Ciri-ciri orang hamil 1 minggu

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu | Kemungkinan diantara kita sudah ada yang mengetahui bahwa ciri-ciri orang hamil pada umumnya akan mengalami terlambat datang bulan dan mual-mual. Hanya saja jika kita cermati secara mendalam ternyata terlambat menstruasi dan mual-mual bukan berarti menjadi indikator bahwa perempuan itu hamil. Mungkin saja dia mual karena sedang masuk angin atau siklus menstruasinya sedang mengalami gangguan dan gangguan tersebut adalah hal yang wajar bagi perempuan.

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu

Lantas, ciri-ciri orang hamil yang manakah yang harus dijadikan landasan agar kita bisa mengetahui ciri-ciri orang hamil. Nah, disini, kita dapat mendeteksi orang hamil yang sudah lewat 1 minggu. Kemudian yang mesti kita ketahui bersama bahwa 1 minggu tidak dihitung dari pertama melakukan pembuahan, melainkan ciri-ciri yang ditunjukkan pada 1 minggu setelah menstruasi terakhir.
Bagi anda pasangan suami istri, tentunya memiliki anak adalah harapan bersama, rasanya jadi lengkap ketika telah ditemani oleh sang buah hati. Namun walaupun demikian ternyata banyak pasangan selalu was-was karena masih belum hamil, tentunya kekhawatiran itu dapat di perkecil dengan mengetahui ciri-ciri orang hamil 1 minggu. Untuk mengetahui ciri-ciri orang hamil dapat dilakukan dengan cara medis dan nonmedis, berikut informasi tentang ciri-ciri orang hamil:
ciri-ciri orang hamil
1. Ciri-ciri orang hamil 1 minggu non medis
Jika anda ingin mengetahui ciri-ciri orang hamil 1 minggu dengan cara melihat fisiknya maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan yaitu:
a. Munculnya bercak darah atau pendarahan
Di minggu pertama pada masa kehamilan perempuan akan terjadi pendarahan implantasi yang disebut sebagai implantation bleeding. Pendarahan ini muncul karena terjadi penempelan atau proses implantasi calon janin ke dinding rahim, tanda-tandanya berupa munculnya bercak darah seperti haid tapi dalam jumlah yang sedikit.
b. Terjadi sakit perut atau kram perut
Sama halnya dengan proses terjadinya pendarahan atau bercak darah, kram perut disebabkan oleh proses implantasi calon janin. Inilah yang menyebabkan anda sakit perut karena calon janin melakukan penempelan pada dinding rahim.
c. Terjadi perubahan pada payudara
Pada minggu pertama di masa kehamilan anda akan menyaksikan perubahan payudara anda dimana payudara akan lebih sensitif jika tersentuh oleh bra secara mendadak dan agak sedikit membesar ukurannya, kemudian jika diremas akan terasa lebih empuk dan lembut. Untuk beberapa perempuan akan merasakan gatal di area payudara dan puting yang bertambang membengkak atau menjulang. Ini dikarenakan terjadi perubahan hormon di tubuh anda.
d. Telat menstruasi atau datang bulan
Ciri-ciri orang hamil berupa telat datang bulan ini dikarenakan telah terjadi pembuahan di dalam sel ovarium, sehingga jika ini terjadi maka memperlambat terjadinya mestruasi, bahkan kemungkinan anda akan hamil.
e. Mengalami muntah dan mual-mual
Ciri-ciri orang hamil yang satu ini dapat dikenali sebagai ciri-ciri orang hamil jika terjadi mual-mual di sepanjang hari, ketika mual-mual terjadi maka kemungkinan besar akan hamil.
f. Sering buang air kecil
Saat hamil maka janin yang ada di dalam rahim menginginkan ruang yang cukup untuk tumbuh didalamnya sehingga hal ini yang menyebabkan tertekannya kandung kemih oleh rahim sehingga membuat anda ingin buang air kecil terus. Aktivitas keseringan membuang air kecil ini akan terjadi pada awal kehamilan atau 1 minggu masa hamil dan akan berhenti di minggu ke-12 dan pada saat itu perut akan mulai membesar di kisaran minggu ke 28.
g. Mengidam
ciri-ciri orang hamil mengenai mengidamnya dapat menjadi tolak ukur seorang perempuan mungkin hamil. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon pada masa kehamilan, dengan dimulai pada minggu pertama sampai 9 bulan.
h. Sensitif pada penciuman.
Ciri-ciri orang hamil mengenai sensitif pada penciuman ini memberikan informasi bahwa perempuan tersebut hamil dimana ketika ada asap rokok, minyak wangi dan bawang putih akan memutarbalikkan kesukaannya sehingga jika bau bawang putih disukai dulunya, maka saat hamil bau bawang putih tidak disukai, begitupun sebaliknya.
i. Sering mengantuk dan moody
Ciri-ciri orang hamil mengenai sering mengantuk dan moody bisa saja menjadi mungkin untuk seseorang itu hamil.
j. Gelisah dan stres
Kondisi mental ini mungkin bisa menjadi tolak ukur untuk mengetahui ciri-ciri orang hamil minggu pertama.
2. Ciri-ciri orang hamil 1 minggu secara medis
Selain cara non medis sebagai ciri-ciri orang hamil, juga ada cara medis untuk mengetahui ciri-ciri orang hamil yaitu dengan menggunakan tes pak atau alat tes kehamilan yang banyak dijual di apotik. Tes urin ini sangatlah akurat untuk mengetahui anda sedang hamil. Pada saat anda tes kehamilan, plasenta anda akan terbuang bersama urin, sehingga ketika urin dites maka akan terlihat pada saat pagi hari dimana akan muncul 2 garis yang menunjukkan anda positif hamil pada tes pack dan 1 garis dengan maksud negatif yaitu tidak hamil.
Kemudian cara selanjutnya untuk mengetahui ciri-ciri orang hamil yaitu dengan menggunakan USG, alat USG ini akan memeriksa anda secara akurat apakah anda sedang hamil atau tidak, kemudian anda juga bisa melihat kondisi bayi anda di dalam rahim.
Nah, dari semua ciri-ciri orang hamil diatas, tentunya anda bisa mengetahui ciri-ciri orang hamil. Secara non medik tentunya masih berlaku kemungkinan, akan tetapi secara medik selalu memunculkan kejelasan bahwa anda sedang hamil.

 Baca juga:

Demikianlah informasi tentang ciri-ciri orang hamil | Semoga informasi tentang ciri-ciri orang hamil dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan tentang ciri-ciri orang hamil.

Leave a Reply