian tradisional Melayu. Pakaian yang berasal dari wilayah Jambi umumnya glamor karena mereka disulam dengan benang emas dan ditambahkan dengan dekorasi mewah untuk melengkapi mereka.

7. Povinsi Sumatra Selatan – Pakaian tradisional itu besar

pakaian tradisional Sumatra selatan

Pakaian tradisional Sumatera Utara biasanya disebut aesan besar. Pakaian tradisional ini awalnya terinspirasi oleh kerajaan Sriwijaya, di mana kerajaan Sriwijaya pada waktu itu adalah kerajaan yang menang di wilayah selatan Sumatra.

8. Provinsi Bangka Belitung – Pakaian tradisional Pakistan tradisional

pakaian tradisional bangka belitung

Pakaian tradisional Bangka Belitung ini biasa disebut paksian. Bagi wanita, kebanyakan dari mereka mengenakan pakaian Kurung merah, di mana bahannya terbuat dari kain sutra dan juga di kepala mereka biasanya memakai mahkota yang disebut paksian. Untuk pria, mereka biasanya mengenakan sorban atau lebih dikenal dengan sebutan Sungkon.

9. Provinsi Bengkulu – pakaian tradisional Bengkulu tradisional

pakaian tradisional bengkulu

Pakaian tradisional yang digunakan untuk wanita biasanya mengenakan gaun kurung lengan panjang, ditaburi motif, dalam bordir emas dalam bentuk piring bundar mirip koin. Tetapi jika pakaian tradisional yang digunakan oleh pria biasanya memakai pakaian, celana panjang, alas kaki dan sarung tangan, mereka juga lengkap dengan tutup kepala dan keris.

10. Provinsi Lampung – Tulang bawang tradisional dari pakaian tradisional

Pakaian tradisional Lampung

Jika kita melihat banyak pakaian tradisional dari Lampung, ada banyak perbedaan antara Lampung, bagian pantai dan daratan Lampung, tetapi bahkan jika mereka memiliki sedikit perbedaan, masih ada kesamaan, mereka masih menggunakan kain saring yang dihiasi dengan kuningan yang mempercantik dan terlihat. sangat glamor. apa yang dimaksud dengan kain saring di sini adalah kain yang ditenun dengan proses manual menggunakan tinta emas yang dicetak dengan tangan ahli sehingga kain penyaringan yang indah terbentuk dan jika pakaian dikenakan oleh pasangan, itu akan tampak sangat karismatik.

11. Provinsi DKI, Jakarta – pakaian tradisional Betawi tradisional

Pakaian tradisional Betawi Jakarta

Pakaian tradisional Jakarta disebut pakaian tradisional Betawi, yang sangat dipengaruhi oleh berbagai penduduk Jakarta yang memiliki berbagai budaya seperti Arab, budaya Barat dan budaya Melayu.

12. Provinsi Jawa Barat – pakaian adat kebaya tradisional

Pakaian tradisional Jawa Barat

Pakaian tradisional dari Jawa Barat ini memiliki perbedaan yang sangat mengejutkan terutama untuk pria dan wanita. Kain ini digunakan terutama oleh wanita di semua tingkatan, baik dari kaum bangsawan maupun dari orang-orang biasa. cara membedakannya sangat mudah ditemukan pada bahan yang digunakan dan perbedaan lainnya terletak pada gaya.

13. Provinsi Banten – pakaian tradisional pangsi tradisional

pakaian tradisional banten

Dalam kehidupan sehari-hari, suku Badui masih mengenakan pakaian tradisional yang tebal. Suku-suku internal biasanya mengenakan pakaian tradisional dengan warna putih, yang direpresentasikan sebagai warna sakral. Dan untuk suku Badui, bagian luar biasanya memakai pakaian tradisional yang berwarna hitam.

14. Provinsi Jawa Tengah – pakaian kebaya tradisional

Pakaian tradisional Jawa Tengah

Pakaian tradisional yang berasal dari Jawa Tengah lebih dikenal menggunakan kainaya kain yang menggunakan motif batik, yang merupakan batik yang masih batik asli.

15. Provinsi Istimewa Yogyakarta – Pakaian prajurit tradisional tradisional

pakaian tradisional Yogyakarta

Gaun ini terdiri dari sepasang pakaian tradisional yang memiliki bagian penting yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Peralatan berdandan adalah fitur khusus untuk memberikan identitas yang sangat penting. Karena itu, sebaiknya Anda tidak mengenakan pakaian ini secara sembarangan, jadi pakaian ini adalah pakaian suci yang perlu kita rawat dan rawat sendiri.

16. Provinsi Jawa Timur – pakaian tradisional tradisional, berat & # 39;

Pakaian tradisional Jawa Timur

Pakaian tradisional dari Madura, Jawa Timur, ini disebut pesa. Gaun ini sangat sederhana, yaitu hanya kemeja dengan garis-garis putih dan celana longgar. Jika Anda menggunakan seorang wanita, Anda biasanya memakai kebaya.

17. Provinsi Bali – Pakaian tradisional Bali tradisional

pakaian tradisional Bali

Pakaian tradisional Bali ini memiliki banyak jenis, meskipun pada pandangan pertama memiliki bentuk yang mirip. Setiap pakaian tradisional daerah Bali memiliki fitur ornamen dan simbolis, yang menonjol untuk upacara, usia dan jenis kelamin yang memakainya. Kami dapat membedakan status sosial orang berdasarkan gaya pakaian dan perhiasan mereka sendiri.

18. Provinsi Nusa Tenggara Barat – Pakaian untuk Lombok tradisional

PAKAian adat di Nusa Tenggara Barat

Pakaian tradisional Nusa Tenggara Barat adalah pakaian tradisional Lombok. Gaun ini biasanya digunakan dalam beberapa acara seperti upacara tradisional, pesta pernikahan dan lain-lain.

19. Provinsi Nusa Tenggara Timur – Pakaian tradisional Nusa Tenggara Timur

pakaian tradisional dari Nusa Tenggara Timur

Pria Rote biasanya mengenakan Anda untuk aksesori pakaian tradisional untuk Nusa Tenggara Timur. Dan untuk wanita, kenakan pakaian kebaya pendek dan untuk pakaian rendah gunakan kain tenun.

20. Provinsi Kalimantan Barat – Pakaian perang tradisional tradisional

Pakaian tradisional Kalimantan Barat

Pakaian tradisional ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Kalimantan Barat sejak lama. Bahan utama untuk membuat pakaian ini adalah kulit kayu yang diubah menjadi kain. Bahan yang digunakan adalah kulit kayu jenus ampuro. Cara untuk melakukan ini adalah dengan mengalahkan pemukulan juga dilakukan di dalam air untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Kemampuan masyarakat Kalimantan Barat untuk membuat pakaian ini merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang mereka.

21.Provinsi Kalimantan Tengah – Pakaian tradisional dari Kalimantan Tengah

Pakaian tradisional Kalimantan Tengah

Dalam kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah, pasangan harus mengenakan celana panjang yang mencapai lutut, tali pinggang, perak yang sempit dan mengenakan hiasan kepala. Selain itu, mereka juga memakai perhiasan yang terdiri dari inuk panjang atau kalung, cengkoang yang terbuat dari gigi binatang. Untuk wanita itu sendiri, mereka mengenakan pakaian dalam bentuk rok pendek, ikat kepala, kalung, anting-anting, ornamen rangkong dan rompi.

22. Provinsi Kalimantan Selatan – Pakaian tradisional pengantin wajah pengantin lulut

Pakaian tradisional Kalimantan Selatan

Ada banyak jenis pakaian tradisional suku Banjar yang berasal dari provinsi Kalimantan Selatan, termasuk gamuletto baular lulut, kedua mempelai, para galung pacinan, kedua mempelai, matahari dan babaju kubaya, untuk waktu yang lama.

23. Provinsi Kalimantan Timur – Pakaian tradisional Kalimantan Timur

Pakaian tradisional Kalimantan Timur

Orang yang menggunakan pakaian tradisional biasanya didasarkan pada penggunaan sehari-hari mereka. Misalnya untuk pakaian dalam upacara tradisional dan bahkan ketika menari, pakaiannya berbeda.

24. Provinsi Kalimantan Utara

Pakaian tradisional dari Kalimantan utara

Terletak di ujung utara pulau Kalimantan. Meski luas, yaitu sekitar 75.467,70 kmĀ², populasinya relatif kecil, yaitu sekitar 600 ribu orang. Sebagian besar penduduknya didominasi oleh orang Dayak.

Meskipun terlihat sama dengan pakaian tradisional dari Kalimantan Timur, tetapi pakaian ini masih memiliki perbedaan dan karakteristik.

24. Provinsi Sulawesi Utara – pakaian tradisional Laku Tepu

Pakaian tradisional dari Sulawesi Utara laris manis

Pakaian tradisional ini dikenakan saat ada upacara tulude. Pakaian tradisional ini memiliki beberapa fitur unik, termasuk bahan-bahan yang terbuat dari serat dari tanaman pisang yang disebut serat kofo. Alasan menggunakan serat kofo sebagai bahan utamanya adalah karena serat batangnya kuat dan kuat sehingga mudah ditenun atau dipintal.

25. Provinsi Sulawesi Barat – Pakaian tradisional Mandar

pakaian tradisional dari Sulawesi Barat

Sarung sutra mandar tampaknya mirip dengan kain sutra pada umumnya, tetapi pada setiap jenis masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, yaitu, dari gaya dan cara melakukannya.

26. Provinsi Sulawesi Tengah – pakaian tradisional nggembe tradisional

pakaian tradisional Sulawesi Tengah

Pakaian nggembe adalah pakaian yang biasanya digunakan oleh wanita muda yang digunakan untuk upacara tradisional dan liburan. Fitur baju ini berbentuk segi empat, lengan baju lebar lebar seperti kain, kerah bundar, blus panjang hingga pinggang dan longgar.

27. Provinsi Sulawesi Tenggara – pakaian adat tolaki suku tradisional

pakaian tradisional dari Sulawesi Tenggara

Pakaian tradisional provinsi tenggara Sulawesi adalah pakaian adat suku tolaki.

28. Provinsi Sulawesi Selatan – Pakaian tradisional Bodo

pakaian tradisional Sulawesi selatan

Pakaian Bodo adalah pakaian biasa untuk wanita Bugis, Sulawesi Selatan, Indonesia. Kemeja ini memiliki lengan pendek dan memiliki bentuk persegi panjang, baju ini adalah salah satu pakaian tertua di dunia.

29. Provinsi Gorontalo – Pakaian tradisional Gorontalo tradisional

Pakaian tradisional Gorontalo

Gaun tradisional tradisional ini biasanya disebut sebagai Billu (gaun pengantin) dan Mukuta (gaun pengantin pria). Gaun tradisional ini biasanya memiliki tiga warna dan artinya, yaitu kuning keemasan, hijau dan ungu.

30. Provinsi Maluku – Pakaian tradisional untuk pakaian terkenal

pakaian asli saya

Kemeja cele ditandai dengan garis-garis geometris kecil. Secara umum, baju ini dipadukan dengan sarung yang memiliki warna yang tidak jauh berbeda, yang terpenting harus harmonis dan seimbang. Kemeja cele ini hanya digunakan untuk upacara tradisional.

31. Provinsi Maluku Utara – pakaian tradisional, lemo dingin

Pakaian tradisional dari Maluku utara

Pakaian tradisional ini terdiri dari celana panjang hitam dengan bus merah yang memanjang dari atas ke bawah. Pakaiannya adalah jas yang tertutup kancing perak besar yang memiliki nomor sembilan. Dan untuk ujung tangan, kantong dan leher semuanya berwarna merah.

32. Provinsi Papua Barat – pakaian tradisional

Pakaian tradisional dari Papua Barat

Pakaian tradisional adalah pakaian tradisional tradisional dari wilayah barat Papua.

33. Provinsi Papua – Pakaian tradisional Papua

pakaian tradisional papua

Di Papua, pakaian tradisional pria dan wanita memiliki bentuk yang hampir mirip. Mereka biasanya mengenakan pakaian dan penutup di bagian bawah dengan bentuk yang mirip. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan hiasan di kepala dalam bentuk burung cendrawasih, kalung, gelang dan bahkan ikat pinggang manik-manik dan rumbai di pergelangan kaki.

Gaya pakaian yang dilukis di sini menggambarkan kreasi baru. Bersama dengan perisai dan tombak yang dipegang oleh laki-laki mereka memberikan kesan yang sangat tebal kepada orang-orang Papua.

Ini adalah deskripsi nama dan pakaian tradisional yang terdiri dari 33 provinsi di Indonesia yang dapat Anda pelajari sehingga Anda setidaknya dapat mengetahui nama dan pakaian di negara tercinta ini bahkan jika Anda belum melihatnya secara langsung. Kami berharap apa yang kami jelaskan kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Demikianlah informasi tentang 34 Pakaian Adat Indonesia Nama Beserta Asal Daerah / Provinsi. Semoga info ini mampu menambah wawasan berfikir kamu tentang 34 Pakaian Adat Indonesia Nama Beserta Asal Daerah / Provinsi.

Leave a Reply