√ 16+ Arah Mata Angin, Cara Menentukan Disertai Nama-nama Lengkap

√ 16+ Arah Mata Angin, Cara Menentukan Disertai Nama-nama Lengkap

√ 16+ Arah Mata Angin, Cara Menentukan Disertai Nama-nama Lengkap –

Arah angin – Pernahkah Anda tersesat saat ekspedisi ke puncak gunung? Jika ada, maka tentu saja Anda sudah mengerti barang mana yang perlu Anda bawa. Jika kita tersesat dan kita tidak tahu arah jalan yang benar, jelas itu akan sangat sulit. Karena di hutan itu sendiri sangat teduh untuk pohon-pohon besar, sehingga akan sulit untuk menemukan arah jalan.

Untuk mengetahui arah mata angina seperti selatan, utara, barat dan bahkan timur, tentu saja diperlukan pengalaman dalam menentukannya. Bahkan ada beberapa trik yang umumnya akan selalu digunakan untuk dapat menentukan arah angin yang benar. Namun, sebelum membahas cara menentukan arah angina mata, akan lebih baik jika kita tahu terlebih dahulu apa arah angin itu.

Bagi Anda yang tidak tahu apa arah angin sebenarnya, maka simak ulasan berikut:

Memahami arah angin

Seperti yang telah kita lihat, banyak orang mengatakan bahwa jika arah angin adalah salah satu panduan yang umumnya akan digunakan untuk menentukan arah angina mata di suatu tempat. Namun, biasanya ada angin di peta, navigasi, dan sebagainya. Alat yang sering digunakan jika hilang adalah kompas karena sangat mudah untuk diangkut dan dipahami.

Jenis arah angin

Sejak zaman kuno, jumlah mata angina tidak pernah berubah, yang terdiri dari 16 mata angina. Namun, dari semua arah mata, angina memang dibagi menjadi 3 jenis, di antaranya:

Arah angin utama

Untuk tipe pertama itu adalah arah angina mata utama, yang umumnya sangat sering dibicarakan oleh banyak orang. Jenis arah angin ini benar-benar standar untuk membuat instrumen sebagai panduan. Beberapa alat yang digunakan sebagai indikasi adalah kompas, peta dan pengelasan. Bahkan, arah angina ini dari satu mata sering digunakan di seluruh dunia.

arah angin pusat

Untuk yang kedua adalah arah mata tengah angina yang berada di antara empat mata angina poko. Misalnya, antara utara dan timur ada mata angina timur laut. Nah, untuk arah angin timur laut, inilah yang disebut sebagai angin dingin. Tentunya selain angin utama, arah angin pertengahan ini juga sering digunakan sebagai arah. Bukan hanya arah timur laut karena pasti akan ada banyak arah lain di sudut tengah ini.

Nama-nama arah angin sentral adalah timur-timur (antara timur dan utara), tenggara-timur (antara timur dan selatan), barat daya (antara selatan dan barat) dan utara-barat (antara barat dan utara).

Lebih banyak mata angin

Berikutnya adalah arah angin tambahan yang terletak di antara mata angina utama dan juga pusatnya. Misalnya, antara timur, utara, dan bahkan timur laut, sebut saja timur laut. Bukan hanya angin utama dan tengah, karena sebenarnya arah angin ekstra itu sangat unik.

Arah angin tambahan terdiri dari timur laut (antara utara dan timur laut), timur-timur laut (antara timur laut dan timur), pantai timur (antara timur dan tenggara), pantai selatan (antara selatan-timur dan selatan), barat daya (antara selatan dan barat daya), barat daya (antara barat daya dan juga barat), barat laut (antara barat dan barat laut), barat laut utara-barat (antara barat laut dan juga utara).

melengkapi arah angin tambahan

Memang benar bahwa semua arah angin yang disebutkan di atas digabungkan, sehingga akan ada 16 nama. Sekarang, untuk yang berikutnya adalah cara untuk menentukan arah angina mata.

Cara menentukan arah angin

Pada zaman kuno, banyak orang telah melakukan berbagai cara untuk menentukan arah kematian menggunakan alat sederhana. Beberapa cara yang sering digunakan untuk menentukan arah angin adalah penggunaan bayangan, jarum, matahari, pisau cukur dan banyak cara lain yang digunakan. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan usia saat ini membuat orang lebih mudah menentukan arah angina mata. Apalagi dengan GPS di setiap smartphone.

Namun, bagi Anda yang tersesat di hutan dan menemukan bahwa sinyal di ponsel Anda tidak berfungsi, Anda dapat menggunakan alat di sekitar untuk dengan mudah menentukan arah angin. Misalnya dengan tongkat, batu dan kompas. Ada sejumlah trik yang bisa Anda gunakan untuk menentukan arah mata angina, lihat ulasan berikut:

  • Trik menentukan arah angin dengan kompas

Tidak hanya mengetahui arah angin, tetapi bagi Anda yang sangat berjiwa petualang, Anda harus memikirkan cara menggunakannya dari instrumen yang digunakan oleh angin seperti kompas. Kompas adalah salah satu alat terpenting saat bepergian. Jadi bagaimana Anda menggunakannya?

Caranya adalah dengan meletakkan kompas pada permukaan yang rata. Jadi tunggu jarum pada kompas menjadi tenang dan berhenti bergerak. ketika jarum berhenti, jarum di kompas akan secara otomatis menunjukkan arah selatan dan juga utara. Dan untuk arah lain adalah memperhatikan dial kompas. Garis dan juga angka-angka pada dial adalah jumlah yang dapat menunjukkan arah. Karena itu, ketika menentukan arag barat laut, hanya angka yang menunjukkan angka yang diharapkan yang dicari.

  • Trik menentukan arah angin menggunakan kompas

Trik menentukan arah angin menggunakan kompas

Untuk metode selanjutnya, ini menggunakan kompas penargetan. Untuk langkah pertama, jaga kompas dalam posisi tenang dan horizontal. Lensa akan ditembak melalui vizier, melalui celah di lensa pembesar. Kemudian Anda dapat memiringkan kaca pembesar hingga sekitar 50 derajat dengan tombol. Kemudian perhatikan garis dan juga nomor yang menunjukkan derajat pada dial.

  • Trik untuk menentukan arah angin adalah dengan menggunakan naungan tongkat

Trik untuk menentukan arah angin adalah dengan menggunakan naungan tongkat

Berikutnya adalah cara untuk menentukan arah angin menggunakan tongkat bayangan. Metode ini akan lebih baik jika digunakan selama ini mendukung keberadaan sinar matahari yang cukup untuk membentuk bayangan. Seperti yang sudah Anda ketahui, jika bayangan yang terbentuk dari matahari terbit hingga terbenam akan selalu bergeser dari timur ke barat. Tentu saja inilah yang nantinya akan dijadikan pedoman untuk menentukan arah angin.

Alat yang diperlukan adalah tongkat lurus dengan panjang 60 hingga 150 sentimeter, tongkat lurus dengan panah 30 sentimeter. Dan juga 2 buah batu atau benda lain yang hampir serupa dan dapat digunakan sebagai pemberat atau menahan kesedihan.

Cara menggunakan:

  • Langkah pertama adalah menempelkan tongkat yang lebih panjang ke tanah dalam posisi lurus. Kemudian, ambil salah satu batu dan letakkan di permukaan tanah yang digunakan sebagai indikator ujung bayangan yang terkena.
  • Jadi tunggu sekitar 15-20 menit, maka bayangan yang sudah terbentuk akan berubah arah dengan sendirinya. Kemudian tandai ujung bayangan menggunakan tongkat baru.
  • Sejujurnya, Anda bisa mengulangi lagi beberapa kali setiap 15 menit dan menandai gerakan ujung tongkat dengan batu.
  • Kemudian, hubungkan kedua ujung tanah menggunakan garis atas dari tanah. Bayangan akan bergerak ke arah yang berlawanan menggunakan matahari. Sehingga nantinya akan terbentuk garis yang menunjukkan gerbang timur-barat. Untuk titik pertama, itu akan membentuk arah barat dan timur untuk titik kedua.

Trik untuk menentukan arah angin dengan roda dan bayangan chakra

Trik untuk menentukan arah angin dengan roda dan bayangan chakra

Metode selanjutnya adalah menggunakan roda dan chakra, yang hampir seperti menggunakan tongkat. Namun, penggunaan metode ini akan jauh lebih meyakinkan karena waktu pengamatannya akan lebih lama.

Apa alat yang perlu dipersiapkan untuk metode ini? Untuk instrumennya adalah tiang dan tongkat dengan panjang sekitar 60 hingga 150 cm, dua batu kecil, benda kecil yang berukuran kecil dan siapkan tali atau kawat berukuran panjang.

Cara menggunakan:

  • Untuk langkah pertama adalah menempelkan tongkat atau tiang ke tanah yang memiliki permukaan rata dan melakukan langkah ini lebih baik sebelum bagian tengah hati. Kemudian letakkan batu di ujung bayangan dari tiang atau tiang.
  • Kemudian gunakan tali untuk mengikat benda runcing atau batang dengan tiang, dan ujung tali akan diikat ke batang runcing kecil. Sementara itu, ujung tali lainnya akan diikat ke tiang. Namun, pastikan terlebih dahulu jika talinya cukup panjang sehingga nantinya akan lebih mudah mencapai bati di atas tanah.
  • Jadi, ambil gambar yang mengikuti lingkaran yang mengelilingi kutub. untuk titik awalnya adalah batu, gunakan bilah runcing yang telah diikat dengan tali untuk membentuk lingkaran di tanah dengan bentuk yang mengelilingi tiang panjang.
  • Dengan demikian, ketika bayangan dibentuk oleh sebuah tiang dan di sekitar lingkaran, titik persimpangan ditandai menggunakan batu lain.
  • Agar kedua titik terhubung, garis lurus yang nantinya akan menjadi penghubung antara batu pertama dan batu kedua adalah garis timur-barat. Penggunaan batu kedua akan mewakili timur dan yang mewakili barat adalah batu pertama.
  • Untuk menentukan arah urat dan selatan dengan metode ini, selatan terletak pada jarum jam dari timur. Sedangkan untuk arah utara akan searah jarum jam mulai dari arah barat.

Trik Menentukan arah angin menggunakan bantuan navigasi di lingkungan alami

Cara menentukan mata angin melalui navigasi bantuan lingkungan alami

Selanjutnya, ada cara lain untuk menentukan arah angina mata, yaitu lingkungan alami. Ketika Anda menggunakan metode ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah menemukan posisi matahari tepat di atas kepala Anda atau di tengah hari. Karena pada saat itu, nyatanya, matahari bisa digunakan sebagai arah utara dan selatan. Setelah mengetahui dua array, arah timur dan barat akan mudah ditentukan.

Anda akan tahu, Anda perlu tahu apakah arah angin yang ditunjukkan bukan arah utara dan selatan saat ini. Anda perlu tahu apakah arah yang benar-benar akan paling kompatibel dengan arah tersebut didasarkan pada poros bumi. Di darat di bagian selatan, berjalan menuju matahari pada siang hari akan mengarah ke utara. Namun, saat dia menjauh dari matahari, dia akan menuju ke selatan.

Kemudian belahan bumi utara juga akan berlaku sebaliknya. Saat Anda berjalan lurus menuju matahari pada siang hari, Anda akan pergi ke selatan. Dan sambil berjalan langsung dari matahari itu berarti pergi ke utara.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan lokasi matahari terbit dan terbenam. Tentunya setiap hari matahari akan terbit di timur dan tenggelam ke barat. Jadi bagaimana Anda melakukan metode ini? Posisikan diri Anda di depan matahari terbit sehingga Anda tentu saja menghadap ke timur, sehingga utara di sisi kiri sedangkan selatan di sisi kanan. jadi jika Anda menghadapi matahari terbenam, Anda menghadap ke barat, utara ke kanan dan selatan ke kiri.

Metode selanjutnya adalah menumbuhkan pohon, meskipun pohon akan digunakan untuk menentukan arah, tetapi metode ini bukan metode yang akurat, tetapi seringkali metode ini akan memberikan gambaran tentang basis arah angin. Bagi mereka yang tinggal di wilayah utara, matahari umumnya di langit selatan dan sebaliknya bagi mereka yang tinggal di wilayah selatan.

Memperhatikan pertumbuhan pohon sangat mudah. Untuk daerah di bagian utara pohon yang tumbuh, daunnya cenderung lebih tebal dan lebih padat di sisi selatan, tidak hanya pohon tetapi juga semak-semak. Dan untuk orang-orang Afrika bagian selatan pohon akan tumbuh lebih subur di sisi utara.

Nah, ini adalah rasa dari informasi yang Anda dapat diberikan tentang arah angina mata. Semoga artikel ini bermanfaat dan bermanfaat bagi Anda.

Demikianlah info tentang √ 16+ Arah Mata Angin, Cara Menentukan Disertai Nama-nama Lengkap. Semoga informasi ini bisa memperluas wawasan berfikir kita tentang √ 16+ Arah Mata Angin, Cara Menentukan Disertai Nama-nama Lengkap.

Leave a Reply