Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat madu | Aktivitas dalam mengumpulkan madu sudah berlangsung dalam kurun waktu 10 ribu tahun yang lalu. Madu adalah cairan kental yang hanya bisa dihasilkan oleh lebah madu dimana berasal dari nektar bunga. Madu menyerupai sirup akan tetapi rasa madu lebih manis dibandingkan sirup. Rasa manis tersebut berasal dari substansi monosakarida, fruktosa dan glukosa yang mana ketiganya sama-sama memberikan rasa manis seperti yang ada pada gula.
Pada umumnya madu dimanfaatkan sebagai selai roti panggung maupun sebagai minuman teh rasa madu. Adapun orang yang langsung meminum madu tanpa diolah dalam bentuk yang lain agar kandungannya dapat langsung diserap pada tubuh.
Nah, jika anda sering mengonsumsi madu maka anda akan dapat merasakan manfaat madu bagi kesehatan anda. Apalagi madu dapat membantu dalam memelihara kulit luar anda seperti menyelesaikan masalah jerawat, kulit kering, kulit kusam, mata panda dan bintik hitam serta masih banyak manfaat madu yang lainnya. Berikut informasi tentang manfaat madu:
1. Manfaat madu sebagai sumber energi
Di masa lampau pada zaman Yunani kuno dan para atlet Romawi, madu dijadikan sebagai minuman penambah stamina dan pemulih energi sebelum dan sesudah bertanding. Berabad-abad lamanya dimana madu telah dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan karena madu memiliki kandungan gula yang dapat diserap dengan cepat oleh sistem pencernaan untuk dijadikan energi instan. Saat ini, dunia olahrga telah menjadikan madu sebagai minuman yang utama dalam melakukan pertandingan dan sesudah bertanding. Baca juga manfaat minyak zaitun
2. Madu seefektif glukosa
Hasil penelitian telah dikeluarkan dan menyebutkan bahwa kadar glycemic index ( GI ukuran dalam mengukur dampak negatif makanan yang ada di dalam gula darah ) yang sangat rendah pada madu sehingga dapat memperlambat penyerapan gula ke darah dan dapat menyehatkan sistem pencernaan serta dapat menjamin persediaan karbohidrat selama kita berolahraga.
3. Manfaat madu dalam menyembuhkan luka
Di dunia pengobatan yang pernah diterapkan dimasyarakat Romawi dan Yunani telah menggunakan madu sebagai obat dalam menyembuhkan luka bakar dan luka tusukan benda tajam.

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

4. Manfaat madu sebagai antibiotik
Sudah ribuan tahun lamanya madu telah digunakan sebagai antibiotik yang alami dan sanggup menghambat dan membunuh bakteri jahat. Madu memiliki sifat asam sehingga dapat menghalangi perkembangbiakan dan pertumbuhan bakteri. Kemudian madu dapat menghasilkan hidrogen peroksida yang dapat menjadi anti septik yang luar biasa. Selanjutnya, madu memiliki proses osmosis sehingga dapat membunuh bakteri dengan kekentalan madu yang sedikit memiliki kandungan air sehingga dari proses osmosis tersebut maka dapat menyerap air dari bakteri yang ada pada luka bakar dan luka yang lain. Hal ini sama dengan spons yang menyerap air. Madu yang berperan sebagai antibiotik memiliki peran yang sama dengan manfaat daun sirsak

5. Manfaat madu dalam mengurangi gejala asma dan alergi.

Madu memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat dijadikan obat yang alami dalam mengurangi gejala alergi asma dan alergi. Oleh karena itu madu sangatlah efektif dalam mengatasi bersin yang disebabkan oleh adanya alergi pada suatu benda. Manfaat madu sama dengan manfaat kulit manggis dalam hal mengurangi gejala asma
6. Manfaat madu dalam mencegah bakteri.
Madu memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan bateri. Biasanya madu dijadikan obat luar dengan cara mengolesi pada kulit yang terbakar, bekas gigitan dan luka yang lainnya.
7. Manfaat madu dalam menurunkan berat badan
Madu memiliki tiga kandungan yang sangatlah dibutuhkan oleh tubuhs seperti asam amino, vitamin dan mineral. Ketiga baha tersebut memiliki tugas dalam mengontrol berat badan  sehingga anda juga dapat terbebas dari gemuk berlebihan atau obesitas. Baca juga: manfaat buah naga
8. Manfaat madu sebagai obat radang tenggorokan dan batuk.
Nah bagi anda yang ingin menyembuhkan batuk dan radang tenggorkan maka anda dapat memanfaatkan madu dengan cara membuat teh madu yang dicampur dengan lemon dan disertai air yang hangat. Setelah anda meminum teh madu maka sebaiknya jangan lupa dalam meminum air putih agar senyawa rasa manis dan lemonnya tidak tertinggal pada tenggorokan. Baca juga manfaat daun sirih
9. Manfaat madu dalam menjaga saluran pencernaan.
Madu dapat mencegah kerusakan saluran pencernaan dengan cara anda mesti meminum satu gelas susu dengan menambahkan 2 sendok makan madu secara rutin agar saluran pencernaan anda dapat terawat dan sebaiknya lakukan cara ini jika anda sebelum mau tidur. Baca juga manfaat jeruk nipis
10. Manfaat madu dalam mengatasi insomnia
Berdasarkan penelitian telah menunjukkan bahwa campuran jahe, madu, dan kayu manis dapat dijadikan teh herbal yang bisa menenangkan tubuh ketika anda mengalami insomnia pada malam harinya.
11. Manfaat madu dalam memelihara kondisi rambut.
Madu terkenal juga dalam menjaga kesehatan rambut. Cukup hanya dengan mengonsumsi madu secara teratur setiap hari maka anda dapat memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut anda dan akan mencegah terjadinya kerontokan rambut.
12. Manfaat madu untuk kecantikan
– Manfaat madu dalam mengangkat kotoran wajah yaitu dengan cara membuat masker dari madu, lalu biarkanlah selama 30 menit sampai mengering, kemudian bilaslah wajah anda menggunakan air hangat dengan lap bersih. Perawatan tersebut dapat anda lakukan di waktu anda pulang kerja agar kotoran atau debu yang menempel pada wajah dapat terangkat. Baca juga manfaat minyak zaitun
– Manfaat madu dalam mencerahkan kulit yaitu dengan  cara madu dicampurkan dengan tomat, kemudian campuran tersebut dapat dijadikan scrub dalam memutihkan kulit kaki dan tangan. Pertama anda mesti menumbuh madu dan tomat sampai halus sampai terbentuk menjadi pasta yang tebal. Setelah itu, oleskanlah pada seluruh kulit tubuh kecuali muka dan lakukan rehat selama 15 menit supaya kandungan yang terdapat pada kedua bahan tersebut bekerja dalam mengencangkan kulit, kemudian bersihkan dan rasakanlah kesegaran yang dihasilkan setelah menggunakan scrub madu dan tomat.
– Manfaat madu dalam menghilangkan bekas jerawat: Madu dapat membantu terjadinya pembentukan kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit agar terlihat lebih muda dan selain itu kolagen dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cara mengoleskn madu pada seluruh kulit wajah anda secara teratur.
– Manfaat madu sebagai kondisioner rambut yang alami dengan cara mencampurkan madu dengan minyak zaitun lalu usapkanlah pada rambut setelh anda habis berkeramas. Kemudian, biarkanlah campuran tersebut menempel di kulit kepala dan rambut anda, setelah itu bersihkanlah dengan menggunakan air dingin. Kemudian anda akan merasakan rambut yang lembut dan berkilau dalam sekejap saja.
– Manfaat madu dalam memperlambat penuaan yaitu dengan cara mengonsumsi satu sendok madu sudah bisa menunda proses terjadinya degeneratif pada kulit anda. Jika dosis yang ditambahkan anda akan dapat membantu dalam menghambat terjadinya penuaan dengan cara mempertahankan keelastisitasan dan kekencangan kulit.
– manfaat madu dalam membuat kulit kenyal: Jika anda memiliki kulit yang kenyal dan halus maka cobalah anda mencampurkan 3 sendok air mawah dengan 1/4 gelas madu. lalu oleskan pada kulit wajah anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah wajah anda mengering maka bilaslah dengan air bersih.
– Manfaat madu dalam melembabkan kulit: Madu bisa mengurangi dampak negatif dari kulit yang sudah terbakar oleh matahari. Jika anda adalah wanita yang sering ditugaskan untuk bekerja pada luar ruangan maka anda mesti merawat kulit anda dengan cara menjadikan madu sebagai penjaga kulit agar tetap sehat.
– Manfaat madu dalam mencuci rambut yaitu dengan cara mencampurkan shampoo yang biasa digunakan dengan madu secara secukupnya untuk mencucui rambut, namun anda mesti membiarkan bahan tersebut menempel pada rambut selama 2 jam agar kandungan yang dimiliki pada campuran tersebut dapat mengobati rambut yang rusak.
– manfaat madu dalam mengobati bekas luka yang ada pada wajah: Kombinasikanlah minyak almond, air perasan jeruk nipis, susu bubuk secara bersamaan dalam membuat masker wajah yang bisa mengobati bekas luka pada wajah. Namun sebelum digunakan maka sebaiknya campuran tersebut disimpan dalam lemari es selama 1 minggu.
– Manfaat madu dalam mengatasi bibir pecah-pecah dan bibir kering: Madu sangat baik dijadikan sebagai lip balm yang lebih baik dibandingkan lip balm yang lainnya karena madu dapat melembabkan bibir yang pecah-pecah dan kering.
– Manfaat madu dalam menjaga kesehatan kulit yaitu dengan cara membuat scrub dari bubuk kacang tanah, jus lemon dan madu. Kemudian gosokkanlah pada kulit kaki dan tangan selama 15 menit kemudian bersihkanlah. Kacang tanah bisa bertugas dalam mengelupas kulit, jus lemon dapat membantu dalam menghilangkan kotoran dan madu dapat memelihara kulit agar tetap lembut.
– Manfaat mada dalam mengatasi kulit keriput dini yaitu dengan cara mencampurkan jus bawang dengan madu agar kulit keriput dapat teratasi secara cepat. Baca juga manfaat bawang putih
Manfaat madu yang lainnya yaitu:
1. Madu dapat dijadikan sebagai masker yang aman  pada kulit sensitif.
2. Madu dapat memberikan kesehatan pada kulit.
3. Madu bisa mengobati kurap dengan hanya menambahkan serbuk kunyit.
4. Madu dapat mempertajam daya penglihatan dengan cara mencampurkan madu dengan wortel dan mesti dikonsumsi setiap hari.
5. Madu dapat mencegah terjadinya osteoporosis.
6. Madu dapat merangsang terjadinya peningkatan sistem kekebalan tubuh pada penderita asma yang diberikan madu sebanyak 5 sampai 6 kali masing-masing satu sendok sehari.
7. Madu dapat memperpanjang usia.
8. Madu dapat mengurangi resiko arthritis dan kanker.
9. Madu dapat menghalangi implantasi tumor.
10. Madu dapat membuat kulit lembab dan segar lebih lama.
11. Madu dapat melawan penyakit kuning walaupun belum ada informasi akurat.
12. Madu dapat meningkatkan kesuburan seseorang dengan cara menambahkan madu pada segelas susu.
13. Madu dapat menstimulan seksual alami yang akan meningkatkan kesehatan reproduksi dan kejantanan.
14. Madu dapat melawan radikal bebas karena madu memiliki kandungan antioksidan.
15. Madu efektif dalam menghilangkan selulit karena dapat membantu metabolisme tubuh.
16. Madu dapat meredakan nyeri pada perut yang kosong.
17. Madu dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.
18. Madu dapat mencegah terjadinya asam lambung.
19. Madu dapat meredakan stres
20. Madu dapat mengatasi sakit perut
21. Madu dapat mengatasi hiperaktif yang menyerang anak.
22. Madu dapat dijadikan sebagai obat kumur dalam membersihkan kuman dan kotoran.
Demikianlah informasi kesehatan mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi kesehatan mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan tentang manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan.

Leave a Reply