1000 Manfaat daun sirih untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan | Inilah manfaat daun sirih yang dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan anda. Daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan asli Indonesia yang pertumbuhannya dengan cara bersandar dibatang pohon yang lain (merambat). Pada jaman dahulu, para nenek dan kakek kita memang sering mengunyah daun sirih dengan dicampur pinang, kapur dan gambir, akan tetapi seiring bertambahnya waktu dan zaman pun berganti kebiasaan mengunyah daun sirih ini perlahan-lahan menghilang. Daun sirih memiliki manfaat yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Daun sirih memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, apalagi daun sirih memiliki kandungan flavooid, tanin, alkoloid, polifenol, sapoponin, allyprokatekol, minyak atsirih, eugenol, karvokol, cineole, kadimen, coryofelen, terpenana, ekstragol dan propoda.
Senyawa polifenol dan flavoid yang terkandung dalam daun sirih memiliki manfaat menjadi antiflamasi, antidiabetic dan antioksidan. Kemudian sementara itu, pada senyawa alkaloid memiliki manfaat yang dapat menghambat pertumbuhan pada sel-sel kanker. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian pada tikur putih yang telah terkena penyakit diabetes, setelah dilakukan percobaan ternyata daun sirih dapat menurunkan kadar gula pada tikus putih tersebut. Sehingga dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat daun sirih bisa mengontrol gula darah yang ada didalam tubuh para penderita diabetes mellitus. Kemudian pada kandungan senyawa karvakol yang ada dalam sirih merah mempunyai manfaat sebagai antijamur dan desinfektan yang sangat cocok kita manfaatkan sebagai obat keputihan dan obat kumur. Kemudian untuk kandungan daun sirih memiliki senyawa eugenol yang dapat bermanfaat sebagai pereda nyeri atau analgesic. Lalu untuk kandungan tannin memiliki manfaat untuk menyembuhkan diare dan dapat menjadi antiseptik pada area yang terluka. Ditambah lagi daun sirih dapat dijadikan sebagai ramuan yang bisa dikombinasikan dengan jenis herbal yang lainnya.
Nah, berdasarkan daftar kandungan senyawa yang dimiliki oleh daun sirih maka dapat disimpulkan bahwa daun sirih memiliki manfaat yang sangat banyak sehingga dapat dijadikan obat herbal dalam mengobati segala macam penyakit seperti hepatitis, asam urat, diabetes, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, batu ginjal, radang prostat, keputihan, kelelahan, maag, radang mata, memperhalus kulit dan nyeri sendi. Untuk lebih lengkapnya manfaat daun sirih untuk kesehatan maka anda bisa menyaksikan manfaat daun sirih seperti yang ada dibawah ini:

Kumpulan manfaat daun sirih untuk kesehatan

 

  1. Manfaat daun sirih mampu mengobati batuk
Daun sirih memiliki manfaat dalam mengobati yang namanya batuk, tentunya setelah memakai berkumur ramuan daun sirih ini maka kerongkongan penderita batuk akan merasakan kehangatan yang nyaman sehingga dapat mengatasi batuk si penderita. Adapun cara untuk memanfaatkan daun sirih untuk batuk yaitu dengan cara mempersiapkan daun sirih yang telah diiris-iris, setelah itu dimasukkan kedalam air sebanyak 2 gelas, kemudian ditambahkan dengan daun bidara upas. Lalu campuran tersebut direbus, dan dicampur menggunakan madu dengan secukupnya, kemudian ramuan dipakai untuk berkumur. Ketika berkumur sebaiknya dapat menjangkau area kerongkongan.
  1. Manfaat daun sirih dalam mengurangi produksi ASI
Produksi ASI yang terlalu berlebihan tentunya mubazzir dan tidak bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan daun sirih maka dapat mengatasi produksi ASI yang terlalu berlebihan. Adapun cara untuk memanfaatkan daun sirih untuk mengurangi produksi yaitu dengan cara mengambil 4 lembar daun sirih dan kemudian diolesi dengan menggunakan minyak kelapa. Sesudah itu dipanggang diatas api, akan tetapi jangan biarkan daun sirih tersebut hangus terbakar. Setelah pada kondisi selagi masih hangat, daun sirih segera ditempelkan pada area payudara.
  1. Manfaat daun sirih dalam mengobati penyakit jantung
Daun sirih mempunyai beberapa kandungan senyawa yang mampu mengobati penyakit jantung, hal ini dilihat dari manfaat daun sirih dapat memperlancar aliran darah ke jantung, sehingga dari premis ini maka daun sirih juga mampu mengobati penyakit jantung. Nah, adapun cara untuk membuat ramuan daun sirih dalam mengobati penyakit jantung yaitu dengan cara menyiapkan daun sirih sebanyak 3 lembar, bawang merah sebanyak 3 siung, jintan putih sebanyak 1 sendok makan dan biji kemukus sebanyak 7 pasang. Kemudian keseluruhan bahan tersebut bersama-sama ditumbuk sampai halus, lalu ditambahkan dengan air panas sebanyak 5 sendok, setelah itu kita biarkan untuk beberapa menit, selanjutnya kita peras dan sekaligus menyaringnya. Nah dari hasil saringan itulah yang dijadikan sebagai obat dengan takaran diminum sebanyak 2 kali dalam 1 hari dengan teratur dan rutin.
  1. Manfaat daun sirih mampu mengobati penyakit sifilis.
Penyakit sifilis adalah suatu penyakit kelamin yang telah disebabkan oleh adanya bakteri spirochaeta pallida yang saat ini disebut sebagai treponema pallidum. Ciri-ciri bakteri sifilis ini berbentuk spiral yang berwarna putih dan mudah mati jika berada diluar tubuh. Sifilis merupakan penyakit yang menular dimana ditularkan secara seksual, biasanya orang yang terkena sifilis adalah orang yang sering melakukan hubungan intim akan tetapi tidak memperhatikan kesehatan kelamin sebelum dan sesudah berhubungan. Nah, walaupun sifilis memiliki obat penangkal dalam menyembuhkan sifilis, akan tetapi sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan kembali tanpa adanya perhatian khusus pada kondisi kesehatan kelamin sebelum dan sesudah berhubungan karena sifilis juga ketika sudah berada dalam kondisi berbahaya maka akan sulit disembuhkan. Akan tetapi untuk penderita yang masih belum parah maka anda dapat memanfaatkan daun sirih dalam mengobati penyakit sifilis yaitu dengan cara menyiapkan ¼ kg gula aren, garam dapur dan 25 sampai 30 lembar daun sirih dengan tangkainya. Kemudian pada semua bahan tersebut itu direbus secara bersamaan ke dalam air sebanyak 2 liter hingga mendidih, setelah itu lakukan penyaringan. Hasil saringan tersebut kemudian diminum dalam 3 kali sehari secara berkelanjutan.
Baca Juga:
  1. Manfaat daun sirih untuk mengobati Bronkitis
Bronkitis merupakan infeksi pada area saluran udara utama di bronkus atau paru-paru yang mengakibatnya terjadinya inflamasi atau peradangan pada area saluran udara tersebut. Keadaan tersebut masuk dalam kategori penyakit pernapasan. Adapun gejala yang dapat diakibatkan oleh penyakit bronkitis yaitu batuk yang disertai dengan lendir yang berwarna hijau atau kuning keabu-abuan, sakit pada area tenggorokan, sesak napas, hidung tersumbat atau beringus, sakit yang tidak nyaman pada dada dan sering kelelahan. Untuk penyakit bronkitis tentunya mesti diatasi dengan cara yang baik dan sesegera mungkin agar bronkitis tidak bertambah parah. Adapun cara untuk menanggulangi penyakit bronkitis yaitu dengan cara menyediakan daun sirih sebanyak 7 lembar dengan ditambahkan 1 potong gula. Kemudian daun sirih dirajang, setelah itu direbus dengan gula batu bersama air sebanyak 2 gelas hingga mendidih sampai tertinggal 1 gelas, kemudian disaring, lalu ramuan itu diminum sebanyak tiga kali dalam sehari dengan takaran sendok makan.
  1. Manfaat daun sirih untuk menyembuhkan diare.
Diare merupakan suatu penyakit dimana kotoran atau feses atau tinja mengalami perubahan tekstur dari agak padat menjadi cair atau lembek yang biasanya muncul paling sedikit tiga kali dalam waktu 24 jam. Penyebab diare ini muncul dari gejala dari penyakit, alergi, luka dan kelebihan vitamin C, serta terlalu mengonsumsi buah-buahan tertentu. Biasanya diare disertai dengan adanya muntah dan mual serta sakit perut. Penyakit diare tentunya akan menghambat anda dalam beraktivitas. Oleh karena itu butuh penyembuhan pada penyakit diare, tetapi anda jangan khawatir dengan penyakit diare karena anda bisa memanfaatkan daun sirih yaitu dengan cara menyiapkan daun sirih dengan daun sebanyak 6 lembar, merica sebanyak 6 butir dan minyak sebanyak 1 sendok. Setelah itu, haluskanlah ketiga bahan tersebut dengan cara ditumbuk, kemudian gosokkanlah di perut penderita diare.
  1. Manfaat daun sirih dalam mengobati gusi berdarah
Gusi adalah tempat bertumbuhnya gigi yang tentunya tidak pernah luput dari adanya gangguan seputar gusi. Banyak orang yang mengalami pembengkakan gusi karena adanya sisa makanan pada area gigi atau adanya gigi berlubang, dan terkadang berada dalam gigi yang akan muncul ketika ditusuk menggunakan tusuk gigi yang ternyata tanpa kita sadari bisa mengenai gusi dan tentunya semakin menambah bakteri dan kuman segera berkembang biak kemudian timbul sakit gigi. Adapun cara pencegahan gusi berdarah, anda dapat memanfaatkan daun sirih dengan cara mempersiapkan daun sirih sebanyak 4 lembar yang dicampur dengan air, lalu direbus hingga mendidih. Dinginkan sebentar, air rebusan itu digunakan sebagai obat kumur. Lakukanlah secara berulang sampai sembuh.
  1. Manfaat daun sirih dalam menyembuhkan mimisan
Penyakit mimisan merupakan penyakit pendarahan yang berasal dari hidung yang terjadi karena kelainan sistemik pada pembuluh darah, apalagi adanya permukaan lendir pada hidung sangat tipis sehingga akan mudah pecah dan akhirnya terjadi mimisan, mimisan biasanya menjadi tanda bahwa si penderita mengalami alergi rhinitis musiman. Nah, adapun cara untuk menghilangkan mimisan yaitu dengan mempersiapkan daun sirih sebanyak 1 lembar yang agak muda, kemudian dilumatkan, digulung sambil kita tekan sampai minyaknya menjadi keluar. Sesudah itu kita gunakan dalam menyumbat hidung sampai darahnya tidak keluar lagi.
  1. Manfaat daun sirih dalam mengobati gigi berlubang
Kalau anda sedang mengalami sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang, maka segeralah mengambil daun sirih sebanyak satu lembar dan direbus menggunakan air sebanyak dua gelas sampai mendidih. Air rebusan daun sirih itu kita gunakan untuk berkumur. Lakukanlah secara berulang-ulang sampai sembuh.
  1. Manfaat daun sirih untuk mengobati kanker
Penyakit kanker merupakan penyakit dimana sel pada jaringan tubuh akan tumbuh secara tidak normal dan secara terus menerus mengalami pembelahan diri dengan cepat dan tidak bisa terkendali. Ketika anda ingin menyembuhkan penyakit kanker, maka anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk menyembuhkan kanker yaitu dengan cara mengambil daun sirih sebanyak beberapa lembar daun sirih secukupnya, setelah itu direbus dengan air sampai airnya menjadi ¼ bagian, kemudian ambillah air hasil rebusannya, setelah itu dicampur menggunakan madu. Lalu minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari dalam keadaan hangat.
  1. Manfaat daun sirih untuk melancarkan buang air kecil
Daun sirih memiliki sifat diuretik yang memiliki manfaat dalam melancarkan buang air kecil. Kalau anda sedang mengalami penyakit susah dalam buang air kecil maka anda bisa mencobanya dengan menggunakan daun sirih dalam melancarkannya, anda bisa mengonsumsi dalam bentuk jus daun sirih. Adapun caranya itu dengan mencampurkan madu dan susu dalam jus daun sirih, setelah diminum selama 1 minggu sekali.
  1. Manfaat daun sirih dalam mengobati gatal-gatal atau koreng
Salah satu dari manfaat daun sirih yakni mampu mengobati koreng dan gatal-gatal yang diakibatkan oleh jamur dan kuman. Anda bisa mengobatinya hanya dengan menggunakan rebusan daun sirih. Adapun caranya yaitu dengan mengambil 15 sampai 20 daun sirih, setelah itu dicuci bersih dan direbus. Kemudian gunakanlah air rebusannya dan dioleskan pada area yang terkena gatal atau koreng.
  1. Manfaat daun sirih dalam mengobati jerawat
Untuk anda yang memiliki masalah jerawat dan menginginkan untuk segera terhindar dari permasalahan jerawat maka anda bisa menggunakan daun sirih yaitu dengan cara mengambil 8 sampai 10 lembar daun sirih, lalu dicuci sampai bersih, remas atau ditumbuk kasar, setelah itu diseduh menggunakan air yang panas dan digunakan pada air tersebut dalam membasuh luka. Jalankan cara ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari.
  1. Manfaat daun sirih dalam menghilangkan bau badan
Anda memiliki permasalahan pada bau badan, dan berniat untuk menghilangkan bau badan secara alami. Anda bisa mencoba daun sirih dalam menghilangkan bau badan anda yaitu dengan cara mempersiapkan 5 lembar daun sirih dan direbus dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas. Tunggulah sampai tersisa 1 gelas. Lalu minumlah pada siang hari, lakukanlah cara ini sampai badan menghilang.
  1. Manfaat daun sirih untuk mengobati bisul
Kalau anda tengah terkena bisul maka anda bisa menggunakan daun sirih untuk dapat mengobatinya. Adapun caranya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan daun sirih tua lalu dibubuhkan pada area yang terkena bisul. Agar daun sirih tidak mudah terlepas maka gunakan balutan kain untuk melekatkankan daun sirih pada kulit.
Demikianlah informasi mengenai Kumpulan manfaat daun sirih untuk kesehatan, semoga informasi Kumpulan manfaat daun sirih untuk kesehatan dapat memiliki manfaat. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply