Apa itu Kanker, Gejala dan Penyebabnya

Apa itu Kanker, Gejala dan Penyebabnya | Sebagian dari kita belum tahu sebenarnya apa itu kanker, apa itu kanker, apa itu kanker?? Kanker merupakan suatu penyakit ganas yang menyerang tubuh manusia dimana terdapat sel-sel yang tidak normal dan selalu membelah tanpa terkontrol serta bertugas menyerang jaringan-jaringan yang adalam tubuh. Persebaran kanker ke seluruh tubuh melalui sistem limfa dan darah.
Penyakit Kanker bermula saat sel-sel dalam tubuh mulai membelah diri secara tak kendali. Sel-sel yang abnormal ini akan menyerang jaringan yang terdekat, atau berpindah pada daerah yang jauh dengan cara memasuki area pembuluh darah atau pada sistem limpatik.
Agar tubuh manusia dapat berfungsi secara normal, maka setiap organ-organ tubuh harus memiliki beberapa sel tertentu. Sel-sel abnormal ini sebagian besar berada menyerang organ tubuh, tapi memiliki usia yang pendek, dan bertugas menjaga fungsi tubuh, sel-sel ini mesti digantikan lewat proses pembelahan sel.
Pembelahan sel dikontrol oleh gen yang ada di inti sel. Mereka bertugas memerintahkan sel, protein apa yang mesti dibuat, dan bagaimana cara sel terus membelah dan berapa lama umur mereka. Kode genetik ini akan rusak disebabkan oleh sejumlah faktor yang dapat menimbulkan cacat. Cacat ini secara cepat mengubah dan memberhentikan fungsi sel, namun mungkin saja sel terus menerus akan membelah diri, bukannya mati melainkan sel tersebut bisa terus bertahan hidup.
Sejumlah mekanisme bertugas mencegah adanya kerusakan genetik dan bertugas menyingkirkan sel abnormal secara genetik di dalam tubuh. Namun untuk beberapa orang, ada yang memiliki pertahanan tubuh yang kurang dan akhirnya meloloskan sel yang abnormal ke dalam organ tubuh.
Sel-sel kanker dapat banyak asupan nutrisi agar bertahan dan tumbuh. Banyak tipe penyakit kanker bisa menstimulasi perkembangan pembuluh darah untuk mengadakan bahan makanan yang dibutuhkan.
Kanker bukanlah satu jenis penyakit saja melainkan memiliki 100 lebih berbagai jenis kanker, semisal kanker usus besar, kanker otak, kanker paru-paru, kanker hati, kanker ovarium, kanker mulut rahim, kanker kulit, kanker darah, kanker tulang, kanker payudara dan masih banyak lagi kanker yang berbagai bagi manusia.
Adapun untuk memudahkan kita dalam menelusuri kanker, terdapat beberapa pengelompokkan jenis kanker dalam sebuah kategori yang lebih luas, dimana kategori kanker sebagai berikut:
  • karsinoma, kanker dalam kategori karsinoma ini memulai serangannya dari kulit sampai pada jaringan yang ada dalam organ internal.
  • Sarkoma, Kanker dalam kategori sarkoma ini memulai serangannya lewat tulang, lemak, tulang rawan, pembuluh darah, otot dan segala pendukung jaringan penghubung.
  • Leukemia, kanker dalam kategori leukemia ini memulai serangannya pada jaringan pembentuk darah misalnya sumsum tulang dan melakukan sebuah penyusupan pada sel darah sehingga sel darah menjadi abnormal dalam produksinya.
  • Limpoma dan mieloma, kanker dalam kategori limpoma dan mieloma ini memulai serangannnya pada sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia.
  • Central nervous system cancers, kanker dalam kategori ini memulai serangannya pada sumsum tulang belakang dan jaringan otak.
Apa itu Kanker, Gejala dan Penyebabnya

Demikianlah informasi tentang Apa itu Kanker, Gejala dan Penyebabnya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply