Manfaat Vitamin D Terhadap Kesehatan

Manfaat Vitamin D Terhadap Kesehatan | Vitamin D adalah vitamin yang sering kita dengar sama halnya vitamin C dan vitamin A. Hal ini bukanlah sesuatu tanpa alasan melainkan mengingat vitamin D memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh semisal mencegah terjadinya penyakit diabetes, penyakit multiple sclerosis (sklerosis ganda), terkena penyakit jantung, terkena depresi, dan bahkan penyakit kanker. Para peneliti umumnya mempunyai harapan tinggi terhadap manfaat vitamin D bagi tubuh, dimana vitamin D sangat mudah didapatkan semisal makanan, suplemen, dan dari sinar matahari. berikut ulasannya tentang manfaat vitamin D terhadap kesehatan

Manfaat Vitamin D Terhadap Kesehatan

Manfaat Vitamin D dalam Meningkatkan Kesehatan Tulang
Vitamin D sangat berperan penting dalam menjaga tulang agar tetap kuat, mulai dari bayi sampai kakek-nenek. Manfaat Vitamin D berperan dalam membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang ada terkandung di makanan. Bagi orang dewasa yang lebih tua, vitamin D dan kalsium dapat membantu dalam mencegah tulang rapuh dan terjadinya patah tulang. Anak-anak membutuhkan asupan vitamin D yang cukup membantu untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya rakhitis (terjadinya pelunakan tulang dan menyebabkan kaki bengkok bagi anak-anak).
Vitamin D dan Multiple Sclerosis
Multiple sclerosis (MS) atau sklerosis ganda merupakan suatu kelainan peradangan yang muncul di sumsum tulang belakang dan otak. Multiple Sclerosis terjadi pada orang yang menetap di daerah yang kurang sinar cahaya matahari. Selama bertahun-tahun, para ahli memperkirakan adanya hubungan antara  pancaransinar matahari, tingkat vitamin D pada tubuh, dan gangguan autoimun yang dapat merusak saraf. Petunjuk baru berasal dari sebuah penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara cacat gen langka terhadap rendahnya vitamin D di dalam tubuh dan resiko yang lebih tinggi untuk mengalami terjadinya Multiple Sclerosis.
Vitamin D dan Diabetes
Beberapa penelitian telah membuktikan hubungan antara rendahnya kadar vitamin D terhadap diabetes tipe 2. Selain itu, rendahnya kadar vitamin D di wanita hamil juga memiliki hubungan dengan diabetes gestasional. Walaupun para ahli belum memiliki cukup bukti apakah dengan meningkatkan kadar vitamin D bisa mencegah penyakit diabetes. Yang jelas, rendahnya asupan vitamin D memiliki hubungan dengan resiko terkena diabetes.
Manfaat Vitamin D dan Kanker Usus Besar
Memang terlalu dini untuk menyatakan bahwa vitamin D bisa memerangi kanker secara menyeluruh. Namun penelitian yang baru menunjukkan untuk orang yang memiliki kadar vitamin D yang tinggi terkandung dalam darah mereka diketahui memiliki resiko yang jauh lebih rendah terkena penyakit kanker usus besar.
Manfaat Vitamin D dan Penyakit Jantung
Rendahnya kadar vitamin D di dalam tubuh berkaitan dengan resiko lebih besar untuk terserang penyakit jantung dan penyakit stroke. Namun hal yang pasti adalah dengan meningkatkan asupan vitamin D bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.
Manfaat Vitamin D dan Demensia
Orang yang lebih tua cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah. Para peneliti membuktikan bahwa orang tua dengan terjadinya kekurangan asupan vitamin D merasakan tampil buruk pada tes ingatan, perhatian, dan penalaran dibanding dengan orang tua yang lain yang memiliki kebutuhan vitamin D yang cukup dalam darah. Namun demikian, dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui apakah vitamin D dapat mencegah terjadinya demensia atau memperlambat terjadinya penurunan mental.
Manfaat Vitamin D dan Turunnya Berat Badan
Penelitian menunjukkan bahwa orang terkena obesitas sering kekurangan kadar vitamin D. Lemak tubuh bisa menjerat (perangkap) vitamin D. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan menambahkan asupan vitamin D di program diet bisa membantu dalam mempermudah orang yang mengalami kelebihan berat badan untuk dapat menurunkan berat 
Manfaat Vitamin D dan Depresi
Vitamin D berperan dalam perkembangan dan fungsi organ otak. Sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin D berdosis tinggi dapat mengurangi gejala terjadinya depresi ringan.
Manfaat Vitamin D dari Sinar Matahari
Ketika kulit terpapar sinar matahari, maka tubuh anda akan sendirinya memproduksi vitamin D. SInar matahari adalah sumber utama dari vitamin D. Orang yang berkulit putih mungkin cukup ‘berjemur’ selama 5-10 menit selama beberapa kali dalam seminggu. Namun, orang tua dan orang-orang yang kulit berwarna gelap, sebaiknya janganlah terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Para ahli menganjurkan pada mereka untuk bisa mengandalkan makanan dan suplemen. Dan untuk yang sering berada di luar ruangan, maka sebaiknya memakai sun block agar dapat menghindari kanker kulit.
Manfaat Vitamin D dari Makanan
Banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin D, diantaranya yaitu ikan seperti ikan salmon, ikan todak, atau ikan makarel. Ikan berlemak seperti tuna dan sarden juga dapat menawarkan vitamin D, namun jumlahnya lebih sedikit. Selain itu, vitamin D dapat di kuning telur, sereal, hati sapi, dan susu. Pilihlah makanan untuk sarapan pagi kamu dengan bijaksana sehingga anda mendapatkan asupan vitamin D yang banyak. Susu sapi, susu kedelai, roti, jus jeruk, sereal,dan yogurt adalah sumber vitamin D yang dapat anda konsumsi untuk sarapan. Anda juga dapat menemukan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen.
Manfaat Vitamin D Terhadap Kesehatan
Demikianlah informasi tentang Manfaat Vitamin D Terhadap Kesehatan | Semoga artikel tentang manfaat vitamin D bagi kesehatan dapat menambah wawasan tentang manfaat vitamin D bagi kesehatan. Terimakasih telah berkunjung di zakapedia.com

Leave a Reply