Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kulit

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kulit | Inilah manfaat bawang putih yang bisa kita rasakan pada kehidupan sehari-hari. Bawang putih merupakan keluarga umbi-umbian. Bawang putih kerap kali kita mengenalnya yaitu sebagai bumbu masakan dan telah terkenal pada berbagai negara. Adapun manfaat bawang putih juga berperan dalam mencegah terjadinya penyakit kanker.
Tetapi sayang, bawang putih memiliki aroma yang begitu menyengat sehingga membuat bawang putih jarang dikonsumsi secara langsung, melainkan dijadikan sebagai bumbu sehingga untuk pengonsumsiannya dalam jumlah sedikit.
Hampir disetiap bahan-bahan yang alami memilki manfaat tersendiri pada tubuh. Begitupun dengan bawang putih, namun sebelum kita beralih pada manfaat bawang putih maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang dimiliki oleh bawang putih.

  1. Manfaat bawang putih yang bisa dijadikan obat
Bawang putih adalah tumbuhan yang sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu, pada zaman mesir kuno, adapun kandungan bawang putih yaitu allicin yang memang diyakini sebagai zat yang dapat dijadikan sebagai obat. Allicin adalah salah satu komponen yang secara biologis bisa dikatakan aktif dan yang paling utama, hal inilah yang membuat bawang putih bermanfaat karena memiliki banyak kandungan Allicin. Adapun manfaat allicin adalah zat sebagai anti bakteri yang banyak terkandung dalam bawang putih.
Berbagai macam penelitian sudah dijalankan terhadap zat ini dan ditemukan bahwa ia mempunyai efek penting untuk menangani beberapa isu kesehatan seperti yang ada dibawah ini:
  • Dapat menurunkan berat tubuh
  • Dapat mengencerkan darah
  • Bisa mencegah hipertensi
  • Sebagai zat anti kanker
  • Sebagai antioksidan
  • Dan sebagai anti mikroba atau bakteri.
Zat allicin sebagai ciri khas dari bau bawang putih. Bawang putih mempunyai kandungan senyawa sulfur yang dinamakan Allicin dan sangat diyakini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Oleh karena itulah, bawang putih memiliki manfaat yang begitu besar.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kulit

  1. Manfaat bawang putih sebagai anti kanker
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat bawang putih yaitu untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Bawang putih bisa menyandang sebagai obat herbal yang dapat mencegah terjadinya kanker. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki kandungan sulfida alil yang dapat mencegah perkembangan sel kanker. Adapun bukti nyata yang telah didapatkan dari para peneliti yaitu adanya kandungan PhIP, yang merupakan salah satu bentuk dimana dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan suatu zat yang bisa memicu terjadinya kanker payudara pada perempuan. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan pada zat dially sulfida yang ada dalam bawang putih dapat menghambat adanya pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi sebuah karsinogen yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara. Oleh karena itu bawang putih diyakini dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel dari segala macam jenis kanker yang dapat berbahaya bagi tubuh anda.
  1. Manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darah tinggi
Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi, hal ini dibuktikan dari hasil riset para peneliti yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi kira-kira 7 sampai 8 persen. Oleh karena itu, jika anda ingin terhindar dari tekanan darah tinggi, maka anda baiknya mesti mengonsumsi bawang putih dalam setiap hari.
  1. Manfaat bawang putih yang kaya nutrisi dan rendah kalori
Bawang putih adalah salah satu herbal yang mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang dikatakan baik dan sangat dibutuhkan pada tubuh. Bawang putih memiliki banyak kandungan kalsium dan zat besi serta vitamin C.
Berikut merupakan suatu ringkasan pada nutrisi yang telah ditemukan oleh bawang putih per 136 gr:
  • Memiliki serat sebanyak 3 g yang dapat memenuhi 11% pada kebutuhan harian
  • Mempunyai karbohidrat sebanyak 45 gr yang dapat memenuhi kebutuhan 15% pada kebutuhan harian
  • Memiliki kandungan besi yang dapat memenuh 13 persen kebutuhan harian
  • Memiliki kalsium yang bisa memenuhi kebutuhan sebesar 25% harian.
  • Memiliki kandungan vitamin C yang dapat memenuhi 71 persen pada kebutuhan harian.
Nutrisi yang terkandung dalam bawang putih memiliki manfaat terhadap tubuh manusia, dan uniknya pada bawang putih tidak memiliki kandungan yang dapat membahayakan tubuh seperti adanya kalori dan lemak jenuh.
  1. Manfaat bawang putih sebagai sumber antibakteri dan antioksidan yang ampuh
Manfaat bawang putih yang paling populer ialah bawang putih bisa menjadi sumber antioksidan yang sangat banyak dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kemudian bawang putih tidak hanya mencegah, akan tetapi bawang putih dikenal sebagai anti bakteri dan anti virus, adapun zat yang dikandung oleh bawang putih dapat menghambat perkembangan jamur, ragi, virus, cacing dan bakteri yang ada dalam tubuh. Baca juga: Manfaat buah naga
  1. Manfaat bawang putih dalam memangkas kolesterol yang jahat (LDL)
Inilah manfaat bawang putih yang dapat dijadikan sebagai obat herbal akan tetapi dapat dijadikan sebagai bumbu masakan yang dari hasil riset menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol yang jahat. Ia dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL yang ada dalam tubuh dengan cara signifikan, terdapat berbagai macam riset yang telah membuktikan manfaat bawang putih yang dapat memangkas LDL dengan banyak sekitar 10 sampai 15 %. Dan walaupun bawang putih dapat membasmi kolesterol jahat seperti LDL, tapi tidak berperan membasmi kolesterol baik (HDL) sehingga tubuh anda tetap sehat.
Kemudian manfaat bawang puti dapat memproduksi insulin yang banyak, hal ini juga sama dengan manfaat kulit manggis yang kalau dikonsumsi dengan teratur maka dapat meningkatkan insulin yang ada dalam tubuh sehingga dapat mengurang kadar gula yang ada dalam darah.
  1. Manfaat bawang putih untuk awet muda.
Tentunya sudah menjadi rahasia Tuhan jika kita berbicara umur, dan manusia hanya bisa berusaha agar tetap menjaga kesehatan tubuhnya untuk terus awet muda, oleh karena itu manusia mencoba memanfaatkan bawang putih untuk menjaga tubuhnya agar tetap awet muda. Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab dalam penggunaan bawang putih untuk membuat tubuh menjadi awet muda yaitu:
  • Bawang putih bermanfaat dalam menghindari kanker yang dapat menjadi pembunuh utama di dunia
  • Bawang putih memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya penyakit jantung yang mampu memangkas LDL yang ada dalam darah.
  • Manfaat bawang putih dapat mengurangi adanya tekanan darah tinggi.
  • Sebagai antivirus, anti bakteri dan antioksidan.
  1. Manfaat bawang putih untuk mempercantik kulit
Bukan hanya persoalan kesehatan yang dapat diatasi oleh bawang putih, melainkan juga bawang putih dapat memberi manfaat pada kulit atau dapat mempercantik kulit anda, seperti pada manfaat buah naga, manfaat daun sirsak, manfaat jeruk nipis, manfaat daun sirih. Adapun manfaat bawang putih sebagai penjaga kecantikan kulit:
  • Manfaat bawang putih dapat membersihkan komedo. Komedo seringkali muncul pada area hidung sehingga dapat menggangu penampilan anda. Oleh karena itu untuk mencegah hadirnya komedo maka anda bisa memanfaatkan bawang putih dengan cara menghaluskan bawang putih, kemudian dioleskan pada area tubuh yang banyak komedo.
  • Manfaat bawang putih dalam menghilangkan noda bekas luka pada tubuh. Tentunya jika anda memiliki bekas luka pada tubuh pasti akan merasakan kurangnya percaya diri dalam diri anda, sehingga hal inilah yang akan membuat kita tidak bisa secara optimal dalam berinteraksi kepada siapapun. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan. bawang putih dalam membersihkan sisa luka pada kulit karena memiliki sifat anti radang, oleskanlah bawang putih pada tubuh yang memiliki noda luka.
  • Manfaat bawang putih sebagai obat jerawat. Jika anda ingin menghilangkan jerawat pada wajah anda maka anda bisa memanfaatkan bawang putih dalam menghilangkan jerawat anda, adapun caranya yaitu dengan mempersiapkan 1 siung bawang putih yang dihaluskan, kemudian dibalurkan pada area kulit yang terkena jerawat, kemudian kita diamkan selama 10 menit atau gunakanlah saat ingin tidur. Pada keesokan harinya, jerawat akan segera mengempes dan lebih kecil, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukanlah dengan rutin.
  1. Manfaat bawang putih dalam mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia
Bawang putih dapat mencegah penyakit syaraf yaitu alzheimer dan demensia. Penyakit tersebut dapat merusak syaraf atau terjadinya oksidatif yang telah disebabkan oleh radikal bebas yang memiliki peran untuk memproses terjadinya penuaan dini. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat mendukung terjadinya mekanisme perlindungan pada tubuh dari kerusakan oksidatif.
Terdapat suplemen yang ada dalam bawang putih sudah terbukti dapat meningkatkan pada enzim antioksidankepad manusia, serta dapat mengurangi terjadinya stres oksidatif di pasien dengan adanya tekanan darah tinggi.
Kemudian dengan adanya manfaat bawang putih seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol jahat serta sifat antioksidannya maka bisa membantu anda terhindar dari penyakit otak seperti demensia dan alzheimer.
  1. Manfaat bawang putih dalam menurunkan berat badan
Telah banyak riset yang sudah membuktikan bahwa bawang putih memiliki zat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya sehingga dapat membantu tubuh anda dalam mengatur sel lemak yang ada dalam tubuh kita. Berat bedan atau obesitas terjadi disaat lemak secara terus menerus terbentuk, pada tahapan ini akan mengubah pre-adiposit menjadi sel-sel lemak yang melalui proses yang disebut sebagai sistem inflamasi. Kemudian mengenai Vinyldithiin yang terkandunga dalam bawang putih bisa membantu dalam menghambat terjadinya proses inflamasi yang dikatakan baik dalam mencegah berat badan yang berlebihan.
  1. Manfaat bawang putih dalam menghilangkan sakit gigi
Jika anda sedang terkena sakit gigi maka anda bisa memanfaatkan bawang putih, tentunya hal ini diluar dugaan kita, tapi hasil riset menunjukkan bahwa bawang putih dapat menghilangkan sakit gigi karena bawang putih dapat membasmi bakteri. Sifatnya yang sebagai anti bakteri memiliki kemampuan pada bawang untuk menghilangkan sakit gigi. Kemampuan bawang putih dalam menghilangkan sakit karena bawang putih memiliki kandungan analgesik yang sangat ampuh dalam mengatasi sakit gigi.
  1. Manfaat bawang putih dalam meningkatkan metabolisme zat besi
Penelitian saat ini tentang bawang putih sudah membuktikan bahwa bawang putih sangatlah ampuh dalam meningkatkan metabolisme pada zat besi. Zat besi tersimpan dalam sel yang terdapat di tubuh kita, aktivitas selanjutnya ialah adanya pemindahan yang keluar dari sel dan akan kembali pada sirkulasi tubuh yang tentunya dapat memperoleh protein yang dikatakan sebagai ferroportin. Ferroportin ialah protein yang mampu berjalan untuk melintasi membran sel dan dapat menyediakan jembatan untuk zat besi dalam meninggalkan dan menyeberang sel. Bawang putih juga mampu meningkatkan produksi pada protein sehinga dapat membantu dalam menjaga zat besi yang telah beredar dalam tubuh sesuai kebutuhan.
  1. Manfaat bawang putih lanang pada ibu hamil
Mengacu pada penelitian kesehatan yang telah dilakukan oleh komunitas Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani adn dokter I Das pada Laboratoriaum Academic Department of Obsterrics and Gynaecology, pada wilayah chelsea dan westminster Hospital telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu pertumbuhan pada bayi lebih cepat dan dapat menambah daya sistem imun dan dapat membantu dalam menghindari permasalahan persalinan karena komplikasi.
  1. Manfaat bawang putih sebagai obat batuk
Bawang putih memiliki banyak kandungan sulfur yang dapat dijadikan sebagai zat yang membasmi batuk. Hal ini disebabkan bahwa pada bawang putih dapat meningkatn terjadinya proses pada perilaku membran Mucous di wilayah pernapasan manusia sehingga terjadi pemampatan di area hidung sehingga dapat segera teratasi. Selain tiu, berkat adanya zat phytochemical maka bawang putih dapat dengan mudah membunuh segala macam pengaruh dari virus maupun bakteri yang dapat membahayakan tubuh.
  1. Manfaat bawang putih lanang untuk mengobati wasir
Wasir adalah suatu penyakit yang menyerang anus sehingga terjadi pendarahan pada anus, adapun cara untuk mengobati wasir yaitu dengan cara memanfaatkan bawang putih lanang. Caranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama bersihkanlah pada area yang terkena wasir dengan menggunakan air yang hangat dan sabun mandi
  • Kemudian lumatkanlah bawang putih dengan menggunakan ulekan atau yang lain
  • Lalu balurkanlah pada area yang terkena wasir
  • Kemudian biarkanlah selama 10 menit
  • Setelah itu basuhlah sampai bersih.
  1. Manfaat bawang putih dalam meningkatkan vitalitasi dan stamina pria
Sebuah studi ilmia telah menerangkan bahwa bawang putih bisa menjadi salah satu obat herbal yang dapat meningkatkan vitalitas dan stamina pria tanpa memiliki efek samping. Oleh karena itu bagi anda yang ingin meningkatkan vitalitas dan staminanya maka silahkan mengonsumsi bawang putih tapi dalam jumlah yang wajar.
Efek samping pada bawang putih
Dalam penggunaan bawang putih secara berlebihan ternyata dapat memiliki efek samping yaitu sebagai berikut:
  • Pada kulit, jika anda terlalu banyak menggunakan pada kulit maka akan terlihat seperti bekas terbakar.
  • Pada kehamilan dan menyususi, Memang bawang putih aman untuk kehamilan akan tetapi jika terlalu banyak akan mempengaruhi kehamilan dan menyusui anda.
Demikianlah informasi mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan, semoga informasi mengenai manfaat bawang putih ini bermanfaat untuk anda. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply