Manfaat Jeruk Nipis yang Baik Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis yang Baik Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Ini adalah manfaat jeruk nipis yang mesti anda ketahui, ada beberapa manfaat jeruk nipis yang sebagian orang belum mengetahui seperti apa manfaat jeruk nipis. Tentunya dari segi bentuk, tidak ada satupun orang yang tidak mengenali buah jeruk nipis yang bernama latin yaitu Citrus Aurantifolia dan terkenal dengan rasanya yang sangat asam. Sekalipun bentuk buah jeruk nipis sangat kecil akan tetapi ternyata menyimpan manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan dan kecantikan.
Sebelum kita membahas manfaat jeruk nipis ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kalori yang rendah meskipun rasanya asam. Sebagai asumsi, kalau anda telah mengonsumsi 3,5 Oz jeruk nipis manis maka kamu hanya dapat menambah 43 kalori kebutuhan untuk tubuh. Di sisi lain, jeruk nipis memiliki kandungan yang rendah protein sehingga bisa digunakan untuk menambahkan unsur protein dalam diet. Nah, jika anda menginginkan buah jeruk nipis yang bertugas mengikis timbunan lemak maka sebaiknya gunakan jeruk nipis manis.

Manfaat Jeruk Nipis yang Baik Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kemudian jeruk nipis memiliki banyak vitamin C yang akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan harian anda dalam bentuk yang alami. Seorang pria dewasa memiliki kebutuhan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa memiliki kebutuhan sekitar 75 miligram. Disebabkan setiap porsi jeruk nipis manis akan berisi minimal 50 miligram vitamin C. Anda tidak mesti khawatir pada kebutuhan vitamin C pada setiap harinya ketika anda menambahkan jeruk nipis yang manis pada menu harian.
Kemudian jeruk nipis manis kaya akan mineral dimana mempunyai kandungan kalium yang tinggi sekitar 490 miligram pada setiap satu porsi. Selain itu, jeruk nipis manis juga mengandungan kalisum, besi, fosfor dan tembaga.
 

Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan

Buah jeruk nipis memiliki kandungan minyak terbang linaool, limonene dan flavonoid, seperti rhoifolin, hesperidine, poncirin dan naringin. Kemudian kandungan untuk buah yang sudah masak ialah N-Methyltyramine dan synephrine selain kalsium, fosfor, besi, asam sitrat, vitamin A, besi, C dan B1. Asam sitrat memiliki kemampuan dalam mencegah munculnya kembali penyakit batu ginjal pada pasien pasca operasi.
1. Manfaat jeruk nipis untuk meningkatkan sistem imun tubuh
Jeruk nipis sangat kaya akan kandungan vitamin C yang dapat menawarkan perlindungan dari penyakit yang disebabkan oleh iklim yang dingin dan penyakit umum yang lainnya. Dengan adanya sistem kekebalan pada tubuh yang fit, maka tubuh anda akan terlindungi dari penyakit dan infeksi.
2. Manfaat jeruk nipis untuk membantu melancarkan pencernaan.
Jeruk nipis mempunyai flavonoid yang dapat meningkatkan produksi asam, empedu dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangatlah membantu dalam memfungsikan sistem pencernaan yang ada dalam tubuh. Dimana pada kandungan falonoid akan bisa menetralkan cairan pencernaan asam dan pengeluaran racun yang ada dalam tubuh. Di samping itu, dengan hanya mengonsumsi jeruk nipis maka akan menenangkan perut jika anda mengalami mual, muntah dan diare.
3. Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi masalah sembelit
Sering meminum air yang hangat dengan dicampur perasan jeruk nipis akan menyingkirkan sembelit atau segala macam penyakit perut dan penyakit pencernaan yang lainnya. Air jeruk yang hangat akan segera merangsang dan mengatur gerakan pada usus anda sehingga bisa menyembuhkan anda dari segala macam rasa sakit dan trauma yang berkaitan dengan sembelit.
4. Manfaat jeruk nipis dalam melawan penuaan
Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin yang sangat tinggi dimana berfungsi menjadi antioksidan yang alami. Vitamin C akan segera menghilangkan radikal bebas yang akan membahayakan tubuh dan akan menyebabkan kerusakan di kulit anda. Oleh karena itu, dengan hanya meminum jeruk nipis hangat maka akan dapat membantu kulit anda dalam melawan kerutan karena penuaan dini.
5. Manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan
Para ahli berat badan seringkali menyarankan agar segera mengawali hari bersama segelas air jeruk nipis yang hangat. Selain dapat memberikan rasa kenyang, jeruk nipis juga memiliki serat dan vitamin C yang mampu membantu dalam menurunkan berat badan.
6. Manfaat jeruk nipis dalam mengatasi Ambeien.
Ambeien merupakan penyakit pada lubang anus seseorang yang tentunya sangat mengganggu kita jika sedang dalam posisi duduk. Tentunya dalam dunia kerja, ambeien akan sangat mengganggu kinerja kita dalam bekerja. Nah, disini ada manfaat jeruk nipis yang cocok untuk mengatasi ambeien dengan cara mengambil 10 gram akar pohon jeruk nipis yang kemudian sudah dicuci bersih lalu direbus dengan menggunakan air sebanyak 1 liter dengan lama setengah jam, lalu disaring, kemudian diminum dalam kondisi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari secara rutin.
7. Manfaat jeruk nipis dalam menyembuhkan amandel
Amandel adalah penyakit yang disebabkan adanya kerusakan di permukaan selaput lendir. Jika sudah berada pada kondisi yang parah maka anda dapat menyerang dan merusak pada jaringan amandel. Penyebab penyakit amandel ialah adanya basil spirlia dan basil fusifomis yang akan memicu adanya pembengkakan atau peradanngan pada tonsil. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir dengan penyakit amandel, karena anda bisa meminimalisir terjadinya serangan amandel pada anda dengan cara memanfaatkan kulit jeruk nipis sebanyak 3 buah, kemudian dipotong-potong kecil, lalu direbus dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas sampai airnya menjadi tersisa 3/4, kemudian air rebusannya disaring, setelah itu air itu digunakan untuk berkumur-kumur. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka lakukan cara itu sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.
8. Manfaat jeruk nipis dalam menyembuhkan anyang-anyangan
Anyang-anyangan adalah penyakit yang menimbulkan kondisi bagi seseorang yang telah melakukan aktivitas malam pengantin, kemudian setelah itu selama dua sampai tiga hari sesudah malam pengantin, muncul nyeri berkemih, mengalami demam ringan, tidak enak badan, nyeri kepala, mual dan jika parah maka air kencingnya terlihat merah seperti air cucian daging.
Nah untuk mengobati penyakit anyang-anyangan maka anda dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobatinya yaitu dengan cara mengambil dua jeruk nipis yang telah dicuci bersih, kemudian buah jeruk diperas dengan dicampur gula batu secara secukupnya dan ditambahkan dengan air panas sebanyak 1 gelas. Kemudian diaduk dengan hangat-hangat lalu diminum secara sekaligus sebanyak satu kali dalam sehari.
9. Manfaat jeruk nipis dalam mengobati batuk
Batuk adalah suatu mekanisme dalam tubuh untuk bisa mengeluarkan benda yang asing atau dahak pada saluran nafas bagian atas dan pada paru-paru. Tentunya batuk yang parah akan mengganggu aktivias kita dalam sehari-hari, oleh karena itu anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati batuk anda yaitu dengan cara mengambil satu buah jeruk nipis yang sudah dicuci, kemudian diperas, lalu dicampurkan bersama madu sebanyak satu sendok makan dengan sedikit garam, kemudian diaduk sampai rata setelah itu disaring. Campuran ini diminum sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Atau anda bisa juga mencampurkan perasan jeruk nipis dengan sepotong gula batu yang diaduk sampai merata lalu diminum sebanyak 1 kali dalam sehari secara rutin hingga sembuh
10. Manfaat jeruk nipis dalam mengobati bau badan
Bau badan adalah biasanya dimaknai bau tak sedap yang menyengat dari badan anda. Penyebab bau badan karena adanya bakteri yang bercampur dengan keringat. Nah, untuk mengatasi bau badan maka anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan cara mengambil jeruk nipis kemudian dipotong menjadi 2 bagian, lalu mengolesi pada bagian irisan menggunakan kapur sirih secara tipis-tipis. Setelah itu mengoleskan pada ketiak sehabis mandi. Kemudian biarkanlah selama 5 menit setelah itu dibilas, untuk hasil yang baik maka lakukan selama pagi dan sore.
11. Manfaat jeruk nipis untuk mengobati batu ginjal
Batu ginjal adalah suatu keadaan dimana terdapat material keras yang sama dengan batu pada ginjal. Material tersebut terbentuk dari zat-zat limbah yang ada dalam dalam darah kemudian dipisahkan oleh ginjal setelah itu diendap dan dikristalkan seiring waktu.
Nah untuk menyembuhkan batu ginjal maka anda bisa memanfaatkan jeruk nipis dengan mengambil dua butir perasan jeruk nipis kampung lalu diencerkan menggunakan air hangat sebanyak dua gelas, kemudian dimakan setelah makan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka konsumsilah setiap harinya selama 10 hari.
12. Manfaat jeruk nipis untuk menyembuhkan difteri
Difteri merupakan penyakit yang menular sekaligus mematikan yang dapat menyerang saluran pernafasan di bagian atas seperti faring, hidung dan tonsil. Dan terkadang pada selaput lendiri dan kulit diakibatkan oleh adanya bakteri yakni Corynebacterium diphteriae.
Akan tetapi anda tidak mesti khawatir karena dengan cara mengambil dua jeruk nipis yang sudah dicuci, lalu airnya diperas. Seduhlah menggunakan 1 gelas air yang panas dengan ditambah madu sebanyak 1 sendok makan. Kemudian gunakanlah untuk berkumur-kumur dengan lama dua menit disaat masih hangat, setelah itu diminum. Lakukanlah sebanyak 3 kali dalam sehari.
13. Manfaat jeruk nipis untuk menyembuhkan demam atau flu
Demam atau flu adalah suatu kondisi menurunnya sistem imun dengan disertai badan panas dan batuk-batuk.
Adapun cara untuk menyembuhkan demam atau flu yaitu dengan cara mencuci satu jeruk nipis yang kemudian diperas, lalu ditambahkan dengan menggunakan 3 siung bawang merah yang sudah dilumatkan dan tambahkan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan. Kemudian oleskanlah pada kening penderita.
14. Manfaat jeruk nipis dalam menyembuhkan haid yang tidak teratur.
Anda sedang mengalami haid yang tidak teratur, tentunya hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada tubuh kita sehingga siklus haid anda berubah. Oleh karena itu untuk menstabilkan kembali kondisi tubuh maka anda bisa memanfaatkan jeruk nipis dengan mengambil air jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan yang ditambah dengan madu sebanyak 1 sendok makan dan air panas sebanyak 2 gelas kemudian diaduk hingga merata, setelah itu minumlah selama masih hangat. Lakukanlah sebanyak 3 kali dalam sehari.
15. Manfaat jeruk nipis untuk mencegah rambut rontok atau berketombe.
Ambillah dua jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi tiga bagian, kemudian oleskanlah pada kulit kepala hingga merata. setelah itu bungkus kepada anda menggunakan handuk semalaman, lalu keramaslah keesokan harinya. Lakukanlah sebanyak 3 dalam seminggu.
16. Manfaat jeruk nipis dalam melebatkan rambut.
Jika anda sedang ingin melebatkan rambut maka anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan cara mengambil satu butir kuning telur ayam kampung yang dikocok bersama air perasan dari 3 butir jeruk nipis kampung, kemudian dikocok hingga merata. Setelah itu gosokkanlah pada kulit kepala anda, pijatlah hingga merata. Lalu biarkanlah selama 2 jam baru kemudian dibilas menggunakan sampo merang agar rambut bisa mengkilap dan lebat.
Sampo merang terbuat dari 1 ikat merang yang dibakar hingga menjadi arang, bukan abu, kemudian rendamlah dalam air dan biarkanlah semalaman. Saring, dan sampo merang sudah siap untuk digunakan keramas.
17. Manfaat jeruk nipis untuk menghentikan kebiasaan rokok
Irislah 1 jeruk nipis, kemudian isaplah setelah itu konsumsilah air putih. Untuk hasil yang baik maka lakukanlah beberapa kali dalam sehari.
18. Manfaat jeruk nipis untuk menyembuhkan vertigo
Vertigo adalah salah jenis sakit kepala yang dialami penderita dimana terdapat gangguan dalam persepsi gerakan yang tidak seharusnya yang diakibatkan oleh adanya gangguan pada sistem vestibular. Vertigo sering diikuti dengan gejala muntah dan mual serta adanya ketidakmampuan dalam menjaga keseimbangan tubuh yang akan mengakibatkan penderita kesulitan dalam berdiri atau berjalan.
Adapun cara untuk menyembuhkan vertigo yaitu dengan cara mengambil setengah genggam daun jeruk nipis yang sudah dilumatkan. Kemudian tambahkanlah 1 sendok makan air jeruk nipis setelah itu gosokkanlah pada pelipis, dahi dan tengkuk. Untuk hasil yang optimal maka lakukanlah sebanyak 2 kali dalam sehari.
19. Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi radang tenggorokan
Potonglah 3 buah jeruk nipis kemudian dimasak, lalu peras. Seduhlah air perasannya dengan menggunakan 1/2 cangkir air panas, tambahkanlah 1 sendok makan madu sambil diaduk hingga rata. Selagi hangat, gunakan ramuan ini untuk digunakan berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.
20. Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan lendir ditenggorokan.
Potonglah 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampunglah di gelas. Tambahkanlah sedikit garam, lalu aduk hingga rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.
21. Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan kurap atau panu
Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) hingga bersih, lalu tumbuklah secara halus. Kemudian Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk hingga rata. Balurkanlah pada area kulit yang sedang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari hingga sembuh.
22. Manfaat jeruk nipis untuk menyembuhkan malaria
Sediakanlah 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebuslah bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.
23. Manfaat jeruk nipis untuk mengobati terkilir
Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkanlah ke dalam poci lalu diseduh dengan menggunakan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. lalu Tambahkanlah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini digunakan untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukanlah sebanyak 3 kali dalam sehari.
24. Manfaat jeruk nipis untuk menyembuhkan pegal linu
Cucilah daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendamlah ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut pada bagian tubuh yang sakit.
25. Manfaat jeruk nipis untuk sakit gigi
Campurkanlah air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Lalu Tambahkanlah 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya peraslah ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.
26. Manfaat jeruk nipis untuk melangsingkan badan
Tambahkanlah air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minumlah ramuan ini pada setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.
27. Manfaat jeruk nipis untuk menambah stamina
Campurkanlah sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit menggunakan irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.
28. Manfaat jeruk nipis untuk tekanan darah tinggi
Sediakanlah 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cucilah sampai bersih, lalu tambahkanlah air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini dengan ditambahkan sedikit madu. Lakukanlah setiap hari.
 
 

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan

1. Manfaat jeruk nipis untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati
Jeruk nipis memiliki kandungan AHA atau Alpha Hydroxy Acids yang dapat mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati pada wajah kita. Hal tersebut sudah terbukti dengan munculnya berbagai penelitian. Kulit yang bersih mampu membuat pori-pori bernapas secara lebih bebas, mendorong terjadinya pembentukan kulit yang baru dan lebih sehat, dan menjaga kondisi elastisitas kulit. Untuk hasil yang maksimal, maka gunakanlah air jeruk nipis murni dan kemudian oleskanlah pada kulit wajah menggunakan bantuan kapas.
2. Manfaat jeruk nipis dalam membersihkan komedo.
Komedo adalah permasalahan yang seringkali dan umum terjadi pada setiap orang. Bahkan banyak orang telah merasakan kesusahan dalam membersihkan komedo karena selalu muncul. Padahal dengan menggunakan jeruk nipis maka kita mampu mengurangi komedo bahkan kita dapat menghilangkan komedo dari wajah kita. Terdapat resep tradisional yang telah dibuktikan ampuh dalam mengatasi komedo yaitu dengan menggosokkan air jeruk nipis pada area wajah yang terdapat banyak komedo pada setiap malam. Kemudian biarkan saja semelaman, dan bilaslah pada keesokan paginya. Untuk hasil yang maksimal maka lakukanlah secara rutin.
3. Manfaat jeruk nipis untuk membuat wajah bersinar dan sehat.
Dengan hilangnya komedo dan sel-sel kulit yang sudah mati maka tentunya kulit akan menjadi bersih dan akan terlihat bersinar. Kulit menjadi fresh dan memudahkan sel kulit baru untuk terus bermunculan.
Demikianlah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply