Gejala Kanker Paru-Paru, penyebab dan pencegahannya

Gejala Kanker Paru-Paru, penyebab dan pencegahannya | Kanker Paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian. Kanker paru-paru menyerang pada organ pernapasan seperti paru-paru. Oleh karena itu, agar kita tidak terserang oleh kanker paru-paru, maka sebaiknya kita mesti tahu seperti apa gejala kanker paru-paru dan penyebabnya? Mudah-mudahan dengan mengetahui gejala kanker paru-paru dan penyebabnya maka kita bisa melakukan tindakan pencegahan secara cepat. Berikut Gejala Kanker Paru-paru dan penyebabnya:

Gejala Kanker Paru-Paru, penyebab dan pencegahannya

Gejala Kanker Paru-Paru
Kita sangat kesusahan dalam mendeteksi kanker paru-paru, biasanya kita baru mengetahui bahwa paru-paru kita terserang kanker setelah kondisinya sudah memburuk. Meskipun kita tidak bisa mendeteksi secara langsung, ada sebuah jalan dimana kita bisa mengetahui kanker paru-paru, dengan cara mengetahui gejala kanker paru-paru sebagai berikut:
– Mengalami batuk secara terus menerus
– Mengalami perubahan batuk menjadi batuk kronis.
– Area dada terasa nyeri saat batuk ataupun tertawa.
– Nafas menjadi bengek dan pendek seperti orang yang terkena asma.
– Muncul dahak berdarah dan bertambah banyak darahnya.
– Sering terkena infeksi yang terjadi secara berulang, misalnya bronkitis dan radang paru.
– Suara parau atau serak.
– Ujung jari menjadi besar dan terasa sakit.
– Berat badan akan menurun dan akan kehilangan nafsu makan.
– Ketidaknormalan dada pada laki-laki.
– Kondisi perasaan sering berubah-ubah, lesu, emosi yang tidak stabil, dan depresi.
– Rasa nyeri pada area tulang.
– Selalu sakit kepala.
Selain kita harus mengetahui gejala kanker paru-paru, kita juga mesti mengetahui faktor penyebab kanker paru-paru. Berikut penyebab kanker paru-paru:
gejala kanker paru-paru
Asap rokok dapat menjadi peyebab utama yang mesti bertanggung jawab mengenai kanker paru-paru. Hanya penyebab ini masih terus dipertanyakan karena ada juga penderita kanker paru-paru yang bukan perokok.
Menurut Dokter bahwa asa rokok akan mengakibatkan kerusakan pada sel paru-paru, seiring bertambahnya waktu maka hal tersebut dapat memicu sel bekerja tidak sesuai dengan seharusnya sehingga terjadilah mutasi sel dan muncullah kanker.
Beberapa faktor penyebab terjadinya kanker paru-paru antara perokok aktif dan pasif, seseorang yang pernah terkena gas radon dengan kadar tinggi, sering terkena partkel asbes, memiliki sejarah keluarga yang pernah terkena kanker paru-paru, terlalu banyak mengonsumsi alkohol.
Adapun cara menjaga diri agar terhindar dari kanker paru-paru yaitu sebagai berikut:
Hindarilah merokok, Dr Edelman menerangkan bahwa tidak ada batasan yang aman ketika orang merokok, karena semakin banyak rokok yang dihisap maka semakin besar terjadi kerusakan paru-paru sehingga menimbulkan kanker paru-paru.
jagalah kebersihan udara, tentunya udara yang bersih akan menurunkan resiko kanker paru-paru, dimana benda asing dari udara tidak akan mudah masuk dalam tubuh seperti asap motor dan pembakaran kayu atau sampah.
Rajinlah berolahraga, dengan banyak melakukan olahraga maka tubuh akan menjadi bugar, ketika badan sudah bugar maka paru-paru dan organ yang lain juga ikut terjaga karena dengan olahraga akan memperlancar suplai oksigen.
Meningkatkan udara di dalam ruangan, pada dasarnya udara dalam ruangan dapat memengaruhi kesehatan paru-paru, untuk itu usahakan anda berada pada ruangan yang memiliki ventilasi dan terhindar dari penyegar ruangan yang terbuat dari bahan kimia.
Mengonsumsi makanan yang cocok untuk tubuh, dari hasil riset Dr Edelmen menemukan bahwa sayuran bagus untuk mengatasi kanker paru-paru karena memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan memiliki efek perlindungan.
Gejala Kanker Paru-Paru, penyebab dan pencegahannya
Menggunakan alat pengaman ketika saat bekerja, pekerjaan yang berdebu akan meningkatkan resiko terserang kanker paru-paru, oleh karena itu gunakanlah masker agar terhindar dari kanker paru-paru.
Menggunakan produk yang akan dari bahan kimia, kita mesti berhati-hati dalam memiliki produk untuk kebutuhan rumah tangga, jangan sampai anda memakai produk yang berbahan dasar minyak atau produk yang mudah menguap, dan hindarilah penggunaan amoniak.
Demikianlah informasi kesehatan tentang Gejala Kanker Paru-Paru, penyebab dan pencegahannya. Semoga apa yang diterangkan diatas mengenai Gejala Kanker Paru-Paru, penyebab dan pencegahannya dapat bermanfaat. Sekian

Leave a Reply