Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Payudara

Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Payudara | Kanker Payudara adalah penyakit yang disebabkan karena adanya sel ganas (kanker) yang berada pada jaringan payudara. Sel-sel kanker biasanya hadir pada saluran atau lobula payudara. Sel-sel kanker dapat tersebar di antara organ atau jaringan yang ada dan mengarah pada bagian tubuh lainnya.

Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Payudara

Kanker Payudara menjadi penyebab kematian yang kedua terbesar bagi perempuan saat ini. Di Negara Singapura, 1 dari 16 perempuan akan terdiagnosis menderita kanker payudara di masa hidupnya. Perempuan etnis Cina mempunyai resiko yang lebih tinggi dibanding dengan etnis india atau melayu sekitar 10 persen sampai 20 persen. Kejadian tertinggi terjadi di kelompok usia 55-59 tahun. Resiko terserang kanker payudara meninggi seiring bertambahnya umur. Kabar baiknya saat ini adalah banyak perempuan kini telah mampu melawan kanker payudara dengan cara melakukan pendeteksian secara dini serta meningkatkan kualitas pengobatan.
Apa Penyebab kanker payudara?
Ada beberapa Faktor penyebab pemicu kanker payudara yang masih belum dapat diketahui. Tetapi faktor penyebab kanker payudara bisa didapatkan dari informasi sejarah keluarga yang pernah menderita kanker payudara, dan siklus menstruasi yang terlalu dini, atau kemungkinan ada faktor resiko kanker payudara lainnya. Karena sangat sulit untuk buktikan secara pasti, namun yang harus diketahui bahwa semua orang memiliki potensi terkena kanker payudara, khususnya disaat kita sudah berusia 40 tahun atau lebih dari usia itu. Walaupun faktor penyebab kanker payudara masih belum diketahui, akan tetapi diperlukan pendeteksian dini lewat pemeriksaan payudara secara teratur.
Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Payudara
Gejala-gejala atau tanda-tanda Kanker Payudara
Kanker payudara memang sulit dihindari karena kita tidak mengetahui resiko pemicu kanker payudara, sehingga terkadang pencegahannya selalu terlambat, dan akhirnya kita sudah menemukan gejala-gejala atau tanda-tanda fisik terkena kanker payudara pada tubuh kita. Berikut Gejala-gejala atau tanda-tanda kanker payudara:
  • Ada Benjolan yang tidak dirasakan sakitnya pada payudara
  • Payudara akan Gatal dan menimbulkan ruam secara terus menerus di sekitar puting payudara.
  • Terjadinya Pendarahan dan keluarnya cairan dari puting yang tidak lazim 
  • Kulit payudara akan membengkak dan menebal
  • Kulit payudara akan mengkerut atau biasanya berbentuk cekung
  • Puting melesak ke dalam

Bagaimana cara mendiagnosa kanker payudara?
Pemeriksaan Klinis kanker payudara, jika ditemukan benjolan, keluarnya cairan yang tak biasa dari puting, atau adanya perubahan payudara yang diluar dari biasanya.
Menggunakan Mamogram, menggunakan metode ini dapat mendeteksi adanya perubahan seperti munculnya kepadatan yang tidak normal atau terjadinya sebuah deposit kalsium.
Ultrasound Scan, melalu metode ini diperuntukkan mendeteksi area khusus yang dapatkan dari hasil pemeriksaan mamogram atau bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi yang tidak normal dimana itu tidak terlihat pada mamogram. ultrasound scan bisa membedakan antara massa yang solid, yang mungkin itu kanker, atau kista yang berisi cairan yang biasanya bukan kanker.
Magnetic Resonance Imaging (MRI), pada beberapa kasus, pasien harus menjalani scan MRI untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang jelas pada wilayah yang diduga terserang kanker. Metode ini sangatlah berguna bagi wanita yang telah berusia muda karena diusia mereka memiliki sebuah kepadatan jaringan payudara yang besar dan butuh tes visual konvensional seperti mamogram ataupun ultrasound supaya menjadi kurang sensitif dan spesifik dalam mendeteksi penyakit kanker payudara.
Demikianlah informasi dr Kanker tentang Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Payudara. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply