1000 Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun sirih – Inilah manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh manusia, nah bagi anda yang belum tahu manfaat daun sirih maka berikut ulasan tentang manfaat daun sirih yang lengkap:
Daun sirih memiliki dua jenis yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah, tentu saja kedua jenis daun sirih itu memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih terstruktur maka ada baiknya kita membahas satu persatu, yaitu sebagai berikut:
– Manfaat daun sirih hijau
1. Manfaat daun sirih hijau dalam menyembuhkan penyakit asma yaitu dengan cara merebus 4 helai daun sirih hijau di dalam air sebanyak 2 gelas, kemudian rebuslah hingga airnya menjadi 1 gelas. Setelah itu minumlah air rebusannya dengan teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Baca juga manfaat daun sirsak
2. Manfaat daun sirih hijau dalam menyembuhkan radang pada area tenggorokan yaitu dengan cara yang sama dalam mengobati penyakit asma. Baca manfaat kulit mangis
3. Manfaat daun sirih hijau dalam menghilangkan bau badan yang bau yaitu dengan cara menumbuk beberapa helai daun sirih hijau, kemudian dioleskan pada area ketiak anda, setelah itu lakukanlah seara teratur sesudah mandi.
4. Manfaat daun sirih hijau dalam menyembuhkan penyakit kulit semisal eksim basah dan eksim kering yaitu dengan cara yang sama pada proses menghilangkan bau badan yang bau.
5. Manfaat daun sirih hijau dalam menghilangkan jerawat yang sangat membndel yaitu dengan cara mengoleskan pada wajah yang berjerawat kemudian didiamkan dalam tempo 1 jam, setelah itu basuhlah wajah anda dengan air yang hangat.
6. Manfaat daun sirih hijau dalam menyembuhkan sakit mata yaitu dengan cara rebuslah 1 lembar daun sirih hijau bersama setengah gelas air. Kemudian rebuslah sampai mendidih, setelah itu diamkanlah sampai airnya betul-betul hangat-hangat kuku, kemudian teteskan pada area mata yang sakit.
7. Manfaat daun sirih hijau dalam melancarkan haid yang datang secara tidak teratur dengan cara meminum air rebusan daun sirih hijau.
8. Manfaat daun sirih hijau dalam mengusir nyamuk, semut dan lalat yaitu dengan cara mengibaskan pada area kamar menggunakan air bekas rendaman daun sirih hijau.
9. Manfaat daun sirih hijau dalam mengatasi mimisan yaitu dengan cara memasukkan daun sirih pada lubang hidung yang sebelumnya daun sirih digulung-gulung.
10. Manfaat daun sirih hijau dalam menghilangkan bau mulut yang tidak sedap yaitu dengan cara merebus daun sirih hijau sebanyak 2 sampai 3 lembar, setelah itu untuk air rebusannya digunakan untuk dikumur-kumur, kemudian lakukanlah metode ini pada saat malah hari sebelum tidur dengan cara teratur dan rutin maka bau mulut yang tidak sedap akan segera hilang.
11. Manfaat daun sirih hijau dalam mengobati sakit gusi dan gigi yang bengkak yaitu dengan cara mengunyah daun sirih hijau sebanyak satu lembur kemudian diamkan selama beberapa saat sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah itu bersihkanlah dengan cara berkumur-kumur menggunakan air hangat, kemudian lakukanlah pengobatan ini dengan rutin dan sakit gigi bersama bengkaknya akan perlahan-lahan sembuh.
12. Manfaat daun sirih hijau dalam mengatasi keputihan yaitu dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih hijau, kemudian air rebusannya diminum secara teratur dalam setiap hari dan juga bisa dibasuhkan pada area miss V anda.
13. Manfaat daun sirih hijau untuk mengobati sariawan yaitu dengan cara mengunyah satu helai daun sirih hijau, kemudian didiamkan beberapa saat, setelah itu berkumur-kumurlah dengan menggunakan air yang hangat. Jika anda tidak kuat akan baunya maka anda bisa merebus 3 helai daun sirih menggunakan 2 gelas air, setelah itu rebuslah sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Lalu kumur-kumurlah menggunakan air rebusan daun sirih tadi dalam kondisi hangat. Setelah itu minumlah secara teratur sebanyak 1 gelas dalam sehari sampai sariawannya sembuh. Baca juga manfaat buah naga
14. Manfaat daun sirih hijau dalam mengobati demam berdarah yaitu dengan cara merebus 5 helai daun sirih yang telah ditambah 2 gelas air, kemudian direbus sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu, air rebusan daun sirihnya diminum dengan teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Dan untuk mencegah adanya gigitan nyamuk demam berdarah maka anda bisa melakukan cara seperti menumbuk daun sirih sampai halus, kemudian dioleskan ke bagian tubuh yang tidak sedang terlindungi maka nyamuk demam berdarah tidak akan menggigit. Baca juga manfaat bawang putih
15. Manfaat daun sirih dalam mengobati luka bakar yaitu dengan cara daun sirih dipanaskan sampai layu kemudian ditempelkan pada area kulit yang terkena api. Tunggu sampai beberapa hari maka laku bakarnya akan sembuh. Baca juga manfaat minyak zaitun
16. Manfaat daun sirih dalam menghilangkan gatal-gatal pada area kulit yaitu dengan cara menumbuk daun sirih hijau hingga halus lalu oleskanlah pada area kulit yang telah mengalami gatal-gatal. Kemudian dalam beberapa saat maka gatal-gatal akan segera menghilang.

Manfaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan

– Manfaat daun sirih merah

Daun sirih merah memiliki nama latin yaitu Piper crocatum mempunyai manfaat yang sangat banyak. Selain itu, manfaat daun sirih merah dapat menyembuhkan segala gangguan penyakit. Dalam kegiatan-kegiatan keraton, ternyata daun sirih merah selalu digunakan dalam menghaluskan kulit. Seiring hadirnya beberapa penilitian maka ditemukan bahwa daun sirih memiliki kandungan polifenol, alkoloid, flavonoid, minyak atsirih, allylprokatekol, eugenol, tanin, cineole, kadimen, coryofelen, ekstragol, propoda dan terpenana. Baca juga manfaat madu
Senyawa polifenol dan flavoid memiliki manfaat sebagai antiflamasi, antidiabetic dan antioksidan. Sementara itu, senyawa alkaloid sangatlah baik digunakan dalam menghambat pertumbuhan adanya sel-sel kanker. Rebusan daun sirih merah yang telah diberikan pada tikus putih yang terserang diabetes juga mampu diatasi daun sirih dimana ditunjukkan dengan menurunnya kadar gula darah yang ada pada tikus. Ini telah menjadi bukti bahwa daun sirih merah cocok dalam mengatasi penyakit diabetes melitus. Kemudian dalam kandungan daun sirih memiliki senyawa karvakol yang bermanfaat sebagai antijamur dan desinfektan yang baik untuk obat keputihan dan obat kumur.

Selain itu, didalam daun sirih memiliki kandungan senyawa eogenol yang bermanfaat sebagai analgesic atau pereda rasa nyeri. Ditambah lagi terdapat senyawa tannin yang memiliki manfaat dalam menyembuhkan diare dan menjadi antiseptik pada area luka.
Nah berdasarkan kandungan yang dimiliki daun sirih merah maka dapat disimpulkan bahwa daun sirih merah memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai berikut:
1. Manfaat daun sirih merah dalam mengobati batuk yaitu dengan cara menyediakan 4 helai daun sirih, 3 helai daun bidara upas dan madu yang secukupnya. Kemudian daun sirih mesti diiris-iris, lalu direbus dengan daun bidara upas kedalam 2 gelas air yang mendidih. Setelah itu, dinginkanlah, kemudian tambah kan madu secara secukupnya, setelah itu ramuan tersebut dapat dibuat untuk berkumur kemudian usahakan dapat menjangkau area kerongkongan.
2. Manfaat daun sirih dalam mengurangi produk ASI yaitu dengan cara mengambil 4 helai daun sirih dan oleskan dengan minyak kelapa, kemudian pangganglah diatas api tapi jangan sampai terbakar hangus. Dalam kondisi masih hangat, daun sirih itu ditempelkan pada area payudara.
3. Manfaat daun sirih merah untuk mengatasi penyakit jantung yaitu dengan menyediakan 3 helai daun sirih, 7 biji kemukus, 1 sendok makan jintan putih dan 3 siung bawang merah. Semua bahan-bahan tersebut ditumbuk hingga halus, lalu ditambahkan dengan 5 sendok air panas, kemudian biarkanlah sampai beberpa menit, kemudian semuanya diperas, dan disaring. Ramuan tersebut mesti diminum sebanyak 2 kali dalam sehari dan dilaksanakan secara teratur.
4. Manfaat daun sirih merah untuk mengatasi penyakit sifilis yaitu dengan cara menyiapkan 25 sampai 30 helai daun dengan tangkainya, seperempat (1/4) kg gula aren dan garam dapur yang secukupnya. Kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 2 liter air hingga mendidih, setelah itu disaring. Kemudian ramuan tersebut dapat diminum sebanyak 3 kali dalam sehari secara berkelanjutan.
5. Manfaat daun sirih merah untuk mengatasi bronkhitis yaitu dengan menyediakan 7 helai daun sirih, 1 potong gula batu. Kemudian daun sirih dirajang, setelah itu direbus dengan gula batu bersama air sebanyak 2 gelas sampai mendidih sampai menyisakan 1 gelas, setelah itu disaring, kemudian diminum sebanyak 3 kali dalam sehari dengan ukuran 3 sendok makan.
6. Manfaat daun sirih merah untuk mengatasi diare yaitu dengan cara menggunakan daun sirih sebanyak 6 helai, 6 butir merica, dan minyak sebanyak 1 sendok makan. Setelah itu, tumbuklah ketiga bahan tersebut sampai lembut, kemudian gosokkanlah pada area perut pada penderita diabetes.
7. Manfaat daun sirih merah dalam mengobati gusi berdarah yaitu deng cara mengambil 4 helai daun sirih kemudian direbus bersama dua gelas air sampai mendidih. Setelah itu, dinginkanlah, kemudian air rebusan tersebut dapat digunakan dengan cara dikumur-kumur. Lakukanlah sampai berulang kali sampai sembuh.
8. Manfaat daun sirih merah dalam mengobati mimisan yaitu dengan cara mengambil 1 helai daun sirih merah yang masih muda kemudian lumatkan, setelah itu gulung sambil ditekan sampai minyaknya keluar dan gunakan untuk menyumbat hidung sampai tidak mengeluarkan darah lagi.
9. Manfaat daun sirih merah dalam mengobati gigi berlubang yaitu dengan cara menyediakan 1 helai daun sirih merah, kemudian rebuslah dengan air sebanyak 2 gelas sampai mendidih. Kemudian air rebusan pada daun sirih dapat dipakai untuk berkumur, setelah itu lakukanlah sampai berulang-ulang hingga sembuh.
10. Manfaat daun sirih merah dalam mengobati kanker yaitu dengan cara menyediakan beberapa helai daun sirih merah, kemudian rebuslah sampai airnya berkurang sampai 1/4 bagian, setelah itu ambil air hasil rebusannya pada daun sirih tersebut, kemudian campurkanlah bersama madu. Selanjutnya minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari saat masih hangat.

Baca juga:

Demikianlah informasi kesehatan mengenai manfaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan. Semoga artikel kesehatan mengenai daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan ini dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan tentang manfaat daun sirih.

Leave a Reply