13+ Contoh Daftar Pustaka, Panduan Cara Menulis, Tata Cara, Buku, Karya Ilmiah

13+ Contoh Daftar Pustaka, Panduan Cara Menulis, Tata Cara, Buku, Karya Ilmiah

13+ Contoh Daftar Pustaka, Panduan Cara Menulis, Tata Cara, Buku, Karya Ilmiah –

Bibliografi contoh – Bagi seseorang yang sedang belajar, terutama seorang siswa, jelas bibliografi adalah kosakata keluarga yang didengarkan di telinga. Bibliografi juga satu mendesak yang tidak boleh diabaikan oleh siswa.

Karena itu dikatakan mendesak atau penting? Dan apa yang dimaksud dengan bibliografi? Nah, artikel ini akan menjawab semua pertanyaan bibliografi Anda. Tidak hanya pada urgensi dan pengertian, tetapi artikel ini juga akan membahas bagaimana membuat bibliografi yang baik dan benar. Segera …

Apa itu bibliografi?

Apa itu bibliografi?

Bibliografi adalah tulisan yang ada di akhir artikel ilmiah yang biasanya digunakan sebagai sumber atau referensi penulis, termasuk siswa, dalam penyusunan dokumen ilmiah baru. Oleh karena itu, kita dapat memastikan bahwa setiap guru akan meminta siswa untuk memasukkan daftar pustaka di akhir setiap dokumen, tesis, laporan atau dokumen ilmiah lainnya yang telah dikembangkan oleh siswa. Perlu juga diketahui, penulisan bibliografi umumnya ditulis secara alfabet dari atas ke bawah dan terdiri dari nama penulis, tahun penerbit, judul tulisan tangan, l & # 39; identitas penerbit dan juga posisi penerbit.

Kapan Anda harus memasukkan daftar pustaka?

Kapan Anda harus memasukkan daftar pustaka?

Tentu saja perlu memasukkan daftar pustaka saat mengutip atau memasukkan catatan atau kutipan dalam bentuk kata-kata, frasa atau paragraf dari tulisan orang lain dalam tulisan yang Anda lakukan. Ini telah menjadi aturan atau etika dalam menulis dokumen yang tidak dapat disengketakan.

Mengapa bibliografi penting?

Bibliografi memiliki peran penting dalam penulisan karena memiliki beberapa fungsi, termasuk:

  1. Pembuatan dokumen menjadi sah karena dipersiapkan berdasarkan referensi yang ada dan sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing.
  2. Ini dapat memberikan tanggung jawab ilmiah dan bentuk apresiasi penulis untuk penggunaan ide dan ide karya orang lain dalam tulisannya.
  3. Untuk menghindari tuduhan plagiarisme secara tertulis.
  4. Sebagai pemenuhan persyaratan utama dalam penyusunan karya tulis, karena dokumen ilmiah yang sama diharuskan memiliki atau menyertakan daftar pustaka.

Dalam menulis daftar pustaka, jelas Anda tidak diperbolehkan menulis atau hanya menulisnya, tetapi Anda harus mengikuti beberapa prinsip yang biasa digunakan untuk menulis daftar pustaka yang sama, yaitu:

  1. Secara tertulis nama harus dibalik dan dipisahkan dengan koma dan nama harus cukup ditulis dalam huruf pertama. Tetapi jika terdiri dari tiga kata atau lebih, tulisan dapat mulai dari nama keluarga diikuti dengan singkatan dari nama depan ke belakang.
  2. Penulisan nama penulis tidak boleh menyertakan gelar, baik itu akademik, turun temurun atau agama.
  3. Jika tulisannya lebih dari sekadar penulis, maka gunakan koma untuk memisahkannya dari nama penulis lain.
  4. Untuk menulis judul buku itu dicetak miring tetapi untuk judul artikel itu tidak perlu dituliskan dengan huruf miring.
  5. Setiap kata awal dalam judul buku menggunakan huruf besar, kecuali aktivitas kata.
  6. Judul artikel ditulis dalam huruf-huruf kecil, dengan pengecualian huruf awal.
  7. Urutan bibliografi sesuai dengan alfabet.
  8. Jarak atau ruang antara referensi dan judul judul lainnya sama dengan jarak atau ruang dalam kartu atau skor antara 1,5 dan 2.
  9. Untuk koneksi referensi masukkan hingga 5-7 karakter dan jarak terpenuhi atau hanya satu.
  10. Nama penulis hanya diganti dengan baris jika penulis menggunakan referensi atau referensi yang berbeda.

Dalam penulisan bibliografi, jelas ada beberapa saran yang dapat membuat Anda lebih mudah, beberapa saran adalah sebagai berikut:

  1. Yang perlu Anda lakukan pertama adalah mengategorikan sumber atau referensi berdasarkan kategori. Sebagai contoh, klasifikasi dapat dimulai dengan merujuk pada kategori buku, kategori majalah, kategori surat kabar, kategori surat kabar online, kategori surat kabar dan sebagainya. Ini dilakukan agar Anda dapat lebih fokus menulis bibliografi berbasis kategori karena setiap kategori memiliki format penulisan yang tidak berbeda.
  2. Jadi, setelah membuat klasifikasi, Anda dapat mengurutkan setiap asal secara alfabet. Ini dilakukan untuk memudahkan Anda ketika Anda mulai menulis daftar pustaka. Selain itu, ini juga dapat memudahkan Anda menyusun bibliografi secara keseluruhan.
  3. Dan langkah terakhir dalam penulisan bibliografi adalah Anda menulis bibliografi sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan dan diatur oleh setiap kategori sumber.

Sama seperti prinsip penulisan bibliografi, hanya di bawah ini akan dijelaskan secara lebih rinci tentang hal-hal yang dapat dikatakan sangat umum dan yang harus dipertimbangkan ketika menyusun bibliografi, termasuk:

  1. Struktur penulisan dalam daftar pustaka dimulai dengan urutan nama, tahun publikasi, judul, markas penerbit, kemudian nama penerbit.
  2. Di setiap bagian harus dipisahkan oleh titik, "."
  3. Dalam posisi penerbit dengan nama penerbit, itu harus dipisahkan dengan tanda titik dua ":".
  4. Untuk penulisan nama penulis, tidak perlu mencantumkan gelar akademik atau keturunan dan agama.
  5. Tulis judul kartu menggunakan karakter italic. Kecuali jika berasal dari artikel, judul artikel ditulis seperti biasa apa pun bahasanya. Karena itu, penulisan judul artikel jika ada istilah asing harus dicetak miring.
  6. Hal terakhir yang perlu Anda ketahui adalah kategori sumber yang memengaruhi cara menulis daftar pustaka itu sendiri.

Cara menulis daftar pustaka

Karena ada beberapa sumber saat menulis daftar pustaka, di bagian ini kami akan menjelaskan cara menulis daftar literatur berdasarkan kategori asal.

Cara menulis perpustakaan sumber buku

Struktur penulisan bibliografi yang berasal dari buku ini adalah:

Nama penulis harus ditulis mundur, dimulai dari nama keluarga dan penulisan nama harus dipisahkan dengan koma, ",". Tetapi jika nama penulis memiliki lebih dari dua kata, urutan dimulai dengan nama keluarga dan kemudian dilanjutkan dengan nama dan nama keduanya. Jangan lupa untuk memisahkan nama keluarga dan nama awal dengan koma.

Tahun publikasi harus ditulis dalam angka dan bukan dalam bentuk kalimat.

Penulisan judul buku disesuaikan dengan judul buku asli, dan di setiap kata ditulis menggunakan huruf kapital dengan pengecualian kata converse. Untuk menulis judul, jangan lupa untuk menggunakan font miring. Kota penerbit

Jangan lupa untuk menyertakan tanda titik dua ":", antara penulisan kota penerbit dengan penerbit buku yang digunakan sebagai referensi.

cara membuat daftar pustaka

Komposisi tertulis bibliografi dari surat kabar dan majalah adalah sebagai berikut:

  1. Nama artikel penulis

Sama seperti menulis nama penulis dari buku. Artinya nama penulis harus ditulis mundur, mulai dari nama keluarga dan penulisan nama harus dipisahkan menggunakan koma, ",". Tetapi jika nama penulis memiliki lebih dari dua kata, urutan dimulai dengan nama keluarga dan kemudian dilanjutkan dengan nama dan nama keduanya. Jangan lupa untuk memisahkan nama keluarga dan nama awal dengan koma.

  1. Judul artikel

Menulis judul artikel menggunakan huruf cetak normal dan menggunakan huruf besar dalam setiap kata, kecuali untuk kata sambung.

  1. Nama koran atau majalah

Menulis untuk nama koran atau majalah dalam daftar pustaka menggunakan huruf kapital di awal kata.

  1. Nomor halaman

Referensi dari orang atau majalah tidak menggunakan posisi penerbit dan penerbit. Inilah yang membedakan daftar perpustakaan dari buku.

Dalam majalah, surat kabar atau laporan umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu dalam bentuk cetak dan dalam bentuk online atau digital. Berikut ini akan menjelaskan komposisi bibliografi tertulis dari majalah:

  1. Nama penulis

Sama seperti dalam penulisan nama penulis yang berasal dari buku dan majalah.

  1. Tahun penerbit majalah

Tahun publikasi harus ditulis dalam angka dan bukan dalam bentuk kalimat.

  1. Judul majalah
  2. Nama penerbit
  3. Masukkan informasi tentang volume atau edisi surat kabar
  4. Termasuk tautan URL untuk login jika jurnal yang digunakan sebagai referensi adalah dari jurnal online atau digital.
  5. Tanggal akses ke majalah

Penulisan bibliografi dari tesis, tesis atau tesis memiliki format yang sama, yaitu sebagai berikut:

  1. Nama penulis
  2. Tahun diterbitkan
  3. Judul tesis, tesis atau disertasi ditulis dengan tanda kutip ("")
  4. Nama Fakultas
  5. Nama universitas
  6. Lokasi kota dari universitas

Sebelum memilih sumber yang berasal dari Internet, Anda perlu memastikan bahwa situs web yang dimaksud adalah situs web ilmiah dan bahwa informasi tersebut divalidasi. Di bawah ini adalah teks untuk bibliografi dari situs:

  1. Nama artikel penulis
  2. Tahun penulisan
  3. Judul artikel
  4. Tautan URL
  5. Juga sertakan tanggal dan waktu saat item diakses

Contoh bibliografi

contoh daftar pustaka

Setelah menjelaskan cara menulis bibliografi dari berbagai sumber, kali ini Anda akan diberikan banyak contoh penulisan bibliografi dari berbagai sumber.

  • Contoh penulisan perpustakaan sumber buku

1. Jika nama penulis terdiri dari dua kata

Nama keluarga, (koma) Nama (ditulis dengan huruf pertama). (Poin) Tahun penerbitan. (Masa) Judul buku (Penekanan ditambahkan). (poin) Kota penerbit: (dua poin) Penerbit

contoh:

Nama penulis: Sigmund Freud

Freud, S. 2015. psikopatologi, Yogyakarta: Forum

Nama penulis: Tulus Winarsunu

Winarsunu, T. 2015. Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan, Malang: UMM Press

2. Jika nama penulis lebih dari dua kata

Nama belakang (koma) Nama (spasi) Nama rata-rata (titik) Judul buku (Penekanan ditambahkan). (periode) Kota publikasi: (dua poin) Nama penerbit

contoh:

Nama penulis: Dwi Sunar Prasetyono

Prasetyono, DS. 2012. Operasi grafologi lengkap, Yogyakarta: Diva Press

Nama penulis: Muhammad Fauzil Adhim

Adhim, MF. 2013. Segenggam iman anak kita, Yogyakarta: Pro-U Media

  1. Jika nama penulisnya lebih dari satu orang
  1. Nama belakang penulis 1, (koma) Nama penulis 1 (koma) Nama penulis 2. (titik) Tahun publikasi (titik) Judul buku (Penekanan ditambahkan). (periode) Kota publikasi: (dua poin) Nama penerbit
  2. Nama keluarga penulis, (koma) Nama penulis, (koma) dan lain-lain (Poin) Tahun diterbitkan (Poin) Judul buku (miring). (Poin) Kota publikasi: (dua poin) Nama penerbit

contoh:

Nama penulis: Moeljono Notosoedirdjo dan Latipun

Notosoedirdjo, M, Latipun. 2014 Kesehatan mental, Malang: UMM Press

3. Jika bibliografi berasal dari buku terjemahan

Migley F. 2005. Perkembangan sosial, Tindilinting P, penerjemah. Jakarta (ID): Gramedia. Terjemahan dari: Pembangunan sosial

Apakah akan menulis bibliografi berasal dari buku penerbit

Nama editor, (koma) dan. (Periode). Tahun. (Masa) Judul buku (Miring). Tempat publikasi (kode negara): (dua poin) Nama penerbit

contoh:

Hasim H, ed. 2009. Jaringan seluler, Bandung (ID): Perpustakaan Jaya

  1. Jika bibliografi adalah nama penulis dan editor

Nama penulis (periode) Tahun. (Masa) Judul buku (Miring). (dot) Nama Editor, editor (koma). (titik) Tempat publikasi (kode negara): (dua titik) Nama penerbit

contoh:

AKU CINTA. 2010. Perubahan sosial, Sitanggang A, penerbit. Jakarta (ID): UI Press

  1. Apakah bibliografi berasal dari buku tanpa penulis?

Anonimitas hanya dapat ditulis jika buku aslinya tidak mencantumkan nama lembaga atau lembaga yang menerbitkannya.

[Depdiknas] Kementerian Pendidikan. Tahun 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta (ID): Balai Pustaka

[Anonim], 1937. Prajurit sejati, Jakarta (ID): Balai Pustaka

  • Contoh bibliografi tertulis berasal dari majalah, surat kabar atau laporan

Cara menulis bibliografi dari buku harian adalah sebagai berikut:

Penulis (Poin) Tahun. (Poin) Judul judul (miring). (Poin) Volume (no) 🙁 dua poin) Halaman

contoh:

Kalidjernih FK. 2011. Beberapa catatan tentang hubungan antara penggunaan bahasa dan karakter moral: kasus korupsi linguistik di Indonesia. Linguistik Indonesia, 29 (2): 167-184

Sedangkan cara menulis bibliografi yang berasal dari surat kabar adalah sebagai berikut:

Nama penulis (Poin) Tahun seminar. (Poin) Judul dokumen. (Poin) Dokumen. (Poin) Dalam: (titik dua) Nama seminar bersama dengan tempat, (koma) tanggal, (koma) dan bulan

contoh:

Khalis Umil. 2007. Partisipasi perempuan dalam pembangunan. dokumen, Dalam: Seminar Pengarusutamaan Gender di FEMA IPB, 18 September

  • Contoh bibliografi yang ditulis oleh tesis, tesis, disertasi

Nama penulis (titik) Tahun publikasi (titik) Judul (vertikal) [Jenis publikasi](dot) Tempat lembaga (kode negara): (titik dua) Nama lembaga ketersediaan karya ilmiah

contoh:

Verina S. 2011. Perubahan gaya pengasuhan komunitas Bogor [skripsi], Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor

  • Contoh bibliografi tertulis dari koran atau majalah

Nama penulis (poin) Tanggal penerbitan (tahun referensi). (Poin) Judul (tidak dicetak miring). (Poin) Nama surat kabar. (Poin) Informasi bagian: (titik dua) halaman (kolom)

contoh:

Piliang Ij. 10 Juni 2010 Demokrasi di era otonomi daerah. kompas, Kolom Opini: 6 (koleksi 1-6)

  1. Contoh bibliografi tertulis dari internet / situs web / media online

Prawiranegara S, Sitanggang N. 2005. Epidemi gondok di Inggris dan Wales pada 2004. BMJ [Internet]. [diunduh 2010 Des 28]; 330 (7500): 119-112. Tersedia di http://bmj.bmjjournals.com/cgi/reprint/330/7500/1119

atau bisa dalam bentuk sederhana seperti berikut:

Wanto, Sugeng. 2013. Pemimpin karakter Ulul Albab di http://waspadamedan.com (akses 23 Desember 2013)

Nah, ini adalah penjelasan bibliografi yang lengkap, mulai dari pengertian, saran, misalnya penulisan bibliografi yang sudah dijelaskan. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk penulisan ilmiah Anda.

Demikianlah info tentang 13+ Contoh Daftar Pustaka, Panduan Cara Menulis, Tata Cara, Buku, Karya Ilmiah. Semoga info ini dapat memperluas pengetahuan berfikir anda tentang 13+ Contoh Daftar Pustaka, Panduan Cara Menulis, Tata Cara, Buku, Karya Ilmiah.

Leave a Reply